cover
Contact Name
Syarifah
Contact Email
jurnal_dialektika@iainpare.ac.id
Phone
+6281241171249
Journal Mail Official
jurnal_dialektika@iainpare.ac.id
Editorial Address
Jalan Amal Bhakti Soreang Fakultas Tarbiyah Kota Parepare
Location
Kota pare pare,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam
ISSN : -     EISSN : 29859336     DOI : 10.35905/dialektika.v3i2.12710
Jurnal Pendidikan Agama Islam atau DIALEKTIKA adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh IAIN Parepare Press dengan E-ISSN dan P-ISSN, terbit dua kali setahun yaitu Juni dan Desember. Fokus jurnal ini adalah isu-isu penting dan aktual tentang pendidikan agama Islam seperti pendidik ditinjau dari pendidikan Islam, peserta didik ditinjau dari pendidikan Islam, kurikulum pendidikan Islam, manajemen pendidikan Islam, metode pembelajaran ditinjau dari pendidikan Islam, media pembelajaran ditinjau dari pendidikan Islam, lembaga pendidikan Islam, sejarah pendidikan Islam, kajian tafsir tarbawi, dan kajian hadits tarbawi.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2023): DIALEKTIKA: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM" : 5 Documents clear
Penerapan Pembelajaran Video Based Learning di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Parepare Zubaedah, Nurfatiah; Rustan Efendy
Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 2 No 1 (2023): DIALEKTIKA: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35905/dialektika.v2i1.7495

Abstract

Pembinaan karakter pada diri siswa sangat bergantung pada pemahamannya terhadap pembelajaran PAI di dalam kelas, di era digitalisasi pembelajaran juga perlu mengikuti perkembangan zaman untuk tetap relevan dan efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menggunakan pendekatan Pembelajaran Berbasis Video atau Video Based Learning (VBL) sebagai taktik untuk meningkatkan suasana pembelajaran PAI khususnya mata pelajaran aqidah akhlak di MAN 2 Kota Parepare. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas XII yang menggunakan motode penelitian tindakan kelas (PTK).Menciptakan sumber belajar berbasis video yang menarik dan interaktif yang memenuhi kebutuhan siswa adalah cara penerapan teknik VBL. Data dikumpulkan melalui analisis hasil pemeriksaan, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menggunakan pendekatan VBL, minat siswa untuk dalam pembelajaran meningkat secara signifikan. Siswa terlibat lebih aktif dan lebih tertarik pada apa yang mereka pelajari. Metodologi ini keleluasaan dalam memahami gagasan-gagasanpemebelajaran melalui penggunaan alat bantu visual dan auditori. Dengan demikian, alternatif yang efisien untuk mendongkrak minat mempelajari aqidah akhlak adalah dengan menerapkan pendekatan VIdeo Based Learning (VBL) di kelas MAN 2 Kota Parepare. Penelitian ini memberikan kontribusi positif terhadap penciptaan strategi pengajaran baru dan dapat diterapkan oleh lembaga pendidikan lain untuk meningkatkan standar pendidikan agama di Indonesia.
Peran Filsafat Islam dalam Pembentukan Spiritual Anak di Usia Dini Nurhalisa, Siti; jahrah
Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 2 No 1 (2023): DIALEKTIKA: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35905/dialektika.v2i1.7864

Abstract

Penelitian ini membahas peran penting filsafat Islam dalam memenuhi kebutuhan jiwa dan raga anak usia dini melalui penerapan prinsip-prinsip moral dan nilai-nilai Islam dalam konteks pendidikan. Anak usia dini merupakan periode kritis dalam pembentukan karakter, dan pendidikan pada fase ini memiliki dampak signifikan terhadap perkembangan holistik individu. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggali literatur filsafat Islam dan pendidikan anak usia dini.Prinsip-prinsip seperti akhlak mulia, keadilan, dan kasih sayang menjadi dasar implementasi filsafat Islam dalam praktik pendidikan anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip-prinsip ini melibatkan kebiasaan membaca Al-Qur'an, pembentukan karakter melalui kisah-kisah Islami, dan pembiasaan adab dan etika Islam. Implementasi ini memiliki dampak positif terhadap perkembangan moral, spiritual, dan fisik anak.Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman tentang bagaimana filsafat Islam dapat menjadi landasan yang kuat dalam membentuk karakter anak usia dini. Kesimpulannya, penerapan prinsip-prinsip filsafat Islam dalam pendidikan anak usia dini dapat membantu menciptakan generasi yang memiliki nilai-nilai moral dan spiritual yang kokoh.
Dinamika Kepemimpinan Dalam Pendidikan Islam: Ekplorasi Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru Muhammad Isra; Ali Rahman; Muhammad Alwi; Hamdana; Abdul Halik
Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 2 No 1 (2023): DIALEKTIKA: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35905/dialektika.v2i1.8181

Abstract

Kepala madrasah memiliki peran penting sebagai pemimpin yang berdampak besar pada kinerja guru. Kepemimpinan yang efektif oleh kepala madrasah tidak hanya menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, tetapi juga memberikan panduan yang memotivasi guru untuk menunjukkan perilaku yang lebih efektif. Kepemimpinan yang efektif di madrasah berpengaruh pada kinerja guru karena mampu mengambil keputusan, memotivasi, dan bertanggung jawab dalam mencapai kinerja yang lebih baik dalam proses pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara survei untuk memperoleh data melalui kuesioner yang dijawab oleh responden. Populasi penelitian ini adalah kepala madrasah dan guru MI As'adiyah No. 150 Kecamatan Tokadde. Kecamatan Belawa. Wajo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kepemimpinan kepala madrasah mempengaruhi kinerja guru. Peneliti telah menggunakan uji T dan F, uji pra analitik, uji regresi linier sederhana, uji validitas dan reliabilitas, dan masih banyak lagi untuk membuktikannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan kepala madrasah MI As'adiyah No. 150 Kecamatan Tokadde. Kecamatan Belawa. Wajo mempunyai skor hipotesis terendah yaitu 70% dengan skor rata-rata sebesar 72,1% yang termasuk dalam kategori cukup baik. 2) Kinerja guru di MI As'adiyah No. 150 Kecamatan Tokadde. Kecamatan Belawa. Wajo terendah yang dihipotesiskan adalah 75% dengan skor rata-rata 86,2% termasuk dalam kategori baik. 3) Terdapat pengaruh yang positif namun tidak signifikan terhadap Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Kinerja Guru di MI As'adiyah No.150 Kecamatan Tokkade. Kecamatan Belawa. Wajo, menurut hasil uji hipotesis sig. 0,504 > 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Nilai koefisien korelasi sebesar 9,4%, sedangkan sisanya sebesar 90,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti.
Kontribusi Pendidikan Islam dan Lokal Wisdom dalam Membentuk Sumber Daya Manusia yang Unggul dan Moderat Ibrahim, Nurlingga; Kholis, Fauzan
Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 2 No 1 (2023): DIALEKTIKA: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35905/dialektika.v2i1.8199

Abstract

Perkembangan globalisasi saat ini, semakin mendesak untuk mencetak sumber daya manusia yang mampu bersaing dalam kompetensi akademik dan kecakapan abad 21. Banyaknya generasi muda yang kurang mampu bersaing, kurang cakap, kurang berinovasi, dalam menghadapi perkembangan tekhnologi, disamping itu kasus radikalisme, pertentangan antar suku, dan deskriminasi semakin marajalela. Untuk mengatasi problametika tersebut, dibutuhkan penanaman pendidikan islam dan nilai-nilai lokal wisdom pada kepribadian generasi muda. Pendidikan islam dan lokal wisdom mutlak diperlukan untuk memberikan kontribusi dalam membentuk sumber daya manusia, integrasi nilai-nilai pendidikan islam dan lokal wisdom akan membentuk generasi masa depan yang unggul kompetensinya dan moderat perilakunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi pendidikan islam dan lokal wisdom dalam membentuk sumber daya manusia yang unggul dan moderat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan metode penelitian lapangan (field research) dengan pengumpulan data berasal dari tempat penelitian. Tekhnik pengambilan data melalui wawancara, survey melalui pengisian kuesioner goegle form, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kontribusi pendidikan islam dan lokal wisdom dalam membentuk sumber daya manusia yang unggul dan moderat memiliki perbedaan antara mahasiswa satu dengan lainnya, hal ini dipengaruhi oleh latarbelakang pendidikan, pengajaran, lingkungan sebelumnya serta pengaruh yang datang pada diri mahasiswa sendiri. Dari beragamnya latarbelakang pendidikan yang mempengaruhi kontribusi pendidikan islam dan lokal wisdom, ditarik kesimpulan bahwa rata-rata mahasiswa mampu dalam bersikap moderat namun sebagian mahasiswa belum memenuhi kriteria dikatakan sebagai sumber daya manusia unggul.
Penguatan Kompetensi Literasi Digital Guru dan Mahasiswa untuk Desain dan Produksi Konten Pembelajaran Ahmad Zuhudy Bahtiar; Ahdar; Muh. Ilham Jaya; Nur Eva Yanti
Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 2 No 1 (2023): DIALEKTIKA: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35905/dialektika.v2i1.8470

Abstract

Kegiatan penelitian ini bertujuan untuk memfasilitasi kolaborasi antara guru, mahasiswa, dan dosen dalam upaya penguatan kompetensi literasi digital, khususnya untuk mempermudah guru dalam pembuatan konten pembelajaran. Kegiatan ini terfokus pada bidang pendidikan sebagai wadah utama pengembangan kompetensi literasi digital. Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini adalah Participatory Action Research (PAR), sebuah pendekatan yang membangun kolaborasi antara peneliti dan peserta untuk merancang penelitian, mengumpulkan data, dan mengambil tindakan guna memecahkan masalah sosial. Dalam konteks ini, mahasiswa mendapatkan bimbingan khusus untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan digital, dengan tujuan agar mereka dapat menjadi Asisten Mentor Dosen selama pelatihan atau workshop kepada guru.Pelaksanaan workshop melibatkan guru dalam latihan desain materi ajar melalui slide interaktif menggunakan Canva, serta pembuatan rekaman video pembelajaran baik melalui Canva maupun melalui proses shooting di ruang studio. Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya meningkatkan kompetensi literasi digital guru, tetapi juga memberikan kesempatan bagi guru dan mahasiswa untuk mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan digital mereka. Output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah mampu menghasilkan konten pembelajaran yang inovatif dalam bentuk slide presentasi interaktif maupun video pembelajaran. Kesuksesan program ini akan tercermin dari kemampuan guru-guru untuk mengintegrasikan literasi digital ke dalam pembelajaran mereka, menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan relevan dengan perkembangan teknologi.

Page 1 of 1 | Total Record : 5