cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Kimia
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) ISSN 2337-9995 merupakan jurnal resmi yang dikelola dan diterbitkan secara online oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini terbit 4 kali dalam setahun, berisi artikel-artikel ilmiah dari hasil penelitian dan pembelajaran kimia mahasiswa.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 4 (2013)" : 20 Documents clear
PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI MINYAK BUMI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA CROSSWORD Nurhayati, Liyana; Martini, Kus Sri; Redjeki, Tri
Jurnal Pendidikan Kimia Vol 2, No 4 (2013)
Publisher : Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (722.245 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar pada materi minyak bumi dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media crossword. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X6 SMA Al Islam 1 Surakarta yang berjumlah 35 siswa. Sumber data berasal dari guru siswa, dokumen, serta peristiwa. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes, observasi, kajian dokumen dan angket. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media crossword, dapat meningkatkan kreativitas siswa (dari 53,27% pada siklus I menjadi 64,49% pada siklus II) dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa (pencapaian prestasi kognitif siswa siklus I sebesar 51,64% meningkat menjadi 81,69% pada siklus II. Pada aspek afektif, pencapaian siklus I sebesar 67,29% meningkat menjadi 77,20%). Dalam penelitian ini kreativitas diukur menggunakan tes kreativitas verbal sedangkan prestasi belajar yang diukur adalah prestasi kognitif dan afektif.Kata kunci: PBL, crossword, kreativitas, prestasi belajar, minyak bumi
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HIDROLISIS GARAM KELAS XI SEMESTER 2 SMA NEGERI 4 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013 Aliffah, Nur; Ashadi, Ashadi; Hastuti, Budi
Jurnal Pendidikan Kimia Vol 2, No 4 (2013)
Publisher : Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (490.683 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pengaruh metode pembelajaran Kooperatif tipe TGT disertai media Kartu Soal dan Destinasi terhadap prestasi belajar siswa pada materi Hidrolisis Garam, (2) Pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa pada materi Hidrolisis Garam, (3) Interaksi metode pembelajaran Kooperatif tipe TGT disertai media Kartu Soal dan Destinasi dengan gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa pada materi Hidrolisis Garam.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Randomized Group Postest Only Design. Sampel berasal dari kelas XI SMAN 4 Surakarta tahun pelajaran 2012/ 2013 yang diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk kognitif dan angket untuk afektif dan gaya belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi 2 jalan 2x3, dilanjutkan uji komparasi ganda metode Scheffe pada variabel gaya belajar. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh metode pembelajaran Kooperatif tipe TGT disertai media terhadap prestasi belajar pada materi Hidrolisis Garam. (2) Terdapat pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar pada materi Hidrolisis Garam. (3) Tidak ada interaksi antara metode pembelajaran Kooperatif tipe TGT disertai dengan gaya belajar terhadap prestasi belajar pada materi Hidrolisis Garam Kata Kunci : TGT, Kartu Soal, Destinasi, Gaya Belajar, Hidrolisis Garam 
PRESTASI BELAJAR DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) LEBIH TINGGI DARI PADA THINK-PAIR-SHARE (TPS) PADA MATERI PELAJARAN TATA NAMA SENYAWA KIMIA DAN PERSAMAAN REAKSI KIMIA Setiawan, Dwi Arief; Susanti V.H., Elfi; Mulyani, Sri
Jurnal Pendidikan Kimia Vol 2, No 4 (2013)
Publisher : Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (744.423 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan  Think-Pair-Share (TPS) terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok tata nama senyawa kimia dan persamaan reaksi kimia kelas X semester gasal di SMA Negeri 8 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Pretest-Posttest Comparison Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 8 Surakarta tahun pelajaran 2012/ 2013. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel terdiri dari dua kelas, kelas X.3 sebagai kelas eksperimen 1 pembelajaran dengan metode NHT dan kelas X.7 sebagai kelas eksperimen 2 pembelajaran dengan metode TPS. Dalam penelitian data yang diambil berupa prestasi belajar kognitif, dan prestasi belajar afektif siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes prestasi kognitif, angket afektif, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kimia dengan metode kooperatif tipe NHT menghasilkan prestasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan penggunaan metode kooperatif tipe TPS pada materi pokok tata nama senyawa kimia dan persamaan reaksi kimia kelas X semester gasal SMA Negeri 8 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini terbukti dari hasil uji-t pihak kanan harga thitung prestasi belajar aspek kognitif (1,88) dan aspek afektif (1,99) lebih besar dari ttabel (1,67). Kata kunci: Kuasi Eksperimen , NHT, TPS, Prestasi Belajar, Tata Nama Senyawa Kimia  
PENGARUH PENGGUNAAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENTS BERBANTUAN MEDIA TEKA - TEKI SILANG DAN ULAR TANGGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI SMA NEGERI 1 SIMO TAHUN PELAJARAN 2011/2012 Rakhmadhani, Nuzul; Yamtinah, Sri; Utomo, Suryadi Budi
Jurnal Pendidikan Kimia Vol 2, No 4 (2013)
Publisher : Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.661 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh penerapan metode TGT berbantuan media teka-teki silang (TTS) dan ular tangga, 2) pengaruh motivasi belajar siswa, 3) interaksi antara penerapan metode TGT dan motivasi belajar kimia berbantuan media TTS dan ular tangga pada pembelajaran materi koloid terhadap prestasi belajar kimia di kelas XI SMA Negeri 1 Simo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan penelitian randomized pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah kelas XI IPA SMA Negeri 1 Simo tahun pelajaran 2011/2012. Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling dan diambil 2 kelas di mana satu kelas sebagai kelas eksperimen 1 (metode TGT berbantuan media TTS) dan satu kelas sebagai kelas eksperimen 2 (metode TGT berbantuan media ular tangga). Teknik pengumpulan data prestasi belajar aspek kognitif menggunakan  metode  tes sedangkan motivasi belajar menggunakan angket. Analisis data untuk  pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji statistik anava 2 jalan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di kelas XI SMA Negeri 1 Simo dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) terdapat pengaruh signifikan dalam penerapan metode TGT berbantuan media TTS dan ular tangga pada pembelajaran materi koloid  terhadap prestasi belajar kimia dibuktikan dengan nilai signifikansi (p 0 < 0,05) dan selisih nilai kognitif pada kelas eksperimen 1 lebih baik daripada kelas eksperimen 2, karena pembelajaran dengan metode TGT berbantuan media TTS siswa lebih fokus dan teliti dalam menjawab pertanyaannnya yang disesuaikan dengan jumlah kotak kosong yang telah disediakan.; 2) terdapat pengaruh signifikan pada motivasi belajar siswa pada pembelajaran materi koloid terhadap prestasi belajar kimia dibuktikan dengan nilai signifikansi (p 0 < 0,05), karena prestasi belajar siswa dengan motivasi belajar tinggi > motivasi belajar sedang > motivasi belajar rendah; 3) tidak ada interaksi antara penerapan metode TGT berbantuan media TTS dan ular tangga dengan motivasi belajar siswa pada pembelajaran materi koloid terhadap prestasi belajar kimia dibuktikan dengan nilai signifikansi (p 0,093 > 0,05), karena siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi prestasi belajarnya tidak secara signifikan dipengaruhi oleh media baik permainan TTS maupun ular tangga.Kata Kunci : TGT, TTS, ular tangga, motivasi belajar, materi koloid.
STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN DENGAN METODE TGT DAN STAD TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROKARBON DITINJAU DARI KEMAMPUAN MEMORI SISWA KELAS X SMA NEGERI KEBAKKRAMAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013 Sari, Yekti Kartika; Redjeki, Tri; Nurhayati, Nanik Dwi
Jurnal Pendidikan Kimia Vol 2, No 4 (2013)
Publisher : Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.661 KB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan metode TGT dan STAD, pengaruh kemampuan memori, serta interaksi antara pembelajaran melalui metode TGT dan STAD dengan kemampuan memori terhadap prestasi belajar siswa pada materi hidrokarbon. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu rancangan faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri Kebakkramat tahun pelajaran 2012/2013. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri atas 2 kelas yaitu kelas eksperimen I (metode TGT) dan kelas eksperimen II (metode STAD). Pengambilan data penelitian menggunakan tes kognitif, angket afektif, dan tes kemampuan memori. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalan sel tak sama berbantuan SPSS 20. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran melalui metode TGT dan STAD terhadap prestasi belajar kognitif, tetapi tidak terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran melalui metode TGT dan STAD terhadap prestasi belajar afektif pada materi hidrokarbon; (2) terdapat pengaruh kemampuan memori tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar kognitif, tetapi tidak terdapat pengaruh kemampuan memori tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar afektif pada materi hidrokarbon; (3) tidak terdapat interaksi antara metode TGT dan STAD dengan kemampuan memori terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif pada materi hidrokarbon.Kata Kunci: Teams Games Tournaments (TGT), Students Teams Achievement Divisions (STAD), Kemampuan Memori, Prestasi Belajar Siswa, Materi Hidrokarbon.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PEER TUTORING DILENGKAPI LINGKARAN HIDROKARBON UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PADA MATERI POKOK HIDROKARBON SISWA KELAS X-6 SMA N 3 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2012/2013 Fadhilah, Nur; Haryono, Haryono; Utomo, Suryadi Budi
Jurnal Pendidikan Kimia Vol 2, No 4 (2013)
Publisher : Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.797 KB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar kimia pada materi hidrokarbon dengan menerapkan model pembelajaran Peer Tutoringdilengkapi media lingkaran hidrokarbon.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Subjek penelitian adalah siswa kelas X-6 SMA Negeri 3 Boyolali yang berjumlah 34 siswa.Sumber data berasal dari guru dan siswa.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes (kognitif) dan non tes (angket afektif dan rasa ingin tahu).Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Peer Tutoring dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa berkategori tinggi dari 70,59% pada siklus Imenjadi 73,53% pada siklus II. Melalui model pembelajaran yang sama, prestasi belajar aspek kognitif maupun afektif juga mengalami kenaikan. Hal ini disebabkan oleh penerapan model pembelajaran Peer Tutoring dan media lingkaran hidrokarbon pada tindakan tiap siklus berbeda. Pada prestasi belajarkognitif meningkat dari 29,41% pada siklus I menjadi 64,71% siklus II dan aspek afektif meningkat dari 55,88% pada siklus I menjadi 76,47% pada siklus II.Kata Kunci: Peer Tutoring, Media Lingkaran Hidrokarbon, Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar
PENERAPAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DILENGKAPI LKS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI SEMESTER GENAP SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013 Fatoni, Indah; Sukardjo, JS; Utami, Budi
Jurnal Pendidikan Kimia Vol 2, No 4 (2013)
Publisher : Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.991 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI semester genap SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2012/2013 dengan menerapkan metode Teams Games Tournament (TGT) dilengkapi LKS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Sukoharjo yang berjumlah 34 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, kajian dokumen atau arsip, dan angket. Validasi data menggunakan teknik triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran Times Games Tournament (TGT) dilengkapi LKS dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 61,76% menjadi 94,12% pada siklus II. Selain itu, dilihat dari prestasi belajar yaitu berdasarkan aspek kognitif pada siklus I sebesar 58,82% dan pada siklus II sebesar 85,29%, aspek afektif pad siklus I sebesar 94,12% dan pada siklus II sebesar 100%, sedangkan dari aspek psikomotor pada siklus I sebesar 88,24% dari yang ditargetkan sebesar 60%. 
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DILENGKAPI MEDIA ANIMASI MACROMEDIA FLASH DAN PLASTISIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA KELAS X SEMESTER 1 SMA NEGERI 1 SAMBUNGMACAN Gusbandono, Toto; Sukardjo, J. S.; Utomo, Suryadi Budi
Jurnal Pendidikan Kimia Vol 2, No 4 (2013)
Publisher : Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (134.971 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar aspek kognitif dan aspek afektif siswa dalam penggunaan metode pembelajaran STAD dengan media animasi macromedia flash dan alat peraga plastisin pada materi pokok ikatan kimia kelas X semester ganjil di SMA Negeri 1 Sambungmacan tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Randomized Pretest-Posttest Comparison Group Design. Sampel terdiri dari 2 kelas, yaitu kelompok eksperimen I (metode STAD dengan media plastisin) dan kelompok eksperimen II (metode STAD dengan macromedia flash) yang dipilih secara cluster random sampling. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kimia dengan metode pembelajaran STAD dilengkapi media plastisin memberikan prestasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan metode STAD yang dilengkapi media animasi macromedia flash pada materi pokok ikatan kimia kimia kelas X semester gasal di SMAN 1 Sambungmacan tahun pelajaran 2012/2013.Kata Kunci :students teams achievement divisions (STAD), prestasi belajar siswa, macromedia flash, plastisin, ikatan kimia
STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DILENGKAPI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI SMA Nugraheni, Wulan; Martini, Kus Sri; Nurhayati, Nanik Dwi
Jurnal Pendidikan Kimia Vol 2, No 4 (2013)
Publisher : Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1161.905 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa antara penggunaan model pembelajaran metode Team Assisted Individualization (TAI) dilengkapi LKS dan metode Numbered Heads Together (NHT) pada materi Pokok Kesetimbangan Kimia. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Randomized Posttest-Only Comparison Group Design untuk mengukur prestasi belajar aspek kognitif  dan afektif. Populasi penelitian adalah kelas XI IPA SMA Negeri 1 Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Teknik pengambilan sampel dengan teknik Cluster Random Sampling dan diambil 2 kelas di mana satu kelas sebagai kelas eksperimen 1 (dengan TAI) dan satu kelas sebagai kelas eksperimen 2 (dengan NHT). Teknik pengumpulan data prestasi belajar dengan metode tes untuk aspek kognitif dan metode angket untuk aspek afektif. Teknik analisis data menggunakan uji-t dua arah. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar siswa pada aspek kognitif antara penggunaan metode TAI dan metode NHT pada materi pokok Kesetimbangan Kimia. Hal ini ditunjukkan dengan uji-t di mana thitung > ttabel (2,152 > 1,999). Sedangkan untuk prestasi belajar afektif menunjukkan hasil yang secara statistik dikatakan sama dengan uji-t di mana thitung <  ttabel (0,43 < 1,999). Kata Kunci : studi komparasi, TAI, NHT, prestasi belajar, kesetimbangan kimia
STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH DAN WORKSHEET DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI POKOK KOLOID KELAS XI SEMESTER GENAP SMA NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013 Dewantari, Arnida; Ashadi, Ashadi; Sugiharto, Sugiharto
Jurnal Pendidikan Kimia Vol 2, No 4 (2013)
Publisher : Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (520.923 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media macromedia flash dalam pembelajaran kooperatif model Learning Cycle 5E dengan media worksheet dalam pembelajaran kooperatif model Learning Cycle 5E terhadap prestasi belajar siswa materi pokok koloid kelas XI SMA Negeri 1 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, sampel terdiri dari 2 kelas, data prestasi kognitif menggunakan tes, prestasi afektif menggunakan angket, uji hipotesis menggunakan uji t-pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Learning Cycle 5E disertai media macromedia flash memberikan prestasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan penggunaan metode pembelajaran Learning Cycle 5E disertai media worksheet pada materi pokok koloid. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan menggunakan uji t-pihak kanan dengan taraf signifikan 5%. Dimana hasil uji t-pihak kanan untuk prestasi belajar kognitif diperoleh thitung = 1,69 > ttabel = 1,67 dan untuk prestasi belajar afektif diperoleh thitung = 1,76 > ttabel = 1,67 sehingga Ho ditolak.Kata Kunci: Learning Cycle 5E, macromedia flash, worksheet, prestasi belajar, koloid.

Page 1 of 2 | Total Record : 20