cover
Contact Name
Arif Hartono
Contact Email
arif.hartono@seb.co.id
Phone
+6282112414180
Journal Mail Official
titikdesiharsoyo@seb.co.id
Editorial Address
Pundong I, Tirtoadi, Mlati, Sleman, DIY 55287
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Indonesian Journal of Economics, Business, Accounting, and Management
ISSN : -     EISSN : 29880211     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
We invite researchers, academics and practitioners to submit research results, internship reports, and business design manuscripts to the Indonesian Journal of Economics, Business, Accounting, and Management (IJEBAM). Indonesian Journal of Economics, Business, Accounting, and Management (IJEBAM) is an open peer-reviewed journal dedicated to the publication of research articles, internship reports, and business design articles of economic, business, accounting and management quality, but not implicitly limited. The peer-review process is applied and ethical consideration is in our best interest. All publications in the Indonesian Journal of Economics, Business, Accounting, and Management (IJEBAM) are open access which allows articles to be freely available online without any subscription and free of charge. please click here to submit online. The cost of publishing articles can be accessed by clicking here. Acceptance of manuscripts has started from now on. We are waiting for your best manuscripts for quality publications. Thank you
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 6 (2023): Volume 1, No. 6, 2023" : 9 Documents clear
Evaluasi E-Service Quality Pengguna Aplikasi Shopee di Kota Cirebon Zulfikar, Muhamad; Purnama, Nursya’bani
Indonesian Journal of Economics, Business, Accounting, and Management (IJEBAM) Vol 1 No 6 (2023): Volume 1, No. 6, 2023
Publisher : PT SOLUSI EDUKASI BERDIKARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63901/ijebam.v1i6.33

Abstract

Latar belakang penelitian adalah saat ini konsumen melakukan penilaian pada kualitas pelayanan ketika berbelanja secara online, merupakan cara untuk menentukan kepuasan pembelian, dan meningkatkan strategi pemasaran dan penjualan mereka agar dapat menarik lebih banyak konsumen untuk menjadi pelanggan setia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi e-service quality pengguna aplikasi shopee di Kota Cirebon. Jenis penelitian yang digunakan adalah survey. Lokasi penelitian ini ada di Kota Cirebon. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Sampel penelitian terdiri 112 orang. Teknik analisis data penelitian ini dilakukan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan analisis SERVPERF dengan alat bantu software IBM SPSS Statistics 25. Berdasarkan temuan penelitian yang dilakukan pada pelanggan Shopee yang mengevaluasi kualitas layanan elektronik mereka menggunakan teknik SERVPERF, dapat dikatakan bahwa responden memiliki pendapat yang baik tentang praktik kualitas layanan elektronik yang digunakan oleh Shopee.
Pengaruh Penerapan Total Quality Management dan Just in Time terhadap Kinerja Operasional pada Usaha Coffeeshop “Awor Coffee” Firnanda, Kevin Marheza; Yamit, Zulian
Indonesian Journal of Economics, Business, Accounting, and Management (IJEBAM) Vol 1 No 6 (2023): Volume 1, No. 6, 2023
Publisher : PT SOLUSI EDUKASI BERDIKARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63901/ijebam.v1i6.34

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan total quality management dan just in time terhadap kinerja operasional pada usaha Coffeeshop Awor Coffee. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, sehingga jumlah responden yang dianalisis dalam penelitian ini sebanyak 35 orang. Teknik analisis yang digunakan untuk penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menemukan pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama variabel total quality management dan just in time terhadap kinerja operasional pada usaha Coffeeshop Awor Coffee. Sedangkan pengujian secara parsial total quality management dan just in time berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja operasional Awor Coffee. Hal ini menunjukkan jika total quality management dan just in time meningkat maka kinerja operasional juga akan meningkat.
Analisis Kelayakan Ekonomi Bisnis Usaha Makanan Kering Snack Tomat di Desa Sekejati Darmawan, Ricco Basarestu; Mubarok, Syariful; Sari, Dwi Novanda; Nurlilasari, Puspita
Indonesian Journal of Economics, Business, Accounting, and Management (IJEBAM) Vol 1 No 6 (2023): Volume 1, No. 6, 2023
Publisher : PT SOLUSI EDUKASI BERDIKARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63901/ijebam.v1i6.35

Abstract

Konsumsi makanan ringan yang berasal dari tomat saat ini kurang diminati oleh konsumen dikalangan anak maupun remaja di desa Sekejati. Padahal desa tersebut memiliki sumber daya alam tomat yang melimpah, harga rendah, dan tomat kaya akan manfaat baik bagi kesehatan. Sehingga tujuan kelayakan ekonomi bisnis ini adalah untuk dapt memenuhi makanan ringan sehat yang berasal dari tomat yang digemari oleh anak maupun remaja di desa sekejati. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dari hasil observasi, survey, wawancara dan studi kasus. Hasil analisis kelayakan ekononi bisnis ini menujukkan bahwa bisnis makanan ringan tomat ini layak dibangun di desa sekejati, dengan nilai BEP tercatat > 1, PBP 2, IRR 20%, dan NPV selama periode 5 tahun sebanyak Rp. 73.890.530. Sehingga bisnis ini layak untuk diusahan.
Pengaruh Layanan Pemesanan Makanan Online terhadap Minat Beli Konsumen di Restoran pada Masa Pandemi COVID-19 Mauladi, Fachmi Ahmad; Roostika, Ratna
Indonesian Journal of Economics, Business, Accounting, and Management (IJEBAM) Vol 1 No 6 (2023): Volume 1, No. 6, 2023
Publisher : PT SOLUSI EDUKASI BERDIKARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63901/ijebam.v1i6.36

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh daya tarik menu visual, informasi menu, persepsi risiko COVID-19, keinginan untuk makan, minat beli. Pengujian model dan hipotesis dilakukan dengan menggunakan sampel 250 responden dengan populasi yang pernah memesan makanan secara online di Indonesia. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Metode PLS-SEM dikembangkan untuk menguji hipotesis penelitian yang diolah menggunakan SmartPLS Versi 4. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini antara lain daya tarik menu visual, informasi menu, persepsi risiko COVID-19, keinginan untuk makan, minat beli. Variabel-variabel ini membentuk empat hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa daya tarik menu visual berpengaruh terhadap keinginan untuk makan, sedangkan informasi menu berpengaruh positif terhadap keinginan untuk makan. Persepsi risiko COVID-19 berpengaruh positif terhadap keinginan untuk makan. Keinginan untuk makan berpengaruh positif terhadap minat beli.
Pengaruh Keterikatan Emosional dan Cinta Merek terhadap Loyalitas Pengguna iPhone Pradipta, Aryyadhika Ardya; Ishak, Asmai
Indonesian Journal of Economics, Business, Accounting, and Management (IJEBAM) Vol 1 No 6 (2023): Volume 1, No. 6, 2023
Publisher : PT SOLUSI EDUKASI BERDIKARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63901/ijebam.v1i6.37

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengaruh keterikatan emosional dan cinta merek terhadap loyalitas pengguna iPhone. Adapun populasi dari penelitian ini adalah pengguna Iphone yang berlokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Serta data yang dianalisis dengan sampel 189 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik komunikasi yaitu dengan cara menyebarkan kuesioner melalui Google Form, di mana para responden dapat mengisi kuesioner secara online. Dalam penelitian ini, data tersebut diolah dengan menggunakan alat analisis program Smart Partial Least Squares 3 (SmartPLS 3). Hasil penelitian menunjukkan brand satisfaction memiliki pengaruh positif terhadap emotional attachment, brand love dan brand loyalty. Oleh karena itu, sebaiknya perusahaan mengembangkan produk mereka yang berkaitan dengan aspek-aspek pada perceived value di antara lain aspek emosional, sosial, harga, dan kualitas (performansi).
Dampak Mediasi Kepuasan Pelanggan pada Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Loyalitas Merek Wulan, Rahayu Retno
Indonesian Journal of Economics, Business, Accounting, and Management (IJEBAM) Vol 1 No 6 (2023): Volume 1, No. 6, 2023
Publisher : PT SOLUSI EDUKASI BERDIKARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63901/ijebam.v1i6.38

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai bagaimana loyalitas merek, kepercayaan merek, nilai yang dirasakan, kualitas yang dirasakan, identitas merek, kesesuaian gaya hidup dapat memengaruhi kepuasan pelanggan dan bagaimana kepuasan pelanggan terhadap loyalitas merek serta kepuasan konsumen memediasi pengaruh ekuitas merek berbasis konsumen dimensi yaitu persepsi kualitas, persepsi nilai biaya, identifikasi merek, kepercayaan dan keselarasan gaya hidup terhadap loyalitas merek. Alat uji yang digunakan adalah SmartPLS dengan menggunakan metode SEM (Structural Equation Modeling). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas yang dirasakan, nilai yang dirasakan, identifikasi merek, kepercayaan merek dan kesesuaian gaya hidup secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek serta kepuasan konsumen secara positif dan signifikan memediasi pengaruh ekuitas merek terhadap loyalitas merek.
Niat Menggunakan Bank Syariah Indonesia: Studi pada Perguruan Tinggi Islam di Yogyakarta Pratama, Yogi; Sumadi
Indonesian Journal of Economics, Business, Accounting, and Management (IJEBAM) Vol 1 No 6 (2023): Volume 1, No. 6, 2023
Publisher : PT SOLUSI EDUKASI BERDIKARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63901/ijebam.v1i6.39

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor mahasiswa/pelajar terhadap niat menggunakan Bank Syariah Indonesia. sampel dalam responden ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria responden mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah PLS-SEM dengan alat bantu software Smart-PLS. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan berpengaruh positif terhadap sikap pada Bank Syariah Indonesia, literasi keuangan berpengaruh positif terhadap Niat menggunakan pada Bank Syariah Indonesia, kesadaran berpengaruh positif terhadap sikap pada Bank Syariah Indonesia, kesadaran berpengaruh positif terhadap niat menggunakan pada Bank Syariah Indonesia, sikap berpengaruh positif terhadap niat menggunakan pada Bank Syariah Indonesia. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu pihak yang bersangkutan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi niat seseorang untuk menggunakan Bank Syariah Indonesia.
Pengaruh Kualitas Layanan, Perceived Value, dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Layanan Jasa Pengiriman Ainassyifa, Fernadya Ainy
Indonesian Journal of Economics, Business, Accounting, and Management (IJEBAM) Vol 1 No 6 (2023): Volume 1, No. 6, 2023
Publisher : PT SOLUSI EDUKASI BERDIKARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63901/ijebam.v1i6.40

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, perceived value dan kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan pada layanan jasa pengiriman. Analisis data menggunakan metode PLS-SEM, terdapat 254 responden dengan teknik convenience sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, kualitas layanan berpengaruh positif terhadap kepercayaan, perceived value berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, perceived value bepengaruh positif terhadap kepercayaan dan kepercayaan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan.
Strategi Peningkatan Penggunaan Inovasi Digital PLN Mobile oleh Konsumen Unit Layanan Pelanggan Tulung Kabupaten Klaten dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Ahzahro, Reima Sulistyowati
Indonesian Journal of Economics, Business, Accounting, and Management (IJEBAM) Vol 1 No 6 (2023): Volume 1, No. 6, 2023
Publisher : PT SOLUSI EDUKASI BERDIKARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63901/ijebam.v1i6.41

Abstract

Perkembangan teknologi mengubah bisnis perusahaan dengan efisiensi digitalisasi, seperti PLN yang beralih ke aplikasi PLN Mobile untuk layanan listrik, aplikasi ini bertujuan untuk meningkatkan jangkauan konsumen dan menyediakan layanan terkait jaringan listrik, termasuk transaksi pra bayar dan pasca bayar. PLN berhasil menghilangkan kantor fisik di beberapa kota seperti Surabaya, namun kendala muncul di daerah pedesaan karena masalah jaringan internet dan sumber daya manusia. Penelitian ini menerapkan technology acceptance model (TAM) dengan mempertimbangkan kegunaan, kemudahan penggunaan, sikap pengguna, minat pengguna teknologi, dan sudut pandang pengguna. Hasil analisis TAM diharapkan mampu mengatasi kendala penerimaan teknologi PLN Mobile dan mendukung strategi untuk meningkatkan penggunaan aplikasi ini, memberikan manfaat efisiensi layanan listrik bagi konsumen, serta memperkuat pelayanan PLN kepada konsumen.

Page 1 of 1 | Total Record : 9