cover
Contact Name
-
Contact Email
inapes@mail.unnes.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
inapes@mail.unnes.ac.id
Editorial Address
Sekaran, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50229
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
"Indonesian Journal for Physical Education and Sport "
ISSN : -     EISSN : 27744434     DOI : https://doi.org/10.15294/inapes
Core Subject : Education,
Final decision of articles acceptance will be made by Editors according to reviewers comments. Publication of accepted articles including the sequence of published articles will be made by Editor in Chief by considering sequence of accepted date and geographical distribution of authors as well as thematic issue.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 24 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2025): INAPES" : 24 Documents clear
Pengaruh Latihan Passing Aktif Berpasangan dan Berkelompok Terhadap Akurasi Passing Futsal SMANDA Rizki Anugrah Saputra; Hermawan Pamot Raharjo; Harry Pramono; Martin Sudarmono
Indonesian Journal for Physical Education and Sport Vol. 6 No. 1 (2025): INAPES
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/inapes.v6i1.11499

Abstract

Akurasi passing memegang peran penting dalam permainan futsal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan passing aktif berpasangan dan berkelompok terhadap akurasi passing pada Ekstrakurikuler Futsal SMA N 2 Purbalingga. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis kuantitatif. Metode yang digunakan yaitu eksperimen dengan pola Two Groups Pretest-Posttest Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua peserta laki-laki futsal SMA N 2 Purbalingga. Sampel penelitian ini adalah 20 pemain Ekstrakurikuler Futsal SMA N 2 Purbalingga tahun 2024 dengan teknik total sampling. Instrumen penelitian dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akurasi passing Suparjo. Hasil analisis data diperoleh hasil pada kelompok eksperimen 1 diketahui thitung = 10, 247 > ttabel = 2,262, berarti ada pengaruh yang signifikan dari latihan passing aktif berpasangan, pada kelompok eksperimen 2 diketahui thitung = 5,075 > ttabel 2,262, berarti ada pengaruh yang signifikan dari latihan passing aktif berkelompok. Berdasarkan analisis data maka diketahui peningkatan persentase latihan passing aktif berpasangan sebesar 40,69% dan latihan passing aktif berkelompok sebesar 19,76%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode latihan passing aktif berpasangan memberikan pengaruh lebih baik daripada metode latihan passing aktif berkelompok terhadap akurasi passing pada Ekstrakurikuler Futsal SMA N 2 Purbalingga.
Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas Khusus Olahraga (KKO) SMP N 1 Kendal Sahfa Hany Rachma; Ipang Setiawan; Dwi Gansar Santi Wijayanti; Bambang Priyono
Indonesian Journal for Physical Education and Sport Vol. 6 No. 1 (2025): INAPES
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/inapes.v6i1.11936

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan tingkat kebugaran jasmani siswa kelas khusus olahraga SMP N 1 Kendal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas khusus olahraga (KKO) SMP N 1 Kendal. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kebugaran jasmani Indonesia anak usia 13-15 tahun. Penelitian ini memperoleh hasil tes kebugaran jasmani Indonesia siswa KKO SMP N 1 Kendal bahwa dari 55 siswa yang memperoleh kategori sangat baik tidak ada satupun, terdapat 7 siswa yang masuk kategori baik (12,7%), terdapat 30 siswa yang masuk kategori sedang (54,5%), terdapat 18 siswa yang masuk kategori kurang (32,7%) dan tidak ada yang masuk kategori sangat kurang. Faktor-faktor yang mempengaruhi kebugaran jasmani siswa KKO SMP N 1 Kendal yaitu faktor latihan, faktor makanan dan faktor istirahat. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu rata-rata tingkat kebugaran jasmani siswa KKO SMP N 1 Kendal berada pada kategori sedang. Faktor-faktor yang mempengaruhi kebugaran jasmani siswa pada kelas khusus olahraga yaitu faktor latihan.
Pengembangan Permainan Bola Voli Bovbeng Dalam Pembelajaran Penjasorkes Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Dabin Tengah Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali Herlambang Bangun Triatmojo; Agus Pujianto; Supriyono; Wahyu Ragil Kurniawan
Indonesian Journal for Physical Education and Sport Vol. 6 No. 1 (2025): INAPES
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/inapes.v6i1.14401

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa pengembangan “Permainan Bovbeng” yang efektif dalam pembelajaran bola voli bagi siswa kelas V sekolah dasar daerah binaan tengah Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali. Metode penelitian yang digunakan adalah metode R&D yang dikembangkan oleh Sugiyono. Data hasil penelitian dikumpulkan dengan cara evaluasi ahli, kuesioner siswa, pengamatan, observasi, dan wawancara. Semua data tersebut diolah secara analisis deskriptif persentsae. Uji skala kecil melibatkan 15 siswa dari 1 sekolah dan uji skala besar melibatkan 54 siswa dari 3 sekolah. Hasil kuesioner ahli memperoleh 89.33%, total uji skala kecil 80.23%, dan total uji skala besar 93.35%. Dengan demikian “Permainan Bovbeng” memenuhi kriteria “Sangat Baik” dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran bola voli untuk siswa sekolah dasar.
Pengaruh Latihan Rubber dan Dumbbell Terhadap Peningkatan Kekuatan Otot Lengan pada Siswi Ekstrakurikuler Bola Voli MA Sunan Prawoto Pati Aulia Sofinnida; Agung Wahyudi; Tri Nurharsono; Dwi Tiga Putri
Indonesian Journal for Physical Education and Sport Vol. 6 No. 1 (2025): INAPES
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/inapes.v6i1.14663

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh latihan rubber dan dumbbell terhadap peningkatan kekuatan otot lengan. Metode eksperimen digunakan dalam penelitian dengan pola “two groups pretest posttest design”. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 14 pemain teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Tes yang dilakukan adalah pretest dan posttest push up. Teknik analisis data menggunakan bantuan SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh latihan rubber terhadap kekuatan otot lengan dengan t-hitung 18,735 > t-tabel 1,943 (2) Terdapat pengaruh latihan dumbbell terhadap kekuatan otot lengan dengan t-hitung 9,168 > t-tabel 1,943 (3) Tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara latihan rubber dan dumbbell. Hal ini berdasarkan data yang diperoleh t-hitung 0,075 > t-tabel 1,782 dengan nilai sig 0,941> 0,05 pada uji independent sample test. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh latihan push up dan tricep dips terdapat peningkatan kekuatan otot lengan namun tidak terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan antara kedua latihan.
Pengaruh Latihan Shooting Pola Dinamis Dan Pola Statis Terhadap Hasil Shooting Pada Siswa Ekstrakurikuler Futsal Putra SMA N 1 Kendal Tahun 2024 Saifullah Yusuf; Mugiyo Hartono; Mohamad Annas; Martin Sudarmono
Indonesian Journal for Physical Education and Sport Vol. 6 No. 1 (2025): INAPES
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/inapes.v6i1.15509

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya kemampuan shooting yang kurang baik pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler futsal putra SMA N 1 Kendal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh latihan shooting pola dinamis dan pola statis terhadap hasil shooting pada siswa ekstrakurikuler futsal putra di SMA N 1 Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif two-group pretest-posttest serta menggunakan desain penelitian matching subject design. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa putra yang mengikuti ekstrakurikuler futsal. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test dengan dasar pengambilan keputusan berdasar taraf Sig. < 0.05. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pada kedua bentuk latihan shooting pola dinamis dan pola  statis terhadap kemampuan shooting. Hasil uji-t menunjukkan adanya pengaruh latihan shooting pola dinamis dan statis terhadap hasil shooting berdasarkan taraf Sig. > 0.05. Simpulan hasil penelitian menunjukkan latihan shooting pola statis memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil shooting ditunjukan dengan rata-rata nilai kemampuan shooting 38,07 setelah diberikan perlakuan.
Pengembangan Senam Membara Dalam Pembelajaran Aktivitas Senam Ritmik Pada Siswa SMA/SMK di Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang Salsa Nevita Rellyana; Dwi Gansar Santi Wijayanti
Indonesian Journal for Physical Education and Sport Vol. 6 No. 1 (2025): INAPES
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/inapes.v6i1.19269

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan pengembangan Senam Membara dalam pembelajaran senam ritmik. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Pengembangan Borg & Gall. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu diperoleh dari kuesioner validasi ahli terdiri dari 1 ahli senam dan 2 ahli pembelajaran dan juga kuesioner yang diberikan kepada siswa yang diteliti. Hasil persentase rata rata dari validasi ahli yaitu mendapatkan rata rata 85,75% (sangat baik) dengan adanya masukan mengenai musik dan gerakan dalam pengembangan Senam Membara. Subjek penelitian adalah siswa SMA/SMK di Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah, terdapat 2 sekolah yaitu MA Windusari dan SMKN 1 Windusari. Hasil rata rata uji skala kecil yaitu 75,93% dengan kriteria Baik dan hasil rata rata uji coba skala besar yaitu 82,63% dengan kriteria Sangat Baik. Berdasarkan hasil pengembangan Senam membara ini, maka dapat disimpulkan pengembangan Senam Membara dapat diterapkan dalam model pembelajaran aktivitas senam ritmik pada siswa MA Windusari dan SMKN 1 Windusari.
Pengembangan Model Senam Sahaja Renjana Dalam Pembelajaran Aktivitas Senam Ritmik Pada Siswa SMP Di Kecamatan Karanganom Rachmad Irfan Nur Maliki; Dwi Gansar Santi Wijayanti; Agus Pujianto; Ipang Setiawan
Indonesian Journal for Physical Education and Sport Vol. 6 No. 1 (2025): INAPES
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/inapes.v6i1.19419

Abstract

Pembelajaran yang efektif sangat penting untuk keberhasilan pendidikan, terutama dalam pendidikan jasmani. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran senam ritmik yang lebih menarik bagi siswa sekolah menengah pertama di Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, dengan menciptakan produk senam “Sahaja Renjana”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Hasil uji coba skala besar menunjukkan bahwa aspek kognitif peserta didik memperoleh nilai rata-rata sebesar 63,75% (Cukup Baik), meskipun siswa cenderung bermain sendiri dan kurang memperhatikan saat praktik. Pada aspek afektif, siswa mencapai presentase 64,57% (Cukup Baik), menunjukkan bahwa senam sahaja renjana efektif dalam mengajarkan sikap kerjasama, kejujuran, tanggung jawab, dan sportifitas. Aspek psikomotorik menunjukkan presentase 68,4% (Cukup Baik), menandakan bahwa senam sahaja renjana diterima dengan baik oleh peserta didik. Penelitian ini diharapkan dapat memandu para guru dalam menciptakan pengalaman belajar yang inovatif dan efektif pada peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP).
Pengembangan Senam Animal Ceria Dalam Pembelajaran Aktivitas Senam Ritmik Pada Siswa SD Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten Armayta Dwi Tadita; Dwi Gansar Santi Wijayanti; Agus Pujianto; Ipang Setiawan
Indonesian Journal for Physical Education and Sport Vol. 6 No. 1 (2025): INAPES
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/inapes.v6i1.19422

Abstract

Pembelajaran senam ritmik di tingkat sekolah dasar masih perlu pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pengembangan Senam Animal Ceria pada pembelajaran senam ritmik siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang mengacu dari Borg & Gall. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner yang diperoleh dari 1 ahli senam dan 3 ahli pembelajaran, serta data kuisioner dan pengamatan yang didapat dari uji coba skala kecil yang dilakukan pada siswa kelas III di SD N Beku dan uji coba skala besar dilakukan pada siswa kelas III dan IV di SD N 2 Karangan dan SD N 2 Gledeg. Berdasarkan hasil kuisioner uji coba skala kecil, diperoleh rata-rata hasil kuisioner sebesar 91,83% (sangat baik). Sedangkan pada uji coba skala besar diperoleh rata-rata hasil kuisioner sebesar 87% (sangat baik). Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) hasil penelitian pengembangan ini menghasilkan produk senam dengan nama “Senam Animal Ceria” yang dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran senam ritmik. (2) model Senam Animal Ceria layak diterapkan pada pembelajaran pendidikan jasmani siswa sekolah dasar kelas III dan IV di Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten.
The Level Of Parents Anxiety Towards Female Students Participating In Pencak Silat Martial Arts Training At Margasari Branch, Margasari Sub District, Tegal Regency Muhammad Ardi Pratama; Donny Wira Yudha Kusuma; Adi S; Dwi Tiga Putri
Indonesian Journal for Physical Education and Sport Vol. 6 No. 1 (2025): INAPES
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/inapes.v6i1.19672

Abstract

This research to analyze the level of parental anxiety regarding female students participating in pencak silat martial arts training at Margasari Branch, Margasari Sub District, Tegal Regency. This research uses a quantitative approach with a descriptive design. Data collection technique used was purposive random sampling.The background of this research is the anxiety of parents whose daughters participate in pencak silat martial arts training. The problem of this research is that is not yet known whether there are differences between the anxiety levels of parents whose children participate in pencak silat martial arts training at Margasari Branch, Margasari Sub District, Tegal Regency. The sample of this study consisted of 35 respondents who were parents of students, comprising 18 parents of female students and 17 parents of male students. The parental anxiety variable was analyzed based on four main factors that is, motoric, cognitive, affective, and somatic. The results showed that of the 18 parents of female students, 11 respondents fell into the high anxiety category, 5 respondents into the moderate category, 3 respondents into the low category, and 0 respondents into the panic category. Meanwhile, among the 17 parents of male students, 4 respondents fell into the high anxiety category, 5 respondents into the moderate category, 8 respondents into the low category, and 0 respondents into the panic category Based on the research findings, it can be conclude that the anxiety levels of parents of female students are higher than those of parents of male students. A significant difference was found between the anxiety levels of parents of female and male students, based on the independent sample t-test (t = 2,536; p = 0,016). The average anxiety level for parents of female students was 49,5, while for parents of male students, it was 39,29. This study recommends further socialization to parents regarding the benefits and safety of pencak silat martial arts training, especially for female, to reduce anxiety levels and enhance their participation.
Hubungan Intellegence Quotient (IQ) dan Emotional Quotient (EQ) terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Fiamrina Rosyada; Agus Darmawan
Indonesian Journal for Physical Education and Sport Vol. 6 No. 1 (2025): INAPES
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/inapes.v6i1.21773

Abstract

Banyak masyarakat yang mempercayai bahwa Intellegence Quotient (IQ) dan Emotional Quotient (EQ) tinggi akan mendapatkan hasil yang bagus dalam belajar. Namun di lapangan banyak ditemukan siswa dengan kecerdasan tinggi tetapi tidak tertarik dalam olahraga. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara nilai IQ dan EQ terhadap hasil belajar mata pelajaran pendidikan jasmani siswa kelas VII dan VIII MTs Minhajut Tholabah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode korelasional menggunakan uji pearson correlation melalui software IBM SPSS 22. Sampel penelitian ini yaitu 45 siswa kelas VII dan 45 siswa kelas VIII menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil observasi didapatkan bahwa Intellegence Quotient (IQ) siswa terbanyak kategori sedang dengan presentase 78,89% dan Emotional Quotient (EQ) terbanyak kategori sedang dengan presentase 75,56%. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa Intellegence Quotient (IQ) dan Emotional Quotient (EQ) terhadap hasil belajar pendidikan jasmani siswa tidak memiliki hubungan atau korelasi, dengan kata lain tinggi rendahnya nilai IQ dan EQ tidak berpengaruh pada hasil belajar pendidikan jasmani siswa.

Page 1 of 3 | Total Record : 24