cover
Contact Name
Dyah Ekawati Noor Fitri
Contact Email
dyahfitri@unesa.ac.id
Phone
+62813-3033-9250
Journal Mail Official
inkredibel@unesa.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Kampus Unesa, Lidah Wetan, Surabaya, 60213, Indonesia
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal INKREDIBEL
ISSN : -     EISSN : 30632404     DOI : -
Jurnal Inovasi Kreativitas Pendidikan dan Pembelajaran (INKREDIBEL) adalah Jurnal Ilmiah Pendidikan Akses Terbuka yang diterbitkan oleh Badan Pendidikan Profesi Guru, Universitas Negeri Surabaya. Jurnal ini merupakan jurnal peer-review yang mempublikasikan artikel penelitian (research article) pendidikan dalam berbagai aspek meliputi media, strategi/model/pendekatan/metode pembelajaran, problematika siswa dalam belajar, pengelolaan kelas termasuk Penelitian Tindakan Kelas, dengan penekanan khusus pada kondisi kelas di Indonesia dan perspektif global. Jurnal ini juga menerima short communication dan systematic literature review terkait bidang pendidikan. Jurnal ini menerbitkan naskah yang ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris . Jurnal ini menyediakan platform bagi guru/dosen, mahasiswa, dan para pemerhati di bidang pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 17 Documents
MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE CASE STUDY PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN SIKAP SADAR LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK KELAS X 3 SMAN 18 SURABAYA Bima Purnama Putra; Agustina Pertiwiningrum; Kasminah
Jurnal Inovasi Kreativitas Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2024)
Publisher : Badan Pendidikan Profesi Guru Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil wawancara serta observasi yang dilakukan di SMAN 18 Surabaya menunjukkan fakta bahwa tingkat kesadaran lingkungan peserta didik kelas X 3 SMAN 18 Surabaya masih perlu ditingkatkan Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan peningkatan sikap sadar lingkungan pada peserta didik kelas X 3 SMAN 18 Surabaya pada materi perubahan lingkungan sebagai akibat dari penerapan model pembelajaran problem based  learning dengan metode case study. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif selama 2 siklus dengan setiap siklus terdiri atas empat fase yakni perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 18 Surabaya dan Taman Jangkar Jambangan dengan subjek penelitian ialah peserta didik kelas X 3 yang berjumlah 33 peserta didik. Data dari penelitian ini diperoleh melalui lembar observasi dan lembar angket yang memuat indikator-indikator sikap sadar lingkungan. Analisis data pada penelitian ini dianalisis secara deskriptif kuantitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dengan metode case study dapat meningkatkan sikap sadar lingkungan peserta didik, dibuktikan dengan peningkatan sikap sadar lingkungan kelas X 3 dari hasil observasi yang pada siklus 1 memperoleh nilai2,33 % meningkat menjadi 80 % pada siklus 2 ,sementara itu hasil angket juga menunjukkan peningkatan pada siklus 1 yang hanya terdapat 67 % peserta didik yang dikatakan memiliki sikap sadar lingkungan baik meningkat pada siklus 2 menjadi 100 % peserta didik yang dikatakan memiliki sikap sadar lingkungan baik. Berdasarkan data yang didapatkan maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model problem based learning dengan metode case study pada materi perubahan lingkungan dapat meningkatkan sikap sadar lingkungan peserta didik.
IMPLEMENTASI MODEL KOOPERATIF METODE FGD PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA KELAS X-9 DI SMAN 1 SIDOARJO Ferina Fatihah Sari; Nur Kuswanti
Jurnal Inovasi Kreativitas Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2024)
Publisher : Badan Pendidikan Profesi Guru Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keterkinian penggunaan teknologi mengubah regulasi perizinan membawa smartphone di sekolah yang mengakibatkan rendahnya partisipasi siswa mengikuti pembelajaran karena terganggu pada konten yang termuat di dalamnya. Tujuan dari penelitian ini yakni mengimplementasikan model kooperatif metode FGD (Focus Group Discussion) pada pembelajaran biologi untuk meningkatkan partisipasi siswa kelas X-9 di SMAN 1 Sidoarjo. Jenis penelitian yang dilakukan berupa penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian yang didapatkan setelah diberi perlakuan yakni partisipasi siswa kelas X-9 dapat meningkat hingga 77% yang tergolong pada kategori baik. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa implementasi model kooperatif metode FGD pada pembelajaran biologi mampu meningkatkan partisipasi siswa kelas X-9 di SMAN 1 Sidoarjo.
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-12 SMAN 15 SURABAYA Muhammad Yusuf Abdul Rochim; Pramita Yakub; Aini
Jurnal Inovasi Kreativitas Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2024)
Publisher : Badan Pendidikan Profesi Guru Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keaktifan belajar peserta didik di SMAN 15 dalam proses pelaksanaan pembelajaran masih rendah sehingga hal ini juga yang mempengaruhi dan berdampak terhadap hasil belajarnya. Guru diharapkan mampu menggunakan dan menerapkan metode pembelajaran yang lebih bervariasi dan berpusat pada peserta didik sehingga dapat meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam proses pelaksanaan pembelajaran. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah salah satu model pembelajaran yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat memberikan dampak peningkatan terhadap keaktifan belajar dan hasil belajar peserta didik. Penelitian didesain dalam penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas X-12 SMAN 15 Surabaya semester genap tahun ajaran 2022/2023. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan test menggunakan instrumen observasi dan posttest. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning meberikan dampak peningkatan terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar peserta didik kelas X-12 SMAN 15 Surabaya pada materi perubahan lingkungan.  
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X-1 SMAN 21 SURABAYA Latifatul Izzah; Rusdiana Halim; Yuliani
Jurnal Inovasi Kreativitas Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2024)
Publisher : Badan Pendidikan Profesi Guru Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X-I SMAN melalui penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan LKPD berbantuan media Wordwall. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilakukan pada peserta didik kelas X-1 SMA Negeri Suarabaya dengan jumlah peserta didik sebanyak 37 peserta didik, 17 peserta didik laki-laki dan 20 peserta didik perempuan. peneliti melakukan dua siklus pada tahun ajaran 2024/2023 pada semester genap bulan Agustus 2023. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I yaitu 49% menjadi 97% setelah siklus II. dalam penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan E-LKPD berbantuan media Wordwall juga mengalami peningkatan keaktifan peserta didik yaitu sebesar 62% kategori aktif pada siklus 1 dan meningkat pada siklus 2 yaitu 75% kategori sangat aktif. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa melalui penggunaan model Problem Based Learning (PBL) menggunakan E-LKPD berbantuan media Wordwall dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik pada materi perubahan lingkungan.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X-12 SMA NEGERI 1 SIDOARJO PADA MATERI BIOTEKNOLOGI Shinta Nadya Mega Ariesta; Nur Kuswanti; Bambang Prijono
Jurnal Inovasi Kreativitas Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2024)
Publisher : Badan Pendidikan Profesi Guru Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus secara berurutan dengan empat tahap meliputi Perencanaan Tindakan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi Tindakan, dan Refleksi. Subjek penelitian ini adalah 36 peserta didik kelas X-12 di SMAN 1 Sidoarjo semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Hasil belajar dilihat dari rata-rata nilai lembar evaluasi akhir secara klasikal dan diperkuat dengan persentase ketuntasan belajar peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah diintegrasikan dengan google form untuk kemudian dilakukan analisis dan dibandingkan dengan kriteria Penilaian Acuan Patokan (PAP) skala 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus 1 ke siklus 2, yaitu siklus 1 memperoleh nilai rata-rata sebesar 71.63 (kriteria sedang) menjadi 84.27 (kriteria tinggi) pada siklus 2. Didukung juga dengan persentase ketuntasan peserta didik di kelas, yaitu 47% pada siklus 1 menjadi 69.55% pada siklus 2.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DI KELAS X-7 DAN X-9 SMAN 3 JOMBANG DENGAN PERLAKUAN PENDEKATAN TEKNOLOGI YANG BERBEDA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR Mochammad Ilham
Jurnal Inovasi Kreativitas Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2024)
Publisher : Badan Pendidikan Profesi Guru Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

SMAN 3 Jombang merupakan sekolah yang telah menerapkan kurikulum merdeka dengan model pembelajaran yang umum, terutama menggunakan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL). Hal ini menyebabkan hasil belajar dan keaktifan siswa akan stagnant dengan kedua model pembelajaran yang sering diimplementasikan. Supaya terjadi peningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa, maka diadakan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif jigsaw dengan materi ekosistem pada dua kelas dengan perlakuan berbeda. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan teknologi yang berbeda terhadap keaktifan dan hasil belajar. Pada kelas X-9 tidak menggunakan integrasi teknologi pembelajaran sedangkan kelas X-7 menggunakan integrasi teknologi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan keaktifan siswa pada kedua kelas pada kriteria aktif dengan presentase 79,03% (X-9) dan 82,76% (X-7); keberhasilan pembelajaran guru berada pada kriteria aktif dengan presentase 78,57% pada kelas X-9 dan kriteria sangat aktif dengan presentase 89,3% pada kelas X-7; hasil belajar siswa mencapai kriteria cukup berhasil dengan presentase 74,2% pada kelas X-9 dan kriteria berhasil dengan presentase 82,76% pada kelas X-7; serta respon siswa setelah belajar dengan model pembelajaran jigsaw menunjukkan respon positif dengan presentase 83,33% pada kelas X-9 dan 95% pada kelas X-7.
ANALISIS PENINGKATAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK X-3 DENGAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PENDEKATAN TaRL Jerni Novalina Manullang; Rinie Pratiwi Puspitawati
Jurnal Inovasi Kreativitas Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2024)
Publisher : Badan Pendidikan Profesi Guru Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keberagaman peserta didik menuntut guru untuk mampu memfasilitasi pemenuhan kebutuhan belajar sesuai dengan kesiapan dan karakteristik peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) pada mata pelajaran biologi materi perubahan lingkungan di SMA Negeri 13 Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah kelas X-3 dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan post test. Praktik pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan pendekatan teaching at the right level menunjukkan peningkatan keaktifan belajar peserta didik dengan hasil post test rata-rata sebesar 85,5882 dan tingkat ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 85,29%. Penerapan pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) telah memberikan kesempatan peserta didik untuk mendapatkan perlakuan sesuai dengan tingkat kesiapan sehingga meningkatkan minat, motivasi, dan keaktifan dalam belajar serta meningkatkan ketuntasan hasil belajar peserta didik.
IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL KELAS X-9 SMAN 15 SURABAYA Ayu Ni'matus Solikah; Aini
Jurnal Inovasi Kreativitas Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2024)
Publisher : Badan Pendidikan Profesi Guru Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

SMAN 15 Surabaya sudah menerapkan kurikulum merdeka dalam pembelajaran, namun hasil belajar siswa SMAN 15 Surabaya pada pembelajaran biologi masih perlu ditingkatkan. Variasi model yang diminati siswa dan yang sesuai karakteristik siswa perlu diterapkan supaya siswa lebih aktif dan memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan hasil implementasi model Problem Based Learning (PBL) berbasis eksperimen pada peningkatan hasil belajar siswa kelas X-9 SMAN 15 Surabaya. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif dengan pendekatan model Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-9 semester genap SMAN 15 Surabaya tahun ajaran 2022/2023. Parameter yang diukur adalah ketuntasan belajar klasiskal (KBK) pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara, dan tes. Data yang di peroleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Aspek kognitif pada siklus 1 diperoleh KBK sebesar 83,33% dan pada siklus II sebesar 94,44%. Pada aspek afektif pada siklus I diperoleh KBK sebesar 90% dan pada siklus II sebesar 95,66%. Aspek psikomotor pada siklus I diperoleh KBK sebesar 85% dan pada siklus II sebesar 93,29%. Dengan demikian, dapat disimpulkan implementasi Problem Based Learning (PBL) berbasis eksperimen dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-9 SMAN 15 Surabaya.
PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN METODE CASE STUDY Nada Tsaniya Salsabila; Agustina Pertiwiningrum; Rusdiyanto
Jurnal Inovasi Kreativitas Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 2 (2024)
Publisher : Badan Pendidikan Profesi Guru Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk memaparkan peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas X-8 SMA Negeri 18 Surabaya pada materi perubahan lingkungan melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan metode case study. Pembelajaran pada siklus I menggunakan case study berdasarkan studi literatur. Pembelajaran pada siklus II berupa kegiatan observasi menggunakan case study pada permasalahan yang terjadi di Taman Jangkar Surabaya. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian menggunakan angket dan lembar observasi motivasi peserta didik. Parameter penelitian ini adalah motivasi belajar peserta didik yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah terjadinya peningkatan motivasi pada peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL dengan metode case study dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik berdasarkan hasil angket sebesar 11,27% yaitu dari 64,44% (cukup) pada siklus I menjadi 75,71% (baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil observasi motivasi belajar peserta didik meningkat sebesar 25,52% yaitu dari 62,50% (cukup) pada siklus I menjadi 88,02% (sangat baik) pada siklus II. Sebanyak 90% dari jumlah sampel peserta didik kelas X-8 juga didapatkan sudah termotivasi dalam belajar materi perubahan lingkungan menggunakan model pembelajaran PBL dengan metode case study.
PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR DALAM MENGAPRESIASI PUISI MELALUI MUSIKALISASI PUISI SISWA SMA KELAS X Andi Rahmadani
Jurnal Inovasi Kreativitas Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 2 (2024)
Publisher : Badan Pendidikan Profesi Guru Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Musikalisasi puisi adalah salah satu metode yang bisa diterapkan dalam pembelajaran apresiasi puisi. Penerapan pembelajaran berbasis TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) harus diterapkan secara menyeluruh akibat dari pergeseran pemahaman dengan paradigma pembelajaran baru yang membuat pembelajaran harus terintegrasi dengan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik dalam mengapresiasi karya puisi dengan menggunakan pendekatan melalui pembelajaran musikalisasi puisi menggunakan Google Sites sebagai media belajar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah PTK dengan memadukan aspek motivasi Mariliyn K. Gowning serta peningkatan hasil belajar melalui komponen proses dan produk. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah terjadinya peningkatan baik motivasi maupun hasil belajar dari siklus ke-1 ke siklus-2. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-4 SMAN 9 Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi sampai 87,5% dan hasil belajar peserta didik yang meningkat dari tiga tahap berurutan (tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II) dengan nilai skor rata-rata 73,08 pada tahap prasiklus, skor rata-rata 82,06 pada siklus I, dan skor rata-rata 88,8 pada siklus II. Pada aspek penilaian kompetensi keterampilan, kelompok demonstrator musikalisasi puisi kelas X-4 mendapatkan skor rata-rata 90,04 (Sangat Baik). Simpulan penelitian adalah bahwa pembelajaran berjalan efektif terhadap peserta didik.

Page 1 of 2 | Total Record : 17