cover
Contact Name
Jems Sopacua
Contact Email
honoli.jurnal@mail.unpatti.ac.id
Phone
+6282299815138
Journal Mail Official
honoli.jurnal@mail.unpatti.ac.id
Editorial Address
Jl. Kampung Babar, Kaiwatu, Tiakur, Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku, Indonesia.
Location
Kota ambon,
Maluku
INDONESIA
Honoli of Journal Primary Teacher Education
Published by Universitas Pattimura
ISSN : -     EISSN : 27759415     DOI : https://doi.org/10.30598/honoli
Core Subject : Education,
Honoli Journal is a journal published by the Primary School Teacher Education Study Program, Off-Campus Study Program (PSDKU), Pattimura University, Maluku Barat Daya Regency. This journal aims to provide a platform for academics, researchers, and practitioners to publish original research articles and review articles. Honoli Journal is an open-access journal, allowing readers to gain insights and exchange knowledge through published research. It is expected that this journal will be beneficial to its readers. Honoli Journal is available in both print and online formats and publishes articles in Indonesian and English. The scope of this journal covers various aspects of education, particularly related to primary education, interactions between teachers and students, learning processes both inside and outside the classroom, character education, and traditional customs. Additionally, it explores social life and the cultural heritage of communities in Indonesia.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2023): Honoli of Journal Primary Teacher Education" : 5 Documents clear
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perubahan Wujud Benda Pada Siswa Kelas V SD Kristen Patti Porumau, Dicki; Talakua, Melvie; Souhoka, Renny
Honoli of Journal Primary Teacher Education Vol 4 No 1 (2023): Honoli of Journal Primary Teacher Education
Publisher : Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/honoli.4.1.1-10

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk meningkatan hasil belajar materi perubahan wujud benda pada siswa kelas V SD Kristen Patti, Kabupaten Maluku Barat Daya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, dan lembar tes. Hasil belajar dari tes awal, siklus I dan siklus II mengalami peningkatan pada siklus I dengan rens nilai rata-rata 37,3 meningkat menjadi 54,6 dan pada siklus II menjadi 73,00. Dengan demikian berdasarkan hasil belajar siklus II maka pembelajaran dikatakan berhasil karena 100% siswa memiliki nilai >65 atau mencapai KKM yang telah ditetukan. Dengan demikian maka penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar materi perubahan wujud benda pada siswa kelas V SD Kristen Patti, Kabupaten Maluku Barat Daya.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Pkn Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Kristen Yatoke Helwend, Aleida
Honoli of Journal Primary Teacher Education Vol 4 No 1 (2023): Honoli of Journal Primary Teacher Education
Publisher : Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/honoli.4.1.26-42

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran perencanaan dalam meningkataan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di kelas IV SD Kristen Yatoke Kabupaten Maluku Barat Daya. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV SD Kristen Yatoke pada Tahun 2022/2023 sebanyak 17 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan tes atau penugasan, sedangkan analisis data di lakukan dengan model interaktif. Sedangkan aktifitas di lakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai siklus. Hasil penelitian belajar siswa pada mata pelajaran PKn menggunakan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkat. Hal ini dapat terlihat dari persentase penugasan materi (KKM) dimana pada pertemuan pertama penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Kristen Yatoke yang berjumlah 17 siswa. kemudian data inidi analisis dengan menggunakan rumus presentase, hasil belajar observasi siswa pada siklus I sebesar 40% (cukup) mengalami peningkatan pada siklus II 77% (Baik).
Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Strategi The Power Of Two Pada Siswa Kelas V SD Inpres Kokwari Tunay, Arifianto; Notanubun, Zainuddin; Ririhena, Ribka Lemi
Honoli of Journal Primary Teacher Education Vol 4 No 1 (2023): Honoli of Journal Primary Teacher Education
Publisher : Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/honoli.4.1.43-58

Abstract

Pelajaran Bahasa Indonesia merupakan pelajaran yang penting dan perlu diberikan atau diajarkan kepada siswa di sekolah mulai dari sekolah dasar tingkat rendah hingga tingkat tinggi. Bahasa Indonesia juga mempunyai kedudukan dan fungsi di dalam kehidupan masyarakat, bangsa dan negara Indonesia. Dengan adanya pembelajaran bahasa Indonesia yang dimulai dari tingkat sekolah dasar dapat mengajarkan anak untuk bersosialisasi dengan baik dilingkungan sekitarnya. Berdasarkan hasil observasi awal pada tanggal 6 sampai 8 Maret 2022 dikatakan kemampuan berbicara siswa SD Inpres Kokwari kelas V belum maksimal dikarenakan guru dalam proses belajar lebih menggunakan metode ceramah dan Tanya jawab, sehingga peneliti melihat banyaknya permasalahan-Permasalahan yang terdapat pada siswa, siswa sering merasa malu dan merasa gugup ketika diminta untuk berbicara di depan kelas, kurangnya perhatian guru kepada siswa dalam keterampilan berbicara, bahasa yang digunakan tidak teratur menyebabkan informasi yang disampaikan menjadi kurang efektif dan pendengar sulit memahami isi pembicaraan secara tepat.
Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Syota Kecamatan Moa Kabupaten Maluku Barat Daya Pajara, Tiomarens; Sairiltiata, Sefanya; Septory, Jekriel
Honoli of Journal Primary Teacher Education Vol 4 No 1 (2023): Honoli of Journal Primary Teacher Education
Publisher : Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/honoli.4.1.11-18

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV SD Negeri Syota kecamatan Moa Kabupaten Maluku Barat Daya. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang difokuskan pada situasi kelas. Subjek Penlitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Syota yang berjumlah 12 siswa. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat peningkatan nilai rata-rata siswa secara keseluruhan. Dari hasil penelitian yang dilakukan terlihat bahwa hasil tes yang diperoleh siswa mengalami peningkatan, yaitu pada tes awal (20 %), pada siklus I meningkat menjadi (60 %) dan meningkat menjadi (100 %) pada siklus II. Selain hasil belajar siswa, hasil observasi dan hasil wawancara juga menunjukan bahwa pada umumnya siswa, dan guru sangat tertarik dengan penerapan model pembelajaran group investigation pada pembelajaran IPS dengan keragaman suku bangsa dan budaya.
Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN di Kelas V SD Negeri Moain Palpialy, Ardy; Souhoka, Renny; Notanubun, Erwin
Honoli of Journal Primary Teacher Education Vol 4 No 1 (2023): Honoli of Journal Primary Teacher Education
Publisher : Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/honoli.4.1.19-25

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapana model pembelajaran berbasis portofolio Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas V (Lima) SD Negeri Moain. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SD Negeri Moain yaitu sebanyak 13 siswa. Instrument pengumpulan data dengan lembaran instrumen, wawancara dan tes. Untuk menaganlisis data dilakukian dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini diperoleh dari tes awal, tes akhir siklus satu dan tes akhir siklus II. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu pada tes awal 3 Siswa (23,03%) meningkat menjadi 7 siswa (63,63%) pada siklus I dan meningkat menjadi 100% pada silkus II. Hasil belajar siswa berdasarkan tes akhir siklus I dan siklus II menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 5