cover
Contact Name
Aldi Muhamad F
Contact Email
aldi.m.fitrah@gmail.com
Phone
+6221-47868800
Journal Mail Official
aldi.m.fitrah@gmail.com
Editorial Address
Redaksi Jurnal Manajemen Bisnis Institut Bisnis Nusantara Jl. Pulomas Timur 3A, Blok A no 2, Kayu Putih, Jakarta Timur Phone: 021-4786-8800 Email address: lrpm@ibn.ac.id
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
KOMPUTASI
ISSN : 23557397     EISSN : 28286707     DOI : https://doi.org/10.55886
Jurnal yang berfokus dibidang Informasi, Teknologi, dan hal keilmuan yang terkait, dengan scope Komputer sains & IT, Pengambilan keputusan, Riset operasi & Manajemen, Electrical Engineering, dan Edukasi.
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 2 (2024)" : 18 Documents clear
Perancangan Sistem Informasi Inventory Berbasis Web pada PT. Bintang Oriental Chaniago, Wahyu Ramadhan; Hafsari, Rizka; Sari, Rani Aprilia; Ardiansyah, M.
Jurnal Esensi Infokom : Jurnal Esensi Sistem Informasi dan Sistem Komputer Vol 8 No 2 (2024)
Publisher : Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55886/infakom.v8i2.910

Abstract

Teknologi informasi terus berkembang pesat, mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk manajemen inventory. PT Bintang Oriental, sebuah perusahaan sparepart mobil di Pekanbaru, masih menggunakan sistem manual dalam pengelolaan inventory, yang menyebabkan ketidakakuratandata, keterlambatan pelaporan. Diperlukan sistem informasi inventory berbasis web untuk meningkatkan efisiensi operasional dan akurasi data. Metode yang digunakan untuk perancangan sistem informasi ini yaitu Waterfall/Sekuensial Linier, yang meliputi tahapan analisis kebutuhan, desain sistem, pengembangan, dan pengujian. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi langsung di PT Bintang Oriental. Perancangan sistem ini menggunakan UML untuk menggambarkan use case diagram, activity diagram, sequence diagram dan class diagram. Hasil perancangan sistem informasi ini yaitu sebuah sistem informasi inventory berbasis web di PT Bintang Oriental yang memungkinkan untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam pengelolaan inventory. Sistem ini diharpkan dapat memonitor persediaan barang secara real-time, mengurangi biaya operasional, dan memberikan laporan yang lebih cepat dan tepat.
Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Tentang Tokoh Sejarah Inspiratif Indonesia Menggunakan Metode MDLC Muhammad, Febrylian Akbar Nur; Amrulloh, Hafidz Zaki; Sitorus, Jestin Reynard Polin
Jurnal Esensi Infokom : Jurnal Esensi Sistem Informasi dan Sistem Komputer Vol 8 No 2 (2024)
Publisher : Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55886/infakom.v8i2.901

Abstract

Mempelajari sejarah adalah komponen krusial dalam pendidikan, karena berperan dalam membina identitas dan karakteristik suatu bangsa. Namun, pembelajaran sejarah yang konvensional sering kali tidak menarik perhatian siswa dan membuat mereka bosan. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan media belajar interaktif multimedia tentang tokoh-tokoh sejarah inspiratif Indonesia yang dapat membangkitkan ketertarikan dan semangat siswa dalam mempelajari sejarah. Media edukatif ini dikembangkan dengan menerapkan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang mencakup enam langkah, yaitu konseptualisasi, desain, penggalian materi, produksi, evaluasi, dan penyebaran. Media pembelajaran ini berisi materi tentang tokoh-tokoh sejarah inspiratif Indonesia, seperti Raden Ajeng Kartini, Ki Hadjar Dewantara, Mohammad Hatta dan lainnya, yang disajikan dalam bentuk teks, audio, video, gambar, dan animasi. Media pembelajaran ini juga dilengkapi dengan fitur interaktif, seperti kuis, dan permainan, yang dapat meningkatkan keterlibatan dan keterampilan siswa dalam belajar sejarah. Hasil pengujian media pembelajaran ini menunjukkan bahwa media pembelajaran ini memiliki tingkat kelayakan yang tinggi dari segi isi, tampilan, dan fungsi. Oleh karena itu, media belajar interaktif multimedia mengenai tokoh-tokoh sejarah inspiratif Indonesia ini bisa menjadi pilihan alternatif sebagai media belajar yang efisien dan menarik untuk pelajaran sejarah di sekolah.
Perancangan Situs E-Commerce pada PO Harapan Baru Novianti, Diana; Vania, Klara; Cangputri, Lyeslin; Willay, Thommy
Jurnal Esensi Infokom : Jurnal Esensi Sistem Informasi dan Sistem Komputer Vol 8 No 2 (2024)
Publisher : Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55886/infakom.v8i2.913

Abstract

Dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin berkembang seiring berjalannya waktu, maka peranan komputer saat ini sangat penting digunakan dalam segala aspek kehidupan, khususnya aspek bisnis. Harapan Baru merupakan UMKM yang menjual perabotan rumah tangga, pengolahan data yang dilakukan masih manual, oleh karena itu, dengan memanfaatkan teknologi informasi yang telah berkembang, diharapkan dapat membantu Harapan Baru dengan meningkatkan daya jual beli. Penelitian ini menggunakan metode prototype dan dirancang menggunakan Unified Modeling Language (UML). Untuk pembuatan website menggunakan pemrograman Hyper Text (PHP), dan database menggunakan MySql. Hasilnya dari penelitian ini adalah penjualan online berbasis web pada Harapan Baru, untuk pelanggan terdapat fitur transaksi pembelian, pelacakan barang, nota pembayaran, sedangkan untuk admin Harapan Baru, terdapat fitur mengelola data produk, dan laporan pemesanan pelanggan.
Sistem e-Learning pada Mata Pelajaran Matematika untuk SMP Berbasis Web Husin, Nanang; Fazlurrahman, Hujjatullah; Dhenabayu, Riska
Jurnal Esensi Infokom : Jurnal Esensi Sistem Informasi dan Sistem Komputer Vol 8 No 2 (2024)
Publisher : Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55886/infakom.v8i2.929

Abstract

e-Learning merupakan suatu metode pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan teknologi internet, sejauh ini e-Learning telah banyak di terapkan pada institusi dan perusahaan. e-Learning sudah menjadi suatu alternatif yang efektif dalam meningkatkan mutu atau keberhasilan proses belajar mengajar. Proses pembelajaran matematika pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) masih menggunakan metode konvensional melalui tatap muka langsung antara guru dan siswa. Metode pembelajaran seperti ini akan membuat keterbatasan proses penyampaian ilmu pengetahuan. Penelitian bertujuan untuk merancang e-Learning yang berfokus pada pembelajaran matematika berbasis web di SMP, dan sistem dapat memudahkan siswa dalam mempelajari matapelajaran dimanapun dan kapanpun selama terhubung internet. ini juga menggunakan jenis penelitian diskriptif, dan metode pengumpulan data pada penulisan ini dengan observasi, wawancara dan kuesioner. Diharapkan dari hasil penelitian ini akan bisa didapatkan sistem e-Learning pembelajaran berbasis web di SMP dapat memudahkan siswa dalam mempelajari dan memahami matapelajaran matematika.
Rancang Bangun Aplikasi Deteksi Dini Penyakit Mulut Menggunakan Computer Vision Gustina, Dian; Bariqi, Fadhlan
Jurnal Esensi Infokom : Jurnal Esensi Sistem Informasi dan Sistem Komputer Vol 8 No 2 (2024)
Publisher : Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55886/infakom.v8i2.920

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sebuah aplikasi mobile yang dapat mendeteksi penyakit mulut secara dini menggunakan teknologi Computer Vision. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya kesehatan mulut dalam menjaga kualitas hidup individu, serta kebutuhan akan alat yang mudah diakses untuk deteksi dini penyakit mulut. Metode penelitian yang digunakan meliputi pengumpulan data gambar penyakit mulut, pengolahan gambar menggunakan teknik augmentasi, dan pengembangan model klasifikasi gambar menggunakan Convolutional Neural Network (CNN). Model CNN yang dikembangkan kemudian diintegrasikan ke dalam aplikasi mobile berbasis Android dengan menggunakan TensorFlow Lite untuk memungkinkan deteksi real-time dan deteksi melalui unggahan gambar.Aplikasi ini juga memiliki antarmuka pengguna yang intuitif dan mudah digunakan, sehingga dapat membantu masyarakat dalam melakukan pemeriksaan kesehatan mulut secara mandiri. Aplikasi yang dikembangkan menunjukkan potensi sebagai alat yang efektif untuk deteksi dini penyakit mulut. Diharapkan aplikasi ini akan berkontribusi dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dan memperbaiki kesehatan mulut secara keseluruhan.
Analisis Technology Acceptance Model (TAM) pada Aplikasi E-Learning Sevima Edlink di Institut Bisnis Nusantara Budiyanto, Albert
Jurnal Esensi Infokom : Jurnal Esensi Sistem Informasi dan Sistem Komputer Vol 8 No 2 (2024)
Publisher : Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55886/infakom.v8i2.930

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Perceived Ease of Use berpengaruh terhadap Perceived Usefullness penggunaan Aplikasi E-Learning Edlink di Institut Bisnis Nusantara, Perceived Ease of Use berpengaruh terhadap Behavioral Intention to Use penggunaan Aplikasi E-Learning Edlink di Institut Bisnis Nusantara, Perceived Usefullness berpengaruh terhadap Behavioral Intention to Use penggunaan Aplikasi E-Learning Edlink di Institut Bisnis Nusantara dan Behavioral Intention to Use berpengaruh terhadap Actual System Use penggunaan Aplikasi E-Learning Edlink di Institut Bisnis Nusantara. Metode Penelitian yang akan digunakan adalah metode penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Institut Bisnis Nusantara yang aktif pada semester Genap 2023/2024 yang minimal sudah menggunakan aplikasi E-Learning Edlink selama 2 semester yang berjumlah 533 mahasiswa. Hasil penelitian Perceived Ease of Use berpengaruh terhadap Perceived Usefullness penggunaan Aplikasi E-Learning Edlink di Institut Bisnis Nusantara. Perceived Ease of Use berpengaruh terhadap Behavioral Intention to Use penggunaan Aplikasi E-Learning Edlink di Institut Bisnis Nusantara. Perceived Usefullness berpengaruh terhadap Behavioral Intention to Use penggunaan Aplikasi E-Learning Edlink di Institut Bisnis Nusantara. Behavioral Intention to Use berpengaruh terhadap Actual System Use penggunaan Aplikasi E-Learning Edlink di Institut Bisnis Nusantara.
Dampak Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan pada Layanan Transportasi Ojek Online Yurindera, Novan
Jurnal Esensi Infokom : Jurnal Esensi Sistem Informasi dan Sistem Komputer Vol 8 No 2 (2024)
Publisher : Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55886/infakom.v8i2.931

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi pada pengguna layanan transportasi online Gojek di Kota Bekasi. Kepercayaan pelanggan dinilai melalui tiga dimensi utama: kemampuan, kebajikan, dan integritas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 150 responden, yang merupakan pelanggan aktif Gojek di Kota Bekasi, dan pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner berbasis Google Form. Data dianalisis menggunakan metode statistik dengan pendekatan SEM-PLS untuk menguji hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan pelanggan tidak berpengaruh langsung terhadap loyalitas pelanggan, dengan nilai t-statistik 0,057 < 1,96 dan nilai probabilitas 0,573 > 0,05. Namun, kepercayaan pelanggan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dengan nilai t-statistik 30,776 > 1,96 dan nilai probabilitas 0,000 < 0,05. Selain itu, kepuasan pelanggan terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai t-statistik 9,229 > 1,96 dan nilai probabilitas 0,000 < 0,05. Kepuasan pelanggan juga memediasi hubungan antara kepercayaan dan loyalitas pelanggan, dengan nilai t-statistik 9,179 > 1,96 dan nilai probabilitas 0,000 < 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kepuasan pelanggan memegang peranan penting sebagai mediator dalam membentuk loyalitas pelanggan, meskipun kepercayaan tidak memiliki pengaruh langsung terhadap loyalitas. Implikasi dari penelitian ini mengarahkan perusahaan layanan transportasi online untuk fokus meningkatkan kepuasan pelanggan guna membangun loyalitas yang lebih kuat.
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BARANG PADA PO USAHA RAYA Willay, Thommy
Jurnal Esensi Infokom : Jurnal Esensi Sistem Informasi dan Sistem Komputer Vol 8 No 2 (2024)
Publisher : Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55886/infakom.v8i2.927

Abstract

Perkembangan teknologi informasi saat ini sangat bermanfaat dam membantu pekerjaan manusia. PO Usaha Raya merupakan suatu usaha yang bergerak di bidang penjualan barang kebutuhan sehari-hari masih melakukan pencatatan data secara manual. Kesalahan pencatatan dan ketidakakuratan data menjadi masalah yang sering terjadi dan sangat menghambat kinerja perusahaan dalam proses transaksi pembelian maupun penjualannya. Penelitian ini dilakukan untuk mempermudah proses pengolahan data pembelian dan penjualan serta meningkatkan kinerja usaha pada perusahaan. Teknik analisis sistem dan teknik pemodelan yang digunakan adalah teknik berorientasi objek serta Unified Modeling Language (UML). Teknik perancangan sistem menggunakan Microsoft Visual Basic .NET 2010. Hasil dari penelitian ini adalah suatu rancangan sistem informasi penjualan yang dapat digunakan oleh perusahaan, yang diharapkan dapat memberi kemudahan pada proses transaksi pembelian dan penjualan serta membantu menghasilkan informasi yang akurat untuk pengambilan keputusan. Dengan adanya sistem informasi penjualan ini diharapkan juga dapat meningkatkan kinerja perusahaan menjadi semakin optimal dan pelayanan terhadap konsumen pun semakin meningkat
Sistem Informasi Pengelolaan Lapangan Bulu Tangkis “Wirda Buana” Berbasis Java Netbean Kholifah, Amelia Nur; Valentino, V.H.; Prasetya, Rudi
Jurnal Esensi Infokom : Jurnal Esensi Sistem Informasi dan Sistem Komputer Vol 8 No 2 (2024)
Publisher : Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55886/infakom.v8i2.924

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem pengelolaan pada lapangan bulu tangkis Wirda Buana menjadi sistem teraplikasi agar dapat mempermudah proses pencatatan penyewaan lapangan. Masalah utama pada penelitian ini adalah proses pengelolaan yang pada saat ini masih manual. Proses penyewaan dilakukan dengan cara mencatat data calon penyewa dalam buku sehingga menyulitkan admin dalam menyalin data para pelanggan yang menyewa. Transaksi pembayaran yang hanya dicatat dalam buku mengakibatkan sering terjadinya salah perhitungan dan membuat proses laporan tidak tepat waktu. Adapun data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi dan wawancara. Dalam prosesnya terdiri dari perencanaan, analisis, rancangan serta implementasi sistem. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem informasi pengelolaan lapangan bulu tangkis berbasis java netbean. Dengan adanya sistem informasi ini diharapkan dapat mempermudah admin dalam mengelola data penyewaan lapangan, juga pemilik dalam memantau jalannya aktivitas penyewaan lapangan.
Evaluasi ITSM Pada Sistem Kartu Inventarisasi Barang Menggunakan Framework ITIL V3 Darmawati, Marchela Putri; Amrozi, Yusuf; Milad, Khusnu
Jurnal Esensi Infokom : Jurnal Esensi Sistem Informasi dan Sistem Komputer Vol 8 No 2 (2024)
Publisher : Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55886/infakom.v8i2.906

Abstract

Information Technology Service Management (ITSM) adalah serangkaian praktik terstruktur yang dirancang untuk mengelola dan meningkatkan kualitas layanan TI dalam sebuah organisasi. Pentingnya ITSM terletak pada kemampuannya untuk meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi kesalahan, dan memastikan layanan TI mendukung tujuan strategis organisasi. Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Jawa Timur telah mengembangkan sebuah aplikasi Kartu Inventarisasi Barang (KIB) yang dirancang untuk menggantikan proses manual dengan otomatisasi, memungkinkan impor data pegawai dan barang dalam format Excel. Meskipun aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi, evaluasi menyeluruh diperlukan untuk mengukur dampaknya terhadap kualitas layanan. Penelitian ini menggunakan kerangka kerja ITIL V3 yang berfokus pada domain Service Operation, dengan tujuan mengidentifikasi masalah atau insiden yang muncul selama penggunaan aplikasi dan memberikan rekomendasi perbaikan berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek Problem Management telah diterapkan dengan cukup baik, membantu mengidentifikasi dan mengatasi akar penyebab insiden berulang. Namun, kelemahan ditemukan pada aspek Event Management, Incident Management, Request Fulfillment, dan Access Management, termasuk kurangnya sistem pemantauan otomatis dan proses pelaporan insiden yang masih manual.

Page 1 of 2 | Total Record : 18