cover
Contact Name
Nurhaswinda
Contact Email
nurhaswinda01@gmail.com
Phone
+6285264706808
Journal Mail Official
catharesearch1@gmail.com
Editorial Address
Jl. Tuanku Tambusai No.23, Bangkinang, Kampar
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Catha : Jurnal Penelitian Kreatif dan Inovatif
ISSN : "_"     EISSN : 30468760     DOI : https://doi.org/10.31004/catha
Catha : Jurnal Penelitian Kreatif dan Inovatif merupakan jurnal yang dikelola oleh Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai yang menjembatani para peneliti untuk mempublikasikan hasil penelitian di semua bidang keilmuan (multidisiplin). Meliputi bidang pendidikan, kesehatan, hukum, ekonomi, IT (Teknik Informatika), Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Perikanan, Pertanian, Sosial Humaniora dan bidang ilmu lainnya. Jurnal terdaftar E-ISSN 3046-8760. Jurnal ini terbit empat kali setahun yaitu pada bulan Januari, April, Juli, dan Oktober .
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 28 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 3 (2024): Juli" : 28 Documents clear
Tingkat Motivasi Atlet Futsal Putri Independen Pekanbaru Dalam Bermain Futsal Dhea Ramadhani; Raffly Henjilito
Catha : Jurnal Penelitian Kreatif dan Inovatif Vol. 1 No. 3 (2024): Juli
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/catha.v1i3.17

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian adalah untuk mengetahui  Tingkat Motivasi Atlet Futsal Putri Independen Pekanbaru Dalam Bermain Futsal.  Didalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan persentase dimana setelah data yang diperlukan terkumpul, diklasifikasikan menurut perumusan yang telah ditentukan, data yang bersifat kualitatif, yang digambarkan dengan kata-kata atau kalimat menurut kategori yang telah ditentukan untuk memperoleh suatu kesimpulan. Penelitian populasi ini penulis mengambil seluruh atlet Putri Independen Pekanbaru sebanyak 23 atlet. Dengan demikian sampel dalam penelitian ini adalah 23 atlet Putri yang ada di Independen Pekanbaru. Teknik pengumpulan data kuisioner dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu teknik persentase yang bertujuan untuk menarik kesimpulan dengan alat bantu hitung. Teknik analisis persentase ini digunakan untuk melihat tingkat motivasi atlet futsal putri independen pekanbaru dalam bermain futsal. Berdasarkan hasil analisis data, deskripsi hasil penelitian, dan pembahasan, dapat diambil kesimpulan, bahwa motivasi atlet futsal putri Independen Pekanbaru dalam bermain futsal diketahui sebanyak 5 atlet (21,74%) mempunyai motivasi dalam bermain futsal kategori tinggi, sebanyak 6 atlet ( 26,09%) mempunyai kategori tinggi, sebanyak 4 atlet (17,39%) mempunyai kategori sedang, sebanyak 4 atlet (17,39%) mempunyai rendah dan sebanyak 4 atlet (17,39) mempunyai kategori sangat rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi atlet futsal putri Independen Pekanbaru dalam bermain futsal sedang, rendah dan sangat rendah sebesar (52,17%).
Peranan Konsentrasi Terhadap Olahraga Petanque : Literatur Review Anisa Putri; Novri Gazali
Catha : Jurnal Penelitian Kreatif dan Inovatif Vol. 1 No. 3 (2024): Juli
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/catha.v1i3.18

Abstract

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Peranan konsentrasi terhadap olahraga petanque. Jenis penelitian ini adalah penelitian literature review. Data yang diperoleh dalam penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan oleh peneliti sebelumnya yang diperoleh dari situs Google Scholar. Hasil kajian ini menyatakan bahwa terdapat 7 hasil penelitian dalam jurnal yang menyatakan bahwa konsentrasi  berpengaruh besar terhadap kontribusi olahraga petanque dan 2 jurnal lainnya menyatakan knsentrasi tidak benyak berkontribusi dalam olahraga petanque. Jadi,kesimpulannya adalah konsentrasi memberi pengaruh dan sumbangan yang besar untuk melakukan olahraga petanque baik dalam pointing maupun shooting.
Kontribusi Kelincahan Dan Kecepatan Terhadap Kemampuan Dribbling Ekstrakurikuler Futsal Smp Muhammadiyah 1 Pekanbaru Muhammad Syarwan; Rezki
Catha : Jurnal Penelitian Kreatif dan Inovatif Vol. 1 No. 3 (2024): Juli
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/catha.v1i3.19

Abstract

Permasalahan dalam penelitian pada siswa ekstrakurikuler futsal SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru pada saat latihan masih ada beberapa pemain yang masih kurang baik dalam melakukan dribbling futsal serta teknik yang dilakukan masih kurang baik. Tujuan penelitian untuk mengetahui ada tidaknya kontribusi kelincahan dan kecepatan terhadap dribbling pada siswa ekstrakurikuler futsal SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian Korelasional. Sampel penelitian adalah Siswa ekstrakurikuler futsal SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru sejumlah 17 orang, dimana teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Instrumen penelitian adalah tes kelincahan (dogging run) dan tes kecepatan (sprint), tes dribbling. Teknik pengumpulan dengan tes dan pengukuran. Analisis data dengan korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Terdapat kontribusi yang signifikan antara kelincahan dengan dribbling futsal dengan nilai koefesien korelasi sebesar 0,491 >  r tabel 0,482 dan koefesien distribusi thitung 2,18 > ttabel 1,74 serta besarnya kontribusi 24,10%. (2) Terdapat kontribusi yang signifikan antara kecepatan dengan dribbling futsal dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,534r tabel 0,482 dan koefesien distribusi thitung 2,43 ttabel 1,74 serta besarnya kontribusi 28,51%.  (3) Terdapat kontribusi yang signifikan antara kelincahan dan kecepatan secara bersama-sama dribbling futsal dengan nilai koefesien korelasi sebesar 0,592r tabel 0,482 dan F hitung 3,77 > 2,13 F tabel serta besarnya kontribusi 35,04%.
Hakikat Pendidikan Inklusif Anak Usia Dini Dian Ayu Lestari; Maretha Nur Khasanah; Yolanda Safitri Ambarita; Dea Mustika
Catha : Jurnal Penelitian Kreatif dan Inovatif Vol. 1 No. 3 (2024): Juli
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/catha.v1i3.20

Abstract

Pendidikan inklusif merupakan suatu pendekatan pendidikan yang inovatif dan strategis untuk memperluas akses pendidikan bagi semua kalangan termasuk anak berkebutuhan khusus. Layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus hendaknya dilaksanakan sejak usia dini, karena masa usia dini adalah masa dimana anak mengalami perkembangan yang pesat. Tujuan pendidikan inklusi adalah memberikan kesempatan yang sama, emosional, mental dan sosial atau memiliki potensi kecerdasan bakat istimewa untuk memperoleh pendidikan yang bermutu sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan serta mewujudkan pendidikan yang menghargai keanekaragaman dan tidak diskriminatif bagi semua peserta didik.
Implementasi Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Dita Kartika; Selvy Syahmiati; Dea Mustika
Catha : Jurnal Penelitian Kreatif dan Inovatif Vol. 1 No. 3 (2024): Juli
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/catha.v1i3.21

Abstract

Pendidikan inklusif merupakan tantangan tersendiri bagi pimpinan sekolah dan guru  lembaga pendidikan. Pendidikan inklusi di Sd perlu mendapat perhatian lebih, karena anak sd masih memerlukan perhatian intensif dari guru dan keberadaan siswa berkebutuhan khusus tentu tidak mudah untuk  mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat dan mendeskripsikan fenomena yang terjadi dalam penyelenggaraan pendidikan inklusi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, menganalisis adanya faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan inklusi di sekolah dasar. Simpulkan bahwa guru harus lebih mengetahui tentang faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan inklusi di sekolah dasar negeri. Sekolah , oleh karena itu kepala sekolah, guru, dewan pendidikan dan masyarakat harus bekerjasama dalam pelaksanaannya untuk  memberikan pelayanan yang layak bagi siswa pada umumnya dan anak berkebutuhan khusus untuk meningkatkan mutu pelayanan pendidikan di sekolah dasar. 
Manajement Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Astri Madina; Ega Viana Putri; Dea Mustika
Catha : Jurnal Penelitian Kreatif dan Inovatif Vol. 1 No. 3 (2024): Juli
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/catha.v1i3.22

Abstract

Mengetahui bagaimana manajemen atau pengelolaan pendidikan inklusi di sekolah dasar adalah tujuan dari penelitian. Pendidikan inklusi yang sudah diterapkan di negara Indonesia banyak yang memiliki persoalan, persoalan tersebut antara lain dari kebijakan kepala sekolah, relasi pendidik dan peserta didik, dan seringkali ditemukan bahwa pendidik kurang menguasai kemampuan untuk menjalankan program inklusi. Dalam hal ini pendidik merupakan bagian terpenting dari sebuah lembaga sekolah bagi kelancaran program yang sudah di sepakati sebelumnya, karena pendidik yang nantinya akan berkomunikasi secara langsung dengan peserta didik yang normal dengan peserta didik penyandang kebutuhan khusus. Pemahaman, pengetahuan, pengalaman dan keterampilan seoarang pendidik sangat menentukan seberapa bagus dan baiknya program inklusif dimanifestasikan di sekolah inklusif, terutama di dalam kelas. Untuk mewujudkan hal itu, pendidik wajib mengikuti beberapa pelatihan untuk mengakomodasi dan menajalankan agenda ataupun rencana dengan baik. 
Strategi Pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus Tunarungu dalam Pendidikan inklusi Almira Nabila; Meylani Yogi Kartika; Wulanda Prameswari; Dea Mustika
Catha : Jurnal Penelitian Kreatif dan Inovatif Vol. 1 No. 3 (2024): Juli
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/catha.v1i3.23

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui bagaimana pembelajaran pada anak tunarungu dalam pendidikan inklusi. Pendidikan inklusi yang sudah diterapkan di negara indonesia banyak yang memiliki persoalan, persoalan tersebut antara lain dari kebijakan kepala sekolah. Jadi, kesimpulan dari penelitian ini anak tunarungu memiliki hambatan dalam perkembangan pendengaran mereka karena tidak memiliki rangsangan, hal ini dapat menghambat perkembangan berkomunikasi mereka. Strategi pembelajaran yang digunakan anak tunarungu strategi deduktif,strategi induktif,strategi ekspositorik,strategi klasikal, strategi kelompok, strategi individual, strategi kok operatif, strategi modifikasi perilaku ( behaviorisme).
Manfaat Program Pendidikan Inklusi Untuk  AUD Dwi Wulandari; Ade Novita Maharani; Intan Ramatari Putri; Dea Mustika
Catha : Jurnal Penelitian Kreatif dan Inovatif Vol. 1 No. 3 (2024): Juli
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/catha.v1i3.24

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manfaat penerapan program pendidikan inklusi untuk anak usia dini. Hasil penelitian menunjukan bahwa program pendidikan inklusi yang diterapkan memberikan manfaat baik bagi anak yang memiliki kebutuhan khusus mapupun anak normal pada umumnya. Penerapan program pendidikan inklusi dapat menstimulasi perkembangan dan menanamkan nilai karakter pada anak, yaitu: (1) anak mau saling membantu dan bermain bersama dengan anak berkebutuhan khusus; (2) anak dapat mengenal dan menghargai perbedaan; (3) anak memiliki tanggung jawab dan rasa percaya diri; dan (4) anak memiliki keterampilan sosial.
Kebijakan Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Azzahra Muthia Selena; Farida Hanum; Dea Mustika
Catha : Jurnal Penelitian Kreatif dan Inovatif Vol. 1 No. 3 (2024): Juli
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/catha.v1i3.25

Abstract

Kebijakan pendidikan inklusi masih dipandang belum maksimal dilihat dari pengelolaan maupun implementasinya. Tujuan penelitian ini yakni mengetahui  kebijakan pendidikan inklusi di sekolah dasar Pendidikan inklusif merupakan tantangan tersendiri bagi pimpinan sekolah dan guru  lembaga pendidikan. Pendidikan inklusi di Sd perlu mendapat perhatian lebih, karena anak sd masih memerlukan perhatian intensif dari guru dan keberadaan siswa berkebutuhan khusus tentu tidak mudah untuk  mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, menganalisis adanya faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan inklusi di sekolah dasar. Simpulkan bahwa Kebijakan pendidikan inklusi di sekolah dasar merupakan bentuk upaya pemerintah dalam membentuk generasi penerus bangsa agar dapat memahami dan menerima segala bentuk perbedaan serta menghindari sifat diskriminatif dalam kehidupan bermasyarakat.
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Pembelajaran Inklusi Juliana Sikumbang; Surya Ningsih; Dea Mustika
Catha : Jurnal Penelitian Kreatif dan Inovatif Vol. 1 No. 3 (2024): Juli
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/catha.v1i3.26

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pembelajaran PAI di sekolah Inklusi. Metode deskriptif kualitatif adalah metode yang menjelaskan atau menggambarkan fakta, data secara sistematis dan sesuai dengan latar alamiahnya. Mengenai pertanyaan penelitian, hasil penelitian lebih menekankan pada makna dari pada hasil, metode kualitatif dianggap sangat cocok untuk memenuhi tujuan penelitian tetang pembelajaran PAI pad anak berkebutuhan khusus.Temuan dalam penelitian ini ada empat antara lain (1) perencanaan pembelajaran PAI bagi ABK dalam settingan inklusi (2) pelaksanaan pembelajaran PAI yang beragam strategi (3) Evaluasi hasil pemeblajaran PAI (4) Kendala yang dihadapi baik dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran PAI di sekolah inklusi.

Page 1 of 3 | Total Record : 28