cover
Contact Name
Prof. Dr. Ratu Ilma Indra Putri, M.Si
Contact Email
ratu.ilma@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
jpm@unsri.ac.id
Editorial Address
Department of Master Program on Mathematics Education Faculty of Teacher Training and Education Sriwijaya University, Palembang, Indonesia Kampus FKIP Bukit Besar Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar Palembang - 30139 Indonesia
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Matematika
Published by Universitas Sriwijaya
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), an electronic peer-reviewed international journal, provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news related to mathematics education. This journal is provided for writers, teachers, students, professors, and researchers, who will publish their research reports or their literature review articles (only for invited contributors) about mathematics education and its instructional for authors and readers worldwide. Start from July 2007, this journal publishes two times a year, in July and January. Besides regular writers, for each volume, the contents will be contributed by invited contributors who experts in mathematics education either from Indonesia or abroad. The journal invites original research articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in mathematics education are welcome, which includes, but is not limited to the following topics Realistic Mathematics Education (RME) or Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, Design/Development Research in Mathematics Education, Mathematics Ability, and PISA Task.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 13, No 1 (2019)" : 8 Documents clear
MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANIMASI PADA MATERI STATISTIKA UNTUK SISWA KELAS 7 SMP Wigita Rezky Widjayanti; Titin Masfingatin; Reza Kusuma Setyansah
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 13, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22342/jpm.13.1.6294.101-112

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis animasi dalam pembelajaran matematika. Penelitian dan pengembangan ini terdiri dari fase investigasi awal, design, konstruksi, tes, evaluasi dan revisi, serta implementasi. Penelitian hanya difokuskan sampai pada fase tes, evaluasi dan revisi. Hasil penelitian adalah: 1) media pembelajaran interaktif berbasis animasi dinyatakan sangat valid yang dilihat dari hasil rata-rata penilaian validator  media sebesar 89,05%, 2) media pembelajaran interaktif berbasis animasi dinyatakan praktis dari hasil rata-rata yang diperoleh dari lembar angket respon siswa mencapai 87,95% memberikan respon positif, 3) media pembelajaran interaktif berbasis animasi dinyatakan efektif digunakan dalam pembelajaran yang diketahui dari persentase ketuntasan siswa sebesar 87,50%. Dengan demikian media pembelajaran interaktif berbasis animasi layak digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi statistika untuk siswa kelas 7 SMP.
KEMAMPUAN PENALARAN STATISTIS SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA HISTOGRAM MELALUI PEMBELAJARAN PMRI Sholihatun Nisa; Zulkardi Zulkardi; Ely Susanti
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 13, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22342/jpm.13.1.5460.21-40

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran statistis siswa pada materi penyajian data histogram melalui pembelajaran PMRI di SMA Negeri 11 Palembang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 5 dengan jumlah siswa 40 orang. Proses pembelajaran yang berlangsung disesuaikan dengan prinsip dan karakteristik dari PMRI. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes tertulis yang terdiri dari 4 soal uraian dan wawancara sebagai penguat data dari hasil tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan penalaran statistis siswa pada materi penyajian data histogram melalui pembelajaran PMRI terkategori baik dengan rincian 8 siswa terkategori sangat baik; 11 siswa terkategori baik; 9 siswa terkategori cukup, 7 siswa terkategori kurang, dan tidak ada siswa dengan kemampuan penalaran statistis sangat kurang. Indikator penalaran statistis yang memiliki kemunculan tertinggi yaitu organizing dan reducing data sebesar 84,69%. Sedangkan, indikator penalaran statistis yang memiliki kemunculan terendah yaitu representing data sebesar 29,52%.
INVESTIGASI TINGKAT KETERLIBATAN MATEMATIKA SISWA MELALUI ANALISIS RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ELPSA DAN IMPLEMENTASINYA DI KELAS Baiq Rika Ayu Febrilia; Sitti Maesuri Patahuddin
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 13, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22342/jpm.13.1.6326.55-72

Abstract

Kualitas pembelajaran matematika tercemin dari kualitas keterlibatan matematika siswa selama pembelajaran berlangsung, sementara pembelajaran yang terjadi ditentukan oleh rancangan pembelajaran. Oleh karena itu, memiliki rencana pelajaran yang dikembangkan dengan baik sangat penting untuk mencapai tujuan pembelajaran. Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi keterlibatan matematika siswa berdasarkan dua rencana pembelajaran segitiga yang dikembangkan dan diimplementasikan pada siswa kelas 7. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini melibatkan satu orang guru laki-laki dan 24 siswa. Keterlibatan matematika siswa dianalisis melalui kata-kata dan tindakan siswa menggunakan hasil adaptasi alat analisis Watson. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat 24 dari 38 indikator keterlibatan matematika siswa yang muncul pada rencana pembelajaran dan hal ini juga bersesuaian dengan keterlibatan yang diharapkan dalam rancangan pembelajaran. Frekuensi kemunculan indikator bervariasi, beberapa aspek relatif tinggi, seperti menggunakan pengetahuan sebelumnya dan mengidentifikasi karakteristik matematika, sementara beberapa aspek lainnya cukup rendah, seperti mengklarifikasi dan menghubungkan ide-ide matematika. Studi ini menunjukkan bahwa alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini memungkinkan peneliti memfokuskan perhatian pada kegiatan yang bersifat matematis.
ANALISIS INSTRUMEN TES HIGHER ORDER THINKING MATEMATIKA SMP Nusrotus Sa'idah; Hayu Dian Yulistianti; Eka Megawati
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 13, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22342/jpm.13.1.6619.41-54

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dari instrumen tes matematika yang dilihat dari tingkat kesulitandan daya beda soal. Instrumen yang dikembangkan adalah instrumen tes Higher order Thinking. Bentuk instrumen ini adalah multiple choice. Sampel dari penelitian ini adalah siswa SMP N 2 Jepara dengan mata pelajaran Matematika. Telaah kualitatif meliputi aspek materi, konstruksi dan bahasa. Telaah secara kuantitatif dengan pendekatan Teori Tes Klasik. Dalam teknik analisis data aspek yang diukur adalah validitas, reliabilitas, tingkat kesulitan, daya beda soal dan efektivitas Distraktor. Soal ini terdiridari 20 item soal pilihan ganda yang mengacu pada taxonomy blomms. Kognitif level dalam butir ini meliputi C4(evaluasi), C5 (Analisis), dan C6(mengkreasi).  Dari hasil analisis kualitatif menunjukkan bahwa secara konstruksi, bahasa dan materi mempunyai kriteria tinggi atau diterima. Hasil analisis dengan teori tes klasik menggunakan program ITEMAN menunjukkan hasil butir item pilihan ganda 50% mempunyai kriteria baik.
CARA IDENTIFIKASI PENGETAHUAN PROSEDURAL DAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL MAHASISWA TERHADAP MATERI LIMIT Budi Mulyono; Yaya S Kusumah; Rizky Rosjanuardi
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 13, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22342/jpm.13.1.6706.73-82

Abstract

Limit merupakan materi utama dalam pembelajaran kalkulus yang telah dikenalkan dan dipelajari mahasiswa sejak jenjang sekolah menengah atas. Namun tidak sedikit mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam mempelajari dan memahami materi limit di tingkat awal perguruan tinggi. Seorang mahasiswa tidak hanya harus memiliki pengetahuan prosedural saja, namun juga perlu memiliki pemahaman konseptual tentang limit. Artikel ini membicarakan tentang cara mengidentifikasi pengetahuan prosedural dan pemahaman konseptual mahasiswa terhadap materi limit. Adapun metode yang digunakan untuk mengidentifikasi pengetahuan prosedural dan pemahaman konseptual tersebut adalah dengan memberikan tes kepada mahasiswa berupa soal-soal yang berkaitan dengan materi limit. Soal-soal tes tersebut didesain sederhana dengan tujuan untuk menghindari kesalahan yang muncul disebabkan oleh tingkat kesulitannya. Temuan hasil tes dengan soal-soal yang telah didesain tersebut menunjukkan bahwa terdapat mahasiswa dapat menyelesaikan soal-soal limit dengan baik secara prosedural, namun mereka memiliki permasalahan dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan pemahaman konseptual. Hal tersebut mungkin disebabkan pembelajaran tentang limit yang mereka dapatkan di jenjang sekolah menengah atas lebih berorientasi pada penyelesaian soal-soal limit secara prosedural saja.
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN OPERASI BENTUK ALJABAR Dewi Malihatuddarojah; Rully Charitas Indra Prahmana
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 13, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22342/jpm.13.1.6668.1-8

Abstract

Aljabar merupakan subjek yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu, siswa khususnya pada tingkat SMP kelas VII harus dapat memahami konsep ini dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa kelas VII dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi bentuk aljabar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kalasan. Instrumen pada penelitian ini berupa sebuah tes yang terdiri dari 10 soal tentang operasi bentuk aljabar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan beberapa kesalahan dalam menyelesaikan permasalahan tentang operasi bentuk aljabar, seperti kesalahan pada variabel, kesalahan pada tanda negatif, kesalahan pada menyelesaikan bentuk persamaan aljabar, kesalahan pada pengoperasian bentuk aljabar, dan kesalahan dalam penyelesaian bentuk pecahan.
TINGKAT MATHEMATICS ANXIETY PADA MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA Amrina Rizta; Luvi Antari
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 13, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22342/jpm.13.1.6827.9-20

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat Mathematics Anxiety (MA) pada mahasiswa calon guru matematika di Universitas Muhammadiyah Palembang. Subjek penelitian ini adalah 58 mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuisioner, dan wawancara. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diketahui kriteria kecemasan yang mendominasi adalah kecemasan pada tes/ujian matematika dan kecemasan pada tugas matematika dan perhitungan numerikal. Pada domain kognitif meliputi: kesulitan untuk mengingat dan menggunakan prosedur matematika dan ketergantungan yang besar kepada orang lain. Pada domain sikap meliputi: sikap sangat berhati-hati dalam menyelesaikan persoalan dan melakukan tindakan komplusif ketika kehabisan ide untuk menyelesaikan soal matematika yang sedang dikerjakan. Pada domain somatik meliputi: jantung berdebar kencang ketika dosen mengadakan quiz secara mendadak, merasa mual dan pusing mendadak ketika mempersentasikan tugas di depan kelas. Pada domain representasi matematis yaitu sulit mengemukakan pendapat dihadapan dosen dan teman lain, paham ketika dosen menerangkan suatu materi namun kesulitan mengerjakan tugas yang diberikan dosen, dan kesulitan dalam menginterpretasikan soal cerita menjadi kalimat matematika.
MINAT SISWA TERHADAP MATEMATIKA DAN HUBUNGANNYA DENGAN METODE PEMBELAJARAN DAN EFIKASI DIRI Widyastuti Widyastuti; Agung Putra Wijaya; Wayan Rumite; Rini Rita T Marpaung
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 13, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22342/jpm.13.1.6750.83-100

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat siswa terhadap matematika dan hubungannya dengan metode pembelajaran dan efikasi diri. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa sekolah menengah pertama di Bandarlampung. Penelitian deskriptif kuantitatif ini mempelajari 691 siswa yang dipilih menggunakan teknik stratified random sampling. Data dalam penelitian ini berupa data minat siswa terhadap matematika (Y), data implementasi metode pembelajaran (X1), dan data efikasi diri siswa (X2) yang diperoleh menggunakan teknik non-tes berupa angket. Data dianalisis menggunakan analisis korelasi dan regresi linier berganda dengan . Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (i) secara umum 22,58% siswa memiliki minat terhadap matematika dengan kategori tinggi, 76,56% dengan kategori sedang, dan 0,86% dalam kategori rendah; (ii) terdapat hubungan positif yang sangat kuat antara variabel implementasi metode pembelajaran dan efikasi diri secara bersama-sama terhadap variabel minat dengan nilai r = 0,844; (iii) terdapat hubungan positif yang cukup kuat antara implementasi metode pembelajaran dengan minat terhadap matematika bila peran efikasi diri tidak berubah (tetap) dengan r = 0,505; (iv) terdapat hubungan positif yang cukup kuat antara efikasi diri dengan minat terhadap matematika bila peran implementasi metode tidak berubah (tetap) dengan r = 0,585; dan (v) persamaan model regresi liniernya adalah Y = 22,788+0,972 X1+0,932 X2.

Page 1 of 1 | Total Record : 8