cover
Contact Name
Eddy Noviana
Contact Email
eddy.noviana@lecturer.unri.ac.id
Phone
+6281365426537
Journal Mail Official
primary@ejournal.unri.ac.id.
Editorial Address
Gedung B1, FKIP Universitas Riau Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam Pekanbaru Riau Indonesia 28293
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Published by Universitas Riau
ISSN : 23031514     EISSN : 25985949     DOI : 10.33578
Core Subject : Education,
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary: Journal of Elementary Teacher Education) is a peer-reviewed journal on education and teacher training. This journal encompasses original research articles and review articles.
Articles 33 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 4 (2022)" : 33 Documents clear
ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP OPERASI BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV MELALUI PEMBELAJARAN DARING Shafira Yaumil Alin; Heni Puji Astuti
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 11, No 4 (2022)
Publisher : Laboratorium Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (672.183 KB) | DOI: 10.33578/jpfkip.v11i4.8583

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi operasi bilangan bulat dalam pembelajaran daring. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap 2020/2021. Lokasi dalam penelitian ini ialah salah satu Sekolah Dasar yang berada di Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang, Banten. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah sampel sebanyak 15 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik obsevasi dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah desain penelitian kualitatif. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang mengacu pada indikator pencapaian pemahaman konsep sebagai berikut: (1) 73% siswa mampu menyatakan ulang suatu konsep. (2) 53% siswa dapat mengklasifikasi objek menurut sifat sesuai konsepnya. (3) 47% siswa mampu memberikan mana yang termasuk contoh dan bukan contoh dari konsep. (4) 87% siswa mampu menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis. (5) 40% siswa dapat mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup dari konsep. (6) 13% siswa dapat menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu. (7) 20% siswa dapat mengaplikasikan konsep atau alogoritma ke pemecahan masalah. Pembelajaran matematika kontekstual dapat diterapkan oleh guru saat pemberian materi, karena pembelajaran kontekstual diharapkan dapat membantu siswa mudah memahami konsep operasi bilangan yang diawali dari kehidupan sehari-hari siswa. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Pemahaman Konsep, Operasi Bilangan Bulat
HUBUNGAN INTENSITAS MEMBACA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PADA SISWA KELAS IV SD Nasty Minarsih; Rien Anitra; Mertika Mertika
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 11, No 4 (2022)
Publisher : Laboratorium Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (584.982 KB) | DOI: 10.33578/jpfkip.v11i4.8597

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan intensitas membaca dengan keterampilan menuliscerita. Metode penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik random sampling dengan rumus Isaac dan Michael dengan jumlah sampel 78 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berdasarkan teknik angket dan teknik pengukuran, yaitu menggunakan angket intensitas membaca dan tes keterampilan menulis cerita. Teknik analisis data yang digunakan adalah Korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Tingkat intensitas membaca siswa tergolong baik berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 44,69. 2) Tingkat keterampilan menulis cerita tergolong baik dengan rata-rata keseluruhan 59,5. 3) Terdapat hubungan antara intensitas membaca dengan keterampilan menulis cerita sebesar 5,89, dengan nilai korelasi 0,56 dan koefisien determinasi 31,36%. Jadi dari hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat hubungan antara intensitas membaca dengan keterampilan menulis cerita. 
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODUL BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK Eka Sastra Wati; Desri Guspita
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 11, No 4 (2022)
Publisher : Laboratorium Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (659.209 KB) | DOI: 10.33578/jpfkip.v11i4.8958

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan modul matematika berbasis etnomatematika terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan desain penelitian tipe posstes only control design dengan teknik sampling cluster random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, observasi dan metode tes. Uji instrument menggunakan uji validitas, uji tingkat kesukaran, uji daya pembeda soal, uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji prasayarat analisis dan uji hipotesis (uji-t). Berdasarkan perhitungan uji t antara kelas eksperimen dengan kelas control diperoleh nilai sebesar 1,872 sedangkan ttabel = 1,671. Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa thitung > ttabel artinya rerata kelas eksperimen lebih baik daripada rerata kelas kontrol sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul matematika berbasis etnomatematika terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik lebih baik dari pada pembelajaran yang tidak menggunakan modul matematika berbasis etnomatematika.  
PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV Sherly Mellinia; Erfan Ramadhani; Arief Kuswidyanarko
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 11, No 4 (2022)
Publisher : Laboratorium Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (815.541 KB) | DOI: 10.33578/jpfkip.v11i4.9015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana validitas, kelayakan, dan kemanfaatan Modul Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik pada Kelas IV Materi bangun Datar. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development). Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Hasil penelitian dan pengembangan dilakukan dalam beberapa tahap dengan menggunakan model penelitian pengembangan 4D. Hasil validitas modul berdasarkan validasi ahli materi 93% dikategorikan sangat valid, ahli bahasa 95% dikategorikan sangat valid, ahli media 92% dikategorikan sangat valid, dan selanjutnya kelayakan berdasarkan penilaian hasil tanggapan guru dengan persentase sebesar 93% dikategorikan sangat layak. Kemudian penilaian kelayakan modul berdasarkan respon siswa dengan total skor penilaian dengan 10 indikator diperoleh hasil persentase sebesar 92% dikategorikan sangat layak. Dengan demikian media pembelajaran Modul Matematika berbasis pendekatan saintifik sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran kelas IV.  
TEACHER PROFESSIONALITY OF AL-ISLAM AND KEMUHAMMADIYAHAN (AIK) IN IMPLEMENTING RELIGIOUS VALUES FOR STUDENTS AT MUHAMMADIYAH NITIKAN SD YOGYAKARTA DURING THE COVID-19 PANDEMIC Yusutria Yusutria; Yuzarion Yuzarion; Charles Charles; Nurhasnawati Nurhasnawati; Yuherman Yuherman
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 11, No 4 (2022)
Publisher : Laboratorium Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (924.025 KB) | DOI: 10.33578/jpfkip.v11i4.8501

Abstract

Lack of students' ability to read and understand Islamic teachings well, practice religious values and daily life, feelings of insecurity, individualistic, and hedonistic attitudes during the covid-19 pandemic are still found. The study described in this article is aimed to determine the teacher professionality of Al-Islam and Kemuhammadiyahan (AIK) in instilling religious values for students and teacher professionality in instilling religious values for students at SD Muhammadiyah Nitikan Yogyakarta during the Covid-19 pandemic. The type of research was descriptive qualitative research. The data sources were primary data and secondary data. Data were obtained through interviews, observation, and documentation. The data analysis used was data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results showed that the teacher professionality of Al-Islam and Kemuhammadiyahan (AIK) instilled religious values, had an educational background, and Muhammadiyahan as an organizational cadre who understood the vision, mission, and goals of schools and organizations. In addition, they had pedagogical, professional, personality, and social competence. They also could integrate religious values into the material contained in the lesson plans, using exemplary and habituation methods, and establishing good cooperation with parents and the community in controlling students.
EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE-OUTSIDE CIRCLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V Melinda Rantini; Erwin Erwin
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 11, No 4 (2022)
Publisher : Laboratorium Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (561.686 KB) | DOI: 10.33578/jpfkip.v11i4.9019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan secara tepat efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif insdie-outside circle dalam meningkatkan kemampuan kognitif melalui pembelajaran IPA kelas V. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Experimental (eksperimen semu) dengan design Nonequivalent Control Group Desain. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrument tes dengan populasi sebanyak 69 siswa kelas V-A dan V-B. Dari hasil perhitungan pretest menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 68,10 dan kelas control sebesar 57,33.  Pada hasil perhitungan posttest diperoleh nilai rata-rata kelas control = 57,50 dan kelas eksperimen = 77,07 yang artinya 8,97 lebih besar dari kelas control. Diperkuat dengan hasil pengujian hipotesis yaitu nilai negative rank dari hasil belajar kelas eksperimen sebesar 0,00 yang artinya terdapat pengaruh, dan pada tes statistic diperoleh nilai signifikan sebesar 0,00 < 0,05 yang artinya terdapat peningkatan. Hal ini dapat membuktikan keefektivitas penerapan model IOC dalam meningkatkan kemampuan kognitif yang diperoleh dari hasil belajar siswa. 
Pengembangan Media Pembelajaran Majalah Pintar Edukatif Pada Kelas IV Windar Yanti
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 11, No 4 (2022)
Publisher : Laboratorium Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33578/jpfkip.v11i4.8374

Abstract

Abstrak: Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan media majalah pintar edukatif, bagaimana kelayakan media majalah pintar edukatif dan bagaimana respon peserta didik menggunakan majalah pintar edukatif pada peserta didik kelas IV MI Al-Khairiyah Pipitan. Metode penelitian ini menggunakan research and development (R&D) dengan model pengembangan 3D (Theree-D) yang terdiri dari tiga tahapan, tahap penetapan (define), tahap perangcangan (design)  dan tahap pengembangan (Development). Untuk menguji kelayakan media pembelajaran ini, dilakukan uji coba validasi ahli. Validasi ahli dilakukan oleh validasi instrumen, ahli media, ahli materi dan bahasa dengan subjek penelitian yaitu 20 peserta didik kelas IV MI Al-Khairiyah. Dari data yang diperoleh, media majalah pintar edukatif ini mendapatkan rata-rata skor validasi ahli sebesar 92% sehingga mendapat kategori “sangat layak” dan mendapat rata-rata skor sebesar 90% dari respon siswa dan masuk dalam kategori “sangat layak”. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran majalah pintar edukatif ini layak digunakan. Kata Kunci: Pembelajaran Media, Media Majalah Pintar Edukatif, Pembelajaran IPS, MI
DISIPLIN BELAJAR SISWA SD SAAT PEMBELAJARAN DARING DALAM PERSPEKTIF GURU Rika Nurhidayah; J Julia; Dadan Nugraha
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 11, No 4 (2022)
Publisher : Laboratorium Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (758.971 KB) | DOI: 10.33578/jpfkip.v11i4.9023

Abstract

Adanya pandemi menyebabkan perubahan pembelajaran yang biasanya dilaksanakan secara tatap muka langsung antara guru dengan siswa di sekolah menjadi pembelajaran secara daring dari rumah masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi mengenai disiplin belajar siswa Sekolah Dasar (SD) selama pembelajaran daring, baik yang berada di desa dan di kota dalam perpektif guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan pencatatan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman wawancara, google form, dan alat rekam berupa telepon seluler. Partisipan dalam penelitian ini yaitu tiga guru yang mengajar di desa dan tiga guru SD yang mengajar di kota. Hasil pengumpulan data kemudian dianalisis dan menghasilkan lima tema yaitu, (1) Disiplin Waktu dan Perbuatan (2) Aktivitas Belajar Siswa, (3) Perbedaan Disiplin Belajar, (4) Upaya dan Kerja Sama Guru, (5) Efisiensi Penanaman Disiplin Belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam perfektif guru, sikap disiplin belajar siswa saat pembelajaran daring berubah dalam berbagai aspek meskipun tidak secara signifikan, hanya berdampak pada sebagian kecil siswa di kelas. Namun, secara keseluruhan guru menilai bahwa kondisi disiplin belajar saat pembelajaran daring cenderung kurang, lebih baik ketika pembelajaran tatap muka langsung di sekolah. Hal ini terjadi baik pada SD yang berada di desa maupun di kota.  
PODCAST SEBAGAI MEDIA DIGITAL PADA MATERI INTERAKSI MANUSIA DENGAN LINGKUNGANNYA Ulpah Samrotul Puadah; Nur Ela; Linda Aji Apriani; Dadan Nugraha
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 11, No 4 (2022)
Publisher : Laboratorium Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (557.875 KB) | DOI: 10.33578/jpfkip.v11i4.8922

Abstract

Artikel ini membahas tentang proses pengembangan, kelayakan podcast sebagai media digital pada materi interaksi manusia dengan lingkungannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana materi IPS mengenai interaksi manusia dengan lingkungannya yang dikemas melalui media digital podcast layak digunakan dan mempermudah penggunaan serta meningkatkan pemahaman para pendengarnya. Penelitian ini dilakukan secara daring dengan subjek penelitian Mahasiswa PGSD UPI Kampus Sumedang. Metode penelitian yang digunakan merupakan konsep research and development ADDIE. Konsep penelitian model pengembangan ADDIE ini meliputi beberapa tahapan, yakni tahapan Analyze (analisis), Design (desain), Develop (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan berupa angket untuk validasi media. Berdasarkan hasil analisis validasi dapat disimpulkan bahwa kualitas produk media digital podcast yang dikembangan termasuk dalam kategori layak, Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh beberapa mahasiswa yaitu mahasiswa pertama , mahasiswa kedua dengan perolehan rerata kevalidan media memiliki nilai sebesar 3.83 dengan kategori valid, kevalidan bahasa sebesar 3.25 dengan kategori valid dan kevalidan materi dengan nilai sebesar 4 dengan kategori sangat valid. Dengan perolehan rerata kategori seluruhnya 3.69. Dengan Adanya penelitian ini diharapkan mampu menjadi solusi bagi terkendalanya kegiatan pembelajaran terlebih solusi mengenai media dalam pembelajaran.  
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD Fadhillah Muhibbah; Khairil Iba
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 11, No 4 (2022)
Publisher : Laboratorium Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (601.426 KB) | DOI: 10.33578/jpfkip.v11i4.9024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar matematika pada peserta didik kelas IV di SDN Dukuh 09 Pagi. Penelitian ini mengacu pada pendekatan kuantitatif. Jenis metode penelitian yang digunakan pada penelitian ialah Quasi Eksperimen dalam bentuk desain penelitian Post-test Only Control Group Design. Pada desain ini melibatkan 2 kelas yaitu kelas IV A sebagai kelas kontrol  yang berjumlah 32 peserta didik dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 peserta didik. Proses pengambilan data dilakukan dengan cara memberikan post test kepada kedua kelas tersebut. Untuk menentukan Hasil penelitian ini dengan menggunakan Rumus Uji T. Penentuannya Tolak Ho jika Thitung > Ttabel dan Terima Ho jika Thitung < Ttabel. Hasil dari uji perhitungan pada penelitian ini menyatakan Thitung = 7,391 dan Ttabel = 1,999 dalam tingkat signifikan (α) = 0,05.  Karena Thitung > Ttabel = 7,391 > 1,999, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar matematika pada peserta didik kelas IV.  

Page 1 of 4 | Total Record : 33