cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalsantiajipendidikan@unmas.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
ISSN : 20879016     EISSN : 26854694     DOI : https://doi.org/10.36733/jsp.v9i2
Core Subject : Education,
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) adalah jurnal yang memuat publikasi berupa hasil penelitian dan kajian pustaka dalam bidang pendidikan. JSP diterbitkan sejak Januari 2011 oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar. JSP terbit dua kali setahun pada bulan Januari, dan Juli.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 12 No. 1 (2022): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)" : 10 Documents clear
PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI TERADAP MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING (PjBL) DALAM PEMBUATAN ALAT PERAGA BERBASIS LINGKUNGAN Maria Fransiska Kurniawati; Dewa Ayu Puspawati; Ida Bagus Ari Arjaya
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 12 No. 1 (2022): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v12i1.2831

Abstract

Project-based Learning (PjBL) merupakan model pembelajaran yang menitikberatkan pada pembelajaran berbasis proyek, yaitu peserta didik diberi proyek/tugas yang dapat meningkatkan kreativitas setiap individu. Alat peraga berbasis lingkungan adalah sarana/alat yang terbuat dari bahan-bahan bekas, mudah ditemukan disekitar lingkungan dan dapat dipergunakan agar proses pembelajaran berlangsung dengan baik.  Tujuan penelitian ini untuk membandingkan persepsi mahasiswa pendidikan biologi terhadap model pembelajaran PjBL dalam pembuatan alat peraga berbasis lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2021. Penelitian ini merupakan ex post facto dengan rancangan penelitian pendekatan deskriptif kuantitatif yang melibatkan mahasiswa program studi Pendidikan Biologi sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang disebarkan melalui Google Form. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, melalui penyajian tabel frekuensi, histogram, dan statistik inferensial menggunakan ANOVA. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan persepsi mahasiswa biologi terhadap model pembelajaran PjBL dalam pembuatan alat peraga berbasis lingkungan antara semester IV, VI dan VIII dengan nilai signifikansi sebesar 0,007<0,05. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat perbedaan persepsi dari mahasiswa pendidikan biologi terhadap model pembelajaran PjBL dalam pembuatan alat peraga berbasis lingkungan.
PENGEMBANGAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA BERBASIS ONLINE FLIPPED LEARNING Siti Raudhatul Jannah Nasution; Lutfi Nur
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 12 No. 1 (2022): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v12i1.3132

Abstract

Ekstrakurikuler Pramuka adalah suatu proses pendidikan yang dilaksanakan di alam terbuka yang dapat membentuk kepribadian yang mandiri, disiplin, dan berjiwa sosial. Di sekolah, kegiatan ekstrakurikuler Pramuka adalah satu-satunya kegiatan wajib. Namun, selama pandemi ini, kegiatan ekstrakurikuler tidak aktif. Hal ini terjadi karena banyak pelatih yang kebingungan dalam melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler secara online. Melalui penelitian ini, peneliti mencoba mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler pramuka berbasis flipped learning. Penelitian ini bertujuan agar peneliti selanjutnya dapat meneliti lebih lanjut tentang penerapan metode ini guna mengetahui seberapa bermanfaatnya dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan menggunakan pendekatan Analysis, Design, Development, Implementation atau Delivery and Evaluation (ADDIE). Namun peneliti baru sampai pada tahap pengembangan karena keterbatasan waktu dan tenaga. Dengan demikian, tidak ada subjek dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini, diketahui bahwa RPP dan video pembelajaran yang dibuat peneliti dapat diujicobakan tanpa adanya revisi. Diharapkan dari hasil tersebut, peneliti selanjutnya dapat mencoba kedua media tersebut agar nantinya dapat mengetahui manfaatnya bagi pembina ekstrakurikuler pramuka.
METODE QUANTUM LEARNING DAPAT MENINGKATKAN PEMAHAMAN KOSAKATA PADA SISWA KELAS VII C SMP SILA DHARMA DENPASAR Albertus Agung Sahat; Ni Luh Sukanadi; I Gusti Ayu Putu Tuti Indrawati; Ida Ayu Made Wedasuwari
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 12 No. 1 (2022): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v12i1.3403

Abstract

Kosakata mempunyai peranan penting bagi pengguna bahasa untuk berkomunikasi. Berkaitan dengan itu, kosakata merupakan salah satu faktor penting dalam bahasa karena kosakata sangat menentukan makna, arah, dan tujuan pembicaraan seseorang. Untuk mengetahui taraf pemahaman kemampuan anak dalam memahami kosakata, maka perlu diadakan penelitan. Berdasarkan itulah penulis mengadakan penelitian tentang “Peningkatan Kemampuam Memahami Kosakata melalui Quantum Learning pada Siswa Kelas VII C SMP Sila Dharma Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020” menggunakan pendekatan quasi eksperimen karena siswa digunakan sebagai subjek data berjumlah 36 orang, memakai (PTK). Pada pengumpulan data memakai metode   esai dengan jumlah 5 soal masing-masing memiliki skor 1 - 20, dan mengingat besarnya jumlah siswa maka dipergunakan norma absolut skala 11. Dalam menganalisis data teknik digubakan menganai analisis deskriptif-kuantitatif dan analisis deskriptif-kualitatif. Nilai rata kelas yang dicapai siswa dari setiap siklus, adalah: (1) Siklus awal nilai mendapat 5,36, (2) di siklus prtama mendapat nilai 6,13, (3) di siklus kedua mendapat nilai 7,22, dan (4) di siklus ke tiga mendapat nilai 7,72. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan, penerapan quantum learning mampu meningkatkan kemampuan memahami kosakata siswa kelas VII C SMP Sila Dharma Denpasar Tahun Angkatan 2019/2020.
PENERAPAN LESSON STUDY BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MAHASISWA Desak Nyoman Budiningsih
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 12 No. 1 (2022): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v12i1.3579

Abstract

Pada perkuliahan Keanekaragaman Hewan I ditemukan permasalahan keaktifan belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Mahasaraswati Denpasar. Keadaan ini dapat memengaruhi pemahaman mahasiswa terhadap materi pembelajaran, terutama sulitnya mengerjakan tugas dan menyelesaikan soal-soal ujian semester. Pelaksanaan lesson study bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar mahasiswa. Rancangan penelitian ini adalah lesson study berbasis Problem-based Learning (PBL). Subjek penelitian yaitu mahasiswa semester III yang berjumlah 21 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi dengan menggunakan rubrik keaktifan belajar. Analisis data terhadap hasil observasi dilakukan dengan menggunakan analisis isi pada kegiatan Plan, Do, dan See yang berlangsung dalam tiga siklus. Untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar mahasiswa digunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan menghitung persentase keaktifan belajar mahasiswa selama pembelajaran berlangsung. Hasil lesson study menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar mahasiswa dari siklus I sampai siklus III. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kegiatan lesson study berbasis PBL dapat meningkatkan keaktifan belajar mahasiswa dan dapat menjadi sarana penerapan pembelajaran kreatif dan inovatif.
MENGASAH KREATIVITAS SISWA DENGAN IMPLEMETASI PROJECT-BASED LEARNING (PjBL) BEBRASIS BARANG BEKAS Elton Kabukut Takanjanji; Ni Wayan Ekayanti; I Made Diarta
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 12 No. 1 (2022): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v12i1.3724

Abstract

Pendidikan diperlukan agar mampu memfasilitasi potensi dan kreativitas siswa, tetapi kenyataannya implementasi pembelajaran kurang bervariasi menyebabkan kreativitas siswa kurang optimal. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan menganalisis efektivitas implementasi PjBL berbasis barang bekas terhadap kreativitas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental rancangan One-Group Pretest-Posttest, yang dilakukan bulan Februari-Mei 2020 di SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar, dan sampelnya adalah siswa kelas X IIS 1 LAB yang didapatkan dengan teknik purposive sampling. Instrument penelitian berupa rubrik kreativitas siswa dengan lima kriteria pengamatan berdasarkan tampilan dan inovasi, kelengkapan materi, desain dan penggunaan barang bekas, kemampuan elaborasi dan presentasi. Data kreativitas dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunakan Mann Whitney U Test. Penelitian ini menunjukan adanya perbedaan yang nyata antara penilaian kreativitas 1 dan 2 yang dibuktikan dengan uji statistik dengan taraf sig. P=0,001Kesimpulan dari penelitian menunjukkan implementasi PjBL berbasis barang bekas efektif meningkatkan kreativitas siswa.
KAJIAN SISTEMATIS TENTANG KECENDERUNGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI Anak Agung Ayu Diah Kusumadewi; Sang Putu Kaler Surata; Dewa Ayu Sri Ratnani
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 12 No. 1 (2022): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v12i1.3744

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi kecenderungan penelitian yang digunakan dalam pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) pembelajaran biologi. Jenis penelitian ini adalah Systematic Literature Review. Penelitian ini berlangsung di platform digital dengan menggunakan search engine Google di dua situs yaitu Directory of Open Access Journal/DOAJ (https://doaj.org/) dan Garba Rujukan Digital/Garuda (http://garuda.ristekbrin.go.id/). Data dianalisis secara sequential explanatory dengan cara menganalisis data secara kuantitatif diikuti dengan analisis kualitatif, dengan cara menarasikan kecenderungan tujuan, metode (desain, teknik sampling, instrumen, analisis data) dan hasil penelitian. Hasil pencarian dan seleksi artikel pustaka menemukan bahwa hanya tujuh artikel yang dapat melewati tahapan penilaian kualitas. Dari ketujuh artikel pustaka tersebut, kecenderungan penelitian yang dapat ditemukan yaitu pada tujuan penelitian, artikel pustaka cenderung mengukur hasil belajar siswa (44%) sebagai tujuan yang akan diteliti. Desain penelitian yang cenderung digunakan pada artikel pustaka yaitu quasi-experimental (50%) dengan bentuk pretest-posttest design. Teknik sampling yang cenderung digunakan pada artikel pustaka yaitu purposive sampling sebanyak empat artikel pustaka. Untuk mengukur hasil belajar siswa, instrumen yang digunakan yaitu tes dalam bentuk objektif ataupun uraian sebanyak 5 artikel pustaka (42%). Analisis data yang cenderung digunakan yaitu Uji N gain sebanyak dua artikel pustaka. Serta seluruh artikel pustaka menyatakan bahwa hasil penelitian berpengaruh signifikan terhadap tujuan dari penelitian tersebut.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ONLINE DICTIONARY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENERJEMAHAN Anak Agung Istri Yudhi Pramawati
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 12 No. 1 (2022): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v12i1.3746

Abstract

Penerjemahan saat ini sangat terbantu oleh hadirnya teknologi penerjemahan, baik mesin penerjemah otomatis maupun kamus online. Mesin-mesin penerjemah otomatis dapat dikatakan sangat mempermudah proses penerjemahan dengan fitur data base yang digunakan. Selain mesin penerjemah otomatis, kehadiran online dictionary pun sangat membantu dalam proses penerjemahan, terutama dalam proses pembelajarannya. Seringkali, mahasiswa beranggapan bahwa proses penerjemahan adalah proses yang sulit dan memakan waktu karena harus berhadapan dengan kamus manual. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan online dictionary dalam membantu mahasiswa dalam pembelajaran penerjemahan. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dimana data-data kualitatif dijabarkan secara deskriptif. Data dikumpulkan melalui tes dan wawancara. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan online dictionary sangat membantu mahasiswa dalam pembelajaran penerjemahan walaupun memeiliki kendala dalam penggunaannya. Kesalahan penerjemahan yang kerap dilakukan mahasiswa mencakup kesalahan leksikal dan kesalahan gramatikal.
ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DI SD NEGERI 3 KERAMBITAN SELAMA PEMBELAJARAN ONLINE I Putu Gede Surya Andiawan
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 12 No. 1 (2022): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v12i1.3755

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kebijakan pendidikan budi pekerti di SD Negeri 3 Kerambitan. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi fenomena yang ditemukan di sekolah. Analisis data yang digunakan yaitu triangulasi data dari hasil penelitian yang didapatkan. Penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan budi pekerti di SD Negeri 3 Kerambitan didasarkan pada prinsip Ki Hajar Dewantara yaiti ing karso sung tulodo, ing madyo mangun karso, dan tut wuri handayani yang disesuaikan dengan pendidikan Agama Hindu dan kearifan lokal masyarakat. Penelitian ini juga menemukan kendala yang dihadapi yaitu terkait kekurangcakapan guru dalam menggunakan teknologi selama pembelajaran online dan faktor siswa yang kerap kali mengalami kebosanan belajar. Selanjutnya, strategi yang dilakukan oleh guru untuk mengimplementasikan pendidikan budi pekerti adalah sebagai berikut. 1) Belajar olah pikir, kurikulum pendidikan harus memberikan wahana kepada peserta didik untuk mengembangkan kecerdasan intelektualnya dengan memiliki pengetahuan mengenai pikiran. 2) Belajar olah rasa, untuk mengasah daya-daya afektif yang dapat memperkuat kepekaan ekstetik, kehalusan perasaan, keindahan budi pekerti, kepekaan empati dan solidaritas sosial, sensitivitas daya spiritualitas, ketajaman rasa keadilan, semangat kebangsaan, dan gotong royong. 3) Belajar olah karsa, untuk mengembangkan kreativitas inovatif dan kecakapan hidup dengan mengenali dan mengaktualisasikan potensi kecerdasan masing-masing siswa.
KEPRAKTISAN SOAL PEMODELAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN KONTEKS BIAYA PARKIR Bambang Riyanto
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 12 No. 1 (2022): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v12i1.3833

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan soal pemodelan matematika yang praktis menggunakan konteks biaya parkir untuk pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan yang menghasilkan soal pemodelan matematika dengan konteks biaya parkir yang praktis untuk pembelajaran matematika. Pendekatan dalam penelitian ini adalah design research, yaitu jenis studi pengembangan yang terdiri dari pendahuluan, prototipe, dan penilaian. Penilaian yang diterapkan pada fase prototyping adalah studi formatif, meliputi fase evaluasi diri, fase expert review dan fase one-to-one, small group dan field test. Pada artikel ini, pembahasan hasil berada pada fase small group. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data, peneliti dapat menyimpulkan bahwa penelitian ini telah menghasilkan tugas pemodelan matematika dengan konteks biaya parkir untuk pembelajaran matematika tahap pengembangan yang praktis untuk pembelajaran matematika.
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE HOTS BERDASARKAN PROSEDUR POLYA PADA MATERI ALJABAR Qurrotul Ayun; I Gusti Ayu Putu Arya Wulandari; Kadek Adi Wibawa
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 12 No. 1 (2022): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v12i1.4159

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apa saja jenis kesalahan yang dilakukan di SMPN 4 Sukawati (2) untuk mengetahui apa saja penyebab siswa di SMPN 4 Sukawati melakukan kesalahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif. Hasil penelitian ini adalah (1) kesalahan dalam tahap memahami masalah (25,53%.), kesalahan menyusun rencana (24,18%), kesalahan transformasi (20,21%), kesalahan melaksanakan rencana (24,46%) dan kesalahan memeriksa kembali hasil yang diperoleh (29,78%.). (2) Penyebab kesalahan yang dilakukan siswa adalah (a) siswa tidak memahami soal, (b) siswa kurang teliti, (c) siswa terlalu terburu-buru dalam mengerjakan dan menyelesaikan soal, (d) siswa kurang latihan mengerjakan soal bentuk cerita dengan variasi berbeda, (e) siswa kurang mampu menangkap informasi masalah yang terkandung dalam soal, (f) siswa ragu menuliskan jawabannya, (g) tidak membuat kesimpulan dari jawaban yang diberikan, dan (h) Siswa kurang teliti dalam menyelesaikan soal tanpa mengecek kembali jawaban yang didapatkan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 15 No. 2 (2025): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 15 No. 1 (2025): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 14 No. 2 (2024): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 14 No. 1 (2024): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 13 No. 2 (2023): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 13 No. 1 (2023): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 12 No. 2 (2022): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 12 No. 1 (2022): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 11 No. 3 (2021): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 11 No. 2 (2021): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 11 No 2 (2021): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 11 No 1 (2021): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 11 No. 1 (2021): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 10 No. 2 (2020): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 10 No 2 (2020): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 10 No 1 (2020): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 10 No. 1 (2020): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 9 No. 2 (2019): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 9 No 2 (2019): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 9 No. 1 (2019): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 9 No 1 (2019): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 8 No 2 (2018): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 8 No. 2 (2018): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 8 No. 1 (2018): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 8 No 1 (2018): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 7 No. 2 (2017): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 7 No 2 (2017): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 5 No. 2 (2015): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 5 No 2 (2015): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 4 No 2 (2014): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 4 No. 2 (2014): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 3 No 2 (2013): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 3 No. 2 (2013): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 1 No. 2 (2011): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 1 No 2 (2011): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 1 No 1 (2011): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 1 No. 1 (2011): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) More Issue