cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kudus,
Jawa tengah
INDONESIA
ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
ISSN : 23550163     EISSN : 25023845     DOI : 10.21043/thufula
Core Subject :
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2019): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal" : 20 Documents clear
Implementasi Metode Pembiasaan Modelling Perspektif Teori Behaviorisme di RA Syamila Kids Kota Salatiga Hartono, Tri; Rochman, Farit Saifur; Fikri, Wahyu Najib
ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 7, No 2 (2019): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Publisher : PIAUD IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/thufula.v7i2.5985

Abstract

Abstract: The world of education today is a benchmark in the process of educating the life of the nation, so that kindergarten is the initial formation in learning and teaching activities and the formation of behavior towards children. So the kindergarten is a formal early childhood education institution that serves ages between 4-6 years. This age is often called the golden age golden age. That is crucial for the further development of human quality. At this time children have the attitude to imitate, that is, every action of an adult who is considered to have authority (parents, siblings, teachers, other adults) will be a reference for his behavior (for example). Therefore, habits of diverse behaviors and morals need to be introduced, fostered, and accustomed from an early age. This study aims to describe the implementation of the modeling methodology of behaviorism in RA Syaamila Kids Salatiga. The type of this research uses descriptive qualitative research with a case study method. Of all the activities that are accustomed to school will manifest in the minds of children and then will bring good influence when the child is at home. Therefore, children must be formed from an early age so that later they will form a person who has a moral character, Implementation of the habituation method in Syaamila Kids is considered very effective in the teaching and learning process because it is in accordance with the psychology of children who are easy to accept, so here children are easy to accept what is conveyed and done by the teacher. So that from the implementation of this habituation method can create independence, respect and love both yourself, others and the environment and children are able to appreciate the time.Keywords: Implementation, Habitual Modeling Method, Behaviorism TheoryAbstrak: Dunia pendidikan dewasa ini menjadi tolak ukur dalam proses mencerdaskan kehidupan bangsa, sehingga Taman Kanak-Kanak merupakan pembentukan awal dalam kegiatan belajar dan mengajar serta pembentukan perilaku terhadap anak. Sehingga Taman Kanak-Kanak merupakan Lembaga pendidikan anak usia dini yang bersifat formal yang melayani usia antara 4-6 tahun. Usia ini sering disebut dengan usia emas golden age. Yang sangat menentukan untuk pengembangan kualitas manusia selanjutnya. Pada masa ini anak memiliki sikap meniru, yaitu setiap tindakan orang dewasa yang dianggap memiliki otoritas (orang tua, kakak, guru, orang dewasa lainnya) akan menjadi rujukan perilakunya (contohnya). Oleh karena itu, pembiasaan perilaku beragam serta moral perlu diperkenalkan, dipupuk, dan dibiasakan sejak sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode pembiasaan modelling  perspektif teori behaviorisme di RA Syaamila Kids Salatiga. Adapun jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus.Dari segala kegiatan yang dibiasakan disekolah akan termanifestasi dalam pikiran anak dan kemudian  akan membawa pengaruh baik ketika anak di rumah. Oleh karena itu sejak dini anak harus dibentuk keribadiannya sehingga kelak akan terbentuk pribadi yang berakhlakul karimah, Implementasi metode pembiasaan di Syaamila Kids ini di nilai sangat efektif dalam proses belajar mengajar karena sesuai dengan psikologi anak yang mudah menerima, maka disini anak mudah menerima apa yang disampaikan dan di lakukan oleh guru. Sehingga dari implementasi metode pembiasaan ini dapat menciptakan kemandirian, rasa  menghormati dan menyayangi baik pada diri sendiri, orang lain maupun lingkungan serta anak mampu untuk menghargai waktu.Kata kunci : Implementasi, Metode Pembiasaan Modelling, Teori Behaviorisme
Perkembangan Karakter Mandiri dan Jujur Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus Anak-Anak KB Wadas Kelir Purwokerto Selatan) Samiaji, Mukhamad Hamid
ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 7, No 2 (2019): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Publisher : PIAUD IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/thufula.v7i2.6490

Abstract

Tulisan ini mencoba untuk mendiagnosa perkembangan karakter mandiri dan jujur terutama di lingkungan pendidikan anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perkembangan karakter mandiri dan jujur di Kelompok Bermain Wadas Kelir Purwokerto Selatan beserta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Berdasarkan pada sasarannya, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dalam konteks (case study research). Hasil penelitian ini menujukkan bahwa perkembangan karakter kemandiri dan kejujujuran anak di Kelompok Bermain Wadas Kelir Purwokerto Selatan sudah bertumbuh dan berkembang dengan baik sesuai dengan perkembangannya. Hal ini ditunjukkan dengan; (1) perkembangan karakter kemandirian makan dan minum sendiri;) perkembangan karakter kemandirian memakai pakaian dan sepatu sendiri; perkembangan karakter kemandirian merawat dirinya; perkembangan karakter kemandirian memilih aktivitas yang disukai; perkembangan karakter kemandirian tidak ditunggui oleh orang tua di sekolah; dan perkembangan karakter kemandirian merapikan mainan setelah selesai bermain. (2) perkembangan karakter jujur mau mengantri, mau mengakui kesalahan, dan menghargai keunggulan orang lain.
Peran Orang Tua dalam Pengenalan Budaya Literasi untuk Meningkatkan Kecerdasan Bahasa Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun Amalia, Rizka; AH, Nurkamelia Mukhtar
ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 7, No 2 (2019): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Publisher : PIAUD IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/thufula.v7i2.5638

Abstract

The role of parents in introducing literacy culture of early childhood can be seen from the efforts of parents at home. The family is the place where the character of the child is formed, introduce the child to read a book that suitable with his developmental age, invite the child to hear some stories and create conducive atmosphere for them. Literacy culture of early childhood is not only focus on reading and writing, but also involves communication process which are listening, children are able to think logically and critically, and the development of linguistic intelligence orally. Among the parents’ attempts to introduce literacy culture of early childhood are: (1) family library and playing; (2) library membership registering; (3) library tour; (4) story telling; (5) watching a foreign tv channel; and (6) field trip. stimulate the literacy culture of early childhood.
Implementasi Teknologi pada Pembelajaran Anak Usia Dini Rohmah, Naili; Aflahani, Ari Purnomo Endah
ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 7, No 2 (2019): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Publisher : PIAUD IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/thufula.v7i2.5743

Abstract

Early Children Learning Optimization through Use of Technology. The purpose of this article is to get a detailed describe that using technology can optimize learning in the PAUD field. The rapid development of technology is inevitable in human life, but the existence of technology still has positive and negative impacts.. Almost all aspects of human life are accompanied by technology, including in education. Technology is needed in education in order to facilitate learning activities. The objective of technology can be use at all levels of education, including early childhood education (ECE) level. Some of the examples of technology products in our environment such asat home and school environment are: gadgets, mobile phones, televisions, refrigerators, dispensers, magic com, ovens, sewing machines, gas stoves, electricity, computers, irons, fans, and air conditioners. The transportations used includes: bicycles, motorcycles, cars, trucks, buses, trains, ships, and airplanes. The various of technological products. It can be used as an attempt to develop the moral, motor, cognitive, linguistic, art, and social aspects of the early childhood. It is expected that the use of appropriate technology can optimize learning for early childhood.
Model Pelibatan Keluarga dalam Penerapan Pendidikan Sosial dan Finansial di PAUD Zahro, Ifat Fatimah; Tresna Santana, Fifiet Dwi
ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 7, No 2 (2019): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Publisher : PIAUD IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/thufula.v7i2.5970

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah mengetahui gambaran model pelibatan keluarga dalam pendidikan sosial dan finansial anak usia dini, dari beberapa literatur. Berikut contoh kegiatan dari pencapaian program Aflatot. Fokus masalah dalam penelitian ini yakni: 1). Kurangnya pengetahuan tentang pentingnya pendidikan sosial dan finansial di beberapa PAUD, sehingga menjadikan anak manja finansial karena semua kebutuhan hidup selalu dicukupi orang tuanya; 2). Keterbatasan satuan PAUD dalam pelibatan keluarga terutama penerapan pendidikan sosial dan finansial, sedangkan melek finansial pada anak usia dini diperlukan keselarasan dan menjadi tanggung jawab orang tua dan lembaga PAUD. Metode yang digunakan dalam mencapai tujuan tersebut adalah melalui metode studi kepustakaan (telaah buku dan dokumen) yang berkenaan dengan kebijakan, konsep dan teori, model serta informasi dari hasil pengumpulan data yang berhubungan dengan pelaksanaan pelibatan keluarga dalam program Aflatot.  Hasil dari penelitian ini adalah model pelibatan keluarga dalam program Aflatot dan implementasi gemar menabung dan berhemat termasuk kepada bentuk pelibatan keluarga di satuan PAUD yaitu berperan dalam kegiatan penguatan pendidikan karakter anak di satuan pendidikan, berpartisipasi dalam kegiatan lain untuk pengembangan diri anak, menumbuhkan nilai-nilai karakter anak di lingkungan keluarga, dan memfasilitasi kebutuhan belajar anak. 
Pendampingan Guru TK dalam Pengembangan Metode Pembelajaran Anak Usia Dini Hunainah, Hunainah
ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 7, No 2 (2019): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Publisher : PIAUD IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/thufula.v7i2.5818

Abstract

MENTORING KINDERGARDEN TEACHER IN DEVELOPMENT EARLY AGE LEARNING METHODS. This study aims to determine the ability of teachers in  preparing Weekly Working Plan  and Daily Working Plan; Applying early childhood learning methods; Making learning properties from natural materials; and the understanding of Islamic teachings based on the Holy Qur'an and Sunnah to the Kindergarten Teachers' Aisyiyah Bustanul Athfal Puloampel in 2017. In this study, the researcher used qualitative research method. Qualitative research intends to understand the phenomenon of what by research subjects such as behavior, perception, motivation, action, and others. The results showed that the teacher’s skill in using early childhood learning methods in teaching at a Kindergarten  Aisyiyah Bustanul Athfal Puloampel in 2017 is quite varios, they used lecturing method, question-answer, singing and assignment methods. This is shown by the teachers who only used student exercise books and magazines as the main learning media. The understanding of Islamic Teaching of the teacher was still minimum. This is indicated by the practice of worship of the teachers were not based on  the Decision of Tarjih Muhammadiyah.
Tawakal Education in Darul Qur'an Al-Karim Kindergarten Baturraden Banyumas 2018-2019 Aziz, Safrudin
ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 7, No 2 (2019): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Publisher : PIAUD IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/thufula.v7i2.5886

Abstract

The purpose of this research is to explore the purpose, purpose and implementation of attitude education in Darul Qur'an al-Karim Kindergarten Baturraden Banyumas academic year 2018-2019. This research is a field research with a qualitative approach. The methods used in this research are: in-depth interviews (indept interview), participant observation and documentation. Furthermore, the analysis in this study was carried out through: first, data reduction (data reduction) in order to provide a clearer picture of information while making it easier for researchers to conduct further data collection and search for research data needed. Second, presentation of data (display data). Third, conclusing drawing and verification.The results of this study show that: a) the education of bargaining in kindergarten Darul Qur'an al-karim is intended to instill a sense of belonging and positive self-acceptance so that each learner can understand the essence and scope of the bargain.  b) curriculum development in the aspects of tawakal attitude is carried out by formulating core competencies, basic competencies and indicators of the achievement of the development of children's spiritual aspects. c) techniques to teach tawakal attitudes are carried out through habituation and giving examples, provide understanding of tawakal attitudes to children, as well as evaluating education programs for tawakal attitudes through attitude scales.
Kreasi Lagu Anak Berbahasa Inggris (Nursery Rhymes) sebagai Media untuk Mengenalkan Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini Wahyuningsih, Sri
ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 7, No 2 (2019): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Publisher : PIAUD IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/thufula.v7i2.4998

Abstract

Artikel ini membahas tentang pentingnya meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris anak usia dini melalui kreasi dan modifikasi lagu-lagu anak berbahasa Inggris (nursery ryhmes) dan kendala dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan pada analisis deskriptif. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan penelitian lapangan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil menunjukkan bahwa kreasi lagu-lagu anak berbahasa Inggris sangat berguna sebagai media untuk mengenalkan bahasa Inggris pada anak-anak usia dini di Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-Kanak (TK) di Kudus. Dengan menyanyikan lagu-lagu anak berbahasa Inggris, anak-anak merasa lebih tertarik dan semangat dalam belajar bahasa Inggris. Mereka merasa lebih santai karena belajar kosa kata bahasa Inggris sambil bernyanyi, mereka tidak merasa tertekan (stress) pada saat pembelajaran di kelas. Melalui bernyanyi, perkembangan anak dapat terstimulasi dengan maksimal seperti fisik-motorik, sosial, emosional, dan intelektual. Adapun kendala-kendala selama pembelajaran meliputi terbatasnya daya perhatian dan konsentrasi anak terhadap guru ketika mengajar bahasa Inggris, terbatasnya wawasan dan pengetahuan yang luas dari guru-guru di KB dan TK tentang pengajaran bahasa Inggris, terbatasnya sarana penunjang dan fasilitas dalam pembelajaran bahasa Inggris.
Akuisisi Bahasa Kedua pada Anak Usia 4-5 Tahun di RA Manafiul Ulum Kudus Annas, Azwar
ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 7, No 2 (2019): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Publisher : PIAUD IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/thufula.v7i2.5907

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana perolehan bahasa kedua pada anak usia 4-5 tahun di RA Manafiul Ulum Kudus. Keniscayaan bagi masyarakat yang multilinggual atau bilinggual adanya proses pemerolehan bahasa kedua, ini yang dialami dari sebagian besar masyarakat di Indonesia  yang terdapat bermacam dan ragam bahasa daerah. Bahasa daerah merupakan bahasa pertama, sedangkan bahasa Indonesia merupakan bahasa kedua. Sesuai dengan tujuan dan hasil yang ingin dicapai dalam penelitian yang dimaksud, maka pendekatan yang dipilih adalah kualitatif deskriptif. Hasil yang didapat dari penelitian ini, bahwa dalam pemerolehan bahasa kedua terdapat dua proses, yakni reseptif dan produktif. Poses reseptif bertalian dengan kemampuan pemahaman. Proses produktif mengacu pada pengungkapan atau penerbitan kalimat. Untuk mengembangkan kedua proses berbahasa tersebut, guru RA Manafiul Ulum Kudus menggunakan metode dan teknik pembelajaran yang atraktif.  Metode yang digunakan Tematik dengan berbagai macam teknik diantaranya; bercerita, berkebun, gambar berseri, dan permainan bahasa.
Pengaruh Dukungan dan Penerimaan Orangtua Terhadap Efikasi Diri pada Anak Usia Dini Hasanah, Nur
ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 7, No 2 (2019): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Publisher : PIAUD IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/thufula.v7i2.6092

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh dukungan orangtua terhadap efikasi diri anak usia dini; (2) pengaruh penerimaan orangtua terhadap efikasi diri anak usia dini; dan (3) pengaruh dukungan dan penerimaan orangtua terhadap efikasi diri pada anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi penelitian ini adalah 162 anak Taman Kanak-kanak se Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Sampel penelitian sebanyak 129 anak, dengan teknik pengambilan sampel stratified random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis regresi linier ganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dukungan orangtua berpengaruh terhadap efikasi diri anak usia dini dengan signifikansi 0,000 (p<0,05); (2) penerimaan orangtua berpengaruh terhadap efikasi diri anak usia dini dengan signifikansi 0,033 (p<0,05); (3) dukungan dan penerimaan orangtua berpengaruh terhadap efikasi diri dengan signifikansi 0,000 (p<0,05) Dukungan dan penerimaan orangtua memberikan sumbangan efektif sebesar 20,5% terhadap efikasi diri.

Page 1 of 2 | Total Record : 20


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 1 (2024): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 11, No 2 (2023): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 11, No 1 (2023): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 10, No 2 (2022): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 10, No 1 (2022): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 9, No 2 (2021): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 9, No 1 (2021): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 8, No 2 (2020): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 8, No 1 (2020): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 7, No 2 (2019): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 7, No 1 (2019): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 6, No 2 (2018): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 6, No 1 (2018): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 5, No 2 (2017): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 5, No 1 (2017): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 5, No 1 (2017): THUFULA Vol 4, No 2 (2016): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 4, No 1 (2016): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 3, No 2 (2015): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 3, No 2 (2015): ThufuLA Vol 3, No 1 (2015): ThufuLA Vol 3, No 1 (2015): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 2, No 2 (2014): ThufuLA Vol 2, No 2 (2014): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 2, No 1 (2014): THUFULA Vol 2, No 1 (2014): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol 1, No 1 (2013): THUFULA Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Thufula Vol 1, No 1 (2013): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal More Issue