cover
Contact Name
Nurain Suryadinata
Contact Email
nurain.suryadinata@fkip.unila.ac.id
Phone
+6285269017688
Journal Mail Official
jpmunila@gmail.com
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. Ir. Sumantri Brojonegoro, Gedong Meneng, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Lampung 35141
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Published by Universitas Lampung
ISSN : 23381183     EISSN : 2715856X     DOI : http://dx.doi.org/10.23960/mtk
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel penelitian terkait pendidikan matematika di semua level baik pendidikan dasar, pendidikan menengah, maupun pendidikan tinggi.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 1 (2024): MARET 2024 - APRIL 2024" : 7 Documents clear
Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Zakiyah, Zulfa; Gunowibowo, Pentatito; Coesamin, M.
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 12, No 1 (2024): MARET 2024 - APRIL 2024
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aims to determine the effect of the Realistic Mathematics Education approach on mathematics conceptual understanding skill. The population in this study was all students in class VIII of SMP Negeri 20 Bandar Lampung for the 2023/2024 academic year, distributed into 10 classes. The sample for this research was students in class VIII-A as an experimental class consisting of 30 students and VIII-C as a control class consisting of 29 students selected using a purposive random sampling technique. The research design used was a pretest-posttest control group design. Based on the results of the t-test, it was found that the average ability to mathematics conceptual understanding skill of students who took learning using the Realistic Mathematics Education approach was higher than the average mathematics conceptual understanding skill of students who took conventional learning. Thus, learning with the Realistic Mathematics Education approach influences mathematics conceptual understanding skill. Keywords: influence; mathematics conceptual understanding skill; realistic mathematics education AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Bandar Lampung tahun pelajaran 2023/2024 yang terdistribusi ke dalam sepuluh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 30 siswa dan kelas VIII-C sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 29 siswa yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dengan instrumen lembar tes pemahaman konsep matematis yang sudah memenuhi kriteria valid dan reliabel. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education lebih tinggi daripada ratarata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: pengaruh; pemahaman konsep matematis siswa; realistic mathematics educationDOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v12i1.pp75-88
Analisis Kemampuan Literasi Numerasi ditinjau dari Engagement Mahasiswa: Model Team Based Project Berbasis Virtual Ethnomathematic Kiptiyah, Siti Maryatul; Nugraheni, Nursiwi; Agry, Feylosofia Putri
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 12, No 1 (2024): MARET 2024 - APRIL 2024
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Numeracy is the ability to use mathematical numbers to solve problems. Problem solving abilities can master students if they are fully involved in learning physically and emotionally. Student involvement in learning is meant to be engagement. So far, student engagement in learning during the pandemic and post-pandemic has decreased. This has impact on the low achievement of learning objectives. The aim of this article is to improve numeracy literacy skills in terms of student involvement as a form of implementation of the virtual Ethnomathematic-based Team Based Project. The research used Quasy Experiment method with data collection techniques through observation, questionnaires, numeracy literacy tests, and documentation. The population of this research is students of the geometry and measurement learning course class of 2022. The sampling technique used purposive sampling, 2 groups were selected. Determination of control and experimental classes was carried out randomly. Data analysis of learning outcomes uses t-test. The results of the research show that the learning method applied in the experimental group was more effective in improving students' skills of literacy and numeracy. There was an increase in student learning outcomes with more than 75% of students getting a score above 70. The increase in the completeness of student learning outcomes, increasingly the higher the student engagement, the higher the numeracy literacy ability. Keywords: ethnomathematics; numeracy literacy; student engagement; team based project AbstrakNumerasi merupakan kemampuan menggunakan berbagai macam angka matematik untuk menyelesaikan berbagai masalah. Kemampuan pemecahan masalah dapat dikuasai, apabila siswa dapat terlibat secara penuh dalam pembelajaran, baik secara fisik maupun emosional. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran yang dimaksud adalah engagement. Selama ini engagement mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran selama pandemi dan pascapandemi mengalami penurunan. Hal ini berdampak pada rendahnya ketercapaian tujuan pembelajaran. Dengan demikian tujuan artikel ini adalah meningkatkan kemampuan literasi numerasi mahasiswa ditinjau dari engagement mahasiswa dalam pembelajaran sebagai bentuk implementasi model Team Based Project berbasis virtual Ethnomathematic. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasy Experiment dengan teknik pengumpulan data melaui observasi, angket, tes literasi numerasi, dan dokumentasi. Populasi penelitian ini yaitu mahasiswa mata kuliah pembelajaran geometri dan pengukuran angkatan 2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dipilih 2 rombel. Penentuan kelas kontrol dan eksperimen dilakukan secara acak. Analisis data dari hasil belajar menggunakan t-test. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang diterapkan pada kelompok eksperimen lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam hal literasi dan numerasi, terjadi peningkatan ketercapaian hasil belajar mahasiswa yang menunjukkan lebih dari 75% mahasiswa mendapatkan nilai di atas 70. Peningkatan ketuntasan hasil belajar mahasiswa, semakin tinggi student engagement maka semakin tinggi pula kemampuan literasi numerasinya. Kata Kunci: engagement mahasiswa; ethnomathematics; literasi numerasi; team based project  DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v12i1.pp24-38
Media Geogebra dan Kertas Berpetak untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dalam Situasi Discovery Learning Suryadinata, Nurain; Haikal, Luthfi Azmi; Asnawati, Rini
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 12, No 1 (2024): MARET 2024 - APRIL 2024
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aims to determine the effect of Geogebra and checkered paper on improving mathematical critical thinking skills in Discovery Learning situations. The population in this study was all class IX students of SMP Negeri 2 Seputih Agung, totaling 151 students distributed in five classes. The sample was selected using a cluster random sampling technique to obtain two classes. The research design used was the randomized pretest-posttest control group design. This research data is in the form of quantitative data obtained from test instruments for students' mathematical critical thinking abilities that have met valid and reliable criteria. Based on the results of data analysis using the Mann-Whitney U test with α=0.05, it was concluded that in learning using the discovery learning model, the increase in students' mathematical critical thinking skills in classes that used Geogebra media was higher than in checkered paper media. Keywords: checkered paper; discovery learning; geogebra; mathematical critical thinking AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Geogebra dan kertas berpetak terhdap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dalam situasi Discovery Learning. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Seputih Agung sebanyak 151 siswa yang terdistribusi dalam lima kelas. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh dua kelas. Desain penelitian yang digunakan adalah the randomized pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari instrumen tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang sudah memenuhi kriteria valid dan reliabel. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji Mann-Whitney U dengan  diperoleh kesimpulan bahwa pada pembelajaran menggunakan model discovery learning, peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa di kelas yang menggunakan media Geogebra lebih tinggi dibandingkan media kertas berpetak.Kata Kunci: berpikir kritis matematis; discovery learning; geogebra; kertas berpetak DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v12i1.pp39-53
Pengembangan Media Pembelajaran Missions-X for Mathematics untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII Hidayati, Nisa Nur; Chasanah, Aprilia Nurul; Franita, Yesi
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 12, No 1 (2024): MARET 2024 - APRIL 2024
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The advancement of education in the current era is needed to improve students' understanding and level of thinking, one of which is in mathematics learning. Technological developments also encourage the emergence of learning media that can facilitate the learning process. This study aims to analyze the validity, practicality, and effectiveness of the Missions-X for Mathematics learning media to improve the critical thinking skills of grade VIII students on SPLDV material. This research is a development research with the research method used is ADDIE which consists of 5 steps, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The results showed that the learning media Missions-X for Mathematics is valid, practical, and effective in improving the critical thinking skills of grade VIII students on SPLDV material. Keywords: critical thinking; educational games; learning media AbstrakKemajuan dunia pendidikan di era saat ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan pemahaman dan tingkat berpikir siswa salah satunya dalam pembelajaran matematika. Perkembangan teknologi juga mendorong munculnya media pembelajaran yang dapat mempermudah proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari media pembelajaran Missions-X for Mathematics untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII pada materi SPLDV. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan metode penelitian yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari 5 langkah yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Sedangkan, teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara, angket, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Missions-X for Mathematics valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII pada materi SPLDV.Kata Kunci: berpikir kritis; game edukasi; media pembelajaran DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v12i1.pp54-63
Kebutuhan Penggunaan Media Berupa Video Pembelajaran Matematika bagi Siswa Tunagrahita Agustina, Rina; Rahmawati ES, Yeni
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 12, No 1 (2024): MARET 2024 - APRIL 2024
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

In studying integer arithmetic operations, mentally retarded students use more learning using teaching materials that are still abstract and difficult to understand. The purpose of this study was to analyze the need for media use in the form of mathematics learning videos for mentally retarded students. This type of research is descriptive qualitative research. The data sources for this study were 3 teachers who taught mentally retarded students in class III elementary school (SD) at SDLB Negeri Metro. The instruments in this study were a needs questionnaire for the development of instructional video media, observation sheets and interview guidelines. Data collection techniques in this study were carried out by distributing questionnaires, observations, and interviews. Based on the results of the analysis and discussion, it can be interpreted that: (1) Media is needed in the form of mathematics learning videos that are in accordance with the conditions of mentally retarded students, (2) already know the numbers 1 to 10 and can add up to a value of 10, (3) it is still possible to use learning media with teacher guidance, and (4) students are more interested in using learning videos in learning mathematics. Keywords: mathematics; mentally disabled students; tutorial video AbstrakDalam mempelajari operasi hitung bilangan bulat, siswa tunagrahita lebih banyak menggunakan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar yang masih bersifat abstrak dan sulit dipahami. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan penggunaan media berupa video pembelajaran matematika bagi siswa tunagrahita. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah 3 orang guru yang mengajar siswa tunagrahita kelas III Sekolah Dasar (SD) SDLB Negeri Metro. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket kebutuhan pengembangan media video pembelajaran, lembar observasi dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner, observasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat diartikan bahwa: (1) Diperlukan media berupa video pembelajaran matematika yang sesuai dengan kondisi siswa tunagrahita, (2) sudah mengetahui angka 1 sampai 10 dan dapat dijumlahkan hingga bernilai 10, (3) masih memungkinkan untuk menggunakan media pembelajaran dengan bimbingan guru, dan (4) siswa lebih tertarik menggunakan video pembelajaran dalam pembelajaran matematika.Kata Kunci: matematika; siswa tunagrahita; video tutorial DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v12i1.pp1-10
Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP pada Penerapan Merdeka Belajar Berdasarkan Teori Wallas Riwanda, Mesa; Anriani, Nurul
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 12, No 1 (2024): MARET 2024 - APRIL 2024
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The research focuses on students' creative abilities in implementing Merdeka Belajar. This research aims to describe students' creative thinking abilities in the creative category in the application of Merdeka Belajar based on Wallas' Theory. This research is descriptive research with a qualitative approach. The subjects of this research were two students from class VII, totaling 28 students. The instruments used are test instruments in the form of description questions and non-test instruments in the form of interview guides. Data analysis techniques will be carried out by collecting data, reducing data, presenting data, and drawing conclusions. Testing the validity of the data was carried out using a credibility test in the form of technical triangulation. The research results found that the creative thinking abilities of junior high school students in the creative category in the application of Merdeka Belajar showed that students in the creative category had different understandings and solutions. The difference lies in fulfilling the stages of creative thinking based on Wallas's Theory. Therefore, based on the analysis of this research, teachers can apply Merdeka Belajar which refers to Wallas's Theory in mathematics lessons.  Keywords: creative thinking ability; merdeka belajar; wallas theory  AbstrakPenelitian ini berfokus pada kemampuan kreatifitas siswa dalam penerapan Merdeka Belajar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan berpkir kreatif siswa dengan kategori kreatif pada penerapan Merdeka Belajar berdasarkan Teori Wallas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini dipilih dua siswa dari kelas VII yang berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal uraian dan instrumen non-tes berupa pedoman wawancara. Teknik analisis data akan dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas berupa triangulasi teknik. Hasil penelitian ditemukan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa SMP dengan kategori kreatif pada penerapan Merdeka Belajar menunjukan bahwa siswa kategori kreatif memiiki pemahaman dan cara penyelesaian yang berbeda-beda. Perbedaan terletak pada ketercapaian dalam memenuhi tahapan berpikir kreatif berdasarkan Teori Wallas. Oleh karena itu, berdasarkan analisis penelitian ini, guru dapat menerapkan Merdeka Belajar yang mengacu pada Teori Wallas dalam pelajaran matematika. Kata Kunci: kemampuan berpikir kreatif; merdeka belajar; teori wallas  DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v12i1.pp64-74
Pembelajaran Case Method : Efektivitasnya dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Widyastuti, Widyastuti; Triana, Mella
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 12, No 1 (2024): MARET 2024 - APRIL 2024
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractThis research aims to describe the effectiveness of case method learning in terms of problem solving abilities. This quantitative research used a counterbalanced design. The population in this study were all students of financial mathematics courses in the Undergraduate Program of Mathematics Education, FKIP, Lampung University in the 2022/2023 academic year using saturated sampling. These research instruments were  problem-solving ability tests in the form of essays consisting of two sets of instruments which were equal in quality and fit the content validity and reliability. Based on the results of the inferential statistic tests: i) there are significant differences in the mathematical problem solving abilities of students who study using the case method and conventional learning in both phase I treatment and phase II treatment; and ii) the proportion of students with good problem solving skills in phase I treatment was 93% while in phase II treatment was 33%.  It was concluded that the case method was more effectively implemented in phase I treatment. It is recommended that in case construction, cases not only need to be realistic/contextual but it must also meet the complexity in accordance with the capabilities and breadth of learning resources that students have. Keywords: case method; financial mathematics; problem solving skill AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran case method ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah. Penelitian kuantitatif ini menggunakan desain counterbalanced design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang menempuh mata kuliah hitung keuangan Program Studi S1 Pendidikan Matematika FKIP Universitas Lampung pada tahun akademik 2022/2023 dengan sampling jenuh. Instrumen penelitian ini berupa tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk uraian yang terdiri dari dua set instrumen dengan kualitas setara dan memenuhi validitas isi dan reliabel. Berdasarkan hasil uji statistik inferensial diketahui bahwa: i) terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa yang belajar dengan case method dan pembelajaran konvensional baik pada implementasi fase I dan implementasi fase II; dan ii) proporsi mahasiswa dengan kemampuan pemecahan masalah yang baik pada implementasi fase I sebesar 93% sedangkan pada implementasi fase II sebesar 33% sehingga disimpulkan bahwa case method lebih efektif diimplementasikan pada implementasi fase I. Disarankan bahwa dalam konstruksi case, kasus tidak hanya perlu realistik/kontekstual tetapi juga harus memenuhi kompleksitas yang sesuai dengan kapabilitas dan keluasan sumber belajar yang dimiliki mahasiswa. Kata Kunci: case method; hitung keuangan; kemampuan pemecahan masalah DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v12i1.pp11-23

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 1 (2024): MARET 2024 - APRIL 2024 Vol 12, No 3 (2024): SEPTEMBER-OKTOBER 2024 Vol 12, No 2 (2024): JUNI-JULI 2024 Vol 11, No 4 (2023): DESEMBER 2023 - JANUARI 2024 Vol 11, No 3 (2023): SEPTEMBER-OKTOBER 2023 Vol 10, No 4 (2022): DESEMBER 2022 Vol 10, No 3 (2022): SEPTEMBER 2022 Vol 10, No 2 (2022): JUNI 2022 Vol 10, No 1 (2022): MARET 2022 Vol 9, No 4 (2021): DESEMBER 2021 Vol 9, No 3 (2021): SEPTEMBER 2021 Vol 9, No 2 (2021): JUNI 2021 Vol 9, No 1 (2021): MARET 2021 Vol 8, No 4 (2020): DESEMBER 2020 Vol 8, No 3 (2020): SEPTEMBER 2020 Vol 8, No 2 (2020): JUNI 2020 Vol 8, No 1 (2020): MARET 2020 Vol 7, No 6 (2019): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 7, No 5 (2019): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 7, No 4 (2019): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 7, No 3 (2019): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 7, No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 7, No 1 (2019): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 6, No 8 (2018): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 6, No 7 (2018): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 6, No 6 (2018): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 6, No 5 (2018): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 6, No 3 (2018): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 6, No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 6, No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 5, No 11 (2017): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 5, No 10 (2017): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 5, No 9 (2017): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 5, No 8 (2017): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 5, No 7 (2017): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 5, No 6 (2017): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 5, No 5 (2017): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 5, No 4 (2017): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 5, No 3 (2017): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 5, No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 5, No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 4, No 8 (2016): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 4, No 7 (2016): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 4, No 6 (2016): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 4, No 3 (2016): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 4, No 2 (2016): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 4, No 1 (2016): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 3, No 7 (2015): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 3, No 6 (2015): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 3, No 5 (2015): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 3, No 4 (2015): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 3, No 3 (2015): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 3, No 2 (2015): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 3, No 1 (2015): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 2, No 8 (2014): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 2, No 7 (2014): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 2, No 6 (2014): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 2, No 5 (2014): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 2, No 4 (2014): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 2, No 3 (2014): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 2, No 2 (2014): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 2, No 1 (2014): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 1, No 10 (2013): Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung Vol 1, No 9 (2013): Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung Vol 1, No 8 (2013): Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung Vol 1, No 7 (2013): Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung Vol 1, No 6 (2013): Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung Vol 1, No 5 (2013): Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung Vol 1, No 4 (2013): Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung Vol 1, No 3 (2013): Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung More Issue