cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
RIPTEKSI KEPENDIDIKAN PGRI
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 42 Documents
The Influence of Mind Mapping Technique and Students’ Attitude toward Students’ Ability in Writing a Recount Text of the Eighth Grade Students of State Junior High School 45 Palembang Firmansyah, Arie
RIPTEKSI KEPENDIDIKAN PGRI RIPTEKSI KEPENDIDIKAN AGUSTUS 2013
Publisher : RIPTEKSI KEPENDIDIKAN PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractThe Research is title The Influence of mind mapping technique and students’ attitude toward the students’ ability in writing a recount text the First year students of SMPN 45 Palembang. The findings of the study showed that: (1) there was a significant difference in average score of writing a recount text between the positive and negative students’ attitude who were taught using mind mapping technique, indicated by p-output (0.002).(2) there was a significant difference in average score of writing a recount text between the positive and negative students’ attitude who were taught using conventional strategy, indicated by p-output (0.003). (3) there was a significant difference in average score of writing a recount text between the positive students’ attitude who were taught using mind mapping technique and those who were taught using conventional strategy, indicated by p-output (0.000). Therefore, it can be concluded that Mind Mapping Technique improved students’ writing achievement. Keywords: Mind Mapping Technique, Students’ Attitude, Students’ Ability
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENYIMAK ISI WACANA NARASI MELALUI PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION Rukiyah, Siti; Rusmini, Rusmini
RIPTEKSI KEPENDIDIKAN PGRI Februari 2013
Publisher : RIPTEKSI KEPENDIDIKAN PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa kelas V SD Negeri 36 Rantau Bayur menyimak isi wacana narasi melalui penerapan model group investigation. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 36 Rantau Bayur sebanyak 20 orang. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas. Data penelitian ini diperoleh melalui teknik tes dan teknik observasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan bahwa upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 36 Rantau Bayur pada pembelajaran menyimak isi wacana narasi melalui pernerapan model pembelajaran group investigation berhasil setelah dilakukan dalam tiga siklus. Berdasarkan jumlah dan persentase siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar setelah tindakan siklus III, yaitu 18 orang (90%) menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 36 Rantau Bayur pada pembelajaran menyimak isi wacana narasi melalui penerapan model group investigation sudah mencapai ketuntasan karena siswa yang memperoleh nilai 70─100 mencapai 18 orang atau 90%.Kata kunci: Upaya, Belajar, Model Group Investigation, Wacana Narasi 
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MEMINDAI MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) SISWA KELAS IX MTs NEGERI 1 PALEMBANG Nasir, Muhamad; Irzawati, Irzawati
RIPTEKSI KEPENDIDIKAN PGRI RIPTEKSI KEPENDIDIKAN AGUSTUS 2013
Publisher : RIPTEKSI KEPENDIDIKAN PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakTulisan ini berawal dari penelitian di semester kelas IX siswa MTs Negeri 1  Palembang, pada mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dengan model CIRC. Tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah memberikan hasil optimal terhadap kemampuan siswa dalam membaca memindai. Model CIRC  diharapkan dapat memberi pencerahan bagi siswa upaya menangkap makna yang terkandung dalam    sebuah teks bacaan/wacana. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkannya CIRC maka kemampuan siswa membaca memindai meningkat. Perolehan rerata hasil yang dicapai siswa adalah  71,7 yang berkemampuan cukup baik hingga sangat baik dan telah memenuhi KKM 70 yang dipersyaratkan. Kata Kunci: membaca, memindai, model, pengajaran, siswa
PENGAJARAN PEMAHAMAN MEMBACA MENGGUNAKAN STRATEGI REDW (READ-EXAMINE-DECIDE-WRITE) Firdaus, Masagus
RIPTEKSI KEPENDIDIKAN PGRI Februari 2013
Publisher : RIPTEKSI KEPENDIDIKAN PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan strategi REDW dinilai efektif dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pemahaman wacana. Populasi penelitian ini terdiri dari 35 peserta didik di SMP Bina Lestari Palembang tahun akademik 2011/2012. Peneliti hanya menggunakan satu kelas sebagai sampel dalam penelitian ini. Hal ini dikarenakan hanya terdapat satu kelas. Data diperoleh dengan cara menggunakan tes awal dan tes akhir. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Pre-Experiment.. Hasil menunjukkan bahwa peserta didik memperoleh nilai mean yang lebih rendah pada saat tes awal dibandingkan nilai mean pada saat tes akhir. Adapun nilai mean pada saat tes awal yaitu 5,86, sedangkan nilai mean pada saat tes akhir yaitu 7,53. Lebih jauh, setelah peneliti mengkalkulasi nilai peserta didik pada tes awal dan peserta didik pada tes akhir, peneliti mendapatkan bahwa nilai t-hitung yaitu 6,35, sedangkan  t-tabel yaitu 1,69. Hal ini dapat diartikan bahwa strategi REDW sangat tepat ketika diterapkan pada peserta didik.  Kata kunci : Strategi REDW, Pembelajaran, Peserta Didik,  Pemahaman
PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KOMPETENSI DOSEN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG Hodsay, Zahruddin
RIPTEKSI KEPENDIDIKAN PGRI RIPTEKSI KEPENDIDIKAN AGUSTUS 2013
Publisher : RIPTEKSI KEPENDIDIKAN PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractThe papers are the Students’ Perception on Lecturer Competence at Accounting Education Study Program FKIP PGRI University Palembang. This is a descriptive research. The population of this research are all the 7th grade students of Accounting Education Study Program FKIP PGRI University Palembang in academic year of 2012/2013.  Purposive sampling technique was applied in choosing the 200 out 680 students as sample of this study. Questionnaire and documentation were used in collecting data which was analyzed qualitatively through descriptive and percentage analysis. The result of this study showed that 93% (36 out of 39 lecturers) have pedagogic competence while 7% (3 lecturers) had not had or did not have it. In addition, 92% (35 lecturers) have professional competence while 8% (4 lecturers) had not had or did not have it.  Keywords: Perception, Competence, Deskriptive, Pedagogic Competence, professional competence
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERPIKIR DAN PEMECAHAN MASALAH PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN OLAHRAGA FKIP UNIVERSITAS PGRI Nirdawati, Elly
RIPTEKSI KEPENDIDIKAN PGRI RIPTEKSI KEPENDIDIKAN AGUSTUS 2013
Publisher : RIPTEKSI KEPENDIDIKAN PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakTulisan ini adalah usaha penggunaan model berpikir dan pemecahan masalah sebagai model penelitian yang diharapkan dapat menjadi salah satu variasi model pembelajaran di Program Studi Pendidikan Olahraga Universitas PGRI Palembang yang dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Berpikir dan Pemecahan Masalah di Mahasiswa Semester IA Program Studi Pendidikan Olahraga FKIP Universitas PGRI Palembang, tahun akademik 2013/2014.Berdasarkan rekapitulasi rata-rata nilai dari siklus pertama, kedua, dan ketiga dapat diketahui bahwa rata-rata nilai akhir siklus pertama, siklus kedua, dan siklus tiga sudah mencapai KKM yang ditentukan yaitu > 85 dan dikegorikan baik. Kata Kunci: PTK, Berpikir, Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA Puspita, Hj. Yenny; Jatriana, Sinta
RIPTEKSI KEPENDIDIKAN PGRI Februari 2013
Publisher : RIPTEKSI KEPENDIDIKAN PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penggunaan media gambar terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Lilin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan jumlah populasi sebanyak 231 siswa. Adapun teknik pengambilan sampel kuota yakni tidak berdasarkan strata atau daerah dan telah ditentukan oleh peneliti maka diperoleh dua kelas yaitu kelas X.1 sebagai kelas eksperimen  dan kelas X.2 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, teknik angket, dan teknik wawancara. Teknik analisis data yang digunakan untuk membuktikan hipotesis adalah dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dengan taraf uji yang digunakan adalah uji 2 (dua) pihak dengan taraf nyata α = 0,05 dan dk = n – 2, maka 60 – 2 = 58. Dengan  nilai dk (58) tersebut maka dapat diketahui untuk ttabel = 1,672 (dalam lampiran tabel distribusi nilai t) dan untuk nilai thitung  = 7,26. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa thitung  > ttabel (7,26 > 1,672) maka Ha diterima karena jumlah t-hitung   lebih besar daripada ttabel. Sehingga dapatlah disimpulkan, bahwa media gambar memiliki pengaruh terhadap menulis karangan deskripsi pada siswa SMP Negeri 1 Sungai Lilin.Kata Kunci : Media, Media Gambar, Menulis, Karangan, Deskripsi
EFEKTIVITAS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM INFOMASI NILAI MAHASISWA Mahmun, M. Thoha
RIPTEKSI KEPENDIDIKAN PGRI RIPTEKSI KEPENDIDIKAN AGUSTUS 2013
Publisher : RIPTEKSI KEPENDIDIKAN PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractIn the Information Age and Globalization, use the manual way to convey the value of student test scores are not appropriate because this method is not effective and efficient.  t is also not consistent with the explanation of article 35 paragraph 1 of Law no. 20 of 2003 on National Education System said that the standard of educational facilities including the use of information technology and communisation (ICT). Therefore, the university should make use of information and communication technology (ICT) in the delivery of value to student test scores. Therefore, universities should utilize information and communication technology (ICT) in the delivery of value to student test scores. By using ICT, the information can be obtained quickly and accurately.There are several options that can be used to convey the value of the test results to students include : using the Internet or SMS Using getway. Both methods are no longer a new technology for campus communities. Kata Kunci : Teknologi Informasi dan Komunikasi, Manajemen Informatika, Sistem Kredit Semester, Efektivitas
PENERAPAN PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL(CTL) DALAM PENGAJARAN KETERAMPILAN BAHASA INGGRIS Noviati, Noviati
RIPTEKSI KEPENDIDIKAN PGRI Februari 2013
Publisher : RIPTEKSI KEPENDIDIKAN PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractThe main objective of this study is to overcome the problems found in teaching Integrated Skills using Contextual Teaching and Learning (CTL). These problems include: Content, Teaching Methods, and the passivity of the students in the class. Research conducted using action research. The population of this research is a high school student Bina Warga 2 Palembang academic year 2008/2009. There are 16 classes, but this study only takes this because researcher has only been teaching two classes. While other classes taught by other teachers. The main source of this research is supported  by researchers and teachers who made observations when done in teams. This study not only observed but also questionnaires and interviews to determine students progress in line with the problems. In the first period, the first issue (material) and the second issue (teaching methods) are almost resolved properly. Almost all students said that they felt happy and get the ease of  learning to use materials related to their lives and experiences, as well as related from one skill to the second period is another problem. At the first and second can be addressed properly because all the students said that they feel happy and get the ease of learning to use material  relating from one skill to another. In the third period students have easy and are happy with the material that relates to their lives and experiences and integrate the skills learned. For the problem of students’ passivity, it is solely due to the personal problems of students.Keywords : Contextual Teaching and Learning (CTL), Integrated English Skills, Learning
SURVEY PENGAJARAN SASTRA DI SMA NEGERI KOTA PALEMBANG Rosmiyati, Evi
RIPTEKSI KEPENDIDIKAN PGRI RIPTEKSI KEPENDIDIKAN AGUSTUS 2013
Publisher : RIPTEKSI KEPENDIDIKAN PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbtsrakSurvey ini bertujuan untuk menemukan apakah para guru tertarik mengajar sastra, metode yang digunakan dalam mengajar sastra, media yang digunakan dalam mengajar sastra, Keuntungan yang guru dapatkan dalam mengajar sastra, dan masalah yang guru hadapi dalam mengajarkan sastra. Sebanyak 19 SMA Negeri dikota Palembang dijadikan sampel dalam survey ini, dengan menggunakan questionnaire dan observasi. Untuk menganalisa data digunakan SPSS. Hasil dari survey menunjukkan bahwa guru SMA Negeri di kota Palembang tertarik untuk mengajarkan sastra karena memberikan banyak manfaat. Hasil lain yang didapatkan bahwa guru mengajar sastra dengan cara demonstasi, diskusi kelompok, role play, diskusi kelas, dan tujuh respon pembaca sdalam pegajaran sastra. Media yang digunakan dalam pengajaran sastra adalah papan tulis. Akhirnya, penulis mengharapkan para guru bisa memberikan penjelasan yang lebih kreatif dalam mengembangkan pengajaran sastra untuk murid mereka. Kata kunci: literature, teaching and teaching method.