cover
Contact Name
Fera Tri Susilawaty
Contact Email
feralawata@gmail.com
Phone
+6287843836544
Journal Mail Official
jurnal.komunikasiuho@gmail.com
Editorial Address
Redaksi Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Gedung Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Halu Oleo. Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : -     EISSN : 25279173     DOI : 10.52423
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Is a journal of scientific in the form of research results in communication and information science. This journal is published 4 times a year (January, April, July and October) published by the Laboratorium Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Halu Oleo, Kendari. Articles are written in Indonesian and English. Each text that is published will go through the verification and editing process by the editor and the articles will be reviewed using a double-blind review system by the partners who are competent in their field. This journal is expected to be a medium for researchers / writers who want to publish the results of their research so that it can become a reference for further studies related to the study of Communication and information. Scope of the Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi covers communication management, mass media (TV, Radio, Newspapers), public relations, marketing communications, political communication, organizational communication, cultural communication, online media and popular culture. Also focus on studies of information and libraries including information literacy, information technology, digital library, librarian profession development, information management.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2022): Edisi April (In Press)" : 9 Documents clear
STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS THE LODGE MARIBAYA LEMBANG KOTA BANDUNG SEBAGAI DESTINASI Najmi, Arnesa Aynun; Hafiar, Hanny; Perbawasari, Susie
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol 7, No 2 (2022): Edisi April (In Press)
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/jikuho.v7i2.24643

Abstract

Pandemi Covid-19 berdampak terhadap semua sektor usaha, terutama sektor pariwisata. Ketika transisi dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ke Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) menjadi era new normal dimana destinasi pariwisata mulai kembali beroperasi. Para pelaku usaha harus menyusun strategi agar tetap bertahan menghadapi persaingan bisnis di masa pandemi. Hal ini pula yang dilakukan oleh The Lodge Maribaya (TLM)melalu istrategi marketing public relations.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi MPR yang dilakukan oleh The Lodge Maribaya dalam menghadapi persaingan bisnis wisata yang semakin berkembang. Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme, pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan promosi yang dilakukan oleh TLM meliputi publikasi, event, media visit, radio interview,seminar CSR dan Charity. Kegiatan tersebut sejalan dengan three ways strategy yang dikemukakan oleh Thomas L Harris meliputi push, pull, dan pass strategy. Strategi tersebut digunakan oleh TLM dalam menghadapi bisnis wisata yang kompetitif. Saran dari peneliti, sebaiknya TLM dapat menentukan tujuan dan target sasaran secara lebih spesifik. Riset dan evaluasi dalam penentuan target sasaran di setiap strategi perlu dilakukan secara spesifik agar pesan yang ingin disampaikan sesuai sasaran dan memenuhi target. Selain itu, lebih mengeksplor taktik yang dapat dilakukan sehingga kegiatan perusahaan menjadi lebih bervariasi. Kata-kata Kunci: Marketing Public Relations, The Lodge Maribaya, Pariwisata, Ecowisata
KONSTRUKSI STIGMA MAHASISWA TERHADAP SESEORANG YANG BIPOLAR Safitri, Atika Ayu; Yuhastina, Yuhastina; Nugraha, Yosafat Hermawan Tri
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol 7, No 2 (2022): Edisi April (In Press)
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/jikuho.v7i2.24082

Abstract

Terdapat tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui berbagai konstruksi stigma mahasiswa terhadap seseorang yang bipolar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil yang dapat dilihat dari proses konstruksi stigma mahasiswa terhadap seseorang yang bipolar yaitu terdapat beberapa stigma yang muncul akibat konstruksi mahasiswa terhadap seseorang yang bipolar. Pertama, konstruksi stigma yang menganggap bahwa seseorang yang bipolar pasti merupakan seseorang yang mudah marah, emosian, dan memiki karakter yang menggebu gebu. Kedua, Konstruksi stigma yang menganggap bahwa seseorang yang bipolar merupakan seseorang yang berbeda. Ketiga, Konstruksi stigma mahasiswa yang menganggap bahwa seseorang yang bipolar merupakan seseorang yang suka membahayakan dirinya sendiri. Keempat, Konstruksi stigma yang menganggap bahwa seseorang yang bipolar merupakan seseorang yang egois. Kelima, Adanya konstruksi stigma yang diberikan oleh mahasiswa yaitu menganggap bahwa seseorang yang bipolar merupakan seseorang yang hebat. Konstruksi stigma mahasiswa terhadap seseorang yang bipolar tidak bisa lepas dari peran media massa sebagai salah satu pusat informasi mengenai bipolar.Kata-kata Kunci: Konstruksi; Stigma; Mahasiswa; Bipolar; Media Massa
POLA PENGELOLAAN MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK PERGURUAN TINGGI DALAM MEMBENTUK ONLINE REPUTATION Dipa, Adzkia Kirana; Hafiar, Hanny; Rahmat, Agus
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol 7, No 2 (2022): Edisi April (In Press)
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/jikuho.v7i2.24561

Abstract

Perguruan tinggi baik negeri maupun swasta harus mampu untuk meningkatkan kualitas membentuk reputasi yang kedepannya akan membantu meningkatkan kepentingan masyarakat dan calon mahasiswa agar dapat bersaing mempertahankan eksistensi masing – masing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teori yang digunakan adalah Konstruksi Teknologi Sosial (SCOT). Pada penelitian ini ditemukan bahwa komunikator mengalami konflik peran, hal ini terjadi ketika komunikator mengalami tekanan peran ganda dan/atau ambiguitas peran, karena pembatasan tugas dan pekerjaan yang kurang tertata rapi dan tidak jelas. . Peneliti mengidentifikasi efisiensi pola pengelolaan media komunikasi publik sangat didukung oleh tujuan spesifik dari strategi media sosial yang dirancang secara strategis dan oleh tingkat respons pemangku kepentingan terkait terhadap pesan media sosial. Perguruan tinggi harus melibatkan pekerja humas yang memiliki pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan khusus untuk membentuk reputasi lembaga ekosistem media digital. Kata Kunci: Media Komunikasi Publik, Online Reputation, Perguruan Tinggi 
KONTRIBUSI NEW MEDIA UNTUK EDUKASI BENCANA DI LAPAS Sa'diah, Halimatu
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol 7, No 2 (2022): Edisi April (In Press)
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/jikuho.v7i2.24450

Abstract

New media menciptakan ruang yang terintegrasi untuk mengakses informasi maupun bersosialisasi. Sebagai bagian dari new media, YouTube menyediakan berbagai informasi yang dapat diakses secara mudah dan cepat. YouTube dapat digunakan tidak hanya untuk keperluan hiburan namun juga dapat memberikan edukasi kepada publik. Lapas Perempuan Kelas IIB Yogyakarta merupakan salah satu lembaga pemerintah yang juga menggunakan YouTube untuk edukasi bencana. Selama pandemi COVID-19, pihak lapas membatasi mobilisasi narapidana. Pihak lapas melakukan edukasi bencana dengan memutarkan video dari YouTube untuk menghadapi bahaya bencana di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi new media untuk edukasi bencana di lapas. Peneliti melakukan studi kasus di Lapas Perempuan Kelas IIB Yogyakarta dengan melibatkan staf lapas sebagai informan penelitian. Informan dalam penelitian ini merupakan staf lapas, perwakilan yang dianggap mengetahui dan terlibat secara langsung dalam sistem pemasyarakatan. Jenis data yang digunakan adalah kualitatif meliputi data primer dan sekunder. Peneliti melakukan wawancara, observasi, dan studi dokumen untuk mengumpulkan data-data yang diperlukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa new media sangat berkontribusi di lapas karena menyajikan berbagai informasi terkait dengan kebencanaan. Lapas Perempuan Kelas IIB Yogyakarta memiliki keterbatasan selama penyelenggaraan edukasi bencana. New media menjadi solusi alternatif bagi pihak lapas untuk tetap menyelenggarakan edukasi bencana kepada narapidana.Kata Kunci : New Media, Youtube, Edukasi Bencana
LITERASI JURNAL ELEKTRONIK PADA MAHASISWA PERPUSTAKAAN DAN ILMU INFORMASI SEBAGAI MEDIA INFORMASI AKADEMIK Sulastri, Sri; Masrul, Masrul; Lusianai, Waode; Jaya, Asrul
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol 7, No 2 (2022): Edisi April (In Press)
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/jikuho.v7i2.24800

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana literasi jurnal elektronik pada mahasiswa perpustakaan dan ilmu informasi sebagai media informasi akademik. Metode penelitian yang dgunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan penentuan informan snowball sampling, serta pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengidentifikasi kebutuhan informasi dilakukan dengan melihat judul/tema masalah, kesamaan kata dari judul, dan pembahasan yang dikaji informasi tersebut. Kemampuan mencari informasi dilakukan dengan mencari tanpa kata kunci jurnal diawal/diakhir kalimat, hanya menggunakan kata kunci judul yang sesuai dengan judul yang dibutuhkan, dan mencari langsung pada rumah jurnal maupun pada mesin pencari google. Kemampuan menggunakan informasi telah digunakan sesuai dengan keperluan akademis setiap mahasiswa, melakukan parafrase bagi sebagian mahasiswa dan sebagian mahasiswa hanya menyalin tanpa memparafrase informasi tersebut, serta mencantumkan sumber dari informasi yang ditemukan.Kata-kata Kunci: Literasi, Jurnal Elektronik, Media Informasi.
INSTAGRAM SEBAGAI MEDIUM PERLAWANAN PETANI DI ERA DIGITAL Pratiwi, Aprilianti; Pangestu, Cikal Dara
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol 7, No 2 (2022): Edisi April (In Press)
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/jikuho.v7i2.24277

Abstract

Telah terjadi pergeseran cara dalam melakukan perlawanan petani. Dahulu, aktivis petani hanya mengandalkan cara konvensional seperti demonstrasi ke lapangan untuk menuntut hak mereka. Saat ini cara lama itu didukung pemanfaatan digitalisasi, yaitu dengan menggunakan media sosial. Salah satu media sosial yang digunakan sebagai medium perlawanan petani adalah Instagram. Instagram digunakan oleh Akmisosial, sebuah organisasi politik independen, sebagai medium bagi perlawanan petani Telukjambe, Karawang, Jawa Barat yang lahannya telah dirampas oleh pihak swasta secara semena-mena. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan Instagram sebagai medium perlawanan petani di era digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan Analisis Media Siber (AMS) dengan metode etnografi virtual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlawanan petani yang dilakukan melalui media sosial tidak hanya sebatas jari saja, namun juga dapat menjadi aksi nyata, baik dalam bentuk materi seperti penggalangan dana bagi petani yang sedang berada di pengungsian atau aksi nyata dengan ikut langsung ke lapangan. Hal tersebut dapat ditemukan pada respon-respon yang diberikan oleh followers. Instagram sebagai media sosial yang mengandalkan aspek visual, dengan unggahan berupa foto dan video, mampu menggugah atensi para followers untuk berpartisipasi. Diharapkan kepada aktivis-aktivis perlawanan petani lain agar dapat memanfaatkan media sosial dalam melakukan aksi perlawanan supaya partisipan yang lebih luas dapat terjangkau.Kata-kata Kunci: Analisis Media Siber; era digital; etnografi virtual; Instagram; perlawanan petani
ANALISIS PENERAPAN LIVE STREAMING YOUTUBE SUSKA TV SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF TELEVISI KAMPUS Mutia, Tika
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol 7, No 2 (2022): Edisi April (In Press)
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/jikuho.v7i2.22404

Abstract

The advances in communication technology that is so dynamic in the all-digital era now also penetrated the television media. Many platforms use the internet to reach a wider audience. No exception on-campus community television such as Suska TV using the Youtube account "Suska TV Official" took part in providing information to the campus community. The purpose of this study was to determine the extent of internet-based live streaming video into alternative communication media at Suska TV as campus television. The research uses an interpretive paradigm with a qualitative method and case study approach. Data collection techniques using observation, in-depth interviews, and online search. The results found 3 factors utilizing live streaming video using virtual mixer technology and internet networks in Suska TV. First, it can generate live shows anywhere. Production of news broadcasts, campus programs, and events does not have to be done in Suska TV studios. Secondly, Following communication technology trends. Through a YouTube account, it gives freedom for the campus community to choose to watch the programs they want from their respective gadgets. Meanwhile, the inhibiting factors are the bandwidth needed in The UIN Suska Riau campus which still needs to be increased. This is needed for broadcast-quality to still maintain and isn’t constrained by delays. Secondly, the qualification of the live streaming technology that is used must always keep up with existing developments. This requires a lot of money and Human Resources (HR) so that Suska TV can still actively carry out production through broadcast digitization.Keywords: Live Streaming, Youtube, Campus Television, Alternative Media Communication,   
PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL OLEH HUMAS RUMAH SAKIT PANDEGA PANGANDARAN DALAM MENYAMPAIKAN INFORMASI KESEHATAN Dewi, Retasari; Anisa, Renata; Yustikasari, Yustikasari
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol 7, No 2 (2022): Edisi April (In Press)
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/jikuho.v7i2.24576

Abstract

RSUD Pandega Pangandaran adalah sebuah rumah sakit pemerintah baru sehingga memiliki tantangan untuk dapat memperkenalkan rumah sakit kepada masyarakat melalui media sosial. Rumah sakit juga memiliki kewajiban untuk melaksanakan Promosi Kesehatan sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan melalui kegiatan menginformasikan, mempengaruhi, dan membantu masyarakat agar berperan aktif untuk mendukung perubahan perilaku dan lingkungan serta menjaga dan meningkatkan kesehatan menuju derajat kesehatan yang optimal. Dengan pengelolaan media sosial yang baik, rumah sakit dapat menyajikan berbagai informasi kesehatan untuk masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan media sosial yang dilakukan oleh RSUD Pandega Pangandaran dengan menggunakan model sirkuler SoMe dari Regina Luttrel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RSUD Pandega Kabupaten Pangandaran secara aktif membagikan informasi seputar rumah sakit dan informasi kesehatan. Optimalisasi media sosial dilakukan dengan menetapkan standar dalam desain konten, keterangan gambar dan tagar yang digunakan dalam setiap unggahan di akun media sosial agar konten yang diunggah konsisten. Pengelolaan media sosial RSUD Pandega dilakukan secara manual dengan mengamati insight media sosial. Interaksi pengikut pada media sosial belum optimal serta engagement rate masih menjadi tantangan bagi pengelola media sosial RSUD Pandega. Pengelola dapat memaksimalkan fitur yang ada pada media sosial dan meningkatkan interaksi dengan pengguna media sosial.Kata kunci: Humas; Informasi; Media Sosial; Promosi Kesehatan; Rumah Sakit. 
STRATEGI DIGITAL PUBLIC RELATION BANK SYARIAH INDONESIA PADA MASA COVID-19 Wijakssono, Dian Budi
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol 7, No 2 (2022): Edisi April (In Press)
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/jikuho.v7i2.24250

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi digital public relation yang digunakan oleh Bank Syariah Indonesia pada masa Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi digital public relation pada masa Covid-19. Paradigma yang digunakan adalah konstruktivisme dengan pendekatan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah studi deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini terdiri dari informan kunci dan informan. Tekni pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada masa Covid-19, Bank Syariah Indonesia menggunakan berbagai macam strategi digital public relation. Adapun strategi yang digunakan terbagi menjadi dua yaitu strategi eksternal berupa optimalisasi publikasi menggunakan media online dan strategi internal dengan program-program yang membangun enggament antar pegawai. Kata-kata Kunci: Strategi, Digital Public Relation, Covid-19 

Page 1 of 1 | Total Record : 9