cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
ISSN : -     EISSN : 2502471X     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January 2016.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 4: APRIL 2018" : 20 Documents clear
Pengaruh Model Pembelajaran Service Learning terhadap Sikap Peduli Lingkungan Kristina Kasi; Sumarmi Sumarmi; I Komang Astina
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 4: APRIL 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.336 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v3i4.10733

Abstract

Abstract: Geography is a contextual learning in the natural environment. Problems in this study to determine the effect of learning models Service Learning attitude towards environmental care. This study used a quasi-experimental (quasi-experiment)with the design of two groups: the experimental class and control class. Calculations were performed using t-test (samples independent t-test), the test results hipiotesis significant environmental care attitude of 0.000. It was concluded that there are significant differencesthe ability of environmental caring attitude among students who use learning model Learning Service and conventional. It is advisable to apply the learning model Service Learning in learning, so as to improve students' attitudes environmental care. Learning with this model, to enhance the knowledge and skills of students, because students are confronted with real problems.Abstrak: Geografi merupakan pembelajaran yang kontekstual pada lingkungan alam sekitar. Permasalahan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Service Learning terhadap sikap peduli lingkungan. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain dua kelompok, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perhitungan dilakukan menggunakan uji-t (independent samples t-test), hasil uji hipotesis sikap peduli lingkungan signifikan sebesar 0,000. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan sikap peduli lingkungan antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Service Learning dan konvensional. Disarankan untuk mengaplikasikan model pembelajaran Service Learning dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan siswa. Pembelajaran dengan model ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa karena siswa dihadapkan langsung dengan permasalahan nyata.
Pengembangan Handout Mikologi pada Materi Kapang Endofit pada Tanaman Sawo Kecik Qorry Aulya Rohmana; Utami Sri Hastuti; Abdul Ghofur
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 4: APRIL 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (671.76 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v3i4.10846

Abstract

Abstract: This study aims to (1) produce Mycology handout on fungal endophyte and (2) determine the feasibility and readability of handout. This research type is development research. Handout data feasibility obtained from material experts and learning media expert by validation questionnaires, the handout readability data was obtained from questonnaires for the Biology students. The research results showed that the percentage of validation result from Mycology material expert I is 100% and from Mycology expert II is 99.44% with very high feasibility criteria. Percentage of handout feasibility by learning media expert is 93.06% with very high feasibility criteria. The handout readability result from Mycology student is 85,56% with very high criteria. The research results show that the handout are very feasible and very easy to use in the Mycology learning activities. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan handout Mikologi pada materi kapang endofit dan (2) menguji kelayakan dan keterbacaan handout. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Data kelayakan handout diperoleh dari angket validasi oleh ahli materi dan ahli bahan ajar, sedangkan data keterbacaan diperoleh dari hasil angket keterbacaan handout pada mahasiswa Biologi UM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kelayakan materi handout oleh validator ahli materi Mikologi I sebesar 100% dan validator ahli materi Mikologi II sebesar 99,44% dengan kriteria kelayakan sangat tinggi. Persentase kelayakan handout oleh ahli bahan ajar sebesar 93,06% dengan kriteria kelayakan sangat tinggi pula. Persentase uji keterbacaan oleh mahasiswa sebesar 85,56% dengan kriteria keterbacaan sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa handout sangat layak dan sangat mudah digunakan dalam kegiatan pembelajaran Mikologi.
Implementasi Metode Kepramukaan (Studi Kasus Pembinaan Pramuka Penggalang Berprestasi Di Kwarcab Kabupaten Malang) Risa Durrotun Nailiyah; Umi Dayati; Ellyn Sugeng Desyanty
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 4: APRIL 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (461.161 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v3i4.10761

Abstract

Abstract: This study aims to determine the implementation of scouting methods on guidance scout for achievers in Malang kwarcab. This research uses qualitative method with case study design. The research subjects are scout leader, headmaster (mabigus), Gudep scout member 22099—22100 and Gudep 05111—05112 and staff of Kwarcab Malang Regency. Data were collected using observation, interview and documentation techniques. The results showed that the scouting methods used were eight, namely: (1) the practice of scout codes of honor, (2) learning by doing, (3) team system, (4) challenging and interesting activities, (5) outdoor activities, (6) partnerships with adult members, (7) sign systems of skill, and (8) separate unit systems for sons and daughters.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode kepramukaan pada pembinaan pramuka penggalang berprestasi di kwarcab Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitiannya yaitu pembina pramuka, mabigus, anggota pramuka Gudep 22099— 22100 dan Gudep 05111—05112 serta pengurus Kwarcab Kabupaten Malang. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode kepramukaan yang digunakan ada delapan yaitu: (1) pengamalan kode kehormatan pramuka, (2) belajar sambil melakukan, (3) sistem beregu, (4) kegiatan yang menantang dan menarik, (5) kegiatan di alam terbuka, (6) kemitraan dengan anggota dewasa, (7) sistem tanda kecakapan, dan (8) sistem satuan terpisah untuk putra dan putri. 
Pengembangan LKS Project Based Learning Berbasis Penelitian Perlakuan Perbedaan Dosis Fosfat pada Genotipe Kedelai Nur Lina Safitri; Siti Zubaidah; Heru Kuswantoro
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 4: APRIL 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (643.811 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v3i4.10813

Abstract

Abstract: This study aims to develop student worksheet with Project Based Learning models which was developed based on the research of the effect of various doses of phosphate on the characteristics of CpMMV resistant soybean genotype. The research method used is development with ADDIE development model. Data will be analysis using quantitative descriptive. The results show the percentage of validity of the material experts included in the category "very valid" with an average of 94.23%, the validity of the development experts of 88.88% and the 80.26% percentage of the user's validity. Based on the validation results it can be known that it is feasible to be applied and the practitioner is suitable to be applied.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS dengan model PjBL (Project Based Learning) yang dikembangkan berdasarkan penelitian pengaruh berbagai macam dosis fosfat terhadap karakteristik genotipe kedelai tahan CpMMV. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil menunjukkan bahwa persentase kevalidan dari ahli materi termasuk dalam kategori “sangat valid” dengan rata-rata sebesar 94,23%, kevalidan dari ahli pengembangan sebesar 88,88% dan hasil persentase kevalidan dari pengguna sebesar 80,26%. Berdasarkan hasil validasi dapat diketahui bahwa sudah layak untuk diterapkan dan praktisi lapangan menyatakan sudah layak untuk diterapkan.  
Pengaruh Pendidikan Ekonomi Keluarga, Gaya Hidup, Modernitas Individu, dan Literasi Ekonomi terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Risnawati Risnawati; Sri Umi Mintarti W; Cipto Wardoyo
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 4: APRIL 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.707 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v3i4.10732

Abstract

Abstract: This study aims to investigate the constribution of exogenous and endogenous variables. This study is quantitative in nature ang employs structural equation model in analyzing the data. The population of this study are the ninth graders of both public and islamic senior high school in Batu (N=418). The selected sample are 104 students from three senior high school. Based on the results of the study, it reveals that the economics family education is significantly contributes  to students’ consuming behavior, while the life style and individual modernity are insignificantly contribute to students’ consuming behaviors. The economics family education and life styles are insignificantly contribute to students’ economics literacy, while the individual modernity is significantly contribute to students’ economics literacy. Economics family education, life style, and individual modernity do not contribute significantly to students’ consuming behaviors through students economics literacy.Abstrak: Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh antar variabel eksogen dan endogen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan tehnik analisis data yaitu analisis SEM (Structural Equation Modelling). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA dan MA di wilayah kota Batu yang berjumlah 418 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 104 siswa yang menyebar dalam tiga sekolah SMA dan MA di wilayah kota Batu. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa, pendidikan ekonomi keluarga berpengaruh signifikan, sedangkan gaya hidup, modernitas individu berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap perilaku konsumtif siswa. Pendidikan ekonomi keluarga dan gaya hidup berpengaruh tidak signifikan, sedangkan modernitas individu berpengaruh signifikan terhadap literasi ekonomi siswa. Pendidikan ekonomi keluarga, gaya hidup, dan modernitas individu berpengaruh tidak signifikan terhadap perilaku konsumtif melalui literasi ekonomi siswa.
Pengaruh Project-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Sularmi Sularmi; Dwiyono Hari Utomo; I Nyoman Ruja
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 4: APRIL 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (486.748 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v3i4.10748

Abstract

Abstract: Geography as a field of study is believed to improve the ability of learners in the ability to think. The purpose of this research is to improve the critical thinking ability of learners through project based learning. The research was conduct with quasi-experimental method. The study design used nonequivalent pretest-posttest control group design. The subjects of the study were students of class XI IPS 1 and IPS 2 SMA Negeri 1 Pulau Laut Timur. Result of research by using t test, with significant value is 0,007. This means that project based learning applied to the field of geography study can improve the critical thinking ability of learners.Abstrak: Geografi sebagai salah satu bidang studi diyakini dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berpikir. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui project based learning. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen semu. Desain penelitian menggunakan nonequivalent pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ialah peserta didik kelas XI IPS 1 dan IPS 2 SMA Negeri 1 Pulau Laut Timur. Hasil penelitian dengan menggunakan uji t, memperoleh nilai signifikansi 0,007. Hal ini berati bahwa project based learning yang diterapkan pada mata pelajaran geografi dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Kontribusi Kondisi Fisik Terhadap Performa Drag Flick Kartika Septianingrum; Sugiyanto Sugiyanto; Agus Kristiyanto
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 4: APRIL 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (335.5 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v3i4.10811

Abstract

Abstract: The purpose of this study was to test the relation and to test how much contribution of single or multiple between grip strength, arm muscle power, back flexibility, and eye-hand coordination to the shooting result with drag flick technique. This research used correlational method. Population in this study is 40 men's hockey player in Central Java. Data analysis technique used goodness of fit test. The results that each variable has a positive relationship and the contribution is 17.9% grip strength, 34.6% arm muscle power, 20.5% back flexibility, hand-eye coordination 14.3% and all variable is 39,6 %.Abstrak: Penelitian ini bertujian untuk menguji hubungan dan kontribusi secara parsial san stimultan antara kekuatan menggenggam, power otot lengan, fleksibilitas togok, dan koordinasi mata-tangan terhadap hasil menembak dengan teknik drag flick. penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan populasi sebanyak 40 pemain hoki putra di Jawa Tengah. Teknik analisis data menggunakan goodness of fit test. Hasil penelitian menunjukan bahwa masing masing variabel memiliki hubungan dan kontribusinya adalah 17,9 % untuk kekuatan menggenggam, 34.6% power otot lengan, 20.5% fleksibilitas togok, dan 14.3% koordinasi mata-tangan dan semua variabel secara bersama sebesar 39,6 %.
Pembelajaran Ekonomi di Pondok Pesantren Ayuniva Recinta Nuraeny Putri; Wahjoedi Wahjoedi; Agung Haryono
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 4: APRIL 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.542 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v3i4.10731

Abstract

This study aims to describe economic learning in Pondok Pesantren Hidayatut Thullab Trenggalek Regency. The method used is qualitative approach. The results of this study indicate that the economic learning process starts from the acquisition of insights about the production, distribution, and consumption derived from the cottage environment. From these insights formed the attitude and behavior of the santri. Economic learning process is influenced by boarding school environment. The santri give a positive meaning to the economic learning. Based on the results of the study is expected Pondok Pesantren Hidayatut Thullab provide expertise to the students of the cottage in order to work more leverage.Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran ekonomi di Pondok Pesantren Hidayatut Thullab Kabupaten Trenggalek. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran ekonomi dimulai dari perolehan wawasan tentang produksi, distribusi, dan konsumsi yang berasal dari lingkungan pondok. Dari wawasan tersebut terbentuklah sikap serta perilaku para santri. Proses pembelajaran ekonomi dipengaruhi oleh lingkungan pondok pesantren. Para santri memberikan makna positif terhadap pembelajaran ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan Pondok Pesantren Hidayatut Thullab memberikan keahlian kepada para santri dari dalam pondok agar dapat bekerja lebih maksimal.
Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar Hamdan Husein Batubara; Dessy Noor Ariani
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 4: APRIL 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (335.458 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v3i4.10744

Abstract

Abstract: This study is descriptive qualitative that aims to know the empirical evidence about the implementation of guidance and counseling at Public Elementary School Sungai Miai 5 Banjarmasin. The results showed that the implementation of guidance and counseling refers to the results of understanding of students. The strategy implemented consists of: integrating guidance and counseling materials into the subject matter, choosing appropriate methods and media, remedial, building empathic communication, modeling, giving appreciation and reinforcement, identifying and selecting helping program, and divert handling. The teacher competence needs to be improved so that the implementation of guidance and counseling can be programmed well.Abstrak: Tulisan ini merupakan hasil penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui bukti empiris tentang pelaksanaan bimbingan dan konseling di Sekolah Dasar Negeri Sungai Miai 5 Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan dan konseling mengacu pada hasil pemahaman terhadap peserta didik. Strategi yang diterapkan guru kelas terdiri atas mengintegrasikan materi bimbingan dan konseling ke dalam materi pelajaran, memilih metode dan media yang tepat, remedial, membangun komunikasi empati, memberikan teladan, memberi apresiasi dan penguatan, mengidentifikasi dan memilih program bantuan, dan alih tangan. Kompetensi guru kelas masih perlu ditingkatkan agar pelaksanaan bimbingan dan konseling di Sekolah Dasar dapat terprogram dengan baik.
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Observasi Lapangan terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Angga Puspita; Sugeng Utaya; I Nyoman Ruja
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 4: APRIL 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (553.471 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v3i4.10747

Abstract

Abstract: This study aims to determine the effect of Inkuiri model based on field observation on the ability of analytical thinking. The design of this research is quasi experiment with pretest posttest control group design. The treatment in this research is using Inquiry model based on field observation in experiment class and learning of question and answer method, discussion, and presentation in control class. The subject of this research is the students of class X IPS SMAN 10 Malang. Hypothesis test conducted on the research is t-test with SPSS 16.00 for windows. The result of this research is that there is significant influence of Inkuiri model based on field observation on the result of analytical thinking ability. This can be seen from the average score gain obtained by the higher experimental class (20.6) than the control class (14.5). The result of the analysis of the Independent Sample T-test, obtained p-level 0,002. The p-level value is less than 0.05.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Inkuiri berbasis observasi lapangan terhadap kemampuan berpikir analitis. Rancangan penelitian ini berupa quasi experiment dengan desain pretest posttest control group. Perlakuan dalam penelitian ini adalah menggunakan model Inkuiri berbasis observasi lapangan pada kelas eksperimen dan pembelajaran metode tanya jawab, diskusi, dan presentasi pada kelas kontrol. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMAN 10 Malang. Uji hipotesis yang dilakukan pada penelitian adalah uji-t dengan SPSS 16.00 for windows. Hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan model Inkuiri berbasis observasi lapangan terhadap hasil kemampuan berpikir analitis. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata gain score yang diperoleh kelas eksperimen lebih tinggi (20,6) daripada kelas kontrol (14,5). Hasil analisis uji Independent Sample T-test, diperoleh nilai p-level 0,002. Nilai p-level tersebut lebih kecil dari 0.05.

Page 1 of 2 | Total Record : 20


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 10, No 8: AUGUST 2025 VOL 10, NO 7: JULY 2025 Vol 10, No 4: APRIL 2025 Vol 10, No 3: MARCH 2025 Vol 10, No 2: FEBRUARY 2025 Vol 10, No 1: JANUARY 2025 Vol 9, No 12: DECEMBER 2024 Vol 9, No 11: NOVEMBER 2024 Vol 9, No 10: OCTOBER 2024 Vol 9, No 9: SEPTEMBER 2024 Vol 9, No 8: AUGUST 2024 Vol 9, No 7: JULY 2024 Vol 9, No 6: JUNE 2024 Vol 9, No 5: MAY 2024 Vol 9, No 4: APRIL 2024 Vol 9, No 3: MARCH 2024 Vol 9, No 2: FEBRUARY 2024 Vol 9, No 1: JANUARY 2024 Vol 8, No 10: OCTOBER 2023 Vol 8, No 9: SEPTEMBER 2023 Vol 8, No 8: AUGUST 2023 Vol 8, No 7: JULY 2023 Vol 8, No 6: JUNE 2023 Vol 8, No 5: MAY 2023 Vol 8, No 4: APRIL 2023 Vol 8, No 3: MARCH 2023 Vol 8, No 2: FEBRUARY 2023 Vol 8, No 1: JANUARI 2023 Vol 7, No 12: DECEMBER 2022 Vol 7, No 11: NOVEMBER 2022 Vol 7, No 10: OKTOBER 2022 Vol 7, No 9: SEPTEMBER 2022 Vol 7, No 8: AGUSTUS 2022 Vol 7, No 7: JULI 2022 Vol 7, No 6: JUNI 2022 Vol 7, No 5: MAY 2022 Vol 7, No 4: APRIL 2022 Vol 7, No 3: MARET 2022 Vol 7, No 2: FEBRUARI 2022 Vol 7, No 1: JANUARI 2022 Vol 6, No 12: DESEMBER 2021 Vol 6, No 11: NOVEMBER 2021 Vol 6, No 10: OKTOBER 2021 Vol 6, No 9: SEPTEMBER 2021 Vol 6, No 8: AGUSTUS 2021 Vol 6, No 7: JULI 2021 Vol 6, No 6: JUNI 2021 Vol 6, No 5: MEI 2021 Vol 6, No 4: APRIL 2021 Vol 6, No 3: MARET 2021 Vol 6, No 2: FEBRUARI 2021 Vol 6, No 1: JANUARI 2021 Vol 5, No 12: DESEMBER 2020 Vol 5, No 11: NOVEMBER 2020 Vol 5, No 10: OKTOBER 2020 Vol 5, No 9: SEPTEMBER 2020 Vol 5, No 8: AGUSTUS 2020 Vol 5, No 7: JULI 2020 Vol 5, No 6: JUNI 2020 Vol 5, No 5: MEI 2020 Vol 5, No 4: APRIL 2020 Vol 5, No 3: MARET 2020 Vol 5, No 2: FEBRUARI 2020 Vol 5, No 1: JANUARI 2020 Vol 4, No 12: DESEMBER 2019 Vol 4, No 11: NOVEMBER 2019 Vol 4, No 10: Oktober 2019 Vol 4, No 9: SEPTEMBER 2019 Vol 4, No 8: AGUSTUS 2019 Vol 4, No 7: JULI 2019 Vol 4, No 6: JUNI 2019 Vol 4, No 5: MEI 2019 Vol 4, No 4: APRIL 2019 Vol 4, No 3: MARET 2019 Vol 4, No 2: FEBRUARI 2019 Vol 4, No 2: FEBRUARI 2019 Vol 4, No 1: JANUARI 2019 Vol 3, No 12: DESEMBER 2018 Vol 3, No 12: DESEMBER 2018 Vol 3, No 11: NOVEMBER 2018 Vol 3, No 10: OKTOBER 2018 Vol 3, No 10: OKTOBER 2018 Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018 Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018 Vol 3, No 8: AGUSTUS 2018 Vol 3, No 8: AGUSTUS 2018 Vol 3, No 7: JULI 2018 Vol 3, No 6: JUNI 2018 Vol 3, No 5: MEI 2018 Vol 3, No 4: APRIL 2018 Vol 3, No 3: MARET 2018 Vol 3, No 2: FEBRUARI 2018 Vol 3, No 1: JANUARI 2018 Vol 3, No 1: JANUARI 2018 Vol 2, No 12: Desember 2017 Vol 2, No 11: November 2017 Vol 2, No 10: Oktober 2017 Vol 2, No 9: September 2017 Vol 2, No 8: AGUSTUS 2017 Vol 2, No 7: JULI 2017 Vol 2, No 6: Juni 2017 Vol 2, No 5: Mei 2017 Vol 2, No 4: April, 2017 Vol.2, No.3, Maret 2017 Vol.2, No.2, Februari 2017 Vol.2, No.1, Januari 2017 Vol.1, No.12, Desember 2016 Vol.1, No.11, Nopember 2016 Vol.1, No.10, Oktober 2016 Vol.1, No.9, September 2016 Vol.1, No.8, Agustus 2016 Vol.1, No.7, Juli 2016 Vol.1, No.6, Juni 2016 Vol.1, No.5, Mei 2016 Vol.1, No.4, April 2016 Vol.1, No.3, Maret 2016 Vol.1, No.2, Februari 2016 Vol.1, No.1, Januari 2016 More Issue