Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)
Vol. 5 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2025 (1)

Persepsi Mitra Kerja terhadap Kualitas Pelayanan PPG Adi Buana Surabaya

Rarasaning Satianingsih (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Akhamd Qomaru Zaman (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Erna Puji Astutik (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Samsul Khabib (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Nur Rohmah (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Amelia Widya Hanindita (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Fauziyah Fauziyah (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Widiar Onny Kurniawan (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
M. Athoillah (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Rosmiati Rosmiati (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mitra kerja sama terhadap mutu layanan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode campuran, yaitu memadukan metode kuantitatif dan kualitatif, untuk memperoleh gambaran yang komprehensif. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan skala likert dan wawancara semi terstruktur, dengan melibatkan 50 mitra kerja sama yang telah terlibat dalam program minimal satu tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mitra kerja sama terhadap mutu layanan berada pada kategori sangat baik, terutama dalam hal efektivitas kerja sama, manfaat program, dan daya tanggap komunikasi. Sebagian besar mitra menilai kerja sama ini sangat efektif dalam mencapai tujuan bersama, dengan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap profesionalisme pengelola program. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini merekomendasikan penguatan layanan berbasis teknologi, melakukan survei kepuasan secara berkala, dan menyelenggarakan lokakarya kolaboratif untuk meningkatkan relevansi program dengan kebutuhan mitra. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan strategis bagi pengembangan layanan PPG yang lebih baik di masa mendatang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) dengan p-ISSN: 2797-2879 dan e-ISSN: 2797-2860 merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran yang menerbitkan artikel hasil kajian teori dan hasil penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan sekolah dasar, satuan ...