cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Published by IKIP PGRI Pontianak
ISSN : -     EISSN : 24075302     DOI : -
Jurnal ini berisi tentang kajian-kajian hasil pemikiran ataupun hasil penelitian Pendidikan Sosial.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2022): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial" : 12 Documents clear
URGENSI DAN MANFAAT PENGUKURAN KEPRIBADIAN KARIR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING Yuline Yuline; Amallia Putri; Halida Halida; Ana Fergina
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 9, No 2 (2022): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/sosial.v9i2.4465

Abstract

Artikel studi literatur ini disusun dengan tujuan memaparkan tentang pengukuran tipe kepribadian karir pada mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling. Hal ini perlu dilakukan karena dalam telaah beberapa jurnal masih ditemui Guru Bimbingan dan Konseling (BK) yang kurang memiliki profesionalisme dalam melaksanakan tugas, merupakan salah satu penyebab kurangnya minat pada pekerjaannya. Idealnya Guru BK memiliki tipe minat yang sesuai dengan karakteristik pekerjaannya jadi dapat bekerja dengan optimal. Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan kinerja individu antara lain adanya kesukaan individu terhadap pekerjaan yang ia tekuni, untuk mengetahui tipe minat kepribadian karir mahasiswa diukur menggunakan instrument Holland yang dikenal dengan model RIASEC. Instrumen ini terdiri dari 6 aspek yaitu Realistik, Investigative, Artistic, Sosial, Enterprising, dan Conventional. Setiap aspek menggambarkan karakteristik pekerjaan sesuai dengan bidangnya. Sangatlah penting mahasiswa BK mengetahui tipe minat yang ada pada dirinya agar dapat menumbuhkan minat karir apabila masih rendah. Sehingga setelah menjadi sarjana BK, dapat bekerja sesuai dengan tuntutan profesinya
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH GEOGRAFI SOSIAL BERBASIS E-BOOK Suherdiyanto Suherdiyanto; Adhitya Prihadi; Fheerdhy Alkadita
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 9, No 2 (2022): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/sosial.v9i2.4597

Abstract

Media merupakan alat yang dapat dimanfaatkan untuk mempermudah proses bagian integral dari bidang pendidikan. Media sangat berguna untuk menggambarkan subjek agar lebih jelas, lebih pendek, dan lebih menyenangkan. Karena ketersediaan dan kebutuhan smartphone di perguruan tinggi, penggunaan sumber belajar berbasis e-book dipilih. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui tingkat kelayakan ahli materi pada media pembelajaran   berbasis e-book, 2) Untuk mengetahui kelayakan ahli media pada media pembelajaran   berbasis e-book. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development approach (R D) dengan menggunakan model 4-D (Four-D Models) yang terdiri dari empat tahap. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Keseluruhan rata-rata penilaian aspek materi oleh para ahli materi diperoleh nilai 76,94. Hasil penilaian tersebut masuk dalam rentang nilai 81,25 skor ≤100% dengan kategori layak, serta keseluruhan rata-rata penilaian oleh ahli media diperoleh nilai 80,3, hasil penilaian tersebut masuk dalam rentang nilai 81,25 skor ≤100% dengan kategori sangat layak. 2) efektivitas penggunaan media pembelajaran e-book menghasilkan perhitungan n-gain sebesar 0,46 dengan kategori sedang. Hasil demikian dapat membantu kegiatan pembelajaran namun terdapat kendala yang harus dikembangkan lagi.
DAMPAK PEMBANGUNAN PARIWISATA JUNGKAT RESORT PADA ASPEK SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT Warneri Warneri; Iwan Ramadhan; Imran Imran; Haris Firmansyah; Hadi Wiyono
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 9, No 2 (2022): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/sosial.v9i2.2606

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui untuk dampak pembangunan wisata Jungkat Resort yang ditinjau dari aspek ekonomi dan sosial bagi masyarakat Kecamatan Jungkat Kabupaten Mempawah. Penggunaan metode pada penelitian ini adalah dengan metode kualitantif deskripsi dengan penggunakan pendekatan etnografi, yaitu dengan melalukan observasi dan wawancara secara mendalam kepada informan. Hasil peneltian ini adalah perubahan kehidupan masyarakat desa Jungkat dalam tinjauan sosial sejak pembangunan wisata Jungkat Resort diantaranya ialah pada interaksi antar masyarakat sekitar dengan masyarakat pendatang yang menetap di sekitar untuk mengisi peluang kesempatan kerja serta interaksi sosial masyarakat setempat dengan wisatawan, baik dalam berhubungan jasa maupun non-jasa atau adanya interaksi jual beli, memberikan kemajuan secara infrastruktur dan pembangunan secara fisik dan non-fisik. Bentuk perubahan ekonomi diantaranya ialah memberikan peluang, kesempatan kerja bahkan kepada pekebun dan petani disekitar obyek wisata Jungkat Resort untuk menjual hasil bumi bahkan dampak ekonomi juga dirasakan oleh masyarakat pendatang yang berpindah untuk mencapai memiliki kesejahteraan hidup yang lebih baik. Hubungan sosial masyarakat juga lebih baik, karena adanya perasaan saling memelihara obyek wisata Jungkat Resort antar satu sama lainnya, sebagaimana pada awal pembangunan Jungkat Resort, adanya saling berpartisipasi aktif walapun secara sederhana.
Reception Analysis on the Representation of Jerusalem in Nas Daily Bahasa Indonesia’s “Sindrom Yerusalem" Irene Shendy Kharista; Edi Dwi Riyanto
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 9, No 2 (2022): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/sosial.v9i2.4309

Abstract

The discourses related to Israel, Jews, and conflicts related to them in Indonesian media has an influence on how Indonesians view them, be it on the aspect of “Israel” as a nation, an ethnicity, or a religion. Nas Daily, a Facebook vlog account runs by an Israeli-Arab vlogger, uploaded an Indonesian version of one of his videos which talks about Jerusalem, a city part of Israel, in his Indonesian vlog Nas Daily Bahasa Indonesia.. Using Stuart Hall's theory of representation and theory of reception, this study aims to examine how Indonesian audiences respond to the representation of the city of Jerusalem in the video “Sindrom Yerusalem” produced by a Facebook vlog channel “Nas Daily Indonesia”. The analysis is done through a qualitative approach which is using the concepts in Hall’s theories in order to do in-depth analysis on the readings of the audiences based on the comments found in the comment section of the video post. The findings on the analysis show how dominant reading on the video generally agree on the representation of Jerusalem as a city of spirituality and religiosity, which is presented positively in the video. On the other hand, most comments with oppositional reading relate their opinion based on the Israel-Palestine conflict, a context which is not mentioned in the video. Despite the disagreement on the positive representation, the oppositional readings still show the leaning on viewing Jerusalem and its related conflict through religious aspect, which is not so different from the aspect agreed upon by comments with dominant reading.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ISPRING MATERI IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMPN 3 SUNGAI KAKAP Adhitya Prihadi; Ryan Permana; Matsun Matsun
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 9, No 2 (2022): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/sosial.v9i2.4217

Abstract

Media merupakan alat yang dapat digunakan dalam proses mempermudah dalam melakukan sesuatu, tak terlepas dari dunia pendidikan. Media sangat membantu dalam penjelasan suatu materi agar lebih mudah dipahami, lebih ringkas dan lebih menarik. Penggunaan media pembelajaran ISpring materi IPS dipilih karena keberadaan smartphone di perguruan tinggi sangatlah berdampingan dan dibutuhkan, sehingga menarik untuk di teliti. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran menurut ahli materi, 2) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran menurut ahli media. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development approach (R D) dengan menggunakan model 4-D (Four-D Models) yang terdiri dari empat tahap. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Secara keseluruhan, rata-rata penilaian aspek materi oleh para ahli materi diperoleh nilai 81,25. Hasil penilaian tersebut masuk dalam rentang nilai 81,25 skor ≤100% dengan kategori sangat layak, 2) Secara keseluruhan, rata-rata penilaian oleh ahli media diperoleh nilai 86,67, hasil penilaian tersebut masuk dalam rentang nilai 81,25 skor ≤100% dengan kategori sangat layak.
Persepsi Sivitas Akademika Kampus STABN Sriwijaya mengenai Etika Pembelajaran Daring Jatayu Jiwanda DL
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 9, No 2 (2022): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/sosial.v9i2.3661

Abstract

AbstrakPenelitian ini berfokus mendeskripsikan persepsi sivitas akademika kampus STABN Sriwijaya mengenai etika pembelajaran daring. Etika pembelajaran daring merupakan hal yang baru mengingat kondisi pandemi covid-19 merubah secara signifikan keseluruhan aktivitas dan pelaksanaan pembelajaran secara daring. Namun, seiring berjalannya waktu banyak masalah yang dihadapi dalam kebijakan pembelajaran daring, seperti ancaman putus sekolah, kesulitan dalam mengontrol pembelajaran, tekanan psikis karena beban belajar terlalu banyak dan sebagainya. Kesulitan dalam mengontrol pembelajaran tentu membutuhkan adanya pemahaman etika pembelajaran untuk seluruh pendidik dan peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini etika pembelajaran daring merupakan sebuah konsep yang menyangkut moral, nilai kepantasan dan kepatutan yang menentukan pada cara bertingkah laku serta menjadi norma dasar dalam proses pembelajaran daring dari persiapan, pelaksanaan hingga akhir pembelajaran. Dalam etika sangat perlu ditunjang dengan sikap-sikap yang menjunjung adanya sopan santun dalam pembelajaran daring. Kata Kunci: Etika, Pembelajaran Daring, Sikap.  AbstractThis research focuses on describing the perceptions of the STABN Sriwijaya campus academic community regarding the ethics of online learning. The ethic of online learning is a new thing considering the Covid-19 pandemic conditions have significantly changed the overall activity and implementation of online learning. However many problems faced in online learning policies, such as the threat of dropping out of school, difficulties in controlling learning, psychological pressure due to too much learning burden and so on. Difficulties in controlling learning certainly require an understanding of learning ethics for all educators and students. The type of research used in this research is descriptive qualitative using interview, observation and documentation methods. As for the results of this research, the ethics of online learning is a concept related to morals, the values of appropriateness and propriety that determine how to behave and become the basic norm in the online learning process from preparation, implementation to the end of learning. In ethics, it is very necessary to be supported by attitudes that uphold politeness in online learning. Keywords: ethic, online learning, attitude.  
Filosofis Alat-Alat Tradisional Dayak Tabun Sebagai Konteks Pembelajaran Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal Riki Maulana; Teguh Agustian; Hartono Hartono
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 9, No 2 (2022): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/sosial.v9i2.4073

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan makna filosofis alat-alat tradisional dayak tabun sebagai konteks pembelajaran pendidikan karakter berbasis budaya lokal. Budaa lokal disini adalah sebagai konteks pembangun karakter kedaerahan, yang dimana perpaduan filosofis kebudayaan daerah dipadukan dengan pendidikan karakter. Tradisi berubah ketika orang memberikan perhatian khusus pada fragmen tradisi tertentu dan mengabaikan fragmen yang lain. Dengan memaknai kajian kedaerahan di harapkan dapat menambah warna dalam pendidikan menjadi tidak hanya memfokuskan pada kajian nasional, akan tetapi dengan memaknai kajian filosofis pada alat-alat tradisional, penggunaaan alat, bahan alat dan cara menggunakan yang memiliki filosofis khusus untuk menjadi pengembang dan penguat cinta budaya daerah yang bisa di aplikasikan dalam konteks pembelajaran pendidikan karakter yang berbasis budaya lokal. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tehnik observasi, tehnik komunikasi langsung dalam penerapannya. Sedangkan untuk keperluan pengolahan data menggunakan Tehnik komunikasi langsung yaitu dengan melakukan wawancara terhadap tokoh masyarakat Dayak Tabun, diantaranya kepada pembuat, pengguna, dan pemangku adat.
TRADISI SEDEKAH TAHUNAN DI KAMPUNG KAPITAN Lu'lu ul Jannah Isnaniah; Halizah Rahmadani; Syarifuddin Syarifuddin
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 9, No 2 (2022): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/sosial.v9i2.3897

Abstract

Kampung kapitan yaitu salah satu peninggalan etnis Tionghoa di Palembang. Kampung Kapitan ini berdiri setelah kemunduran kesultanan Palembang pada masa penjajahan Belanda. Hal ini  membuat banyak masyarakat cina membangun rumah di daerah tersebut. Di kampung kapitan ini memiliki percampuran kebudayaan yaitu Cina,Belanda,Palembang. Karena banyak peninggalan maka sebagai penerusnya harus merawat dan menghormati para pendahulu dengan mengadakan sedekah tahunan di Kampung Kapitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sedekah tahunan yang terjadi di Kampung Kapitan dan mengetahui mengenai sejarah Kampung Kapitan. Metode penelitian yang dipergunakan yakni metode diskriptif kualitatif yang mana dilakukan survey lapangan lalu didukung dengan studi pustaka.
IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PIIL PESENGGIRI SEBAGAI PENCEGAHAN DEGRADASI SOSIOKULTURAL DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 5.0 Yusuf Perdana; Wulansuci Kurnia Dwianingsih; Dwi Mawarni
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 9, No 2 (2022): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/sosial.v9i2.3857

Abstract

Piil Pesenggiri merupakan martabat (dignity) dan harga diri orang Lampung. yang saling terhubung dan terintegrasi. Namun, keberhasilan dalam meretas dan merawat keharmonisan yang telah ditorehkan tidak dapat terjaga dan terkawal secara permanen, hingga saat ini banyak terjadi degradasi sosiokultural yang berdampak pada pembangunan berkelanjutan di era revolusi industri 5.0. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah nilai-nilai local wisdom masyarakat suku Lampung yang disebut Piil Pesenggiri dapat menjadi acuan moral, etika, dan pandangan hidup yang dinamis untuk dapat menjawab tantangan budaya asing dalam proses transformasi sosial dan budaya di era 5.0. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data obeservasi, studi pustaka dan wawancara. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah nilai-nilai local wisdom masyarakat suku Lampung yaitu nilai-nilai Piil Pesenggiri dapat menjadi acuan hidup di era industri 5.0 yang dijadikan sebagai suatu sudut pandang atau stereotip serta sebagai modal budaya dan strategi identitas kehidupan sehari-hari.
PETANI Vs PENGUASA (Penyerobotan Tanah Dan Perlawanan Petani Di Kabupaten Pasaman Barat) Syafnil Syafnil; Zainal Arifin; Maskota Delfi
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 9, No 2 (2022): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/sosial.v9i2.4166

Abstract

Peningkatan ekonomi melalui penanaman modal asing di sektor perkebunan misalnya meningkatkan kapitalisasi dan ekspansi perkebunan yang terus menggerus tanah ulayat. Penyerobotan tanah ulayat menjadi isu yang sering menempel pada perluasan perkebunan kelapa sawit. Mekanisme penyelesaian konflik tanah yang tidak baik menimbulkan perlawanan yang berkepanjangan antara Petani dengan penguasa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi etnografi, khususnya etnografi kritis. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi partisipatif, studi pustaka dan dokumentasi untuk mendukung data-data yang diperoleh dari lapangan. Pemilihan informan menggunakan cara snowball sampling. Kasus yang terjadi di Nagari Lingkuang Aua dilihat dari sudut pandangan politik ekologi dan Perlawanan Petani. Temuan penelitian menunjukkan bahwa konflik tanah antara petani dengan perusahaan sudah lama terjadi. Tuntutan masyarakat peti tidak ditanggapi serius oleh perusahaan. perusahaan mengulur-ulur waktu dengan berlindung dibalik izin HGU yang mereka miliki. Kondisi demikian juga di dukung oleh lemahnya nalar kritis pemerintah daerah. Mereka cenderung melindungi perusahaan dan tidak mengusut lebih jauh karena perusahaan sudah memiliki HGU. Kekecewaan masyarakat petani membuat mereka terus melanjutkan aksi perlawanan mereka hingga saat ini

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 12 No. 1 (2025): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol. 11 No. 3 (2024): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol. 11 No. 2 (2024): Sosial Horizon ( Jurnal Pendidikan Sosial) Vol. 11 No. 1 (2024): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol. 10 No. 3 (2023): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol. 10 No. 2 (2023): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol. 10 No. 1 (2023): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 10, No 1 (2023): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 9, No 2 (2022): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol. 9 No. 2 (2022): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 9, No 1 (2022): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 8, No 2 (2021): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 8, No 1 (2021): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 7, No 2 (2020): SOSIAL HORIZON: JURNAL PENDIDIKAN SOSIAL Vol 7, No 1 (2020): SOSIAL HORIZON: JURNAL PENDIDIKAN SOSIAL Vol 6, No 2 (2019): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 6, No 1 (2019): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 5, No 2 (2018): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 5, No 1 (2018): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 4, No 2 (2017): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 4, No 1 (2017): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 4, No 1 (2017): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 3, No 2 (2016): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 3, No 2 (2016): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 3, No 1 (2016): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 3, No 1 (2016): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 2, No 2 (2015): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 2, No 2 (2015): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 2, No 1 (2015): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 2, No 1 (2015): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 1, No 1 (2014): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 1, No 1 (2014): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial More Issue