cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research and development, experimental research, classroom action research, etc.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2021)" : 7 Documents clear
Efektifitas Penggunaan Video Tutorial dalam Pembelajaran Daring Ditinjau dari Tingkat Kemandirian Belajar Nanda Kharysma Kurnia Safitri; Erlina Prihatnani
Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26486/jm.v5i2.1493

Abstract

AbstrakPandemi COVID-19 memaksa pembelajaran dilaksanakan secara daring. Video tutorial merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa untuk belajar secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan video tutorial dalam pembelajaran daring yang ditinjau dari tingkat kemandirian belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Ambarawa pada materi trigonometri dengan mengambil 33 siswa sebagai sampel. Penelitian jenis eksperimen semu (quasi experimrntal research) ini menggunakan desain the one group pretest-posttest design. Analisis data menggunakan uji non parametik yaitu uji Wiloxcon pada taraf signifikan . Hasil uji hipotesis menyimpulkan bahwa penggunaan video tutorial secara signifikan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan tingkat kemandirian belajar tinggi dan sedang, tetapi tidak untuk siswa dengan tingkat kemandirian belajar rendah. Hasil ini menunjukan bahwa untuk mencapai hasil belajar yang optimal tidak hanya diperlukan dukungan faktor eksternal seperti model dan media pembelajaran, namun juga dari faktor internal yang salah satunya adalah kemandirian siswa dalam belajar.Kata Kunci: pembelajaran daring, video tutorial, hasil belajar, trigonometri, kemandirian belajar AbstractThe COVID-19 pandemic forces learning to be carried out online. Video tutorials are a learning medium that can facilitate students to learn independently . This study aims to determine the effective use of video tutorials in online learning in terms of the level of student learning independence. This research was conducted at SMA Negeri 1 Ambarawa on trigonometric material by taking 33 students as samples. Penelitian kind of quasi-experiment (quasi experimrntal research) is to use the design of the one-group pretest-posttest design . The data analysis used a non-parametric test, namely the Wiloxcon test at a significant level . The results of the hypothesis test concluded that the use of video tutorials was significantly effective in improving student learning outcomes with high and moderate levels of learning independence, but not for students with low levels of learning independence. These results indicate that to achieve optimal learning outcomes, it is not only necessary to support external factors such as learning models and media, but also from internal factors, one of which is the independence of students in learning.Keywords: online learning, video tutorials , learning outcomes, trigonometry, independent learning
ANALISIS PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN KETERAMPILAN PROSEDURAL DALAM PENYELESAIAN SOAL CERITA PADA MATERI PHYTAGORAS THEOREM Ayu Rahayu; Fatimah Fatimah; Dasriah Dasriah
Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26486/jm.v5i2.1433

Abstract

Hal mendasar pada penelitian ini, terletak pada kesalahan prosedur tanpa dasar konsep. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman koseptual dan keeterampilan prosedural dalam menyelesaikan soal cerita pada materi Teorema Phytagoras peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Mawalle. Subjek dalam penelitian ini, yakni 6 peserta didik kelas VIIIA  SMP Negeri 1 Padang Mawalle yang dipilih secara sengaja berdasarkan 3 kategori yaitu,  (1) peserta didik berkemampuan tinggi, (2) berkemampuan sedang, dan (3) berkemampuan tinggi. Berdasarkan hasil tes diagnostik subjek penelitian, diambil dua peserta didik pada setiap kategori. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes pemahaman konseptual, tes keterampilan prosedural dalam menyelesaikan soal cerita dan pedoman wawancara. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data dan verifikasi. Dari hasil penelitian diperoleh skor rata-rata hasil belajar peserta didik kelas VIII pada kemampuan konseptual dan keterampilan prosedural dalam menyelesaikan soal cerita pada materi Teorema Phytagoras sebesar 75.26, dan kelompok peserta didik berkemampuan pemahaman konseptual tinggi cenderung memiliki penguasaan konsep-konsep yang berkaitan dengan teorema Phytagoras. Sedangkan pada subjek penelitian pada kategori sedang, masih membutuhkan bimbingan dalam pengarahan konsep-konsep Phytagoras. Pemahaman konseptual peserta didik tergolong masih rendah. Hal ini terlihat pada kemampuan peserta didik yang belum mampu menjawab permasalahan terkait Teorema Phytagoras yang diberikan. Sedangkan pada keterampilan prosedural, penyelesaian soal cerita pada materi Teorema Phytagoras tergolong pada kategori rendah. Subjek Penelitian tidak memenuhi semua indikator pemahaman prosedural.
Google Classroom untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas XII IPS-2 dalam Pembelajaran Statistika Andika Harvianta
Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26486/jm.v5i2.1453

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran daring melalu aplikasi Google Classroom. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek kelas XII IPS-2 sebanyak 30 peserta didik. Instrumen dalam penelitian ini yaitu pemberian kuisioner dengan 5 indikator pada siklus 1 dan siklus 2. Tahapan penelitian setiap siklus yaitu (1) tahap perencanaan, (2) tahap tindakan, (3) tahap pengamatan, (4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan keaktifan siswa dalam pembelajaran daring melalui Google Classroom mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukan dari kuisioner siklus 1 yang persentase nilainya 72,50% (kriteria tinggi) menjadi 75,21% (kiteria sangat tinggi) pada siklus 2 dan telah memenuhi indicator keberhasilan.
Pengaruh Kecemasan dan Berpikir Positif Terhadap Prestasi Belajar Putri Indah Sari; Leonard Leonard
Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26486/jm.v5i2.1294

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas (kecemasan, dan berpikir positif), dengan variabel terikat (prestasi belajar). Metode yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode survei kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di sekolah SMK Bina Pendidikan 2 Bogor, jumlah responden yang akan dijadikan sampel oleh peneliti sebanyak 58 peserta didik kelas XI dengan jurusan Akuntansi. Data yang telah terkumpul dari hasil survey akan diuji dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan uji persyaratan yang meliputi uji normalitas, uji liniearitas, dan uji multikulolinearitas lalu dilanjutkan dengan uji path analysis. Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan peneliti dengan menggunakan uji path analysis ini, diperoleh kesimpulan bahwa kecemasan terhadap prestasi belajar tidak mengalami pengaruh langsung yang signifikan, sedangkan berpikir positif terhadap prestasi belajar terdapat pengaruh langsung yang signifikan, selanjutnya pada kecemasan terhadap beripikir positif tidak diperoleh pengaruh langsung yang signifikan, selain itu terdapat pengaruh tidak langsung antara kecemasan terhadap prestasi belajar melalui berpikir positif.
Efektivitas Model Pembelajaran (CUPs) Conceptual Understanding Procedures Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Pemahaman Konsep Siswa Anita Destati; Farida Farida; Siska Andriani
Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26486/jm.v5i2.1385

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan pada model pembelajran (CUPs) Conceptual Understanding Procedures terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan pemahaman konsep siswa. Sampel  yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX 1 dan IX 2 MTs Riyadlatul Ulum Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat untuk variabel bebas yaitu model pembelajaran (CUPs) Conceptual Understanding procedures dan variabel terikat yaitu kemampuan komunikasi matematis dan pemahaman konsep siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan penelitian ini adalah Cluster Random Sampling yaitu teknik acak kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunaka yaitu uji Normalitas dan Homogenitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji Multivariate Analysis of Varians (Manova). Berdasarkan hasil penelitian dan hitung Uji Multivariate Analysis of Varians (Monova), diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran model (CUPs) Conceptual Understanding Procedures efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan pemahaman konsep siswa.
ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA BERDASARKAN KECERDASAN LINGUISTIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA Erlin Ladyawati; Desy Firdayanti
Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26486/jm.v5i2.1434

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan kecerdasan linguistik tingkat tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan soal matematika. Karena siswa perlu mengembangkan kemampuan komunikasi dalam belajar matematika. Pada penelitian ini kemampuan komunikasi matematis yaitu kemampuan untuk menyampaikan suatu ide dalam matematika yang menggunakan simbol, istilah, atau notasi dalam menyelesaikan tugas secara tertulis. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian menggunakan skor dari angket kecerdasan linguistik untuk siswa kelas VIII C di SMP PGRI 1 Buduran sebanyak 35 siswa dan 6 subjek dipilih yang dikategorikan ke dalam tiga kategori, yaitu 2 subjek kecerdasan linguistik tinggi, 2 subjek kecerdasan linguistik sedang dan 2 subjek kecerdasan linguistik rendah. Pengumpulan data menggunakan hasil angket, tes dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis kemampuan komunikasi meliputi 4 aspek indikator yaitu aspek gramatikal (grammatical aspects), aspek sosiolinguistik (sociolinguistic aspects), aspek strategis (strategic aspects) dan aspek memahami wacana (discourse aspects) dapat disimpulkan bahwa (1) siswa yang mempunyai kecerdasan linguistik tingkat tinggi berada pada level 4 yang mampu memenuhi semua indikator, (2) siswa yang mempunyai kecerdasan linguistik tingkat sedang berada di level 2 yang mampu memenuhi beberapa indikator, (3) siswa yang mempunyai kecerdasan linguistik tingkat rendah berada pada level 1, yang kurang mampu memenuhi indikator. 
Metode Level Set pada Hyperbolic Mean Curvature Flow Vita Kusumasari; Makbul Muksar; Tjang Daniel Chandra; Kridha Pusawidjayanti
Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26486/jm.v5i2.1437

Abstract

Pada artikel ini, metode level set diterapkan pada masalah pergerakan kurva berdasarkan hyperbolic mean curvature flow. Simulasi yang dilakukan meliputi masalah hyperbolic mean curvature flow dan hyperbolic mean curvature flow dengan kendala. Realisasi pergerakan kurva pada kedua permasalahan masing-masing menggunakan algoritma Hyperbolic MBO (HMBO) dan algoritma HMBO yang telah dimodifikasi untuk masalah dengan kendala. Kurva initial pada kedua permasalahan berupa lingkaran. Hasil simulasi yang ditampilkan berupa plot level set nol dan plot tiga dimensi. Hasil pergerakan kurva pada kedua permasalahan menunjukkan bahwa kurva semakin menyusut. Untuk masalah hyperbolic mean curvature flow, kurva akan menyusut dan menghilang. Sedangkan pada masalah hyperbolic mean curvature flow dengan kendala, kurva akan menyusut dan berhenti bergerak setelah menyentuh kurva kendala.

Page 1 of 1 | Total Record : 7