cover
Contact Name
Nurul
Contact Email
journal.pendidikan@uniga.ac.id
Phone
+6282118190799
Journal Mail Official
journal.pendidikan@uniga.ac.id
Editorial Address
Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan UNIGA
Published by Universitas Garut
ISSN : 1907932x     EISSN : 25799274     DOI : http://dx.doi.org/10.52434/jp.v14i2
Jurnal Pendidikan adalah media ilmiah yang memuat gagasan ilmiah yang bersumber dari hasil penelitian, yang menyangkut tentang hal-hal yang berkenaan dengan model/ strategi/ bentuk pendidikan sebagai proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan/ atau kebiasaan sekelompok orang yang ditransfer melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Jurnal Pendidikan merupakan media publikasi hasil penelitian dan telaahan kajian pustaka dari berbagai kalangan pemerhati dan pemrakarsa tentang pendidikan dan bidang humaniora, agar memberikan kontribusi bagi perbaikan/ memajukan teori dan implementasi pada bidang pendidikan dan kemanusiaan.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 18 No 1 (2024): Jurnal Pendidikan UNIGA" : 8 Documents clear
Pengembangan Media Animasi berbasis Story Telling untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Proklamasi pada Siswa Kelas V Hendiyani, Firda Febrina
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 18 No 1 (2024): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpu.v18i1.2732

Abstract

Penelitian pengembangan ini mempunyai tujuan yaitu 1) mengetahui proses pengembangan media animasi berbasis storytelling 2) mengetahui respon peserta didik terhadap pengembangan media animasi berbasis storytelling 3) mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran video animasi berbasis storytelling 4) mengetahui peningkatan pemahaman peserta didik mengenai materi proklamasi setelah menggunakan media animasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu design and development (D&D) dengan menggunakan model ADDIE.  Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan angket. Hasil Penlitian didapatkan 1)Skor rata-rata ahli media 91,4% dengan kategori ‘sangat layak’. 2)Skor rata-rata ahli materi sebesar 82% ‘sangat layak. 3)Validasi sekolah 86% kategori ‘sangat layak’. 4)Respon peserta didik ‘sangat positif’ dengan rata-rata skor yang diperoleh >80% . 5) produk yang dihasilkan efektif dalam mneingkatkan pemahaman peserta didik mengenai materi proklamasi
Analisis Peran Pola Asuh Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar Lena, Mai Sri; Sartono, Sartono; Herini, Mega Silvia; Malta, Jingga Febri Yona
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 18 No 1 (2024): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpu.v18i1.2834

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola asuh orang terhadap motivasi belajar anak Sekolah Dasar. Dengan peran pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar anak sekolah dasar sebagai rumusan masalah. Jenis penelitian yang digunakan yaitu survei dan angket sebagai instrumen penelitian untuk mengumpulkan data dari orang tua anak. Sampel dari penelitian ini yaitu 152 orang tua dari anak Sekolah Dasar yang dipilih secara acak. Metode deskriptif kuantitatif digunakan dalam penelitian ini sebagai suatu tahap dalam melakukan penelitian. Analisis deskriptif kuantitatif sebagai analisis data yang digunakan dalam penelitian ini. Dari hasil survei, pola asuh yang paling umum digunakan adalah pola asuh demokratis. Selanjutnya pola asuh otoriter dan yang terakhir adalah pola asuh permisif. Didikan, peran, dan pola asuh orang tua sangat memengaruhi timbulnya motivasi belajar anak. Umumnya orang tua lebih setuju terhadap pola asuh demokratis dan otoriter, karna dengan kedua pola asuh itulah anak mau belajar. Sedangkan orang tua anak Sekolah Dasar dari hasil penelitian banyak yang tidak setuju terkait pola asuh permisif karna dapat membuat anak mempunyai motivasi yang kurang Kata Kunci: Pola Asuh, Otoriter, Demokratis, Permisif AbstractThis study aims to analyze people's parenting patterns on the learning motivation of elementary school children. With the role of parenting on the learning motivation of elementary school children as a problem formulation. The type of research used is surveys and questionnaires as research instruments to collect data from children's parents. The sample of this study was 152 parents of randomly selected elementary school children. Quantitative descriptive methods are used in this study as a stage in conducting research. Quantitative descriptive analysis as data analysis used in this study. From the survey results, the most commonly used parenting style is democratic parenting. Next is authoritarian parenting and the last is permissive parenting. Upbringing, roles, and parenting styles greatly affect the emergence of children's learning motivation. Generally, parents are more amenable to democratic and authoritarian parenting, because with both parenting styles children want to learn. While parents of elementary school children from the results of many studies disagree regarding permissive parenting because it can make children have less motivation. Keywords: Parenting, Authoritarian, Democratic, Permissive
Studi Deskriptif Tentang Infrastruktur Manajemen Bimbingan Konseling di Tingkat Sekolah Dasar Khoeriyah, Faizatul
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 18 No 1 (2024): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpu.v18i1.3326

Abstract

Keberhasilan keterlaksanaan layanan bimbingan dan konseling didukung oleh ketersediaan infrastruktur atau sarana dan prasarana bimbingan dan konseling yang memadai. Salah satu keberhasilan layanan bimbingan dan konseling, ditunjang dengan fasilitas sarana dan prasarana yang memadai. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan ketersediaan insfrastruktur atau sarana dan prasarana manajemen bimbingan dan konseling di tingkat Sekolah Dasar yang berada di Pekalongan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Subjek penelitian adalah 16 SD/MI yang berada di Pekalongan. Teknik pengumpulan data menggunakan Angket dan Observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan 1) Ketersediaan ruang bimbingan dan konseling yang belum ada dan belum memadai sesuai standar yaitu berukuran 8 x 9 m; (2) Terdapat 7 dari 16 sekolah yang memiliki ruang administrasi, (3) Terdapat 3 dari 16 sekolah tersedia ruang konseling individu dan kelompok, (4) Keterbatasan tenaga ahli di bidang bimbingan dan konseling, (5) Tenaga Kerja Bimbingan Konseling pada 15 sekolah sebanyak 93,8%   tidak memiliki tenaga bimbingan konseling atau hanya 6,3% atau 1 sekolah memiliki tenaga bimbingan konseling . Hambatan pengembangan sarana dan prasarana bimbingan dan konseling pada aspek pembiayaan dan lahan. Implikasi bagi guru kelas yang harus memberikan layanan bimbingan dan konseling di tuntut memiliki kreativitas dalam pelaksanaan layanan dengan fasilitas terbatas tanpa mengorbankan pelayanan optimal bagi pserta didik.
Upaya Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa melalui Metode Pembiasaan di SDIT Harapan Bunda Purwokerto Prayoga, Galih
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 18 No 1 (2024): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpu.v18i1.3844

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji upaya yang dilaksanakan oleh guru dalam pembentukan karakter siswa melalui metode pembiasaan di SDIT Harapan Bunda Purwokerto. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian lapangan dengan analisis data menggunakan kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui observasi langsung, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter siswa di SDIT Harapan Bunda Purwokerta dengan metode pembiasaan sudah berjalan dengan baik. Pelaksanaan pembentukan karakter sudah memiliki kurikulum yang jelas serta dilaksanakan secara konsisten oleh semua pihak yang terlibat. Metode ini berjalan dengan baik dan mampu membetuk karakter siswa secara bertahap melalui kegiatan yang dilaksanakan setiap hari, minggu, dan bulanan.
Penerapan Teori Kognitif Sosial Olahraga di Sekolah SMA VIP Alhuda Kebumen 2024 Mudayat, Mudayat; M. Mualip, M
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 18 No 1 (2024): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpu.v18i1.3845

Abstract

Teori kognitif sosial digunakan untuk mengenal, memprediksi perilaku dan mengidentifikasi metode-metode yang tepat untuk mengubah perilaku. Pembelajaran kognitif menurut teori kognitif teori kognitif sosial (social cognitive theory) yang dikemukakan oleh Albert Bandura menyatakan bahwa faktor sosial dan kognitif serta factor pelaku memainkan peran penting dalam pembelajaran. Berdasarkan bidang studi psikologi sosial, teori ini memeiliki efek pada proses motivasional yang kuat dalam pemahaman tentang efek pengaruh bagi anak-anak maupun orang dewasa. Proses-proses motivasional membahas tujuan motivasi, harapan akan hasil motivasi dan nilai-nilai yang terkandung dalam motivasi. Motivasi belajar berkaitan erat dengan prinsip bahwa perilaku yang memperoleh penguatan (reinforcement) di masa lalu lebih memiliki kemungkinan diulang dibandingkan dengan perilaku yang tidak memperoleh penguatan atau perilaku yang terkena hukuman (punishment). Dalam motivasi belajar, penganut teori motivasional menimbulkan tingkat persistensi dan entusiasmenya dalam melaksanakan suatu kegiatan, baik yang bersumber dari dalam diri individu itu sendiri (motivasi intrinsik) maupun dari luar individu (motivasi ekstrinsik). Peran motivasi dalam proses pembelajaran, dapat dianalogikan sebagai penggerak belajar yang memadai yang mendorong siswa berperilaku aktif untuk berprestasi pembelajaran.
Manajemen Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di TK Islam Plus Cilawu Garut Jawa Barat Rohmah, Elis
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 18 No 1 (2024): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpu.v18i1.4028

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai manajemen penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan di TK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Maksudnya adalah suatu metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan dilaksanakan melalui perencanaan tahunan, semester, dan rencana kegiatan mingguan yang mengintegrasikan antara kemampuan yang hendak dicapai dengan kemampuan lain terutama keagamaan. Pelaksanaan penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan mengacu pada kurikulum nasional dengan tambahan materi agama Islam. Adapun evaluasi yang dilakukan dalam penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan dilaksanakan melaui aktivitas yang dilakukan oleh peserta didik dari awal kegiatan hingga akhir kegiatan.Kata Kunci: Manajemen, Kurikulum, Pendidikan
Persepsi Calon Guru Terhadap Pentingnya Aspek “Religion” Pada Pembelajaran IPA Berbasis Pendidikan STREAM Rahmaniar, Andinisa
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 18 No 1 (2024): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpu.v18i1.4031

Abstract

Indonesia mengalami perubahan Kurikulum dari tahun 1984 dan 2022. Pada kurikulum yang terbaru yaitu Kurikulum Merdeka, pembelajaran ditekankan pada sikap, kognitif, dan keterampilan. Pembentukan karakter peserta didik diharapkan dapat terbentuk menjadi lebih baik. Pendidikan STREAM (Sains, Teknologi, Religion, Engineering, Art, Matematika) selaras dengan tujuan dan prinsip pembelajaran khususnya IPA pada Kurikulum Merdeka. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan persepsi calon guru terhadap pentingnya aspek Agama pada Pembelajaran IPA berbasis Pendidikan STREAM. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif dengan memberikan survey kepada 30 calon guru. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah guru memahami pembelajaran IPA berbasis Pendidikan STREAM walaupun belum sepenuhnya. Integrasi aspek agama dalam sains dianggap penting untuk pengembangan karakter dan moral siswa. Perencanaan pembelajaran terintegrasi ini memerlukan kolaborasi antar guru, serta bahan ajar dan penilaian harus sesuai dengan capaian pembelajaran dalam Kurikulum
Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Peace Culture Dan Harmonisasi Beragama Safiqo, Tatik
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 18 No 1 (2024): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpu.v18i1.4033

Abstract

Kepemimpinan merupakan suatu kegiatan dalam membimbing suatu kelompok sedemikian rupa sehingga tercapailah tujuan kebersamaan kelompok tersebut. Disetiap lembaga ataupun organisasi diperlukan seorang pemimpin untuk mengatur, mengarahkan, dan mengontrol sumber daya yang ada di dalam lembaga ataupun organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan pokok yaitu : 1) Untuk menjelaskan pola kepemimpinan kepala sekolah dalam membangun peace culture dan Harmonisasi Beragama (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Lamongan), 2) Untuk mengetahui Faktor Pendorong dan Penghambat Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membangun Peace Culture dan Harmonisasi Beragama (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Lamongan), Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan focus pengumpulan data yang komprehenshif terhadap semua kejadian yang dialami. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendapatkan gambaran tentang Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membangun Peace Culture dan  Harmonisasi Beragama (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Lamongan) serta factor pendukung dan penghambat dalam melaksanakanya. Subyek penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Lamongan. Peneliti sendiri bertindak sebagai instrument sentral, adapun data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menggali data dan menganalisa data secara kredibel dan efektif maka penelitian ini melakukan eksplorasi data dengan melakukan validasi data menggunakan teknik triangulasi sumber, instrument dan metode sehingga didapatkan gambaran dan  hasil penelitian yang akurat. cara yang digunakan untuk validasi data adalah kegigihan observasi, triangulasi, validitas referensi, tinjauan anggota, kolaborasi dan audit. Penelitian ini bermanfaat untuk menciptakan budaya damai sebagai bekal membangun harmonisasi antar pemeluk agama dan menunjukkan kontribusi dunia pendidikan untuk mencetak genareasi yang menyadari akan pentingnya perdamaian dan tidak perlunya penyerangan yang dapat memicu konflik terutama yang berlandaskan agama.

Page 1 of 1 | Total Record : 8