cover
Contact Name
Nurul
Contact Email
journal.pendidikan@uniga.ac.id
Phone
+6282118190799
Journal Mail Official
journal.pendidikan@uniga.ac.id
Editorial Address
Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan UNIGA
Published by Universitas Garut
ISSN : 1907932x     EISSN : 25799274     DOI : http://dx.doi.org/10.52434/jp.v14i2
Jurnal Pendidikan adalah media ilmiah yang memuat gagasan ilmiah yang bersumber dari hasil penelitian, yang menyangkut tentang hal-hal yang berkenaan dengan model/ strategi/ bentuk pendidikan sebagai proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan/ atau kebiasaan sekelompok orang yang ditransfer melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Jurnal Pendidikan merupakan media publikasi hasil penelitian dan telaahan kajian pustaka dari berbagai kalangan pemerhati dan pemrakarsa tentang pendidikan dan bidang humaniora, agar memberikan kontribusi bagi perbaikan/ memajukan teori dan implementasi pada bidang pendidikan dan kemanusiaan.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 18 No 2 (2024): Jurnal Pendidikan UNIGA" : 10 Documents clear
Pengaruh Konten TikTok @sejarahseru.id Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Sejarah Pada Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Kelas XI SMA Negeri 2 Pandeglang ZAHWA, ST; Fadillah, Moh Ali; Wibowo, Tubagus Umar Syarif Hadi
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 18 No 2 (2024): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpu.v18i2.4143

Abstract

Media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran menjadi salah satu faktor penentu dalam membangkitkan minat belajar siswa. TikTok, sebagai platform media sosial yang sangat populer di kalangan remaja, memiliki potensi besar untuk dijadikan sebagai media pembelajaran yang menarik dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konten TikTok @sejarahseru.id sebagai media pembelajaran terhadap minat belajar sejarah pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia di Kelas XI SMA Negeri 2 Pandeglang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional, dengan pengumpulan data melalui wawancara, angket, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara variabel x terhadap variabel y, dengan dilakukannya pengujian analisis regresi linear sederhana, uji parsial (uji t), dan koefisien determinasi. Hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh nilai 0.001 < 0,05 yang artinya variabel x berpengaruh terhadap variabel y. berdasarkan hasil uji parsial (uji t) diperoleh nilai thitung = 6,719 dan ttabel = 0,374 atau nilai Sig. 0,001 < 0,05, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel x dan variabel y. sedangkan hasil koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 59,3%, yang artinya penyebaran pengaruh pada Kelas XI I mencapai angka 59,3 % minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah dipengaruhi oleh media pembelajaran berbasis video pada akun @sejarahseru.id. Kata Kunci: Konten TikTok, @sejarahseru.id, Media Pembelajaran, dan Minat Belajar.
Upaya Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa melalui Metode Pembiasaan di SDIT Harapan Bunda Purwokerto Erviana, Yulia; Zahro, Ahmad
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 18 No 2 (2024): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpu.v18i2.4159

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji upaya yang dilaksanakan oleh guru dalam pembentukan karakter siswa melalui metode pembiasaan di SDIT Harapan Bunda Purwokerto. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian lapangan dengan analisis data menggunakan kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui observasi langsung, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter siswa di SDIT Harapan Bunda Purwokerta dengan metode pembiasaan sudah berjalan dengan baik. Pelaksanaan pembentukan karakter sudah memiliki kurikulum yang jelas serta dilaksanakan secara konsisten oleh semua pihak yang terlibat. Metode ini berjalan dengan baik dan mampu membetuk karakter siswa secara bertahap melalui kegiatan yang dilaksanakan setiap hari, minggu, dan bulanan
Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membangun Toleransi dan Perdamaian di Indonesia Diniah, Amalia; Hanifah, Isnaini Nurul; Fauzi, Ahmad; Maulana, Rizal
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 18 No 2 (2024): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpu.v18i2.41543

Abstract

Pancasila sebagai lambang negara Indonesia memberikan pedoman penting dalam menjamin kesejahteraan masyarakat luas dan masyarakat umum. Prinsip-prinsip Pancasila, seperti ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan kesejahteraan sosial, sangat penting dalam menumbuhkan toleransi dan perdamaian di Indonesia.  Penerapan hukum Pancasila menjunjung tinggi martabat manusia, melindungi hak asasi manusia, menjunjung tinggi kebebasan individu, memajukan partai demokrasi, dan menjamin kemajuan sosial. Dengan berpegang teguh pada prinsip-prinsip Pancasila, Indonesia dapat memperkuat pondasi toleransi dan memaafkan, menciptakan masyarakat inklusif, dan menjaga stabilitas sosial yang semakin berkembang. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka untuk menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam membangun toleransi dan perdamaian di Indonesia. Hasilnya menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai Pancasila melibatkan individu dan pemerintah dalam menerapkan prinsip-prinsip tersebut sehari-hari. Pancasila berperan penting dalam menghormati keberagaman agama, melindungi hak asasi manusia, memperkuat persatuan, mendorong partisipasi demokratis, dan menjamin keadilan sosial bagi semua warga negara.Kata-kata kunci: nilai-nilai Pancasila, toleransi, dan perdamaian
Pengaruh Digital Game Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Sejarah Kelas X di SMAN 1 Pabuaran Aprianti, Aprianti; Fadillah, Moh Ali; Wibowo, Tubagus Umar Syarif Hadi
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 18 No 2 (2024): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpu.v18i2.41556

Abstract

Motivasi adalah indikator penting dalam proses belajar untuk meningkatkan dorongan dan antusiasme siswa terhadap aktivitas pembelajaran yang lebih bermakna. Oleh karena itu, dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa, akan diterapkan model pembelajaran berbasis permainan digital dengan bantuan situs web interaktif dan kolaboratif Genially yang memiliki berbagai jenis permainan yang sudah tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis permainan digital terhadap motivasi belajar siswa kelas X dalam mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Pabuaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimen, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan purposive sampling berdasarkan beberapa pertimbangan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pretest dan posttest dalam bentuk angket. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas, yaitu kelas X 5 sebagai kelas kontrol dan kelas X 7 sebagai kelas eksperimen. Dalam pelaksanaan penelitian, digunakan situs web Genially sebagai permainan digital. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai perhitungan ttest pada nilai posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen memperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0.000<0.05, sehingga Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis permainan digital memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah. Hasil penelitian ini mendukung penggunaan pembelajaran berbasis permainan digital sebagai strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam belajar Kata-kata Kunci: Model DGBL, Motivasi, dan Sejarah
Pengaruh Penggunaan Media Boneka Tangan Terhadap Keterampilan Menceritakan Kembali Teks Fabel Kelas VII SMP Nur, Rizqa; Umar, Azhar
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 18 No 2 (2024): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpu.v18i2.41617

Abstract

Menyimak berbicara, dan membaca ialah keterampilan penting yang memainkan peran krusial untuk meningkatkan kemahiran berbicara. Di antara ketiga keterampilan, menyimak, menulis, dan membaca, keterampilan berbicara lebih menuntut perhatian serta pemahaman tersendiri dibanding yang lainnya. Tujuan dari riset ini untuk mendeskripsikan penilaian keterampilan menceritakan kembali teks fabel sebelum dan sesudah menggunakan media boneka tangan kelas VII SMP Swasta Nurul Islam Indonesia Medan serta memaparkan apakah terdapat pengaruh penggunaan media boneka tangan terhadap keterampilan menceritakan kembali teks fabel. Penelitian ini terpusat pada metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain Quasi experimental and special design (Two-group Post-Test-Only Design). Penelitian ini diselenggarakan di SMP Swasta Nurul Islam Indonesia Medan pada tahun 2024. Sampel riset ini berjumlah 46 orang yang mencakup anak ajar kelas VII-2 dan VII-3. Teknik pengumpulan data pada riset ini ialah observasi dan dokumentasi. Instrumen riset yang dipakai berupa lembar observasi guru dan instrumen tes. Teknik analisis data berupa uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang didapatkan adalah rata-rata keterampilan menceritakan kembali teks fabel sebelum menggunakan media adalah 58.6957 dan sementara kelompok kontrol 56.9565. Nilai terendah kelompok eksperimen pre-test yaitu 44 dan nilai tertinggi adalah 67 sementara nilai terendah kelompok kontrol pre-test yaitu 46 dan nilai tertinggi adalah 73. Selanjutnya, rata-rata keterampilan menceritakan kembali setelah menggunakan media adalah 80.7826 dan sementara kelompok kontrol 69.4348, Nilai terendah kelompok eksperimen posttest yaitu 72 dan tertinggi adalah 90 sementara nilai terendah kelompok kontrol post-test yaitu 62 dan nilai tertinggi adalah 79. Selain itu ada pengaruh media boneka tangan terhadap pembelajaran teks fabel.
Pengembangan Media Pembelajaran Projek Adobe Animate Pada Materi Suhu dan Perubahannya Kelas VII SMPN3 Suwawa Matoka, Fandi; Paramata, Dewi Diana; Supartin, Supartin; Odja, Abdul Haris
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 18 No 2 (2024): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpu.v18i2.41679

Abstract

AbstrakFandi Matoka 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ProjekWindows Adobe Animate Pada Materi Suhu Dan Perubahannya Kelas VIISMP Negeri 3 Suwawa. Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika,Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas NegeriGorontalo.Pembimbing I Dewi Diana Paramata, S.Pd, M.Pd, DanPembimbing II Dr. Supartin, S.Pd, M.Pd.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan tujuanuntuk menghasilkan media pembelajaran dalam bentuk Projek WindowsAdobe Animate dengan memperoleh kualitas validasi, kepraktisan, dankeefektifan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3Suwawa. Model pengembangan media yang dilakukan pada penelitian iniadalah model ASSURE. Intrumen yang digunakan dalam penelitian initerdiri dari 1). lembar observasi aktivitas peserta didik, 2). lembar observasiketerlaksanaan pembelajaran, 3). lembar validasi para ahli, 4). lembar teshasil belajar siswa dan 5).angket peserta didik. Total evaliditan memperolehskor 3,86 kategori sangat valid. Kepraktisan media diperoleh dari observasiketerlaksanaan pembelajaran pada dua pertemuan memperoleh skorpresentase keterlaksanaan yaitu 95,8% kategori sangat baik dan angketpeserta didik memperoleh skor 90,7% kategori sangat baik. Keefektifanmedia dilihat dari observasi aktivitas peserta didik pertemuan I memperolehpresentase 78,8% kategori baik sedangkan pertemuan II memperolehpresentase 86,6% kategori sangat baik dan tes hasil belajar siswa untukketuntasan individual seluruh peserta didik memperoleh nilai di atas KKM75, ketuntasan klasikal memperoleh ketuntasan 100%Kata Kunci: Media Pembelajaran, Adobe Animate, Suhu danPerubahannya.
Meningkatkan Literasi Anak Rumah Tahfidz Pinggiran Tsa-Lihah Menggunakan Boneka Tangan dan Pop-Up Book Umami, Sari Ulfa; Sugiarti, Ayu; Puspita, Yenny
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 18 No 2 (2024): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpu.v18i2.41684

Abstract

Manfaat Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar Ranisa, Siti; Sintia, Eni; Andhika, M Yogya; Wahyudi, Apri
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 18 No 2 (2024): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpu.v18i2.41758

Abstract

Integrasi teknologi dalam pembelajaran di sekolah dasar merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memperluas akses informasi bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan teknologi dalam proses belajar mengajar, menganalisis dampaknya terhadap motivasi dan prestasi belajar peserta didik, serta mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam implementasinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi literature review atau kajian pustaka dari beberapa sumber terpercaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi, seperti multimedia dan platform pembelajaran daring, dapat meningkatkan keterlibatan peserta didik dan memfasilitasi pembelajaran yang lebih interaktif. Namun, tantangan seperti keterbatasan akses internet dan pelatihan pendidik masih perlu diatasi. Penelitian ini merekomendasikan strategi pengembangan infrastruktur dan pelatihan berkelanjutan bagi pendidik untuk memaksimalkan potensi teknologi dalam pendidikan di sekolah dasar.
Identifikasi Kualitas Layanan Taman Penitipan Anak Ditinjau Dari 4 Aspek Kebutuhan Dasar rizkita, diantifani; Marlina, Selly Rosilia
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 18 No 2 (2024): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpu.v18i2.41768

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pertumbuhan dan perkembangan yang pesat dari sebuah lembaga pendidikan anak usia dini saat ini, yakni sebuah lembaga yang memberikan layanan dalam hal penitipan anak yaitu Taman Penitipan Anak (TPA). Di era globalisasi yang menuntut kemajuan, tidak hanya pria yang melakukan beragam aktifitas, namun para wanita pun kini turut terjun dan mengambil bagian dalam melakukan aktifitas diluar rumah. Data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah perempuan pekerja pada 2022 mencapai 52,74 juta pekerja di Indonesia. Jumlah pekerja perempuan itu setara dengan 38,98% dari total pekerja yang ada di Indonesia (Moerdijat,L.,2023). Hal ini yang kemudian mengakibatkan penurunan dan tidak terlaksananya salah satu ciri dari keberfungsian keluarga yakni pengasuhan anak di dalam keluarga. Kondisi ini menjadi semakin dilema ketika orangtua pekerja tidak menemukan sanak saudara ataupun pengasuh yang dapat membantu melakukan pengasuhan ini. TPA mungkin saja dapat menjadi bagian dan solusi dalam hal perawatan dan pengasuhan yang bersifat sementara waktu. Namun, TPA seperti apa yang kemudian dipilih orangtua pekerja untuk membantu sementara terkait peran pengasuhan ini. Hal ini kemudian dijadikan dasar untuk melakukan identifikasi layanan kualitas TPA yang mengacu pada aspek kebutuhan dasarnya, sehingga aspek kebutuhan yang disurvei menjadi pertimbangan orangtua untuk memilih kualitas layanan dari TPA. UPI dan IKIP Siliwangi memiliki jumlah civitas akademika banyak dan beragam (termasuk didalamnya yang telah menjadi ibu dan memiliki anak dengan rentang usia 0-8 tahun). UPI dan IKIP Siliwangi juga memiliki TPA yang berada dilingkungan institusi. Penelitian dilakukan pada akhir Desember 2023 – Maret 2024 dengan menggunakan metode survei (survey design). Metode survei dilakukan dengan mengambil triangulasi data, dari wawancara, penyebaran angket pada 150 responden dan melakukan observasi dan studi dokumentasi pada TPA di 2 institusi ini. Hasil survei kemudian dibuat persentase dan dijabarkan secara deskriptif untuk menghasilkan analisis kualitatif pada data yang didapat. Setelah dilakukan survei diketahui bahwa identifikasi layanan kebutuhan dari TPA dapat ditinjau dan dikembangkan dari 4 aspek kebutuhan dasar, 4 aspek kebutuhan ini berkaitan dengan program layanan TPA, sistem administrasi TPA, profil tenaga kerja TPA, dan fasilitas yang diberikan di TPA. Hasil survei dapat juga dijadikan sebagai acuan guna pengembangan dan perbaikan kualitas TPA di 2 instansi terkait dengan mengacu pada 4 kebutuhan dasar yang dapat memberikan layanan berkualitas di TPA.
Pembaharuan Pendidikan Islam Sayyid Ahmad Khan dan Relevansinya dengan Kurikulum Merdeka Zuhri, Tajudin; Masripah, Masripah; Munawaroh, Nenden
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 18 No 2 (2024): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpu.v18i2.41859

Abstract

Pendidikan Islam di India mengalami pasang surut pada abad ke 18, pada saat itu munculah tokoh muslim India terkemuka Sayyid Ahmad Khan, Ia mengajak umat islam India untuk mengintegrasikan pendidikan Islam dan pendidikan modern ala inggris. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembaharuan pendidikan Islam perspektif Sayyid Ahmad Khan, apa saja yang Sayyid Ahmad khan lakukan untuk memperbaharui pendidikan Islam di India termasuk apa relevansi pembaharuan Pendidikan Islam Sayyid Ahmad Khan di India dengan kurikulum merdeka di Indonesia . Peneltian ini Penulis menggunakan penelitian kualitatif data dikumpulkan  melalui penelitian pustaka (library research), dengan metode deskripstif. Berdasarkan pembahasan dan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa : Pembahruan pendidikan Islam sayyid Ahmad khan yaitu: 1.Mendirikan the Scientific atau  the Translation Society dan british Indian Assosition, 2.Mendirikan sekolah-sekolah untuk umat Islam yang konten kurikulum dan materinya disesuaikan dengan kebutuhan zaman dan diintegrasikannya ilmu umum dan agama 3. Mendirikan perguruan tinggi Islam Modern yaitu Aligarh College di mana di dalamnya terdapat sistem pendidikan Islam.4. Mendirikan  Konperensi Pendidikan islam atau Mohammedan Educational Conference, 5.Sistem pendidikan Islam yang diciptakan oleh Sayyid Ahmad Khan adalah sistem pendidikan Islam modern yang kurikulum , konten materi dan tujuan pendidikan Islamnya disesuaikan dengan kebutuhan zaman. 6. Relevansi pembaharuan pendidikan Islam Sayyid Ahmad Khan  di India dengan kurikulum merdeka  di Indonesia terletak pada konsep keduanya yang kekinian, kedisinian dan integrasi keilmuwan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10