cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
PAEDAGOGIA
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 19, No 2 (2016): PAEDAGOGIA Jilid 19 Nomor 2 (2016)" : 8 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICA TION TECHNIQUE (VCT) TIPE ANALISIS NILAI BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI DASAR Fenny Purbasari; Rusnaini Rusnaini; Winarno Winarno
PAEDAGOGIA Vol 19, No 2 (2016): PAEDAGOGIA Jilid 19 Nomor 2 (2016)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (678.249 KB) | DOI: 10.20961/paedagogia.v19i2.36083

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah model pembelajaran VCT media video pembelajaran berbantuan jenis analisis nilai memiliki efek pada penguasaan kompetensi dasar menghargai sikap toleran di berbagai kelompok etnis, agama, ras, budaya, dan jenis kelamin. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain posttest-only. Populasi penelitian siswa kelas VII SMP Negeri Mojolaban dan sampel sebanyak 32 siswa kelas VII D sebagai kelas kontrol dan 32 siswa kelas VII C sebagai kelas eksperimen. Pemilihan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, analisis isi, dan kuesioner. Analisis data prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t hitung adalah 2,273 pada tingkat signifikansi 5% dengan dk = n1 + n2 - 2 (32 + 32 - 2 = 62 sehingga nilai dari tabel t adalah 1,999 (interpolasi). Nilai t-hitung = 2,273 > t- tabel = 1,999 dan nilai rata-rata kelas eksperimen = 122,75 lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol = 116,25.Dengan demikian, model pembelajaran VCT media video pembelajaran berbantuan jenis analisis nilai memiliki efek pada penguasaan kompetensi dasar.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMING DAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 4E TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN (KSP) DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS Candra, Ayu Dwi; Mulyani, Sri; Ashadi, Ashadi
PAEDAGOGIA Vol 19, No 2 (2016): PAEDAGOGIA Jilid 19 Nomor 2 (2016)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (723.468 KB) | DOI: 10.20961/paedagogia.v19i2.36087

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh: (1) Model pembelajaran (inkuiri terbimbing dan model pembelajaran Learning Cycle 4E (LC 4E)) terhadap prestasi  belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan; (2) Kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali ke-larutan; dan (3) Interaksi model pembelajaran (inkuiri terbimbing dan model pembel-ajaran LC 4E) dengan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa pada materi  kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini menggunakan metode eksperi-men dengan desain faktorial 2x2. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan  angket. Uji hipotesis menggunakan ANAVA dua jalan dengan bantuan aplikasi SPSS 18. Hasil penelitian disimpulkan: (1) Prestasi pengetahuan dan sikap siswa pada model LC 4E lebih baik dibandingkan model inkuri terbimbing. Hal ini ditunjukkan dari rera-ta masing-masing untuk aspek pengetahuan 78,85 dan 60, 82 serta aspek sikap 3,91 dan 3,27; sedangkan prestasi keterampilan tidak ada pengaruh model pembelajaran terhadap prestasi siswa; (2) Tidak ada pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi pengetahuan, sikap maupun keterampilan siswa; dan (3) Tidak ada interaksi antara model LC 4E dan inkuiri terbimbing terhadap prestasi pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa.
MULTIMEDIA ANIMASI BERBASIS ANDROID “MABA” UNTUK MATA PELAJARAN PRODUKTIF DI SMK Haryoko, Sapto; Jaya, Hendra
PAEDAGOGIA Vol 19, No 2 (2016): PAEDAGOGIA Jilid 19 Nomor 2 (2016)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (832.903 KB) | DOI: 10.20961/paedagogia.v19i2.36079

Abstract

Kompleksitas teknologi meringankan kemampuan siswa untuk memahami isi dan inti mata pelajaran praktikum. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa lingkungan komputasi dan pengembangan aplikasi merupakan alat pengajaran efektif yang mampu meningkatkan kemampuan belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan, yang desain pengembangannya menggunakan model pengembangan multimedia. Pengembangan multimedia animasi berbasis android untuk mata pelajaran produktif dilaksanakan melalui suatu pengembangan perangkat multimedia. Naskah mobile learning ditulis oleh penulis naskah dan dikaji oleh ahli materi, kurikulum, media, dan desain pembelajaran. Tahap selanjutnya adalah tahap produksi program “MABA” disebarluaskan ke sekolah-sekolah. Hasil penilaian aspek kemudahan penggunaan (perceived of ease of use) diperoleh nilai rerata skor 4,72 dengan kategori sangat baik. Aspek manfaat (perceived  usefullness) diperoleh nilai rerata skor 4,65 dengan kategori sangat baik. Aspek sikap dalam menggunakan “MABA” (attitude toward using) diperoleh nilai rerata skor 4,71 dengan kategori sangat baik. Terakhir, aspek realisasi penggunaan “MABA” (actual usage)  diperoleh nilai rerata skor 4,59 dengan kategori sangat baik.
PERBEDAAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TETAP DAN BERTAHAP TERHADAP HASIL BELAJAR KEMAMPUAN SERVISTENIS LAPANGAN Agustiyanto Agustiyanto
PAEDAGOGIA Vol 19, No 2 (2016): PAEDAGOGIA Jilid 19 Nomor 2 (2016)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (758.876 KB) | DOI: 10.20961/paedagogia.v19i2.36088

Abstract

Tujuan  penelitian ini untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh metode pembelajaran tetap dan bertahap terhadap hasil belajar kemampuan servis tenis lapangan dan (2) Metode pembelajaran manakah yang berpengaruh lebih baik antara pembelajaran tetap dan bertahap  terhadap hasil belajar kemampuan servis tenis lapangan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa putra Program Studi Penkepor Semester II JPOK FKIP UNS tahun  2013/2014 berjumlah 57 mahasiswa. Teknik pengambilan sempel dilakukan secara random sampling, diambil 30 mahasiswa secara acak. Teknik analisis data menggunakan uji–t dengan melalui persyaratan uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji homogenitas. Hasil penelitian disimpulkan: (1) Ada pengaruh metode pembelajaran tetap dan bertahap terhadap hasil belajar kemampuan servis tenis lapangan dengan thitung = 3.417 > ttabel = 2.145 dan (2) Metode pembelajaran  bertahap lebih baik dibanding dengan metode pembelajaran tetap  terhadap hasil belajar kemampuan servis tenis lapangan dengan peningkatan metode pembelajaran bertahap = 37.500% > metode pembelajaran tetap = 20.940%.
ENHANCING STUDENTS’ SELF-ESTEEM IN WRITING NARRATIVE TEXT USING COLLABORATIVE LEARNING Fatma Indratama; Suparno Suparno; Dewi Rochsantiningsih
PAEDAGOGIA Vol 19, No 2 (2016): PAEDAGOGIA Jilid 19 Nomor 2 (2016)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (643.311 KB) | DOI: 10.20961/paedagogia.v19i2.36080

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan harga diri siswa da-lam menulis teks naratif dengan menggunakan metode collaborative learning. Subjek penelitian adalah siswa kelas X di SMA N  Surakarta tahun 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus selama tiga bulan. Dengan menggunakan metode collaborative learning, masalah siswa yang berkaitan dengan harga diri mereka dalam pembelajaran menulis dapat  diatasi. Sikap siswa selama kegiatan belajar mengajar berlangsung menunjukkan peningkatan. Peningkatan harga diri siswa dalam menulis terlihat pada setiap aspek harga diri (competence, self-worth, success and confidence). Jumlah siswa yang percaya dapat menulis teks bahasa Inggris dengan benar meningkat dari 15% menjadi 96,5%. Jumlah siswa yang merasa berharga dalam proses diskusi meningkat dari 67,89% menjadi 87,86%. Jumlah siswa yang percaya bisa sukses dalam menulis meningkat dari 60,66% menjadi 94,75%. Jumlah siswa yang percaya diri dapat menulis teks naratif bahasa Inggris meningkat dari 42% menjadi 89,5%. Di samping itu, peningkatan sikap siswa juga telah mempengaruhi kemampuan menulisnya.
PENELITIAN PENGEMBANGAN BUKU AJAR LARUTAN PENYANGGA UNTUK SISWA SMA KELAS XI MIA BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH (SCIENTIFIC APPROACH) Arum Dwisetyo Arini; I Wayan Dasna; Fauziatul Fajaroh
PAEDAGOGIA Vol 19, No 2 (2016): PAEDAGOGIA Jilid 19 Nomor 2 (2016)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/paedagogia.v19i2.39841

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada  adanya kesenjangan antara buku teks yangdikehendaki oleh kurikulum dengan fakta yang ada di lapangan. Hal inilah yangmenyebabkan perlu adanya pengembangan buku ajar dan menuntut siswa untuk kreatifsesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Pendekatan yang digunakan dalampengembangan ini adalah pendekatan ilmiah. Dalam pendekatan ilmiah inimenggunakan metode ilmiah yang memilki 4 tahap yaitu 1) mengobservasi danmendeskripsikan fenomena, 2) merumuskan hipotesis untuk menjelaskan fenomena, 3)memprediksi adanya fenomena lain atau memprediksi hasil dari observasi yang baru,dan 4) melakukan pengujian hipotesis dengan ekperimen. Materi yang cocokdikembangkan dalam buku ajar adalah larutan penyangga. Larutan penyangga tidakhanya mempelajari berbagai rumus-rumus dan konsep – konsep yang bersifat abstrak,tetapi  juga mempelajari fenomena di kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian iniadalah menghasilkan produk buku ajar dan menguji kelayakan dari buku ajar kimiaberbasis pendekatan ilmiah Tahap yang dilakukan meliputi penelitian dan pengumpulandata, perencanaan pengembangan awal, dan pengembangan produk awal. Pada produkawal dilakukan validasi oleh validator. Validator dalam penelitian ini adalah 2 dosenjurusan kimia, 2 guru SMA dan siswa SMA. Pemilihan guru dan siswa sebagai validatorbertujuan untuk mengetahui ketertarikan siswa terhadap bahan ajar yangdikembangkan.Hasil validasi  menunjukkan bahwa buku ajar larutan penyangga yangtelah dibuat  sudah valid dengan nilai rata-rata 3,39. Begitu juga dari uji kelompok kecilyang dilakukan pada siswa SMA menunjukkan 78 % siswa SMA tertarik terhadap bahanajar yang dikembangkan.
PENERAPAN METODE INVESTIGASI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI Yunianto Dwihartanto; Edy Suryanto; Andayani Andayani
PAEDAGOGIA Vol 19, No 2 (2016): PAEDAGOGIA Jilid 19 Nomor 2 (2016)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (802.871 KB) | DOI: 10.20961/paedagogia.v19i2.36081

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar menulis argumentasi dengan menggunakan metode investigasi kelompok. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan strategi deskriptif kualitatif. Objek penelitian kelas X3 SMA Surakarta sebanyak 36 siswa. Sumber data meliputi tempat dan peristiwa, informan, dan dokumen. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, kuesioner, tes, dan wawancara mendalam. Analisis data menggunakan teknik analisis kritis. Penelitian ini berlangsung dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi dan interpretasi tindakan. Hasil penelitian dikemukakan bahwa kualitas proses menulis argumentasi meningkat seiring dengan peningkatan motivasi dan keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran. Peningkatan kualitas hasil tampak pada nilai rata-rata menulis argumentasi pratindakan sebesar 60,66. Pada siklus I, nilai rata-rata menulis argumentasi meningkat menjadi 63,77 dan siklus 2 diperoleh nilai rata-rata menulis argumentasi sebesar 72,38.
PENERAPAN STRATEGI KOMANDAN (KOMPETISI MAJU KE DEPAN) PADA STOIKIOMETRI KIMIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK Nur Laela
PAEDAGOGIA Vol 19, No 2 (2016): PAEDAGOGIA Jilid 19 Nomor 2 (2016)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (776.718 KB) | DOI: 10.20961/paedagogia.v19i2.36082

Abstract

Tujuan penelitan ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada materi stoikiometri kimia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan langkah-langkah pengembangan, yaitu: identifikasi masalah, pengumpulan data dengan cara mengamati aktivitas, hasil ulangan, angket, dan wawancara. Penelitian dilakukan di SMA Negeri Cepu. Hasil penelitian me-nunjukkan bahwa strategi komandan yang dikembangkan dari pendekatan saintifik  dapat meningkatkan aktivitas siswa. Tingkat aktivitas siswa pada writing activities, vi-sual activities, mental activities, dan motor activities tergolong tinggi. Hasil belajar siswa di setiap siklus mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I sebesar 75%, siklus II sebesar 78%, dan siklus III sebesar 88%. Tanggapan guru dan peserta didik positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan saintifik dengan strategi komandan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi stoikiometri.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2016 2016