cover
Contact Name
Roni Faslah
Contact Email
Roni Faslah
Phone
-
Journal Mail Official
hania@unj.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia
ISSN : 23018313     EISSN : 23018313     DOI : -
Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia: JRMSI published since 2010. Registred with code of E-ISSN 2301-8313. JRMSI contains article related to the field of management, including financial management, marketing management, human resource management, strategic management, operations management, and also related o the theory and development that contribute to the management science. JRMSI publihed twice a year, April and September, which published by Faculty of Economics, State University of Jakarta.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 14 No. 01 (2023): Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia" : 10 Documents clear
STUDY OF FINANCIAL LITERACY MEASUREMENT INDICATORS FOR INDEPENDENT COFFEE SHOP MSMES; A LITERATURE REVIEW Sudono, Agus
JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia Vol. 14 No. 01 (2023): Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/JRMSI.014.1.09

Abstract

This study aims to find a synthesis of journal publications related to standard indicators for measuring financial literacy in MSMEs that can be adapted to measure financial literacy in independent coffee shops. The research method used is a systematic literature review (SLR). The databases used are Google Scholar, Emerald, SAGE, and Taylor and Francis. The results showed that the measurements were carried out using item response theory (IRT), interviews, and secondary data studies. Aspec that is measured includes knowledge, awareness, attitudes, behaviors, skills, performance, investment instruments, and general information related to the macroeconomy. The researcher recommends conducting research to measure the level of financial literacy in independent coffee shops in Indonesia. Keywords: financial literacy, SLR, indicators, independent coffee shop ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menemukan sintesis dari publikasi-publikasi jurnal terkait standar indikator pengukuran literasi keuangan pada UMKM yang dapat diadaptasi untuk mengukur literasi keuangan pada kedai kopi independen. Metode penelitian yang digunakan adalah systematic literature review (SLR). Database yang digunakan adalah Google Scholar, Emerald, SAGE, dan Taylor and Francis. Hasil penelitian menunjukan pengukuran dilakukan menggunakan item response theory (IRT), wawancara, dan studi data sekunder. Aspek yang diukur meliputi pengetahuan, kepedulian, sikap, perilaku, keahlian, kinerja, instrumen investasi, dan informasi umum terkait ekonomi makro. Peneliti merekomendasikan untuk dilakukan penelitian untuk mengukur level literasi keuangan pada kedai kopi independen di Indonesia. Kata kunci: literasi keuangan, SLR, indikator, kedai kopi independen
ENCULTURATION OF SUNDANESE CULTURE IN MANAGER LEADERSHIP TO STRENGTHEN CULTURAL CONTROL Aaron, Gabriella
JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia Vol. 14 No. 01 (2023): Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/JRMSI.014.1.10

Abstract

Kontrol budaya merupakan salah satu jenis SPM untuk membangun budaya organisasi yang berujung pada pengawasan secara alami. Kontrol budaya di dalam sebuah badan organisasi umumnya dibentuk oleh seorang pemimpin yang dimana melalui kepemimipinannya dapat mendorong anggota lain dalam memperkuat kontrol ini. Penelitian eksploratori ini bertujuan untuk menganalisa enkulturasi Budaya Sunda yang dialami oleh manajer badan usaha O cabang Bandung. Penelitian berfokus pada nilai silih asih, silih asuh, dan silih asah pada Budaya Sunda yang dipelajari dan tertanam di dalam diri manajer sejak kecil. Pendekatan kualitatif interpretivisme dilakukan untuk mendalami enkulturasi yang terjadi melalui pola asuh orang tua dan sosialisasi dari lingkungan. Enkulturasi yang berkelanjutan kemudian membentuk kepribadian serta kemampuan manajer sebagai seorang pemimpin. Kepribadian dan kemampuan berlandaskan nilai Sunda pada diri manajer membuatnya dapat mempengaruhi karyawan lain untuk memperkuat kontrol budaya di cabang Bandung. Cabang Bandung menjadi tempat kerja dimana para karyawannya memiliki rasa kekeluargaan dan kepedulian terhadap badan usaha.
ANALYSIS OF FACTORS AFFECTING CONSUMER LOYALTY: A STUDY ON CONSUMERS OF MRT JAKARTA PUBLIC TRANSPORTATION SERVICES Cindy Natarina; Rivai, Agung Krenamurti Rivai; Febrillia, Ika
JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia Vol. 14 No. 01 (2023): Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/JRMSI.014.1.03

Abstract

Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas konsumen layanan transportasi umum MRT Jakarta. Beberapa variabel yang digunakan untuk mengukur loyalitas konsumen adalah kualitas pelayanan, harga, citra merek, kepuasan konsumen. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode survei dengan instrumen berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen layanan transportasi umum MRT Jakarta yang berdomisili di wilayah DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan jumlah sampel sebanyak 400 responden. Karakteristik sampel penelitian ini antara lain masyarakat di wilayah DKI Jakarta, remaja hingga dewasa berusia 17 tahun ke atas, aktif menggunakan layanan transportasi umum MRT Jakarta minimal lima kali dalam satu minggu terakhir. ada 7 hipotesis; pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen, pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen, pengaruh citra merek terhadap kepuasan konsumen, pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas konsumen, pengaruh harga terhadap loyalitas konsumen, pengaruh citra merek terhadap loyalitas konsumen, dan pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen. Ada 7 hasil dari penelitian ini, diantaranya; variabel kualitas layanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, citra merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, variabel kualitas layanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, citra merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, kepuasan konsumen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 24 dan AMOS versi 24 untuk mengolah dan menganalisis data hasil penelitian.
BUILDING MSME COMPETITIVENESS ADVANTAGES THROUGH CAPACITY BUILDING OF BUSINESS MODEL INNOVATION Nugroho, Agung; Fontana, Avanti
JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia Vol. 14 No. 01 (2023): Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/JRMSI.014.1.08

Abstract

Inovasi model bisnis merupakan salah satu kegiatan utama yang perlu terus dilakukan di perusahaan untuk mempertahankan daya saing dalam ekonomi digital saat ini. Walaupun penelitian pada model bisnis telah meningkat sejak tahun 1990-an, masih sedikit yang diketahui tentang praktik Inovasi model bisnis di Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Penelitian ini membahas kesenjangan penelitian tersebut dan berfokus pada investigasi pemicu dan hasil Inovasi model bisnis di UMKM. Metode partial least squares path modeling (PLS-PM) digunakan untuk menguji model secara empiris menggunakan data yang dikumpulkan pada tahun 2021 dari 75 UMKM di Indonesia. Hasil menunjukkan bahwa Tingkat inovasi UMKM memiliki dampak positif pada Inovasi model bisnis. Sebaliknya, Lingkungan bisnis dan Teknologi informasi tidak memiliki efek langsung terhadap Tingkatan inovasi model bisnis. Selain itu, hasil menunjukkan bahwa Tingkat Inovasi Model Bisnis memiliki pengaruh positif berdampak pada Hasil Inovasi Model Bisnis dan selanjutnya pada Performa bisnis secara keseluruhan. Hasil penelitian ini berkontribusi pada pengetahuan di bidang Inovasi model bisnis UMKM dan menawarkan wawasan yang berguna untuk UMKM yang berniat untuk berinovasi pada model bisnis mereka.
THE EFFECT OF RESILIENCE, WORK ATTACHMENT, AND EMOTIONAL INTELLIGENCE ON JOB SATISFACTION OF BANK SYARIAH INDONESIA EMPLOYEES (Case Study: Bank Syariah Indonesia KC Yogyakarta Kusumanegara) Muhammad Hanif Ibrahim; Syayyidah Maftuhatul Jannah
JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia Vol. 14 No. 01 (2023): Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/JRMSI.014.1.07

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Resiliensi, Keterikatan Kerja, Dan Kecerdasan Emosional terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di Bank Syariah Indonesia KC Yogyakarta Kusumanegara. Metode analisis yang digunakan adalah Sctructural Equation Modelling dengan menggunakan pendekatan Partial Least Squares menggunakan alat analisis WarpPLS 5.0. Teknik Sampling yang digunakan yaitu Non probability Sampling dengan metode sampling jenuh dengan menggunakan 31 responden dari karyawan Bank Syariah Indonesia KC Yogyakarta Kusumanegara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Resiliensi, Keterikatan Kerja, Dan Kecerdasan Emosional memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Bank Syariah Indonesia KC Yogyakarta. Kata Kunci: Resiliensi, Keterikatan Kerja, Kecerdasan Emosional, Kepuasan Kerja
THE EFFECT OF WORKLOAD, WORK STRESS AND WORK FATIGUE ON EMPLOYEE PERFORMANCE ON PUSKESMAS IN MAJALENGKA REGENCY Ahmad, Nadzarudin; Siddiq, Dedi Muhammad; Suzana, Anna; Sofyan, Nadzar Ihsan
JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia Vol. 14 No. 01 (2023): Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/JRMSI.014.1.06

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh beban kerja, stres kerja dan kelelahan kerja terhadap kinerja pegawai pada salah satu Puskesmas di Kabupaten Majalengka. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai Puskesmas di Kabupaten Majalengka sebanyak 64 pegawai dengan jumlah sampel 64 pegawai. Teknik penarikan sampel yaitu nonprobability sampling dengan menggunakan Teknik sampling total sehingga dalam penelitian ini sampel di ambil dari keseluruhan populasi di Puskesmas Kabupaten Majalengka. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan hasil analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan secara parsial pengaruh positif dan signifikan variabel beban kerja terhadap kinerja pegawai dapat dilihat dari thitung > ttabel yaitu 3,196 > 1,669, stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap variabel kinerja dapat dilihat dari thitung > ttabel yaitu -3,216 > -1,669, kelelahan kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap variabel kinerja dapat dilihat dari thitung > ttabel yaitu -2,104 > -1,669 dan secara simultan variabel beban kerja, stres kerja dan kelelahan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja yang ditunjukan Fhitung > Ftabel sebesar 11,916 > 2,76.
THE EFFECT OF TELEWORK AND SOCIAL ISOLATION ON JOB SATISFACTION MEDIATING JOB STRESS AND WORK-LIFE BALANCE IN INDONESIA Siregar, Putra Iranto Kevin; Rachmawati, Riani
JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia Vol. 14 No. 01 (2023): Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/JRMSI.014.1.05

Abstract

Implementasi telework pada organisasi tumbuh secara pesar pesat karena perkembangan teknologi dan informasi. Selain itu pandemi COVID-19 juga turut meningkatkan jumlah organisasi yang menerapkan telework. Namun, terdapat beberapa masalah dalam implementasi telework perlu menjadi perhatian organisasi. Banyak pekerja merasa terisolasi secara sosial dari tempat kerja mereka, yang dapat mempengaruhi peningkatan stres mereka. Selain itu berdasarkan hasil penelitian empiris dan survey yang dilakukan oleh berbagai institusi menyimpulkan perlu juga dipertimbangkan pengaruh telework pada stres kerja, work-life balance , dan job satisfaction., Studi ini menyelidiki bagaimana telework dan isolasi sosial mempengaruhi kepuasan kerja dengan efek mediasi stres kerja dan keseimbangan kehidupan kerja di Indonesia . Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner berbasis daring. Analisis model dilakukan dengan Structural Equation Modelling (SEM) terhadap 280 orang responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi telework berpengaruh positif terhadap job satisfaction . Telework terbukti berdampak positif terhadap work-life balance dan menurunkan job stress. Social isolation terbukti memberikan dampak negatif terhadap job satisfaction. Penelitian ini membuktikan bahwa job stress dan work-life balance dapat memediasi hubungan antara telework dan social isolation. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi telework yang memberikan otonomi dan fleksibilitas dapat berimplikasi positif terhadap job satisfaction karyawan. Organisasi juga perlu memberikan dukungan dan media komunikasi yang baik sehingga karyawan tidak merasa terisolasi dari lingkungan kerjanya.
IMPLEMENTATION OF CORPORATE BRAND IDENTITY MATRIX IN BUILDING CORPORATE BRAND IDENTITY Krissanya, Nofriska; Widyaningsih, Yulia Arisnani
JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia Vol. 14 No. 01 (2023): Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/JRMSI.014.1.01

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengimplementasikan kerangka Corporate Brand Identity Matrix (CBIM) untuk mengembangkan identitas mereka perusahaan New Company (New Co) dan mengetahui pemahaman karyawan XYZ atas identitas merek perusahaannya. Teknik wawancara mendalam (in depth interview/ IDI) digunakan untuk memperoleh data primer dengan metode studi kasus tunggal. Responden dalam penelitian ini adalah perwakilan karyawan dan manajemen eksekutif XYZ dari berbagai posisi dan unit kerja. Untuk mereprsentasikan karyawan dan manajemen XYZ, sebelas orang responden dari berbagai posisi dan unit kerja dilibatkan dalam penelitian ini. Analisis data hasil wawancara dilakukan melalui teknik analisis konten, analisis tematik dan analisis triangulasi sumber untuk merumuskan hasil penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, pemahaman identitas merek perusahaan XYZ lebih terkonsentrasi pada area pemasaran atau eksternal, khususnya identitas visual. Selanjutnya diperoleh kerangka CBIM untuk New Co, dimana terdapat beberapa elemen yang mirip dengan kerangka CBIM XYZ.
INDIVIDUAL PERFORMANCE IN PERCEPTION THEORY OF WORK PERFORMANCE Suprayogi, Wahyu; Siti Nurjannah; Awaluddin Tjalla; Suparno; Susan Febriantina; Brata Sanjaya; Nafiudin; Alfa Fawzan
JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia Vol. 14 No. 01 (2023): Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/JRMSI.014.1.02

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan preposisi tentang kinerja individu, melalui pendekatan kajian teori. Studi ini mengelaborasi beberapa temuan dari para peneliti terdahulu sebagai rujukan dan mengeksplorasi grounded theory, dalam mengembangkan pengetahuan terkait dengan kinerja individu. Metode penelitian kualitatif dengan studi literatur dilakukan untuk memperoleh referensi model penelitian dalam menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja individu. Hasil kajian memberikan rekomendasi bahwa aktualisasi peran pimpinan memberikan pengaruh, baik pengaruh secara langsung terhadap kinerja individu, maupun pengaruh secara tidak langsung melalui budaya organisasi dan komitmen individu.
MOUNT BROMO: BALI BARU PRIMADONA EAST JAVA Berutu, Meta Bara; Cindy, Vira Deyana; Evitasari, Kirayna
JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia Vol. 14 No. 01 (2023): Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/JRMSI.014.1.04

Abstract

Tourism merupakan sektor yang sangat menarik diberbagai belahan dunia karena kontribusinya yang luar biasa. Gunung Bromo yang menjadi primadona se Jawa Timur dan tidak pernah sepi pengunjung memiliki suatu hal yang perlu untuk diketahui. Pada penelitian ini menguji perceived value, tourist satisfaction, dan behavioural intention menjadi satu model untuk mengukur seberapa baiknya pariwisata tersebut menyediakan pelayanan terbaiknya. Responden yang digunakan merupakan wisatawan lokal. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa perceived value juga tourist satisfaction memiliki pengaruh yang signifikan terhadap behavioural intention pada wisatawan Gunung Bromo. Penelitian ini juga menggunakan alat analisis Smart pls dengan jumlah wisatawan sebanyak 120 responden menggunakan teknik non probability purposive sampling. Penelitian ini menjadi semakin menarik karena terdapat penelitian yang berbeda hasil dari hasil penelitian. Kata kunci: perceived value, tourist satisfaction, behavioural intention, Gunung Bromo

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 16 No. 2 (2025): Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia Vol. 16 No. 1 (2025): Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia Vol. 15 No. 02 (2024): Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia Vol. 15 No. 01 (2024): Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia Vol. 14 No. 02 (2023): Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia Vol. 14 No. 01 (2023): Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia Vol. 13 No. 02 (2022): Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia Vol. 13 No. 01 (2022): Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia Vol. 12 No. 2 (2021): Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia Vol. 12 No. 1 (2021): Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia Vol. 11 No. 2 (2020): Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia Vol. 11 No. 1 (2020): Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia Vol. 10 No. 2 (2019): Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia Vol. 10 No. 1 (2019): Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia Vol. 9 No. 2 (2018): Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia Vol. 9 No. 1 (2018): Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia Vol. 8 No. 2 (2017): Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia Vol. 8 No. 1 (2017): Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia Vol. 7 No. 2 (2016): Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia Vol. 7 No. 1 (2016): Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia Vol. 6 No. 2 (2015): Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia Vol. 6 No. 1 (2015): Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia Vol. 5 No. 2 (2014): Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia Vol. 5 No. 1 (2014): Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia Vol. 4 No. 2 (2013): Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia Vol. 4 No. 1 (2013): Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia Vol. 3 No. 1 (2012): Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia Vol. 2 No. 2 (2011): Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia More Issue