cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota singkawang,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal PIPSI: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia
Published by STKIP Singkawang
ISSN : 24776254     EISSN : 24778427     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is a Journal in the field of social sciences education: teaching, development, instructional, educational project and innovations, learning methodologies and new technologies in educational and learning and the other issues for social sciences.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 3 (2025): VOLUME 10 NUMBER 3 SEPTEMBER 2025" : 6 Documents clear
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATAN MOTIVASI DAN LITERASI KEUANGAN SISWA DI SMA NEGERI 1 GIANYAR Sari, Katarina Melia Indah
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) Vol 10, No 3 (2025): VOLUME 10 NUMBER 3 SEPTEMBER 2025
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jpipsi.v10i3.7030

Abstract

Pembelajaran IPS bidang ekonomi terkhusus pada materi pasar modal seringkali dianggap sebagai pembelajaran yang sulit dan kompleks untuk dipahami siswa sehingga menimbulkan kebosanan pada siswa. Untuk itu peneliti tertarik untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran yang menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi pada materi pasar modal yang valid dan praktis dan menganalisis  efektivitas media pembelajaran video animasi dalam meningkatkan motivasi belajar dan literasi keuangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah  research and development (R&D) dengan model 4-P yang terdiri dari empat tahap yaitu Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan, dan Penyebaran. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Gianyar pada tahun ajaran 2024/2025 yang terdiri 12 kelas. Sampel kelas eksperimen dan kelas kontrol ditetapkan dengan teknik random sampling sederhana dari pasangan kelas yang setara berdasarkan hasil uji kesetaraan kelas yang dilakukan sebelumnya. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket dan tes dan dianalisis dengan menggunakan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media pembelajaran video animasi yang dikembangkan memiliki kevalidan  tinggi dari segi tampilan media, kevalidan tinggi dari segi materi dan tergolong kevalidan tinggi dari segi kebahasaan. Kepraktisan produk media pembelajaran video animasi tergolong sangat praktis sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran video animasi efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dengan nilai sebesar 72,63% dan efektif dalam meningkatkan literasi keuangan siswa  ditunjukkan oleh skor N-gain ternormalisasi di kelas eksperimen sebanyak 0,54 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan guru dapat menggunakan media pembelajaran video animasi untuk meningkatkan motivasi belajar dan literasi keuangan siswa.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MANARANG AR PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS V SD NEGERI 006 POLEWALI KABUPATEN POLEWALI MANDAR Candra, Candra; Suadi, Suardi; Arifin, Jamaluddin
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) Vol 10, No 3 (2025): VOLUME 10 NUMBER 3 SEPTEMBER 2025
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jpipsi.v10i3.6950

Abstract

Pembelajaran IPS di sekolah dasar masih menghadapi tantangan dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa akibat kurangnya media pembelajaran interaktif. Augmented Reality (AR) berpotensi memberikan pengalaman belajar imersif dan mendukung pemahaman konsep lebih mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran digital interaktif berbasis AR, Manarang AR, serta mengkaji kelayakan, kepraktisan, dan keefektifannya. Penelitian ini menggunakan model ASSURE yang terdiri dari enam tahapan: Analyze Learner, State Objectives, Select or Design Media and Materials, Utilize Media and Materials, Require Learner Participation, dan Evaluate. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi ahli, angket respon guru dan siswa, observasi, serta tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Manarang AR sangat layak digunakan (validasi ahli media 90%, ahli materi 93%). Media ini juga sangat praktis (observasi keterlaksanaan 93%). Dari segi efektivitas, 88% siswa pada uji kelompok besar mencapai kategori hasil belajar sangat tinggi. Respon siswa terhadap media ini juga sangat positif. Kesimpulannya, Manarang AR efektif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar IPS. Media ini diharapkan memberikan kontribusi positif dalam pendidikan dan menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya.
MEKANISME PENYELESAIAN KONFLIK SOSIAL MELALUI PENDEKATAN KEWILAYAHAN (STUDI KASUS ANTARA PEKERJA DI KECAMATAN BAHODOPI KABUPATEN MOROWALI) Fadil, Moh; Hasan, Haslita Rahmawati; Muis, Arifuddin Abd.; Juraid, Juraid
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) Vol 10, No 3 (2025): VOLUME 10 NUMBER 3 SEPTEMBER 2025
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jpipsi.v10i3.6911

Abstract

Penelitian ini membahas konflik sosial yang terjadi antara para pekerja di Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali, yang dipicu oleh kesalahpahaman, perbedaan kepentingan, dan lemahnya komunikasi antar kelompok. Peneliti menggunakan pendekatan kewilayahan sebagai metode penyelesaian konflik, dengan mempertimbangkan kondisi sosial, budaya, dan geografis wilayah setempat. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi terhadap tokoh masyarakat, pemerintah, dan perwakilan pekerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelesaian konflik dilakukan melalui kerjasama lintas sektor, seperti pembatasan kegiatan kelompok tanpa izin dan penguatan peran tokoh kerukunan. Peran pemerintah sangat penting dalam mediasi dan pengawasan sosial, terutama melalui regulasi dan komunikasi lintas etnis. Pendekatan kewilayahan terbukti efektif dalam menciptakan suasana damai dan mencegah konflik serupa terulang kembali.
PENERAPAN MEDIA KOMIK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SYARIAH DI SMK NEGERI 3 DEPOK Fatihah, Aulia maharani Imani; Purba, Asnan
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) Vol 10, No 3 (2025): VOLUME 10 NUMBER 3 SEPTEMBER 2025
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jpipsi.v10i3.6971

Abstract

Abstract. This study aims to examine the effectiveness of comic media in improving students’ motivation and learning outcomes in the Islamic Economics subject at SMK Negeri 3 Depok. The research was motivated by the low interest and engagement of students in understanding the conceptual content of Islamic Economics. A quantitative approach with an ex post facto design was used. Data were collected through learning motivation questionnaires and achievement tests administered before and after the implementation of comic media. The Wilcoxon test results showed a significant improvement in students' motivation and learning outcomes. Furthermore, simple linear regression analysis revealed a positive and significant influence of comic media on both variables. This study is grounded in a positivist paradigm while also adopting a post-positivist perspective to acknowledge the educational context. The findings suggest that comic media effectively delivers content in an engaging, contextual, and student-centered manner, aligning with the Merdeka Curriculum principles of differentiated and meaningful learning. Thus, comic media can serve as an effective and innovative teaching strategy to enhance student engagement and academic achievement. Keywords: Comic Media, Learning Motivation, Learning Outcomes, Islamic Economics, Merdeka Curriculum  Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media komik dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi Syariah di SMK Negeri 3 Depok. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya minat dan keterlibatan siswa dalam memahami materi Ekonomi Syariah yang bersifat konseptual. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian ex post facto. Data dikumpulkan melalui angket motivasi belajar dan tes hasil belajar yang diberikan sebelum dan sesudah penggunaan media komik. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada motivasi dan hasil belajar siswa. Selain itu, hasil regresi linier sederhana menunjukkan bahwa penggunaan media komik memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kedua variabel tersebut. Penelitian ini berpijak pada paradigma positivisme dan didukung oleh post-positivisme dalam memahami konteks sosial pendidikan. Temuan ini menunjukkan bahwa media komik mampu menyampaikan materi secara menarik, kontekstual, dan sesuai dengan gaya belajar siswa, serta sejalan dengan prinsip Kurikulum Merdeka yang menekankan diferensiasi dan pembelajaran bermakna. Oleh karena itu, media komik dapat menjadi strategi pembelajaran inovatif yang efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan pencapaian belajar siswa. Keywords:  Media Komik, Motivasi Belajar, Hasil Belajar,  Ekonomi Syariah,  Kurikulum Merdeka 
Analysis Of The Application Of Integrated Learning Type Connected In Ips Subjects To Improve Learning Outcomes Of Grade IV Elementary School Students basuki, hudi
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) Vol 10, No 3 (2025): VOLUME 10 NUMBER 3 SEPTEMBER 2025
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jpipsi.v10i3.6970

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendekatan pembelajaran terpadu tipe connected terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS. Pendekatan pembelajaran terpadu tipe connected memungkinkan siswa untuk menghubungkan berbagai konsep dalam materi pembelajaran, sehingga meningkatkan pemahaman dan hasil belajar mereka. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dirancang dengan eksperimen dan menggunakan tes awal dan akhir untuk mengetahui perubahan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan, dengan nilai rata-rata awal 66,97 meningkat menjadi 83,03 pada posttest atau meningkat sebesar 24,45% dari total populasi. Selain nilai rata-rata, keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran juga meningkat dari 61,68% menjadi 85,33%. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran terpadu tipe connected efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS di SDN 3 Baron, Kecamatan Baron, Kabupaten Nganjuk. Oleh karena itu, metode ini direkomendasikan untuk diterapkan secara konsisten guna meningkatkan mutu pendidikan dan hasil belajar siswa di sekolah dasar.
Adaptasi Sosial Budaya Masyarakat Etnis Bugis Di Desa Bahomakmur Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali Izma, Izma; Hasan, Haslita Rahmawati; Novarita, Amalia; Nurvita, Nurvita
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) Vol 10, No 3 (2025): VOLUME 10 NUMBER 3 SEPTEMBER 2025
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jpipsi.v10i3.7008

Abstract

Penelitian ini membahas bagiamana bentuk Adaptasi Sosial Budaya Masyarakat Etnis Bugis yang terjadi Di Desa Bahomakmur Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali dengan adanya berbagi macama etnis di daerah tersebut salah satunya adalah Etnis Bugis.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan bentuk adaptasi sosial budaya yang terjadi kepada masyarakat etnis Bugis yang berada di Desa Bahomakmur, Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali, dengan menggunakan metode penelitian Deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat dapat menyeimbangkan dampak modernisasi dengan pelestarian tradisi. Kelompok usia muda (15–25 tahun) dan lanjut usia (51 tahun ke atas) sangat mempertahankan nilai-nilai budaya tradisional, terutama yang tercermin dalam gaya hidup, norma, kebiasaan, dan cara interaksi sosial sehari-hari. Kelompok usia produktif (26–40 tahun) juga cenderung lebih terpapar modernisasi, tetapi tetap mempertahankan beberapa aspek budaya lokal, meskipun nilai-nilai tradisional mereka telah berkurangan. Dari semua kelompok usia, anggota masyarakat tetap terhubung satu sama lain melalui semangat gotong royong, sopan santun, dan kebersamaan. Secara keseluruhan, proses adaptasi ini menunjukkan bagaimana masyarakat Bugis dapat mempertahankan identitas budaya mereka sambil beradaptasi dengan perubahan zaman dan budaya lokal. Meskipun berada di tengah modernisasi, tradisi tetap penting dalam kehidupan sosial masyarakat setempat karena komitmen terhadap pelestarian budaya.

Page 1 of 1 | Total Record : 6