cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota singkawang,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal PIPSI: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia
Published by STKIP Singkawang
ISSN : 24776254     EISSN : 24778427     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is a Journal in the field of social sciences education: teaching, development, instructional, educational project and innovations, learning methodologies and new technologies in educational and learning and the other issues for social sciences.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2024): VOLUME 9 NUMBER 1 JANUARI 2024" : 8 Documents clear
PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM GEOGRAFI TANAH BERBASIS MEDIA DIGITAL suherdiyanto, Suherdiyanto; Prihadi, Adhitya
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) Vol 9, No 1 (2024): VOLUME 9 NUMBER 1 JANUARI 2024
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jpipsi.v9i1.5210

Abstract

Media digital merupakan alat yang dapat dimanfaatkan untuk mempermudah proses bagian integral dari bidang pendidikan. Media sangat berguna untuk menggambarkan subjek agar lebih jelas, lebih pendek, dan lebih menyenangkan. Karena ketersediaan dan kebutuhan smartphone di perguruan tinggi, penggunaan panduan praktikum geografi tanah berbasis media digital dipilih. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui tingkat kelayakan ahli materi pada panduan praktikum geografi tanah berbasis media digital, 2) Untuk mengetahui kelayakan ahli media panduan praktikum geografi tanah berbasis media digital, 3) untuk mengetahui respon penggunaan panduan praktikum geografi tanah berbasis media digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development approach (R & D) dengan menggunakan model 4-D (Four-D Models) yang terdiri dari empat tahap (Define, Design, Development, and Dissemination). Hasil penelitian menunjukkan: 1) Keseluruhan rata-rata penilaian aspek materi oleh para ahli materi diperoleh nilai 82,4 Hasil penilaian tersebut masuk dalam rentang nilai 81,25< skor ≤100% dengan kategori sangat layak, 2) keseluruhan rata-rata penilaian oleh ahli media diperoleh nilai 86,6, hasil penilaian tersebut masuk dalam rentang nilai 81,25< skor ≤100% dengan kategori sangat layak. 3) respon penggunaan panduan praktikum geografi tanah berbasis media digital menghasilkan perhitungan sebesar 80,2 dengan kategori sangat baik. Hasil demikian dapat membantu kegiatan pembelajaran namun terdapat kendala kondisi perangkat dan jaringan yang harus dikembangkan lagi.
MEMAKNAI KAJIAN BENCANA DARI PERSPEKTIF FILSAFAT GEOGRAFI Wulandari, Fajar; Wijayanto, Bayu; Benardi, Andi Irwan; Wibowo, Novika Adi; Al Ghani, Muhammad Zulfi
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) Vol 9, No 1 (2024): VOLUME 9 NUMBER 1 JANUARI 2024
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jpipsi.v9i1.5388

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji makna bencana dari perspektif filsafat geografi. Geografi yang dikenal sebagai mother of science karena banyak ilmu pengetahuan yang dikaji selalu dimulai dari keadaan bumi. Geografi suatu bagian dari ilmu yang membahas tentang kebumian serta berbagai fenomena di bumi yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan kehidupan manusia, juga mempelajari pola spasial. Bencana adalah bagian dari kajian geografi, yang merupakan ilmu penting untuk dipelajari. Indonesia merupakan Negara yang rentan terhadap bencana alam yang mungkin terjadi kapan saja. Dari perspektif ontologi, bencana adalah peristiwa alam, non-alam, atau sosial yang mengancam dan mengganggu kehidupan serta mata pencaharian masyarakat yang terkena dampaknya. Hal ini dapat menyebabkan korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian materi, dan dampak psikologis. Sedangkan aspek epistimologi, membahas fenomena geosfer secara deduktif dan juga induktif dilengkapi pula dengan Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan meta-sintetis dengan literature review yang menidentifikasi, menilai, dan menginterpretasi seluruh temuan dalam topik penelitian dengan tujuan menjawab permasalahan dalam penelitian guna mendukung penelitian bencana dalam ilmu geografi. Dalam bidang aksiologi, studi atau penelitian tentang bencana dapat memberikan berbagai manfaat bagi kehidupan, baik dari segi fisik maupun sosial. 
ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN WEBSITE MATERI PERSEBARAN MEGALITIKUM PADA MATA KULIAH SEJARAH LOKAL DI SUMATERA SELATAN syukur, syarifuddin; Chotimah, Umi; Herno Della, Rhaptyalyani; Suratmi, Suratmi; Seruni, Seruni; Permatasari, Intan; Selvita Sari, Dwi Putri Selvita Sari
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) Vol 9, No 1 (2024): VOLUME 9 NUMBER 1 JANUARI 2024
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jpipsi.v9i1.5117

Abstract

This research aims to conduct a needs analysis of website learning resources for material on the distribution of megaliths in local history courses in South Sumatra. Technological advances have a significant impact on life that cannot be avoided, because science and technology has many benefits that make human work easier quickly and practically. Science and technology has a big influence in various fields, one of which is education. Education really needs new innovations in the form of technology created to improve the quality and quality of students. At this stage the researcher collected data related to learning resources on megalithic distribution websites in the local history course. The research method chosen in this research is research and development (R&D). The subjects in this research were 234 History Education students. This research uses descriptive qualitative research methods. Researchers distributed questionnaires to students via Google Forms. The data analysis technique used by researchers is interactive data analysis technique. Based on the results of the questionnaire, it was found that 50.4% of students stated the importance of learning local history, 51.7% needed local history learning resources, 64.5% liked audiovisual media, 66.2% had internet access, 99.1% needed websites and 50. 9% need a video feature on the website. Therefore, to help improve the quality of learning, website learning resources are an alternative.
ANALISIS KARAKTER DISIPLIN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 90 SINGKAWANG Ayu, Riski; Marhayani, Dina Anika; Kamaruddin, Kamaruddin
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) Vol 9, No 1 (2024): VOLUME 9 NUMBER 1 JANUARI 2024
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jpipsi.v9i1.5757

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui karakter disiplin siswa pada pembelajaran IPS kelas IV SD Negeri 90 Singkawang 2) Mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi karakter disiplin siswa kelas IV SD Negeri 90 Singkawang. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 42 orang siswa kelas IV SD Negeri 90 Singkawang. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket nilai karakter disiplin siswa, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Karakter disiplin siswa pada pembelajaran IPS kelas IV SD Negeri 90 Singkawang berada pada kategori sedang, dengan masing-masing kategori karakter disiplin siswa yaitu terdapat 81,25 rata-rata skor siswa karakter disiplin tinggi berjumlah 15 siswa, 58 rata-rata skor karakter disiplin sedang berjumlah 21 siswa, dan 30 rata-rata skor karakter disiplin rendah berjumlah 6 siswa. Dari hasil persentase perindikator terdapat 83,75% ketercapaian indikator karakter disiplin siswa teringgi pada indikator datang dan masuk kelas pada waktunya, sementara 73,5%  indikator karakter disiplin siswa terendah adalah pada indikator menaati peraturan kelas. 2) Faktor yang mempengaruhi karakter disiplin siswa kelas IV SD Negeri 90 Singkawang yaitu faktor internal kesadaran diri dan faktor eksternal hukuman.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOK BERBASIS CANVA UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS X-1 MAN 1 MUARO JAMBI Hidayanti, Nur; Usmanto, Heri; Candra, Alif Aditya
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) Vol 9, No 1 (2024): VOLUME 9 NUMBER 1 JANUARI 2024
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jpipsi.v9i1.4962

Abstract

Background research is based on the importance of the ability to think creatively participants in ppy-study, so it is done. Research is aimed at seeing an increased creative thinking ability in the use of e-book based canva for zero-one class x-1 man 1 muaro jambi. The study USES research and development using the ADDIE model research methods with canva based e-book learning media performed inside the classroom using the smartphone of each protege. Research conducted at man 1 muaro jambi. Research deduced the development of cana-based media learn-based e-book learning met valid, practical, and effective criteria. Valid criteria are validated by experts in materials, media, and language. Results of material validation with an 88% percentage, media validation with a 95% percentage, and language validation with a 70% percentage. Angket practically an educator with a 100% value and protege figure at an 89%. Effective criteria are seen the learner's observation sheets and the test results learn. The results of a 94% learner's observation sheet and the results of the learning results taken were obtained and the scores of each learner increased from the previous test scores. The entire protege also scored above a moderate minimum.
IMPLEMENTASI LITERASI LINGKUNGAN SISWA MELALUI PROGRAM SEKOLAH 39 SD NEGERI SUNGAI RAYA nurhakim, ihsan; Anita, Anita
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) Vol 9, No 1 (2024): VOLUME 9 NUMBER 1 JANUARI 2024
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jpipsi.v9i1.4829

Abstract

Penelitian ini dialakukan karena teridentifikasinya beberapa permasalahan lingkungan di Sekolah Dasar Negeri 39 Sungai Raya, yaitu permasalahan siswa-peduli lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji seberapa baik kurikulum sekolah tersebut dalam membantu siswa SD Negeri 39 Sungai Raya dalam melek huruf terhadap lingkungan sekitar. Metodologi penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel di SD Negeri 39 Sungai Raya berjumlah 12 guru dan 120 peserta didik dalam penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini hanyalah deskriptif kuantitatif. Lembar tes, angket, dan dokumentasi digunakan dalam teknik dan instrumen pengumpulan data. Menggunakan statistik deskriptif, metodologi analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat melek huruf penduduk desa di SD Negeri 39 Sungai Raya 76% lebih tinggi dari rata-rata nasional, sedangkan skor sikap 78% lebih tinggi dan skor perilaku 77% lebih tinggi.
EKSPLORASI MEKANISME BAPIDARA SEBAGAI ETNOMEDISIN PADA MASYARAKAT GANG CENDRAWASIH KOTA BANJARMASIN Rico, Muhammad; Nadilla, Dewicca Fatma
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) Vol 9, No 1 (2024): VOLUME 9 NUMBER 1 JANUARI 2024
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jpipsi.v9i1.5156

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk menguraikan Eksplorasi Mekanisme Bapidara Sebagai Etnomedisin Masyarakat Gang Cendrawasih, Kelurahan Kelayan Dalam, Kota Banjarmasin. Bapidara merupakan salah satu teknik pengobatan tradisional yang berasal dari Masyarakat Banjar Provinsi Kalimantan Selatan, sedangkan nama penyakitnya adalah kapidaraan. Bapidara mulanya berasal dari tradisi pengobatan masyarakat Dayak Meratus, namun tradisi ini sudah mendapat pengaruh agama islam. Kapidaraan adalah sejenis penyakit yang tidak dapat dideteksi oleh dokter namun memiliki obat dengan cara bapidara. Bahan yang digunakan dalam pengobatan Kapidaraan adalah tumbuhan herbal yang tumbuh di Kalimantan. Biasanya dioleskan pada bagian ubun-ubun, telapak tangan, daerah ulu hati dan telapak kaki yang diiringi dengan pembacaan ayat-ayat Al-Quran, agar makhluk gaib tidak lagi mengganggu pasien. Adapun metode penelitian ini yaitu metode kualitatif yang dijabarkan secara deskriptif. Data dikumpulkan dari observasi dan wawancara mendalam. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik snowball sampling. Adapun teknik analisis data meliputi pengumpulan data yang sesuai dengan penelitian, kemudian data yang diperoleh di reduksi dan dikategorikan lagi data tersebut, setelah itu data disajikan dan diperoleh langkah terakhir dari Hasil penelitian yang menunjukkan dalam menghadapi fenomena ini Masyarakat Gang Cendrawasih juga menggunakan pikirannya lebih rasional. Akan tetapi Masyarakat Gang Cendrawasih yang secara rentang budaya sangat jauh dengan praktik animisme dan dinamisme serta segala sesuatu yang bersifat irrasional, sehingga Masyarakat Gang Cendrawasih kurang mempercayai praktik ini, praktik bapidara tetap harus kita jaga dan lestarikan bersama karena merupakan salah satu warisan budaya lokal Kalimantan agar anak, cucu juga menggetahui pengobatan tradisional bapidara yang terkandung nilai-nilai sosial, budaya, agama. 
PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA: EFIKASI DIRI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI Setiawan, Iyan; Mulyati, Sri; Suhartini, Cucu; Suseno, Bagus
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) Vol 9, No 1 (2024): VOLUME 9 NUMBER 1 JANUARI 2024
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jpipsi.v9i1.5208

Abstract

Abstract. Intention has an important role in entrepreneurship. Although entrepreneurial intention is a variable that has been widely studied, only a few have discussed the relationship interactively with entrepreneurship education, economic literacy and self-efficacy. This study aims to explore and investigate the direct and indirect effects of entrepreneurship education, economic literacy and self-efficacy as mediating variables on entrepreneurial intentions of Economics Education students at Kuningan University. Data collection was carried out using a questionnaire with a research sample of 93 students of the Economics Education Study Program who had received entrepreneurship education courses. The data obtained were analyzed using Path Analysis with SPSS statistics. The results showed, First, entrepreneurship education has a significant effect on students' entrepreneurial intentions. Second, entrepreneurship education has a significant effect on entrepreneurial self-efficacy. Third, entrepreneurship education has a significant effect on entrepreneurial intentions through student self-efficacy. Fourth, economic literacy has a significant effect on student entrepreneurial intentions. The five economic literacy have a significant effect on entrepreneurial self-efficacy.The six economic literacy have a significant effect on entrepreneurial intentions through student self-efficacy. The research findings show that student self-efficacy will integrate knowledge and action in starting entrepreneurship. Keywords: Entrepreneurship Education, Economic Literacy, Self-Efficacy, Entrepreneurial Intention Abstrak. Niat memiliki peran penting dalam kewirausahaan. Meskipun intensi berwirausaha merupakan variabel yang telah banyak diteliti, namun masih sedikit yang membahas hubungannya secara interaktif dengan pendidikan kewirausahaan, literasi ekonomi dan efikasi diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menginvestigasi pengaruh langsung dan tidak langsung dari pendidikan kewirausahaan, literasi ekonomi dan efikasi diri sebagai variabel mediasi terhadap intensi berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Kuningan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan sampel penelitian sebanyak 93 mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi yang telah mendapatkan mata kuliah pendidikan kewirausahaan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Path Analysis dengan statistik SPSS. Hasil penelitian menunjukkan, Pertama, pendidikan kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa. Kedua, pendidikan kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap efikasi diri berwirausaha. Ketiga, pendidikan kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap intensi berwirausaha melalui efikasi diri mahasiswa. Keempat, literasi ekonomi berpengaruh signifikan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa. Kelima, literasi ekonomi berpengaruh signifikan terhadap efikasi diri kewirausahaan, dan keenam, literasi ekonomi berpengaruh signifikan terhadap niat berwirausaha melalui efikasi diri mahasiswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri mahasiswa akan mengintegrasikan pengetahuan dan tindakan dalam memulai kewirausahaan. Kata Kunci: Pendidikan Kewirausahaan, Literasi Ekonomi, Efikasi Diri, Intensi Berwirausaha

Page 1 of 1 | Total Record : 8