Jurnal Smart PAUD			
            
            
            
            
            
            
            
            Jurnal Smart PAUD contains research articles in the field of early childhood education with focus and coverage including curriculum, early childhood development, education management, teaching materials, learning Media, learning assessments, strategies/models/methods/approaches/learning techniques, education policy.
            
            
         
        
            Articles 
                13 Documents
            
            
                            
                
                    Search results for 
                     
                     
                     
                    , issue 
"Vol 1, No 2: Juli 2018" 
                    
                    : 
13 Documents 
                    
clear       
                 
                        
            
                                                        
                        
                            Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Melalui Kegiatan Mendongeng Di TK Sangia Jampaka Kecamatan Mawasangka 
                        
                        Abubakar, Sitti Rahmaniar; 
Sinta, Dewi Widiastuti                        
                         Jurnal Smart PAUD Vol 1, No 2: Juli 2018 
                        
                        Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                            |
                                
                                
                                    Full PDF (276.982 KB)
                                
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.36709/jspaud.v1i2.4678                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri anak melalui kegiatan mendongeng di TK Sangia Jampaka Kecamatan Mawasangka. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian adalah guru dan anak di TK  A yang berjumlah 20 orang anak. Berdasarkan analisis data hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I diperoleh  persentase ketercapaian sebesar 60%, aktivitas belajar anak didik diperoleh persentase ketercapaian sebesar 64%  sedangkan hasil belajar anak berupa peningkatan kepercayaan diri anak sebelum dilakukan tindakan sebesar 25% anak memperoleh nilai BSB dan BSH kemudian meningkat pada siklus I sebesar 45%. Pada siklus II, persentase ketercapaian aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan menjadi 90%, persentase ketercapaian aktivitas belajar anak didik juga mengalami peningkatan menjadi 91% dan hasil belajar anak meningkat sebesar 95%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kepercayaan diri anak di TK Sangia Jampaka Kecamatan Mawasangka dapat ditingkatkan melalui kegiatan mendongeng. Kata kunci: Kepercayaan Diri, Mendongeng, Anak
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Layanan Bimbingan Pribadi Sosial Untuk Mengembangkan Rasa Percaya Diri Peserta Didik Tunagrahita Di SLB C Aditya Grahita Kota Bandung 
                        
                        Yusuf, Harlin; 
Gadafi, Muamal                        
                         Jurnal Smart PAUD Vol 1, No 2: Juli 2018 
                        
                        Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                            |
                                
                                
                                    Full PDF (183.865 KB)
                                
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.36709/jspaud.v1i2.4683                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Penelitian ini bertujuan mengembangkan rasa percaya diri peserta didik tunagrahita melalui layanan bimbingan pribadi sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan Reseach and Development (R&D). Penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap yaitu pertama pendahuluan; observasi ceklis untuk mengetahui kondisi objektif kepercayaan diri peserta didik tunagrahita; kedua tahap merumuskan layanan bimbingan pribadi sosial untuk mengembangkan kepercayaan diri peserta didik tunagrahita; ketiga tahap pelaksanaan layanan bimbingan pribadi sosial untuk mengembangkan kepercayaan diri peserta didik tunagrahita. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kondisi objektif kepercayaan diri peserta didik tunagrahita yang kurang baik; antara lain: kurang minat menulis dan membaca, takut tampil di depan kelas, tidak berkonsentrasi waktu belajar. Layanan bimbingan yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah layanan bimbingan pribadi sosial untuk mengembangkan kepercayaan diri peserta didik tunagrahita. layanan yang tersusun diharapakan dapat membantu mengembangkan kepercayaan diri peserta didik tunagrahita kearah yang lebih baik. Kata kunci: Layanan Bimbingan, Kepercayaan Diri, Peserta Didik Tunagrahita.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Studi Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Program Pembelajaran Di TK Dharma Wanita Propinsi Bengkulu 
                        
                        Nasirun, H. M.; 
Yulidesni, Yulidesni; 
Indrawati, Indrawati                        
                         Jurnal Smart PAUD Vol 1, No 2: Juli 2018 
                        
                        Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                            |
                                
                                
                                    Full PDF (86.902 KB)
                                
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.36709/jspaud.v1i2.4674                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Tujuan penelitian adalah memperoleh gambaran  kemampuan guru-guru TK Dharma Wanita Propinsi Bengkulu dalam penyusunan program pembelajaran berupa: Rencana Pelaksanaan  Pembelajaran (RPPH) Kurikulum 2013. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru TK Dharma Wanita Propinsi Bengkulu. Sampel penelitian adalah sampel total atau sampel populasi yaitu semua guru (12 orang) guru TK Dharma Wanita Propinsi Bengkulu, karena jumlah populasi kurang dari seratus. Hasil penelitian yaitu penyusunan program pembelajaran berupa: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) yang disusun oleh guru TK Dharma Wanita Propinsi Bengkulu  dalam kategori cukup baik, namun ada beberapa modifikasi disesuaikan lingkungan belajar anak. Rekomnedasi penelitian ini yaitu dalam penyusunan program pembelajaran lebih disesuaikan dengan pedoman kurikulum 2013 dan pelaksanaan pendekatan pembelajaran sentra sesuai dengan pijakan-pijakan (empat pijakan) dalam pembelajaran sentra.Kata kunci: Guru, Pembelajaran Perangkat, Kurikulum 2013
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Alat Permainan Edukatif Tutup Botol Pada Kelompok B TK Mentari Desa Amesiu Kecamatan Pondidaha Kabupaten Konawe 
                        
                        Idhayani, Nurul; 
Barbalina, Barbalina                        
                         Jurnal Smart PAUD Vol 1, No 2: Juli 2018 
                        
                        Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                            |
                                
                                
                                    Full PDF (322.638 KB)
                                
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.36709/jspaud.v1i2.4679                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan berhitung anak dengan menggunakan permainan edukatif tutup botol pada kelompok B TK Mentari Desa Amesiu Kecamatan Pondidaha. Subjek penelitian ini yaitu kelompok B TK Mentari Desa Amesiu Kecamatan Pondidahayang berjumlah 15 anak. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dan dilaksanakan dua siklus dengan prosedur penelitian terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Berdasarkan hasil observasi keberhasilan skenario pembelajaran pada aktivitas guru siklus I mencapai 44,44% terjadi peningkatan 55,56% pada siklus II menjadi 100%, Keberhasilan skenario pembelajaran pada observasi aktivitas anak pada siklus I mencapai 44,44% terjadi peningkatan 55,56% pada siklus II menjadi 100% dan perkembangan berhitung anak menunjukkan terjadi peningkatan yaitu 20% pada siklus I dari 60% menjadi 80% pada siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui alat permainan edukatif tutup Botol secara optimal dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak didik kelompok B TK Mentari Desa Amesiu Kecamatan Pondidaha Kabupaten Konawe. Kata kunci: Alat Permainan Edukatif,  Tutup Botol, Kemampuan Berhitung
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Media Balok Cruissenaire Di Kelompok B TK Negeri Pembina Kendari 
                        
                        Mardiana, Mardiana                        
                         Jurnal Smart PAUD Vol 1, No 2: Juli 2018 
                        
                        Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                            |
                                
                                
                                    Full PDF (211.947 KB)
                                
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.36709/jspaud.v1i2.4684                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak melalui media balok cruissenaire di kelompok B TK Negeri Pembina Kendari. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak  kelompok B TK Negeri Pembina Kendari, yang berjumlah 19 orang yang terdiri atas 9 orang anak perempuan dan 10 orang anak laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian tentang kemampuan berhitung anak melalui media balok cruissenaire menunjukkan bahwa terdapat peningkatan, hal ini dapat dibuktikan pada siklus I yaitu sebesar 63.1% atau 12 anak dari 19 anak yang memperoleh nilai BSH dan BSB. Pada siklus II diperoleh persentase sebesar 84% atau16 anak dari 19 anak yang memperoleh nilai BSH dan BSB. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berhitung anak di kelompok B TK Negeri Pembina Kendari dapat ditingkatkan melalui media balok cruissenaire.  Kata kunci: Kemampuan Berhitung, Media Balok Cruissenaire, Anak.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Finger Painting Di Kelompok B TK Negeri Pembina Kendari 
                        
                        Dhafet, Nur Aeni Muhlisa                        
                         Jurnal Smart PAUD Vol 1, No 2: Juli 2018 
                        
                        Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                            |
                                
                                
                                    Full PDF (431.072 KB)
                                
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.36709/jspaud.v1i2.4675                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan finger painting di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kendari. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik pada Kelompok B TK Negeri Pembina Kendari yang berjumlah 21 orang anak yang terdiri atas 12 orang anak laki-laki dan 9 orang anak perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I diperoleh  persentase ketercapaian sebesar 73%, aktivitas belajar anak didik diperoleh persentase ketercapaian sebesar 67% dan hasil belajar anak siklus I mencapai persentase sebesar 71,4%. Pada siklus II, persentase ketercapaian aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan menjadi 93%, persentase ketercapaian aktivitas belajar anak didik juga mengalami peningkatan menjadi 92% dan hasil belajar anak berupa peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan finger painting meningkat sebesar 90,4%. Kata kunci: Kreativitas, Finger Painting, Anak Usia Dini
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Meningkatkan Kemampuan Logika-Matematika Anak Melalui Permainan Puzzle Di Kelompok B RA Ar-Rasyid Kendari 
                        
                        Pabunga, Dorce Banne; 
Dina, Hasfyla                        
                         Jurnal Smart PAUD Vol 1, No 2: Juli 2018 
                        
                        Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                            |
                                
                                
                                    Full PDF (541.849 KB)
                                
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.36709/jspaud.v1i2.4680                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan logika-matematika anak melalui permainan puzzle di Kelompok B RA Ar-Rasyid Kendari. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari beberapa tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan atau observasi, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak di Kelompok B RA Ar-Rasyid Kendari yang berjumlah 15 orang. Hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I, diperoleh sebesar 64%, aktifitas anak diperoleh sebesar 69% dan  hasil belajar yang ditunjukan oleh anak mencapai 60%. Pada siklus II diperoleh persentase hasil mengajar guru sebesar 86%, dan juga anak sebesar 85% dan hasil belajar anak diperoleh peningkatan sebesar 80%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan logika-matematika anak di Kelompok B RA Ar-Rasyid Kendari dapat ditingkatkan melalui permainan puzzle. Kata kunci: Kemampuan Logika-Matematika, Permainan Puzzle, Anak.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Efektivitas Pola Pengasuhan Orang Tua Terhadap Keterampilan Sosial Nosarara Nosabatutu Anak 
                        
                        Agusniatih, Andi; 
Supiati, Sitti                        
                         Jurnal Smart PAUD Vol 1, No 2: Juli 2018 
                        
                        Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                            |
                                
                                
                                    Full PDF (170.479 KB)
                                
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.36709/jspaud.v1i2.4685                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pola asuh orang tua terhadap keterampilan sosial Nosarara Nosabatutu di Kota Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Expost Facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh Taman Kanak-Kanak  (TK) yang ada diwilayah kota Palu dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data pengujian hipotesis menggunakan analisis  varians  satu  jalur. Tekhnik analisis data menggunakan analisis statisik deskriptif dan analisis inferensial dengan observasi dan angket. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa diantara ketiga pola pengasuhan yakni pola pengasuhan orang tua demokratis rata-rata perolehan keterampilan sosialnya mencapai 69,0370, rata-rata perolehan pola pengasuhan otoriter mencapai 54,3061, pola pengasuhan permisif rata-rata 64,3404. Dari ketiga pola asuh yang paling efektif mendukung keterampilan sosial Nosarara Nosabatutu adalah pola pengasuhan demokratis.Kata kunci: Keterampilan sosial, pola asuh orang tua, anak
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Implementasi Kurikulum 2013 Di PAUD Bunga Mawar Dan TK Dharma Wanita 
                        
                        Sum, Theresia Alviani                        
                         Jurnal Smart PAUD Vol 1, No 2: Juli 2018 
                        
                        Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                            |
                                
                                
                                    Full PDF (235.728 KB)
                                
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.36709/jspaud.v1i2.4676                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Tujuan penelitian ini untuk mengamati, mendiskripsikan, dan menganalisis bagaimana perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi kurikulum 2013 di TK Dharma Wanita dan PAUD Bunga Mawar. Penelitian ini dilakukan pada TK Dharma Wanita dan PAUD Bunga Mawar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi, selanjutnya data dianalisis. Data kontekstual meliputi tiga prosedur yaitu: (1) reduksi; (2) penyajian data; (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil  penelitian  pada  pengelolaan  kurikulum TK Dharma Wanita dan PAUD Bunga Mawara adalah pada manajemen kurikulum 2013 di TK Dharma Wanita dan PAUD Bunga Mawar disusun  berdasarkan kondisi aktual sekolah dan potensi  yang dimiliki siswa. Evaluasi  pengelolaan kurikulum yang menitik beratkan pada evaluasi pengelolaan program yang terdiri dari evaluasi rencana, proses dan hasil pembelajaran. Masih terdapat beberapa kelemahan dalam penerapan kurikulum 2013 yaitu penilaian perkembangan nilai moral dan agama tidak dinilai secara kontinyu dan tidak didokumentasikan dalam bentuk laporan penilaian secara tertulis. Kata kunci: Kurikulum 2013, Evaluasi, Anak Usia Dini
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Keefektifan Pembelajaran Sains Bermuatan Permainan Inovatif Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Islam Satria Hasanudin Kota Semarang 
                        
                        Rochmawati, Nur Intan; 
Samsudi, Samsudi; 
Siskandar, Siskandar                        
                         Jurnal Smart PAUD Vol 1, No 2: Juli 2018 
                        
                        Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                            |
                                
                                
                                    Full PDF (555.395 KB)
                                
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.36709/jspaud.v1i2.4681                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran sains bermuatan permainan inovatif efektif untuk meningkatkan pengetahuan sains anak usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan perubahan rata-rata  kelas kontrol sebelum pembelajaran sebesar 5 menjadi 6,8 dan perubahan rata-rata kelas eksperimen sebelum pembelajaran sebesar 5,5 menjadi 12,1 setelah pembelajaran. Data dianalisis  menggunakan uji gain dan independent sample t-test. Hasil belajar kelas eksperimen mengalami peningkatan yang signifikan dengan hasil sebesar 0,7 jika dilihat pada kriteria tingkat tingkat hasil N-Gain termasuk dalam kategori tinggi dan untuk kelas kontrol mengalami peningkatan dengan rata-rata sebesar 0,2 sehingga masuk dalam kategori rendah.   Kata kunci: Pengetahuan Sains, Permainan Inovatif, Anak  Usia Dini.