cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
PROCEEDINGS
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 38 Documents
PENGARUH PENGEMBANGAN KARIER DAN KOMPENSASI FINANSIAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI EMPIRIK PADA KANTOR BBWS PEMALI JUANA) Kriswanti .
PROCEEDINGS Vol 1, No 1 (2017): PROCEEDING Bingkai Manajemen (BIMA)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dharmaputra Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.781 KB)

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pengembangan karier dan kompensasi finansial terhadap kinerja pegawai dengan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi. Populasinya seluruh pegawai Kantor BBWS Pemali Juana berjumlah 215 orang. Pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dengan batas kesalahan 5%, sebanyak 140. Hasil pengujian hipotesis menunjukan pengembangan karier berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan kerja, semakin baik pengembangan karier yang dilakukan maka semakin tinggi kepuasan kerja. Kompensasi finansial berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan kerja, semakin baik kompensasi finansial maka semakin tinggi kepuasan kerja. Kepuasan kerja berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja pegawai, semakin tinggi kepuasan kerja maka semakin baik kinerja pegawai. Pengembangan karier berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja pegawai, semakin baik pengembangan karier maka semakin baik kinerja pegawai. Kompensasi finansial berpengaruh signifikan  positif terhadap kinerja pegawai, semakin baik kompensasi finansial maka semakin baik kinerja pegawai. Hasil analisis variabel mediasi menggunakan uji Sobel, menemukan kepuasan kerja dapat memediasi pengaruh pengembangan karier terhadap kinerja pegawai dan pengaruh kompensasi finansial terhadap kinerja pegawai. Kepuasan kerja dapat memediasi pengaruh kompensai finansial terhadap kinerja pegawai.Kata kunci: Pengembangan karier, kompensasi finansial, kepuasan kerja, kinerja pegawai ABSTRACTThe purpose of this study to determine the effect of career development and financial compensation to employee performance and job satisfaction as mediating variables. The population is all employees of the Office of Juana Pemali BBWS totaled 215 people. Sampling using Slovin formula with a margin of error of 5%, a total of 140. The results of hypothesis testing showed positive career development significant effect on job satisfaction, better career development is done the higher job satisfaction. Financial compensation is a positive significant effect on job satisfaction, the better the financial compensation, the higher job satisfaction. Job satisfaction has a significant positive effect on employee performance, higher job satisfaction, the better the performance of employees. Career development has a significant positive effect on employee performance, the better the career development of the better performance of employees. Financial compensation has a significant positive effect on employee performance, the better the financial compensation, the better the performance of employees. The results of the analysis of mediating variables using Sobel test, find job satisfaction may mediate the effect of career development on employee performance and influence of financial compensation to employee performance. Job satisfaction can mediate financial kompensai influence on employee performance.Keywords: Career development, financial compensation, job satisfaction, employee performance
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN Tri Bodroastuti; T.A Teguh Setiawan
PROCEEDINGS Vol 1, No 1 (2017): PROCEEDING Bingkai Manajemen (BIMA)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dharmaputra Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.78 KB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi dan kinerja karyawan PT Prudential KPM SM1 Semarang. Populasi penelitian ini adalah 220 karyawan PT Prudential KPM SM1 Semarang. Sampelnya adalah 100 karyawan. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) dengan pendekatan Parsial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel yaitu Pelatihan dan Pengembangan (X1), Kepuasan Kerja (X2), dan Budaya Organisasi (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi (Y) dan juga Kinerja (Z) karyawan. Kata kunci: Pelatihan dan Pengembangan, Kepuasan Kerja, Budaya Organisasi, Motivasi, Kinerja  ABSTRACT The aim of this research was to analyze the factors that influence the motivation and  performance of marketing employees of PT Prudential KPM SM1 Semarang. The population of this study were 220 marketing employees of PT Prudential KPM SM1 Semarang. The samples were 100 marketing employees. The sampling technique used was purposive sampling. The analysis technique used was Structural Equation Model (SEM) with Partial Least Square (PLS) approach. The result showed that all variables which were Training and Development (X1), Job Satisfaction (X2), and Culture of Organization (X3) had positive and significant influence on the Motivation (Y) and also the Performance (Z) of marketing employees. Keywords : Training and Development, Job Satisfaction, Culture of Organization, Motivation, Performance
PENGARUH STRUKTUR MODAL, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN LQ 45 DI BURSA EFEK INDONESIA Nanang Ari Utomo; Nisa Novia Avien Christy
PROCEEDINGS Vol 1, No 1 (2017): PROCEEDING Bingkai Manajemen (BIMA)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dharmaputra Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.919 KB)

Abstract

ABSTRAK Setiap perusahaan berusaha untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu dengan meningkatkan kemakmuran pemilik serta pemegang saham melalui peningkatan dari nilai perusahaan. Meningkatkan kemakmuran pemilik serta pemegang saham dapat ditempuh dengan memaksimumkan nilai sekarang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh struktur modal, profitabilitas dan ukuran perusahaan pada nilai perusahaan di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2015. Populasi penelitian ini adalah perusahaan kategori LQ 45 yang tercatat di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2015. Metode penentuan sampel dengan metode purposive sampling, dengan beberapa kriteria yang telah ditentukan. Data penelitian merupakan data sekunder diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD) tahun 2012-2015. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) struktur modal berpengaruh negatif dan signifikan pada nilai perusahaan, 2) profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan pada nilai perusahaan 3) ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan pada nilai perusahaan. Kata Kunci : struktur modal, profitabilitas, ukuran perusahaan, nilai perusahaanABSTRACT Each company strives to achieve its goal of increasing the wealth of owners and shareholders through an increase of the company's value. Increasing the wealth of owners and shareholders can be achieved by maximizing the present value. The purpose of this study to determine the effect of capital structure, profitability and firm size on the value of the company in the Indonesia Stock Exchange period 2012-2015. The population of this research is LQ 45 category company that listed in Indonesia Stock Exchange year 2012-2015. The method of determining the sample by purposive sampling method. The research data is secondary data obtained from Indonesian Capital Market Directory (ICMD) in 2012-2015. Data analysis technique used in this research is multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that: 1) capital structure has a negative and significant effect on firm value, 2) profitability has positive and significant effect on firm value 3) firm size has negative and significant effect on company value. Keywords : Capital Structure, Profitability, Firm Size, Firm Value
PENTINGNYA KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. TEDUH MAKMUR SEMARANG Teguh Arif Handoko; SB Handayani
PROCEEDINGS Vol 1, No 1 (2017): PROCEEDING Bingkai Manajemen (BIMA)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dharmaputra Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.125 KB)

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pentingnya komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan PT. Teduh Makmur Semarang. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh karyawan bagian pada PT. Teduh Makmur Semarang yang berjumlah 116 orang. Sampel yang diambil  adalah seluruh anggota populasi sehingga metode yang digunakan adalah sampling jenuh. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi moderasi. Hasil pengujian hipotesis 1 (H1) komitmen organisasi berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan terbukti, semakin tinggi komitmen organisasi maka semakin tinggi pula kinerja karyawan. Hipotesis (H2) pelatihan memoderasi positif pengaruh komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan terbukti, ini dapat diinterpretasikan bahwa adanya pelatihan yang efektif akan memperkuat pengaruh komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan. Hipotesis (H3) iklim organisasi memoderasi positif pengaruh komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan terbukti, ini dapat diinterpretasikan adanya iklim organisasi yang kondusif akan memperkuat pengaruh komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan. Kata kunci: Komitmen organisasi, pelatihan, iklim organisasi, kinerja karyawan        AbstractThe purpose of this study to analyze the effect of organizational commitment to employee performance PT. Teduh Makmur Semarang. The population of this research is all employees of PT. Teduh Makmur Semarang totaling 116 people. Samples taken are all members of the population and the sampling method used is saturated. Methods of data analysis used in this research is regression analysis moderation. Results of testing the hypothesis 1 (H1) positively influence organizational commitment to employee performance proved to be, the higher the commitment of the organization, the higher the performance of employees. Hypothesis (H2) moderates the training positively influence organizational commitment to employee performance is proven, it can be interpreted that the existence of effective training will strengthen the influence of organizational commitment on employee performance. Hypothesis (H3) positively moderate the organizational climate influence organizational commitment to employee performance is proven, can be interpreted in any climate conducive organizations will strengthen the influence of organizational commitment on employee performance.  Keywords: Organizational commitment, training, organizational climate, employee performance
PENGARUH ADOPSI KONSUMEN PASCA MASA TAYANG IKLAN AXE TERHADAP MINAT BELI ULANG DI SEMARANG Mahmud .; Amron .
PROCEEDINGS Vol 1, No 1 (2017): PROCEEDING Bingkai Manajemen (BIMA)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dharmaputra Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (109.918 KB)

Abstract

AbstrakKonsumen akan mereferensikan suatu produk bermula dari perasaan konsumen setelah mengkonsumsi produk melampaui harapan mereka. Konsumen memiliki kebiasaan untuk berbagi informasi dengan rekan mereka tentang suatu produk yang menurut persepsi mereka mempunyai nilai yang tinggi. Penelitian ini akan mengembangkan menganalisi minat beli ulang suatu produk parfume dalam proses adopsi konsumen. Sampel yang diambil dalam penelitian adalah konsumen parfume “AXE” dengan ukuran sampel sebanyak 120 responden dengan metode purposive sampling. Metode kuesioner digunakan untuk mengetahui tingkatan dari kegunaan produk, atribut produk, memori iklan, nilai pelanggan, kepuasan pelanggan dan minat beli ulang. Penelitian ini terdapat 5 (lima) hipotesis yang akan dibuktikan dan dianalisis. Analisis data mengunakan program AMOS dengan SEM yang digunakan untuk membuktikan hipotesis penelitian. Hasil analisis dengan SEM menunjukkan bahwa 1) kegunaan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai pelanggan, 2) atribut produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai pelanggan, 3) Nilai pelanggan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan, 4) kepuasan pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli ulang dan 5) memori iklan memiliki dampak yang positif dan signifikan terhadapminat beli ulang.Kata kunci : memori iklan, nilai pelanggan, kepuasan pelanggan, minat beli ulangAbstractConsumers will reference a product, starting from consumers feel after consuming products beyond their expectations. Consumers have the habit to share information with their colleagues on a product which are perceived to have a high value. This study will develop buying interest re-analyzing a perfume products in the consumer adoption process. Samples taken in the research is that consumers perfume "AXE" with a sample size of 120 respondents by purposive sampling method. Questionnaire method used to determine the level of product usability, product attributes, memory advertising, customer value, customer satisfaction and rebuying interest. In this study there were five (5) hypothesis to be proved and analyzed. Data analysis using AMOS program with SEM is used to prove the hypothesis of the study. Results of the analysis by SEM shows that is 1) the usefulness of the product positive and significant impact on customer value, 2) Product attributes has a positive and significant impact on customer value, 3) customer value has a significant impact on satisfaction customers, 4) customer satisfaction significantly influence the rebuying interest and 5) advertising memory has a positive and significant impact on the rebuying interest.Keywords: Advertising memory, customer value, customer satisfaction, rebuying interest
PENGARUH VARIASI BULAN PERDAGANGAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. UNGARAN PRINTING APPAREL Alfin Muslikhun
PROCEEDINGS Vol 1, No 1 (2017): PROCEEDING Bingkai Manajemen (BIMA)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dharmaputra Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.737 KB)

Abstract

ABSTRAKSI Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variasi bulan perdagangan terhadap volume penjualan di PT. Ungaran Printing Apparel. Populasi penelitian ini adalah data penjualan yang ada dalam PT Ungaran Printing Apparel, sedangkan sampel yang digunakan adalah data volume penjualan PT. Ungaran Printing Apparel selama 10 tahun yakni tahun 2006-2015. Hipotesis 1, variasi bulan Perdagangan Januari terhadap volume penjualan tidak terbukti. Hipotesis 2, variasi bulan perdagangan Februari terhadap volume penjualan tidak terbukti. Hipotesis 3 variasi bulan perdagangan Maret terhadap volume penjualan tidak terbukti. Hipotesis 4, variasi bulan perdagangan April terhadap volume penjualan tidak terbukti. Hipotesis 5, variasi bulan perdagangan Mei terhadap volume penjualan terbukti. Hipotesis 6, variasi bulan perdagangan Juni terhadap volume penjualan terbukti. Hipotesis 7, variasi bulan perdagangan Juli terhadap volume penjualan tidak terbukti. Hipotesis 8, variasi bulan perdagangan Agustus terhadap volume penjualan tidak terbukti. Hipotesis 9, variasi bulan perdagangan September terhadap volume penjualan tidak terbukti. Hipotesis 10, variasi bulan perdagangan Oktober terhadap volume penjualan tidak terbukti. Hipotesis 11, variasi bulan perdagangan November terhadap volume penjualan terbukti. Hipotesis 12, variasi bulan perdagangan Desember terhadap volume penjualan tidak terbukti. Kata kunci : Variasi Bulan Perdagangan, Volume Penjualan  ABSTRACT The purpose of this study to determine the influence of variations of trading month to sales volume at PT. Ungaran Printing Apparel. The population of this study is the sales data in PT Ungaran Printing Apparel, while the sample used is data sales volume of PT. Ungaran Printing Apparel for 10 years ie year 2006-2015. Hypothesis 1, the January trading month variation of sales volume is not proven. Hypothesis 2, the variation of February trading month to sales volume is not proven. Hypothesis 3 variation of March trading month to sales volume not proven. Hypothesis 4, the April trading month variation of sales volume is not proven. Hypothesis 5, the variation of May trading month to the proven sales volume. Hypothesis 6, the variation of June trading month to proven sales volume. Hypothesis 7, the variation of July trading month to sales volume is not proven. Hypothesis 8, the variation of August trading month to sales volume is not proven. Hypothesis 9, the variation of September trading month to sales volume is not proven. Hypothesis 10, the October trading month variation on sales volume is not proven. Hypothesis 11, the November trading month variation on the proven sales volume. Hypothesis 12, the variation of December trading month to sales volume is not proven. Keywords: Variation Month Trading, Volume Sales
PENGARUH STRUKTUR ASSET PERUSAHAAN TERHADAP STRUKTUR MODAL DIMODERASI PROFITABILITAS Ceacilia Srimindarti; Pancawati Hardiningsih
PROCEEDINGS Vol 1, No 1 (2017): PROCEEDING Bingkai Manajemen (BIMA)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dharmaputra Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (135.303 KB)

Abstract

AbstrakStruktur modal merupakan perimbangan antara modal sendiri dengan modal dari utang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah profitabilitas memoderasi pengaruh struktur asset terhadap struktur modal. Penelitian ini dailakukan di Indonesia dengan menggunakan unit analisis perusahaan property dan real estate. Populasi penelitian ini adalah perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode penyampelan menggunakan sampel bertujuan dengan kriteria sebagai berikut: (1) menerbitkan laporan keuangan dari tahun 2013 sampai dengan 2015; (2) memperoleh laba; (3) memiliki data tentang struktur asset dan profitabilitas; (4) menggunakan mata uang rupiah. Adapun periode penelitian adalah tahun 2013-2015. Data dalam penelitian ini akan dianalisis menggunakan Statistical Package for Social Science (SPSS . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur asset memiliki pengaruh positif terhadap struktur modal sedangkan profitabilitas memiliki pengaruh negatif terhadap struktur modal. Sementara pengujian moderasi terhadap profitabilitas menemukan bahwa profitabilitas tidak dapat memoderasi pengaruh struktur asset terhadap struktur modal. Kata kunci: struktur asset, profitabilitas, struktur modal, moderasi  AbstractCapital structure is a balance between of own capital with debt. The objective of this study is to examines wheter profitability moderate the influence of assets structure on capital structure. This research was conducted at Indonesia by using analysis unit property and real estate company. The population of this research are property and real estate company that listed in Indonesia Stock Exchange. The sampling method using purposive sampling with following criteria: (1) publish financial report at 2013 until 2015; (2) make a profit; (3) having data about asset stucture and profitability; (4) using rupiah currency. The study period is 2013 to 2015. The data in this study will analyze by Statistical Package for Social Science (SPSS). The result of this study showed that asset structure has positive influence on capital stucture while profitability has negative influence on capital structure. While moderating testing of profitability can’t proved that it can moderate the influence of assets structure on capital structure.  Keywords: assets structure, profitability, capital stucture, moderasi.
Analisis Kepuasan Konsumen Pada Laboraturium Pengujian dan Pengawasan Mutu Hasil Perikanan Semarang Nasrillah .; Haryani .
PROCEEDINGS Vol 1, No 1 (2017): PROCEEDING Bingkai Manajemen (BIMA)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dharmaputra Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (159.872 KB)

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pelayanan, fasilitas dan produk terhadap kepuasan konsumen di LPPMHP Semarang. Penelitian ini menggunakan sampel 71 responden yang diambil dari pelanggan LPPMHP Semarang di wilayah pantura Provinsi  Jawa Tengah baik itu Unit Pengelola Ikan (UPI), UKM dan dunia pendidikan. Tehnik pengumpulan sampel menggunakan random sampling. Alat analisis data penelitian ini adalah regresi linier berganda. Besarnya pengaruh pelayanan, fasilitas, dan produk memiliki kontribusi sebesar 87% dalam mempengaruhi kepuasan pelanggan LPPMHP Semarang. Sisanya 13% dijelaskan oleh variabel lain. Hasil penelitian ini diperoleh data yang menunjukkan bahwa pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan LPPMHP Semarang, teruji dan terbukti karena t hitung 3,868 > t tabel 1,667, angka signifikansi 0,000 < 0,5 (signifikan). Fasilitas berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan LPPMHP Semarang, teruji dan terbukti karena t hitung 11,927 > t tabel  1,667, angka signifikansi 0,000 < 0,05 (signifikan). Produk berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan LPPMHP Semarang, teruji dan terbukti karena t hitung  2,179 > 1,667, angka signifikansi 0,033 < 0,05 berarti (signifikan). Kata kunci:  Pelayanan, Fasilitas, Produk, dan Kepuasan Konsumen AbstractThe purpose of this study to determine the effect of the services, facilities and products to customer satisfaction in LPPMHP Semarang. This study used a sample of 71 respondents drawn from customers LPPMHP Semarang in Central Java province northern coasts of both the business units Fish (UPI), UKM and education. Techniques of collecting the sample using random sampling. Data analysis tools of this study were multiple linear regression. The magnitude of the influence of services, facilities, and products have contributed as much as 87% in Semarang LPPMHP affect customer satisfaction. The remaining 13% is explained by other variables. The results of this study obtained data showing that the effect on customer satisfaction services LPPMHP Semarang, tested and proven as 3.868 t count> t table 1.667, a figure of significance 0.000 <0.5 (significant). Amenities effect on customer satisfaction LPPMHP Semarang, tested and proven for 11.927 t> t table 1.667, a figure of significance 0.000 <0.05 (significant). Product effect on customer satisfaction LPPMHP Semarang, tested and proven for t 2.179> 1.667, 0.033 significance figures <0.05 means (significant). Keywords: Services, Facilities, Products and Customer Satisfaction
ONLINE MARKETING MEMODERASI PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA PRODUK SULAM PITA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Studi Empiris Pada Konsumen Produk Unggulan UMKM Di Semarang) sb handayani; ida martini
PROCEEDINGS Vol 1, No 1 (2017): PROCEEDING Bingkai Manajemen (BIMA)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dharmaputra Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (202.878 KB)

Abstract

AbstraksiPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Online Marketing memoderasi pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Minat Beli Produk Sulam Pita (Studi kasus pada konsumen produk unggulan UMKM di Semarang) Populasi penelitian ini adalah seluruh warga Semarang berjenis kelamin perempuan dan sample 100 responden dengan tehnik purposive sampling . Kuesioner disusun menurut skala Likert .Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi dengan moderasi (interaksi). Variabel Kualitas Produk, Harga dan variabel moderasi Online Marketing dalam penelitian ini mampu menjelaskan variasi dari variabel terikat Minat Beli sebesar 92,7%. Berdasarkan hasil uji hipotesis (H3) pengaruh variabel moderasi (Mod_1) sebesar 2,321 > t tabel = 1,658 dengan angka signifikansi 0,017 < a = 0,05 (signifikan). Dengan demikian maka hipotesis (H3) bahwa on line marketing (Z) memoderasi positif dan signifikan pengaruh kualitas produk (X1) terhadap minat beli (Y) terbukti. Demikian juga uji hipotesis (H4) bahwa pengaruh variabel moderasi (Mod_1) adalah sebesar 2,462 > t tabel = 1,658 dengan angka signifikansi 0,014 < a = 0,05 (signifikan). Dengan demikian maka hipotesis (H4) bahwa on line marketing (Z) memoderasi positif dan signifikan pengaruh harga produk (X2) terhadap minat beli (Y) terbukti. Kata Kunci : On Line Marketing , Kualitas Produk , Harga Produk & Minat Beli      AbstractThis study aims to determine whether the Online Marketing moderating influence product quality and price of the Interests Buy Products Sulam Pita. Semarang resident population is all female sex and a sample of 100 respondents by purposive sampling technique. The questionnaire was prepared according to Likert scale. The analytical method used is regression analysis with moderation (interaction). Variable Quality Products, Prices and Online Marketing moderating variables in this study describes the variation of the dependent variable Interests Buy amounted to 92.7%. Based on the results of a test of hypothesis (H3) the effect of moderating variables (Mod_1) amounted to 2,321> t table = 1.658 with 0.017 significance figures < = 0.05 (significant). Hypothesis (H3) that online marketing (Z) are positive and significant moderating influence product quality (X1) to the buying interest (Y) is proved. Likewise, a test of hypothesis (H4) that the effect of moderating variables (Mod_1) is equal to 2,462a> t table = 1.658 with 0.014 significance figures < = 0.05 (significant) hypothesis (H4) that online marketing (Z) is positive and significant moderating the effect of product price (X2) on buying interest (Y) is proved. Keywords: Online Marketing, Product Quality, Product Pricing & Interests Buy
Penentuan Jumlah Operator Pengisian Ulang Bahan Bakar Yang Optimal Berdasarkan Metode Antrian Tantri Widiastuti; Tjandra Tirtono
PROCEEDINGS Vol 1, No 1 (2017): PROCEEDING Bingkai Manajemen (BIMA)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dharmaputra Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.349 KB)

Abstract

ABSTRAK Teori antrian adalah salah satu metode analisis dalam mata pelajaran Matematika yang memiliki aplikasi sangat luas dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu penerapan Teori Antrian dalam pelayanan adalah pada sistem antrian di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Oleh karena itu, penelitian ini berlangsung di SPBU COCO Sultan Agung Singamangaraja St. no.27 semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis tingkat pelayanan di SPBU COCO Sultan Agung Semarang. Data yang dibutuhkan berupa data primer, yaitu jumlah pelanggan yang datang dan dilayani setiap hari. Data diperoleh melalui pengamatan terhadap periode pengamatan yang dilakukan mulai 1 Desember 2015 sampai 1-9 Januari 2016 pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 9.59 WIB. Teknik analisis data menggunakan metode multichannel - single phase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SPBU perlu melakukan penambahan layanan, penambahan jumlah barang dari dua menjadi lima operator. Dengan penambahan ini, hal itu menunjukkan penurunan waktu tunggu pelanggan dari 46 menit 5 detik menjadi 4 menit 42 detik, sehingga kinerja layanan bisa dioptimalkan. Kata kunci: Teori Antrian, Sistem Antrian, Operator, Pelanggan, Multi-Channel - Fase Tunggal.ABSTRACTQueueing theory is one of the methods of analysis in the Mathematics subject that has very broad application in everyday life. One application of Queueing Theory in field service is on a queuing system in General Fuel Filling Stations (Gas Station). Therefore the study took place at the SPBU COCO Sultan Agung Singamangaraja St.  no.27 semarang. The purpose of this study was to determine and analyze the level of  service at SPBU COCO Sultan Agung Semarang. The data required in the form of primary data, namely the number of customers who came in and were served everyday. The data obtained through observation of the observation period that was conducted from December 1, 2015 to l January 9, 2016 at 06.00 am until 9.59 pm. The techniques of data analysis used the method of multichannel – single phase. The results showed that SPBU needed to do additional service, the addition amount of the original from two became five operator. With this addition, it showed the decrease customer wait time from 46 minutes 5 seconds to 4 minutes 42 seconds, so that service performance could be optimized. Keyword: Queue Theory, Queue System , Operator , Customer , Multi-Channel - Single Phase. 

Page 1 of 4 | Total Record : 38