cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota kupang,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
ISSN : 26213087     EISSN : 26215721     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan ini mempublikasikan hasil-hasil penelitian yang mencakup penelitian eksperimen, penelitian tindakan, penelitian kualitatif, penelitian kuantitatif, dan penelitian pengembangan (model, media, dan evaluasi pembelajaran) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas serta membangun inovasi bidang pendidikan. Secara umum, artikel yang dipublikasi oleh Ciencias Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan adalah karya tulis ilmiah yang memberi kontribusi bagi pengembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 2 (2023): Juli" : 7 Documents clear
Pengaruh Disiplin Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X IPS Di SMA Negeri Weluli Kabupaten Belu: Indonesia Lopo, Ferdinan Leonadus; Olok, Wilhelmina
Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol. 6 No. 2 (2023): Juli
Publisher : Universitas Persatuan Guru 1945 NTT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70942/ciencias.v6i2.98

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of discipline in attending lessons and discipline in doing assignments together on the learning achievement of Class X IPS students at SMA Negeri Weluli, Belu Regency. This study used a quantitative approach with a sample of 29 students and showed partial test results (t test), obtained that the tcount value of each independent variable (X1 = 5.201, X2 = 21.87) is greater than the ttable value (2.045). This explains that the discipline variables (taking lessons and doing assignments) partially (each) affect the learning achievement of Class X IPS students at SMA Negeri Weluli, Belu Regency. Simultaneous test results (F test), explains that Fcount (13.778) is greater than Ftable (3.37). This shows that the discipline variable (taking lessons and doing assignments) simultaneously (together) influences the learning achievement of Class X IPS students at Weluli Public High School, Belu Regency.
A Correlation Study Between Listening And Pronunciation Skills of Efl Learners: English Snae, Alfred; Beeh, Norci; Nenotek, Seprianus A
Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol. 6 No. 2 (2023): Juli
Publisher : Universitas Persatuan Guru 1945 NTT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70942/ciencias.v6i2.101

Abstract

This article aimed in finding out the correlation between students’ scores in listening and pronunciation tests, the degree of the correlation, and the contribution of listening towards pronunciation and vice versa. It is a correlational study to find out the correlation between listening and pronunciation and chose 25 students of first semester as the representative subjects in conducting this research. The result shows that there is a correlation between listening and pronunciation skills, which are shown by the index of correlation, that are 0, 008 and 0, 031 as the results of both tests given. These results are classified as a slight correlation. So, there is no significant contribution for both variable.
Pengembangan Media Pembelajaran Infografis Dalam Pembelajaran IPS Subtema Kedatangan Bangsa Barat Ke Indonesia Di Kelas VIII MTsN 1 Ngawi: Indonesia Lina Yuli Astutik; Dita Hendriani
Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol. 6 No. 2 (2023): Juli
Publisher : Universitas Persatuan Guru 1945 NTT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan media infografis pada pembelajaran IPS subtema kedatangan bangsa-bangsa barat ke Indonesia kelas VIII di MTsN 1 Ngawi 2)untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifa media pembelajaran infografis pada pembelajaran IPS subtema kedatangan bangsa-bangsa barat ke Indonesia kelas VIII di MTsN 1 Ngawi 3) untuk mengatuhi respon minat belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran infografis pada pembelajaran IPS subtema kedatangan bangsa-bangsa barat ke Indonesia kelas VIII di MTsN 1 Ngawi. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dokumentasi dan angket. Hasil dari penelitian tingkat kevalidan dari ahli media 93,5%, ahli materi 91,25% sehingga media valid dan layak digunakan. Tingkat kepraktisan diperoleh hasil angket respon siswa 96%, hasil pengematan aktivitas siswa 19%, dan nilai postest 86% sehingga media dikategorikan “praktis”. Tingkat keefektifan siswa berdasarkan hasil Paired Sample Test memperoleh 0,000<0.05 artinya terdapat pebredaan sebelum dan sesudah menggunakan media infografis sehingga dikategorikan “efektif”. Hasil dar angket minat belajar siswa mendapatkan presentae 96% dapat dikatakan media infografis dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Penerapan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Problem Solving Untuk Meningkatkan Minat Belajar IPS Pada Siswa Kelas VII MTsN 6 Tulungagung: Indonesia Sindicah, Anggi Vinci
Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol. 6 No. 2 (2023): Juli
Publisher : Universitas Persatuan Guru 1945 NTT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70942/ciencias.v6i2.125

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui langkah-langkah penerapan model pembelajaran saintifik berbasis problem solving untuk meningkatkan minat belajar IPS pada siswa kelas VII MTsN 6 Tulungagung 2022/2023? (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan model pembelajaran saintifik berbasis problem solving untuk meningkatkan minat belajar IPS pada siswa kelas VII MTsN 6 Tulungagung 2022/2023? (3) Untuk Mengetahui dampak penerapan model pembelajaran saintifik berbasis problem solving untuk meningkatkan minat belajar IPS pada siswa kelas VII MTsN 6 Tulungagung 2022/2023?. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas VII MTsN 6 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami kondisi lapangan dan peristiwa yang terjadi di lokasi serta yang dialami oleh subjek penelitian. Jenis penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Solving merupakan sebuah model pembelajaran yang dapat mempermudah siswa untuk memecahkan masalah dan menjadikan minat belajar siswa menjadi lebih baik serta meningkat. Dari paparan penemuan yang peneliti temukan dilapangan bahwa siswa memahami masalah dalam kehidupan nyata dan mendorong untuk memikirkan situasi ketika ada permasalahan sehingga siswa lebih berpikir kritis dalam memecahkan sebuah masalah.
Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Di SD Negeri 3 Brosot: Indonesia Istiqomah, Alifah Nur Istiqomah; Anggraeni, Fya Tria Anggraeni; Lestari, Windarni Lestari; Tri Puji Utami, Wulan Tri Puji Utami
Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol. 6 No. 2 (2023): Juli
Publisher : Universitas Persatuan Guru 1945 NTT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70942/ciencias.v6i2.126

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kreativitas guru dalam pengembangan media pembelajaran di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan 4 langkah yang meliputi : 1)observasi, 2)pengumpulan data, 3)wawancara, 4) analisis data. Dalam pengamatan peneliti mengamatati bagaimana guru menggunakan media ajar dalam pembelajaran, berdasarkan pengamatan peneliti mengumpulkan data dan kemudian melaksanakan wawancara mengenai media ajar yang digunakan. Melalui wawancara kemudian ditarik kesimpulan faktor yang mempengaruhi kreativitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran di Sekolah Dasar. Hasil analisis data menunjukkan tidak semua guru memenuhi kriteria guru kreatif karena lemahnya pengetahuan kreativitas, namun guru terus menyempurnakan kreativitas dalam dirinya, sehingga kreativitas menjadi milik guru. Pengaruh kreativitas ini membuat anak bersemangat untuk mengikuti pembelajaran. Kata Kunci : Kreativitas Guru, Media Pembelajaran
Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIII Di SMPN 3 Kalidawir Tulungagung : Indonesia Lathifa, Nilta Lathifa
Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol. 6 No. 2 (2023): Juli
Publisher : Universitas Persatuan Guru 1945 NTT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70942/ciencias.v6i2.128

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk-bentuk kesulitan belajar, faktor penyebab, dan strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa dalam proses pembelajaran IPS kelas VIII di SMPN 3 Kalidawir Tulungagung tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) bentuk-bentuk kesulitan belajar yang dialami siswa meliputi siswa merasa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran IPS, siswa merasa kesulitan dalam menghafal dan mengingat materi pembelajaran IPS, siswa merasa kesulitan dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. (2) faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam proses pelaksanaan pembelajaran IPS yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi tingkat intelegensi siswa, kurangnya minat belajar dari siswa, kurangnya motivasi, dan sikap malas pada siswa, sedangkan faktor eksternal meliputi faktor orang tua/keluarga, guru, dan lingkungan (3) strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa dalam proses pelaksanaan pembelajaran IPS meliputi strategi pembelajaran secara langsung, strategi pembelajaran tidak langsung dan strategi pembelajaran interaktif.
Peningkatan Prestasi Belajar IPS Tentang Mengenal Masalah Sosial Di Lingkungan Setempat Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning STAD Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Siuf Kec. Amarasi Timur Kab. Kupang: Indonesia Banu, Reky; Mesah, Jeff; Djami, Yolis
Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol. 6 No. 2 (2023): Juli
Publisher : Universitas Persatuan Guru 1945 NTT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70942/ciencias.v6i2.130

Abstract

Penulisan ilmiah dengan judul: “Peningkatan Prestasi Belajar IPS Tentang Mengenal Masalah Sosial di Lingkungan Setempat Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning – STAD Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Siuf Kec. Amarasi Timur Kab. Kupang”. Masalah penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan prestasi belajar IPS tentang mengenal masalah sosial di lingkungan setempat melalui model pembelajaran Cooperative Learning – STAD pada siswa Kelas IV SD Negeri Siuf. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan prestasi belajar IPS tentang masalah sosial di lingkungan setempat melalui model pembelajaran Cooperative Learning – STAD pada Siswa Kelas IV SD Negeri Siuf. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi. Tindakan pembelajaran yang dilakukan berprinsip pada peningkatan hasil pembelajaran yang dialami oleh siswa – siswi sendiri dalam belajar tentang masalah sosial di lingkungan setempat. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tahapan – tahapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan model pembelajaran Cooperative Learning – STAD dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran tentang mengenal masalah sosial di lingkungan setempat yang dikhususkan tentang masalah kebakaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru yang mengajarkan masalah sosial lingkungan setempat pada kelas IV SD Negeri Siuf dengan menggunakan metode ceramah bervariasi rata – rata nilai hasil tes formatif adalah 57, 14 yakni yang tuntas mencapai KKM 19 orang. Setelah melakukan tindakan pada siklus I dengan menggunakan pendekatan Cooperative Learning –STAD siswa yang mampu menjadi 19 orang dengan nilai rata - rata 62,06 %, siswa yang tidak mampu 37,04%. Hasil observasi siklus I belum dapat dihentikan karena kemampuan siswa dalam menyampaikan hasil diskusi dan mengerjakan soal latihan belum mencapai KKM yang ditetapkan sekolah yakni 65%, untuk itu penelitian dilanjutkan pada siklus II. Setelah melakukan tindakan pada siklus II hasilnya meningkat 28 siswa yang mengikuti tes yang mampu, meningkat menjadi 85,71%, dan siswa yang tidak mampu menjadi 14,29%. Dengan demikian belajar menggunakan pendekatan Cooperative Learning – STAD pada materi mengenal masalah sosial lingkungan setempat khususnya kebakaran dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar pada siswa kelas IV SD Negeri Siuf Kec. Amarasi Timur Kab. Kupang.

Page 1 of 1 | Total Record : 7