cover
Contact Name
saddam
Contact Email
saddam@iainambon.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
saddam@iainambon.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota ambon,
Maluku
INDONESIA
al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam
ISSN : 26547902     EISSN : 26143860     DOI : -
al-Iltizam adalah jurnal yang membahas seputar Pendidikan Agama Islam yang dikelolah oleh Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 1 (2023): Education and Learning" : 9 Documents clear
Stages and Standards of Quality Assurance Planning with Character Strengthening Religious Stackholders at Madrasah Aliyah Plus Az-Zikra Bogor. Ibrahim, Ruh Halil Ahmad
al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 8 No. 1 (2023): Education and Learning
Publisher : IAIN Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33477/alt.v8i1.4364

Abstract

Pendidikan nasional memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan segala kecakapan dan kecerdasandalam meninggikan kualitas hidup, dan meninggikan derajat manusia dalam rangka mewujudkan orientasi negara dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Kemudian, untuk itu, pengambil legalitas pendidikan di Indonesia memastikan kebutuhan anak di setiap jenjang satuan pendidikan. Tentukan arah pencapaian, ukur kapasitas, evaluasi ketidakpastian, dan tentukan tindakan yang diperlukan untuk mencapainya. Studi ini menggunakan strategi kerja lapangan dan metodologi tinjauan literatur subyektif, terutama eksplorasi, dengan tujuan untuk menggambarkan dan menganalisis ciri-ciri sosial, peluang, pelatihan, mentalitas, kepercayaan, kebijaksanaan, dan pertemuan atau orang. Untuk melacak standar dan klarifikasi yang mengarah ke kesimpulan. Penguatan Karakter Religius  pada Stackholders yang terlibat di Madrasah Aliyah Plus Az-Zikra di antaranya yaitu ,beriman, beribadah dan berakhlakul karimah sebagai asas utama dalam pelaksanaan perencanaan dalam tahapan dan standarisasi jaminan mutu di Madrasah Aliyah Plus Az-Zikra guna mensukseskkan pendidikan di Indonesia menurut UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Implementation of Islamic Educational Values in the Nussa & Rara Animation Film as an Alternative Media for PAI Learning at SMP Istiqlal Delitua Medan Dina, Sarah; Hafizh, Muhammad; Astuti, Widia
al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 8 No. 1 (2023): Education and Learning
Publisher : IAIN Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33477/alt.v8i1.4683

Abstract

Penerapan nilai-nilai pendidikan Islam sangat perlu ditumbuhkan pada anak didik sejak dini, karena pada saat itu merupakan waktu yang tepat untuk menanamkan nilai-nilai moral pada anak dalam bentuk pembiasaan setiap hari. Kehadiran konsep pendidikan Islam bagi peserta didik harus bersifat kontekstual yaitu dengan memberikan nilai-nilai pendidikan yang dikemas semenarik mungkin agar peserta didik senang belajar. Salah satu media yang tepat untuk diterapkan dalam membentuk siswa berakhlak adalah film animasi Nusaa dan Rara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai Islami apa saja yang terkandung dalam film animasi Nussa dan Rara serta strategi apa saja yang dilakukan oleh guru PAI SMP Istiqlal dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media film animasi Nussa dan Rara. Lebih-lebih lagi, jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah metode kualitatif desain analisis isi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan terdiri dari tiga bagian yaitu pertama observasi, kemudian dilanjutkan dengan wawancara, dan terakhir dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data terlebih dahulu, kemudian verifikasi data, kemudian ditarik kesimpulan. Dari penelitian ini diperoleh hasil; Pertama, dalam film animasi Nussa dan Rara terdapat tiga nilai pendidikan Islam yang meliputi, 1) pendidikan iman, 2) pendidikan ibadah, dan 3) pendidikan akhlak. Kedua, strategi yang tepat dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan Islam dengan film animasi Nusa Rara bagi siswa SMP Istiqlal Delitua Medan. kemudian dilanjutkan dengan wawancara, dan terakhir dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data terlebih dahulu, kemudian verifikasi data, kemudian ditarik kesimpulan. Dari penelitian ini diperoleh hasil; Pertama, dalam film animasi Nussa dan Rara terdapat tiga nilai pendidikan Islam yang meliputi, 1) pendidikan iman, 2) pendidikan ibadah, dan 3) pendidikan akhlak. Kedua, strategi yang tepat dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan Islam dengan film animasi Nusa Rara bagi siswa SMP Istiqlal Delitua Medan. kemudian dilanjutkan dengan wawancara, dan terakhir dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data terlebih dahulu, kemudian verifikasi data, kemudian ditarik kesimpulan. Dari penelitian ini diperoleh hasil; Pertama, dalam film animasi Nussa dan Rara terdapat tiga nilai pendidikan Islam yang meliputi, 1) pendidikan iman, 2) pendidikan ibadah, dan 3) pendidikan akhlak. Kedua, strategi yang tepat dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan Islam dengan film animasi Nusa Rara bagi siswa SMP Istiqlal Delitua Medan. 2) pendidikan ibadah, dan 3) pendidikan akhlak. Kedua, strategi yang tepat dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan Islam dengan film animasi Nusa Rara bagi siswa SMP Istiqlal Delitua Medan. 2) pendidikan ibadah, dan 3) pendidikan akhlak. Kedua, strategi yang tepat dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan Islam dengan film animasi Nusa Rara bagi siswa SMP Istiqlal Delitua Medan.
ANALYSIS OF HYPERACTIVE CHILD BEHAVIOR AND HANDLING EFFORTS IN EDUCATION Abidin, Mustika
al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 8 No. 1 (2023): Education and Learning
Publisher : IAIN Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33477/alt.v8i1.4489

Abstract

 Abstract: This study discusses the analysis of hyperactive children's behavior and efforts to handle it in education through the literature review method. The behavior of hyperactive children is a child who experiences attention deficit disorder which is characterized by frequent movements and this can affect the child's psychological, physical, and social problems. The impact of hyperactive behavior has an impact on the children themselves and the environment. Handling in overcoming the behavior of hyperactive children is by doing therapy such as drug therapy, music therapy, play therapy, consulting with child psychologists, taking time for children, providing adequate and appropriate affection, not always meeting the child's demands, giving adequate attention. adequate for children, monitor children at all times, and guide them in learning, parents and teachers must examine and understand children, be patient in caring for children, train their focus and raise children's confidence. The need to establish good communication relationships between parents, teachers, and schools by assigning tasks that ensure the success of children.Abstrak: Penelitian ini membahas analisis mengenai perilaku anak hiperaktif dan upaya penanganannya dalam pendidikan melalui metode tinjauan literatur. Perilaku anak hiperaktif adalah anak yang mengalami gangguan pemusatan perhatian yang ditandai dengan seringnya melakukan gerakan dan hal tersebut dapat mempengaruhi psikis, fisik, maupun masalah sosial anak. Dampak yang ditimbulkan dari perilaku hiperaktif yaitu berdampak bagi diri anak sendiri maupun lingkungan. Penanganan dalam mengatasi perilaku anak hiperaktif yaitu dengan melakukan terapi seperti terapi obat-obatan, terapi musik, terapi bermain, berkonsultasi dengan ahli psikolog anak, meluangkan waktu untuk anak, memberikan kasih sayang yang memadai dan tepat, tidak selalu memenuhi tuntutan anak, memberikan perhatian yang memadai kepada anak, memantau anak setiap saat, dan membimbing mereka dalam belajar, orang tua dan guru harus memeriksa dan memahami anak, sabar dalam merawat anak, melatih fokusnya dan membangkitkan kepercayaan diri anak. Perlunya menjalin hubungan komunikasi yang baik antara orang tua, guru, dan sekolah dengan memberikan tugas-tugas yang menjamin keberhasilan anak-anak.
Development Of PAI Learning Devices Using The STAD-Type Cooperative Model Based On The Wizer.me Application To Improve Student Confidence Musthafa, Ali; Rahman, Zein Auliaur; Hamdani, A. Saepul; Soraya, Irma
al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 8 No. 1 (2023): Education and Learning
Publisher : IAIN Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33477/alt.v8i1.4799

Abstract

Kepercaayaan diri siswa sangat esensial karena mampu mempengaruhi ketercapaian harapan atau cita-cita siswa. faktanya, kepercayaan diri siswa di SD Negeri Jemundo II perlu ditingkatkan lagi. Penelitian ini mengguakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran PAI materi enam rukun iman menggunakan model kooperatif tipe STAD berbasis aplikasi wizer.me dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa. Sedangkan teori model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan 4D (Define, Design, Develop and Disseminate). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik SD Negeri Jemundo II kelas I semester genap tahun ajaran 2022/2023. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) teknik field note, 1) teknik validasi, dan 2) teknik angket. Sedangkan teknik analisis data terdiri dari analisis data proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran. Hasil penelitian diperoreh bahwa pengembangan perangkat pembelajaran PAI menggunakan model kooperatif tipe STAD berbasis aplikasi wizer.me dikatakan valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa.
Implementasi Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam Menuju Era 5.0 Saimima, M Sahrawi; Banawi, Anasufi
al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 8 No. 1 (2023): Education and Learning
Publisher : IAIN Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33477/alt.v8i1.4591

Abstract

The implementation of improving the quality of Islamic Education Institutions towards the 5.0 era with the concept of quality that must be used as a benchmark to be applied, is a must in paying attention to it on an ongoing basis. That is why, the purpose of this writing needs to explain it. The method used in this study was used by Systematic Literature Review with four stages, 1) designing a review, 2) conducting a review, 3) analysis, and 4) writing a review.  From the research process carried out, it was found that the management of Islamic Educational Institutions towards the 5.0 era, requires management that has entrepreneurial nuances, is based on Communities and Mosques, requires a leadership figure with a transformative, democratic and laissez faire style, then requires a good evaluation system to the improvement of adequate facilities. Then on the side of the Concept of Improving the Quality of Islamic Educational Institutions Towards the 5.0 era, Some of the concepts that can be applied such as 1) the concept of internal and external quality assurance that is responsive and adaptive. 2) Optimization of resources in line with the concept of marketing. 3) Requires the support of all parties, including the role of shops as admirers in Islamic Educational Institutions. 4) Requires orderly governance. and 5) Implementation of digital-based quality planning. 
Growing Leadership Spirit in Students Through the Concept of Khalifah fil Ardhi Rohana, Rohana
al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 8 No. 1 (2023): Education and Learning
Publisher : IAIN Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33477/alt.v8i1.4584

Abstract

Abstract: This paper describes the concept of khalifah fil ardhi as God's representative in prospering the earth. Humans as khalifah fil 'ard have two meanings, namely khalifah in the sense of head of state and caliph as a substitute and inhabitant of Allah's earth. This research includes literature study, The type of data collected is in from various articles, papers,library sources and appropriate documents. The data obtained,  then collected,   compiled,   reviewed,   analyzed,  and concluded so as to obtain recommendations regarding the study of literature. This paper aims to instill awareness in students to realize the spirit of leadership as an effort to build, care for, and preserve the earth. Students as educated human beings have an urgent task as a leader and it is necessary to develop a leadership spirit. Things that students can do include; (1) become a learner (learner), (2) become an observer (heart) and, (3) become a thinker (thinker) and care. These three things are expected to be understood and applied in everyday life as an effort to foster a leadership spirit in students. Keywords: Leadhership, Student, Khalifah fil ArdhiAbstrak: Tulisan ini menjelaskan tentang konsep khalifah fil ardhi sebagai wakil Tuhan dalam memakmurkan bumi. Manusia sebagai khalifah fil ardhi mempunyai dua arti, yaitu khalifah dalam arti kepala negara dan khalifah sebagai pengganti dan penghuni bumi Allah Swt. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian studi literature. Jenis data yang dikumpulkan berupa hasil penelitian dari berbagai artikel, makalah, sumber pustaka dan dokumen yang sesuai. Data yang diperoleh kemudian dikumpulkan, disusun, ditelaah, dianalisis, dan disimpulkan sehingga diperoleh rekomendasi terkait kajian kepustakaan. Tulisan ini bertujuan untuk menanamkan kesadaran pada mahasiswa agar terwujudnya jiwa kepemimpinan sebagai upaya membangun, merawat, dan melestarikan bumi. Mahasiswa sebagai manusia yang terpelajar mempunyai tugas yang urgent sebagai pemimpin dan perlu ditumbuhkannya jiwa kepemimpinan. Hal yang dapat dilakukan mahasiswa diantaranya; (1) menjadi seorang pem(belajar), (2) menjadi seorang pemer(hati) dan, (3) menjadi seorang pe(mikir) dan peduli. Ketiga hal tersebut diharapkan dapat dipahami dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai upaya dalam menumbuhkan jiwa kepemimpinan pada diri mahasiswa.Kata Kunci: Jiwa Kepemimpinan, Mahasiswa, Khalifah fil Ardhi 
IMPLEMENTATION OF RELIGIOUS MODERATION PROGRAM IN PAI CURRICULUM DEVELOPMENT rohimah, yuliatul
al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 8 No. 1 (2023): Education and Learning
Publisher : IAIN Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33477/alt.v8i1.3859

Abstract

Indonesia sebagai negara multikultural yang banyak akan keberagaman seperti ras, suku, agama, bahasa dan budaya. Sehingga upaya pendidikan pada anak usia dini dalam membangun karakter anak yang moderat terhadap perbedaan dilingkungannya melalui program moderasi beragama pada pendidikan agama islam. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana implementasi program moderasi beragama pada pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di RA Ar Rafif Ngajeg, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman. metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data. menggunakan Teknik observasi, wawancara, dan dokumentas. Hasil penelitian ini adalah Lembaga RA Ar Rafif dalam mengimplementasikan program moderasi beragama pada anak usia dini berdasarkan pada 4 indikator yaitu komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan dan Kepekaan Tradisi. Dengan penerapan moderasi beragama pada pendidikan anak usia dini dalam pendidikan Agama islam dapat menjaga kesatuan bangsa Indonesia dan juga karakter anak bangsa Indonesia dengan lebih mengenalkan dan menanamkan moderasi beragama yang dapat dilakukan oleh Lembaga RA Ar rafif Ngajeg, desa Tirtomartani, kecamatan Kalasan, kabupaten Sleman
THE CONCEPT OF CULTIVATING A SINCERE ATTITUDE FOR AN EDUCATOR IN THE CONTEXT OF SELF-DEVOTION TO BIRTH AN ISLAMIC GENERATION Muttaqin, M. Imamul; Sholihah, Tsaniyatus; Atsaniyah, Filosofia; 'Asyiroh, Nahdliana 'Aisyatul; Khudin, Ahmad Mifta; Muttaqien, Muhammad Faizul
al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 8 No. 1 (2023): Education and Learning
Publisher : IAIN Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33477/alt.v8i1.4565

Abstract

Lately, many people have been known to get jobs as educators because they think that teaching is a profession that is easy to get and only needs to teach. So they carry out their work without full sincerity, do not know the true meaning of self-devotion, and are only concerned with the salary they get. For this reason, this research is intended to examine the concept of cultivating a sincere attitude for educators to give birth to an Islamic generation. The research method used is Library Research by taking from various journals and books related to the above problems. The result of this research is that in order to instill a sincere attitude in every educator, an understanding of the importance of awareness of the teaching profession as a form of self-devotion should be instilled first. If an educator is sincere, there will be several things he can get, such as being a lucky person, having an eternal investment, and being a noble person in the sight of Allah SWT.
KERENDAHAN HATI RELASIONAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN MEMPREDIKSI SKEMA RELIGUS PESERTA DIDIK DI DAERAH PASCA KONFLIK Latuconsina, Adam; Bahiya Gasam
al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 8 No. 1 (2023): Education and Learning
Publisher : IAIN Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33477/alt.v8i1.6300

Abstract

Lately, research on humility has begun to lead to the world of education. This is because relational humility facilitates a dialogic learning process that positively impacts students, namely the formation of religious schemes. Nonetheless, research on this topic has never been conducted on individuals living in post-interfaith conflict areas. Even though individuals who live in post-conflict areas have formed their humility and religious schemes. Does relational humility strongly predict the emergence of student religious schemas in post-conflict areas? This is the question that is explained in this study. This study used ex-post facto research with a sample of 49 students from four universities in Ambon City. The research data were obtained from the subjects' answers on two scales, namely the Rational Humility Scale (RHS) and the Religious Schema Scale (RSS). The results of a simple linear regression test prove that relational humility also predicts the religious schema of students living in post-religious conflict areas. Nonetheless, the predictive magnitude is minimal due to the limitations of the research sample. Therefore, it is recommended that further researchers consider the size of the research sample and the need to examine relational humility and religious schemas as a mediator or moderator variables for tolerant behavior in the educational context.

Page 1 of 1 | Total Record : 9