Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic
Jurnal Ilmiah Pendidikan scholastic merupakan Jurnal tentang Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan scholastic (JIPS) Menerbitkan jurnal ilmiah secara berkala pada bulan April, Agustus dan Desember. JIPS menerbitkan makalah penelitian, makalah Pendidikan. Edisi pertama JIPS diterbitkan pada tahun 2017. Jurnal ini dikelola oleh Fakultas Sastra, Universitas Ekasakti, Padang, Sumatra Barat, Indonesia.
Articles
10 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 8 No. 1 (2024): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic"
:
10 Documents
clear
Peranan Kinerja Pegawai Pada Unit Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat
Reflinda, Reflinda
Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic Vol. 8 No. 1 (2024): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic
Publisher : Fakultas Sastra Universitas Ekasakti
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36057/jips.v8i1.649
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kinerja Pegawai Pada Unit Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat belum menunjukkan hasil yang memuaskan bagi masyarakat. Hal itu ditunjukkan dengan masih adanya keluhan masyarakat terkait pelayanan yang diinginkan oleh masayarakat, rendahnya kualitas pelayanan yang diberikan oleh petugas kepada masyarakat, belum maksumalnya bagi staff PTSP dalam memahami dan menyadari terhadap tugasnya masing-masing, sehingga berdampak pada hasil kinerja yang tidak sesuai dengan standar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan data dan informasi tentang kinerja pengawai pada unit Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Sumatera Barat, Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif, informan dalam penelitian ini adalah Kepala Kantor, Kepala Bagian TU, Kasubag, Staf Kanwil dan masyarakat dengan memakai teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa Kinerja pegawai pada Unit Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat dar segi kemampuan dan kepribadian para pegawai selaku pelayan publik selalu berusaha untuk bersikap baik dan berperilaku sopan serta berusaha untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan ikhlas serta sesuai dengan SOP dan aturan yang berlaku, kemudian juga motivasi dalam operasional pelayanan, para pegawai dituntut untuk semakin mempermudah masyarakat dalam mendapat pelayanan. Kendala yang dihadapi dalam kinerja pegawai pada unit Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat adalah seringnya pejabat yang terkait dalam penandatanganan berkas tidak berada di tempat, SDM serta tenaga professional yang kurang, dan jaringan yang terdapat pada unit PTSP, sehingga mengakibatkan terhambatnya penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang professional di PTSP Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat. Upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala Kinerja Pegawai pada Unit Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat yaitu pegawai berusaha untuk selalu meningkatkan kemampuan seperti belajar dari pengalaman dan saling bertukar informasi dengan rekan sejawat dan menggunakan jaringan yang ada.
Factors and Challenges in Using Gamification In Teaching ESP
Nusi, Ahmad;
Dewirahmadanirwati, Dewirahmadanirwati;
Novia, Novia;
Ardi, Havid
Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic Vol. 8 No. 1 (2024): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic
Publisher : Fakultas Sastra Universitas Ekasakti
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36057/jips.v8i1.652
The purpose of this study is to detect the key issues and challenges faced by English lecturers in implementing gamification in teaching English for Specific Purposes (ESP). This study was a qualitative study with case study design. A number of 16 lecturers were participants of this study. The data was collected through structured interviews, and then analyzed the interview responses using content analysis. The result of the study shown that there were factors or issues such as the occurrence of problems like irregularities, objections, and challenges during the game, the creation of a negative competitive environment, the extension of the time allotted for the game, and the creation of a noisy environment were found to be challenges to the use of gamification in the classroom. In addition, technical difficulties and problems with digital games, lack of technology and internet, technology, screen, and game addiction, and health or psychological issues are some of the main reasons why lecturers do not use gamification in their ESP teaching.
Pengaruh Kompensasi Finansial Terhadap Sinisme Organisasi Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening: Studi Kasus Pada Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Pesisir Selatan
Marjohan;
Detman;
Ardinal;
Mustika Lukman Arief;
Lusi Englita
Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic Vol. 8 No. 1 (2024): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic
Publisher : Fakultas Sastra Universitas Ekasakti
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36057/jips.v8i1.653
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompensasi finansial terhadap sinisme organisasi dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Studi kasus ini dilaksanakan di perusahaan daerah air minum (PDAM) kabupaten pesisir selatan. Rumusan masalah, apakah terdapat pengaruh kompensasi finansial terhadap kepuasan kerja pada PDAM Kabupaten Pesisir Selatan?, pakah terdapat pengaruh kompensasi finansial terhadap sinisme organisasi pada PDAM Kabupaten Pesisir Selatan?, pakah kepuasan kerja berpengaruh sebagai variabel intervening antara kompensasi finansial dan sinisme organisasi pada PDAM Kabupaten Pesisir Selatan?. Populasi dalam studi kasus ini adalah seluruh pegawai PDAM Kabupaten Pesisir Selatan berjumlah 90 orang. Data yang digunakan adalah primer dan data sekunder. Pengambilan sampel dilakukan dengan melakuka survei tentang pendapat responden dengan kuesioer yang berisi pertanyaan-pertanyaan Pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji t. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan kompensasi finansial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pada PDAM Kabupaten Pesisir Selatan, kompensasi finansial serta kepuasan kerja berpengaruh negatif atau hubungan yang berlawanan dan signifikan terhadap sinisme organisasi pada PDAM Kabupaten Pesisir Selatan, Kepuasan kerja sebagai variabel intervening secara parsial dengan sinisme organisasi pada PDAM Kabupaten Pesisir Selatan, Kepuasan kerja berperan sebagai variabel intervening secara penuh antara kompensasi finansial dan sinisme organisasi pada PDAM Kabupaten Pesisir Selatan.
Pengembangan Buku Ajar Probability dan Statistika pada Tahap Preliminary Research
Devita, Dewi;
Marhayati, Laila
Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic Vol. 8 No. 1 (2024): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic
Publisher : Fakultas Sastra Universitas Ekasakti
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36057/jips.v8i1.656
Setiap lulusan program studi Sistem Komputer, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang diharapkan memiliki keunikan yang ingin dibangun dalam kurikulum prodi, yaitu kemampuan lulusan yang mempunyai kompetensi utama menerapkan konsep dari statistika dan pemecahaan masalah peluang. Memberikan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan tentang Probability dan Statistika. Kompetensi tersebut ditopang oleh kecerdasan spiritual dan semangat membela negara sehingga menjadi lulusan mampu memberikan solusi teknologi dalam bidang komputer terpadu untuk meningkatkan kinerja bisnis. Permasalahan yang ditemukan di lapangan mahasiswa kesulitan memahami apa yang terdapat dalam literatur atau bahan perkuliahan. Literatur yang digunakan selama ini belum mampu mengakomodasi kebutuhan belajar karena bersifat parsial sehingga mereka masih merasa kesulitan dan hal ini dapat berpengaruh pada hasil belajar mahasiswa. Tujuan dari penelitan ini adalah mengembangkan buku ajar yang sesuai dengan kebutuhan dalam perkuliahan dan visi misi prodi. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and development sesuai dengan prosedur pengembangan yang dikemukakan oleh Plomp, yaitu Preliminary research, prototyping stage, dan assessment phase. Pada penelitian ini menjelaskan tahap preliminary research yaitu tahap awal dari penelitian pengembangan buku ajar Probability dan Statistika. Buku ajar yang dikembanhkan dalam penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber belajar utama mata kuliah probability dan statistika oleh mahasiswa program studi sistem komputar Universitas Putra Indonesia YPTK Padang.
Analisis Penyebab Banjir di Kota Padang
Autry, Autry Dian Ramasari;
Ikhwan, Ikhwan
Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic Vol. 8 No. 1 (2024): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic
Publisher : Fakultas Sastra Universitas Ekasakti
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36057/jips.v8i1.658
Fungsi dari penelitian ini ialah agar diketahui bagaimana banjir menyebar di Kota Padang dan bagaimana banjir berdampak pada penduduk Kota Padang. Kota Padang sangat rentan terhadap bencana banjir. Di mana penyebab banjir yang mengganggu Kota Padang? Limpasan permukaan yang berlebihan tidak tertampung dalam badan sungai, sehingga air meluap. Yang pertama adalah alam, contohnya curah hujan yang cukup topografi daerah, yang merupakan dua penyebab banjir di Kota Padang. Kedua, adalah manusia, yang utamanya dipengaruhi oleh pertumbuhan penduduknakan, yang diikuti oleh peningkatan kebutuhan lahan usaha untuk berbagai bisnis, termasuk perkebunan, industri, dan pertanian. Banjir dari daerah lain, banjir setempat, dan banjir akibat pasang sungai adalah tiga jenis banjir di Kota Padang yang berdampak pada kehidupan masyarakat. Keywords: penyebab banjir, sumber genangan air, Kota Padang
Pola Perhatian dan Strategi Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah
Rofiq, Mohammad
Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic Vol. 8 No. 1 (2024): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic
Publisher : Fakultas Sastra Universitas Ekasakti
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36057/jips.v8i1.659
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan survei. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola perhatian dan strategi yang digunakan orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah. Hasil dari penelitian ini adalah perhatian orang tua sangat dibutuhkan bagi anak untuk mencapai prestasi belajar. Semakin tinggi perhatian orang tua terhadap anak dalam belajar, maka semakin tinggi pula prestasi belajar anak. Berdasarkan hasil analisis data dari kuesioner yang telah peneliti sebarkan kepada 44 responden, diperoleh kesimpulan bahwa aspek yang paling tinggi yang menjadi perhatian orang tua terhadap anak dalam belajar adalah aspek pemberian bimbingan dan nasehat serta pengawasan belajar. Sedangkan aspek yang paling rendah dari pola perhatian orang tua kepada anak saat belajar di rumah adalah pemberian penghargaan dan hukuman serta pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana belajar anak.
Analisis Kemampuan Siswa dalam Membuat Kalimat
Andriani, Desi;
Afersa, Mona
Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic Vol. 8 No. 1 (2024): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic
Publisher : Fakultas Sastra Universitas Ekasakti
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36057/jips.v8i1.660
Penelitian ini mengkaji tentang kemampuan siswa dalam membuat kalimat dari Menyusun kata-kata acak menjadi kalimat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam membuat kalimat yaitu kemampuan siswa dalam menentukan subjek, prediket, objek dan keterangan dalam sebuah kalimat. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tambang. Sampel dari penelitian ini adalah berjumlah dua puluh orang siswa kelas X. alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes. Tesnya berupa menyusuan kata-kata acak menjadi kalimat yang bermakna. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa memiliki kemampuan yang cukup baik dalam Menyusun kata-kata acak menjadi kalimat.
Manajemen Konflik
Anita, Devi
Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic Vol. 8 No. 1 (2024): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic
Publisher : Fakultas Sastra Universitas Ekasakti
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36057/jips.v8i1.664
Konflik berasal dari bahasa latin “configere” yang berarti saling mengalahkan. Secara sosiologis, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih dimana salah satu pihak berusaha menentang atau menyingkirkan pihak lain dengan cara menghancurkan atau menjadikannya tidak berdaya. Konflik sering terjadi karena kesalahan dalam mengkomunikasikan keinginan dan kebutuhan terhadap nilai-nilai sosial dan budaya terhadap lingkungan. Kegagalan berkomunikasi disebabkan adanya perbedaan pengetahuan, pengalaman, serta nilai-nilai yang diyakini sebagai pandangan hidup. Konflik dapat berakibat negatif maupun positif tergantung pada cara mengelola konflik tersebut. Konflik yang berakibat negatif misalnya menghambat komunikasi, hubungan yang tidak harmonis, tidak fokus dalam menyelesaikan pekerjaan dll. Sedangkan contoh konflik yang dapat dikelola dengan baik adanya perubahan yang lebih baik dari segi kebijakan, prosedur, mekanisme, program serta dapat menyesuaikan diri. Ada tiga metode dalam mengatasi konflik yaitu Metode Dominasi, Metode Kompromi dan Metode Penyelesaian Integrated. Manajemen konflik merupakan proses pengelolaan konflik yang perlu dilakukan dalam menangani konflik secara bijaksana, adil dan efisien sehingga konflik menghasilkan adanya perubahan yang positif. Pemecahan masalah bersama dengan saling pengertian secara bertanggung jawab merupakan teknik yang baik dalam pengendalian konflik untuk mencapai efektifitas suatu organisasi.
Pengaruh Efikasi Diri dan Disiplin Belajar Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Ekasakti
Teza, Serli Diovani;
Respita, Reni;
Gumanti, Dessyta
Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic Vol. 8 No. 1 (2024): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic
Publisher : Fakultas Sastra Universitas Ekasakti
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36057/jips.v8i1.666
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh 1) Efikasi Diri terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Ekasakti, 2) Disiplin Belajar terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Ekasakti 3) Efikasi diri dan disiplin belajar terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Ekasakti. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi seluruh Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Ekasakti. pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sampling. dengan pertimbahan mahasiswa yang sudah lama kuliah motivasi belajar sudah mulai menurun yaitu mahasiswa semester 6 dan semester 4 sebanyak 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, analisis regresi berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis yang terdiri dari uji F dan uji T. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa: 1) Ada pengaruh positif dan signifikan antara efikasi diri dan motivasi belajar, dengan hasil analisa data yang menunjukkan nilai lebih besar dari (2,087 >2,048). 2) Disiplin belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar, dengan hasil analisis data yang menunjukkan nilai lebih besar dari (2,216 > 2,048). 3) Secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara efikasi diri dan disiplin belajar terhadap motivasi belajar, dengan hasil analisis data yang menunjukkan nilai lebih besar dari (3,640 > 3,354). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan.
Analisis Penggunaan Kalimat Efektif Dalam Penulisan Makalah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Ekasakti
Chairani, Zuraida;
Marisya, Susanti
Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic Vol. 8 No. 1 (2024): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic
Publisher : Fakultas Sastra Universitas Ekasakti
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36057/jips.v8i1.667
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mahasiswa mengangap bahwa menulis makalah adalah sesuatu yang sulit sehingga banyak dari mahasiswa yang melakukan copy paste makalah dari internet. Makalah yang dikerjakan belum sesuai dengan penulisan makalah yang baik dan benar. Bahasa yang digunakan dalam makalah banyak belum sesuai dengan kaidah ejaan bahasa Indonesia. Selain itu, mahasiswa juga belum terlihat mampu menggunakan kalimat dengan logis dan efektif. Beberapa penelitian yang pernah meneliti mengenai kalimat efektif diantaranya penelitian yang dilakukan oleh Damyanti (2020) penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan kalimat tidak efektif dalam karya tulis ilmiah mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kalimat tidak efektif pada karya ilmiah mahasiswa Prodi Manajemen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah kalimat yang digunakan dalam makalah mahasiswa program studi pendidikan bahasa dan satra Indonesia universitas ekasakti. Sumber data dalam penelitian ini yaitu makalah mahasiswa program studi pendidikan bahasa dan satra Indonesia Universitas Ekasakti. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik penelusuran dokumen. Adapun langkah-langkah dalam pengumpulan data yakni Pertama, data dikumpulkan dengan cara memilih dan mengumpulkan beberapa makalah mahasiswa Prodi pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Ekasakti. Kedua, Penulis menganalisis penggunaan kalimat dalam makalah mahasiswa. Hasil temuan dan pembahasan menunjukkan mahasiswa program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia masih belum menggunakan kalimat dengan efektif. Mahasiswa melakukan sebelas pola kesalahan dalam penulisan kalimat sehingga kalimat menjadi tidak efektif dan kurang dipahami pembaca, diantaranya menggunakan dua kata yang bermakna sama, penggunaan kata dengan struktur dan ejaan yang tidak baku, dan pilihan kata yang tidak tepat.