cover
Contact Name
Zulkarnain Anu
Contact Email
infozulkarnain@ung.ac.id
Phone
+6281216980323
Journal Mail Official
jce@ung.ac.id
Editorial Address
Jalan Jend. Sudirman No.06 Kota Gorontalo
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Jambura Journal of Community Empowerment
ISSN : -     EISSN : 27210480     DOI : 10.37411
Core Subject : Education, Social,
JAMBURA Journal Community Empowerment contains articles of research results and / or analytical-critical studies in the field of out-of-school education specifically on adult education studies, community education, training and human resource development, counseling, and community development. The specifications of the study are aimed at exploring, developing, and explaining knowledge about the history, philosophy, principles, policies, designs, and technologies used and developed in educational services outside the school system. JAMBURA Journal Community Empowerment plays a role and participates in efforts to support the preservation of scientific traditions that originate from theoretical studies of researchers and praxis experiences from educational practitioners. The journal publishes research articles on current issues and trends in nonformal education includes: Educational Life Skills, Management of Education, Early childhood Education, Community education, empowerment and counseling, Education literacy and equality including package A, package B and package C, Educational Institution courses and training, Educational skills and job training, Social Science, Humanity, Art, Tourism dan Culture, and other education aimed.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 19 Documents
Search results for , issue "Volume 4 No. 2: Desember 2023" : 19 Documents clear
Pengaruh Kepemimpinan Pada Budaya Organisasi Kemasyarakatan Dan Pemuda Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Payakumbuh Suryatman Desri; Poppy Noverlin; Faiqah Nabila Prisca
Jambura Journal of Community Empowerment Volume 4 No. 2: Desember 2023
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjce.v4i2.2546

Abstract

Artikel ini membahas tentang bagaimana kepemimpinan pada Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dapat mempengaruhi budaya organisasi dan kinerja organisasi. Studi kasus dilakukan pada HMI cabang di kota Payakumbuh. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan HMI mempengaruhi budaya organisasi dengan membentuk nilai-nilai organisasi yang sesuai dengan tujuan organisasi, membangun hubungan yang baik dengan kader-kader HMI, memberikan penghargaan pada kader-kader yang berprestasi, serta memberikan perhatian pada pengembangan kader-kader. Kepemimpinan HMI yang transformatif, komunikatif, konsisten, dan peduli pada pengembangan kader-kader dapat membentuk budaya organisasi yang kuat dan dinamis. Selain itu, kepemimpinan HMI juga mempengaruhi kinerja organisasi dengan memotivasi kader-kader untuk berkontribusi pada organisasi dan meningkatkan efektivitas dalam melaksanakan program-program organisasi. Kepemimpinan HMI yang transformatif dan konsisten dalam melaksanakan program-program organisasi dapat membantu HMI dalam mencapai tujuan organisasi yang diinginkan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan pada HMI memiliki peran penting dalam membentuk budaya organisasi dan mencapai kinerja organisasi. Kepemimpinan HMI yang transformatif, komunikatif, konsisten, dan peduli pada pengembangan kader-kader dapat membentuk budaya organisasi yang kuat dan dinamis serta meningkatkan efektivitas dalam melaksanakan program-program organisasi.
Pelatihan Olahan Jagung Bahan Membuat Popcorn Dan Limbah Jagung Dalam Meningkatkan Keterampilan Berwirausaha Dan Perekonomian Masyarakat Nuruddin Abdullah; Eliza Rahmah Prahestiwi
Jambura Journal of Community Empowerment Volume 4 No. 2: Desember 2023
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjce.v4i2.2591

Abstract

Hasil tanaman jagung di Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto Provinsi Jawa Timur melimpah dibandingkan padi. Tanaman jagung menjadi salah satu sumber penghasilan ekonomi para petani untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat. Jagung jenis brondong bisa dijadikan popcorn, limbah bagian dari tanaman jagung brondong lainnya bisa dimanfaatkan, berdaya jual tinggi, mengandung gizi dan antioksidan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, Analisis data menggunakan sebelum, selama, dan setelah di lapangan, managemen pelatihan, dan needs assessment, peneliti menggunakan teknik purposive sampling, tempat penelitian di Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto Provinsi Jawa Timur Indonesia, serta Metode dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses pengolahan jagung popcorn dan limbah jagung berjalan dengan lancar mulai dari tahap awal pemberian materi pelatihan hingga praktek langsung di kehidupan sehari-hari selama 5 bulan uji coba, sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Tingkat keberhasilan pelatihan pengolahan jagung popcorn dan limbah jagung kepada peserta pelatihan mencapai 65%. Faktor pendukung pelatihan pengolahan jagung Popcorn dan limbah jagung diantaranya: mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, peserta pelatihan hadir semuanya dari awal pelatihan hingga selesai, mampu menguasai semua ilmu pengetahuan atau materi pelatihan, memiliki toko usaha berbahan dari jagung, sukses menanam jagung brondong atau jagung popcorn, dan sukses berwirausaha di bidang limbah jagung dengan berbagai macam kreasi.
Hubungan Kerlibatan Pengelola dalam Pelatihan Manajemen dengan Kemampuan Pengelolaan Program PKBM Agam Ramadhan; Ismaniar Ismaniar
Jambura Journal of Community Empowerment Volume 4 No. 2: Desember 2023
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjce.v4i2.2609

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum optimalnya prestasi pengelolaan PKBM di Kota Padang. Hal ini diduga karena mereka kurang terlibat sepenuhnya saat pelatihan manajemen diadakan. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) untuk menggambarkan keterlibatan pengelola dalam kegiatan pelatihan manajemen PKBM di Kota Padang; 2)untuk menggambarkan kemampuan manajemen pengelola PKBM di kota Padang; 3)untuk menggambarkan hubungan keterlibatan pengelola dalam pelatihan manajemen dengan kemampuan pengelolaan program PKBM di Kota Padang. Jenis penelitian kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini yaitu pengelola PKBM se-Kota Padang berjumlah 28 orang, dan dijadikan sampel 75% yaitu 21orang. Pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara, dengan teknik analisis data korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1)keterlibatan pengelola dalam pelatihan manajemen dikategorikan sangat terlibat; 2)kemampuan pengelola dalam pengelolaan program PKBM di Kota Padang dikategorikan rendah; 3)tidak terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan keterlibatan pengelola dalam pelatihan manajemen dengan kemampuan pengelolaan program PKBM di Kota Padang. Hal ini dibuktikan dengan rhitung < rtabel. Saran untuk pengelola agar dapat menimba ilmu kepengelolaan dalam bentuk yang lainnya, misalnya dengan ikut study banding ke PKBM yang sudah berhasil, membaca banyak buku-buku referensi manajemen, dan lain sebagainya.
Pengaruh Pelatihan Vokasional Terhadap Sikap Kemandirian Peserta Di Balai Besar Pelatihan Vokasi Dan Produktivitas Fatmawati Gaffar; Rudi Amir; Kartini Marzuki; Untung Untung
Jambura Journal of Community Empowerment Volume 4 No. 2: Desember 2023
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjce.v4i2.2702

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh pelaihan vokasional terhadap sikap kemandirian peserta di Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas. Pelatihan sebagai salah satu kegiatan nonformal, diselenggarakan melalui Lembaga yang diberikan kewenangan dengan memberikan pengetahuan serta pengalaman bagi setiap individu sebagai peserta pelatihan dalam bidang vokasi dengan keterampilan tertentu menyiapkan peserta didik menjadi tenaga terampil yang siap pakai sehingga output dari lulusan tersebut dapat terserap oleh dunia kerja atau membuka lapangan kerja buat diri sendiri melalui pemanfaatan keilmuan selama mengikuti pelatihan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, selanjutnya dapat dikemukakan beberapa kesimpulan sebagai berikut: (1) Pelatihan vokasional berada pada kategori baik dengan nilai 83%. Sehingga dapat diinterpretasikan bahwa pelatihan vokasional baik untuk diberikan bagi peserta pelatihan agar mereka menjadi lebih produktif; (2) Sikap kemandirian berada kategori baik dengan nilai 86% termasuk kategori baik. Sehingga dapat diinterpretasikan bahwa peserta memiliki sikap baik serta mandiri selama mengikuti pelatihan vokasional di Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pelatihan vokasional terhadap sikap kemandirian peserta pelatihan di Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas.
Hambatan Penyelenggaraan Program Pembelajaran Pendidikan Nonformal Di SKB Kota Makassar Muhammad Asri; Nasrah Natsir; Fatmawati Gaffar
Jambura Journal of Community Empowerment Volume 4 No. 2: Desember 2023
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjce.v4i2.2703

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hambatan pendidik dan tenaga kependidikan dalam menyelenggarakan program pembelajaran pendidikan nonformal di Sanggar Kegiatan Belajar Kota Makassar. Subyek penelitian adalah Satuan Pendidikan Nonformal SKB Biringkanaya dan SKB Ujungpandang. Instrument pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, pedoman observasi dan dokumentasi. Berdasarkan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa kendala yang dialami oleh pihak SKB dalam menyelenggarakan program pembelajaran Pendidikan nonformal: 1) kurangnya tenaga pendidik atau pamong belajar, 2) penguasaan mata pelajaran oleh pamong belajar pada program paket B dan paket C kurang memadai, 3) kurangnya kemampuan tenaga kependidikan atau tenaga administrasi dalam menyusun perencanaan program atau membuat proposal kegiatan pembelajaran dan minimnya anggaran oprasional penyelenggaraan program pembelajaran dan pelatihan.
Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Era New Normal Pada Mata Pelajaran Informatika Merrisa Monoarfa; Marlina Marlina; Farida Febriati
Jambura Journal of Community Empowerment Volume 4 No. 2: Desember 2023
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjce.v4i2.2710

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, faktor pendukung dan penghambat pembelajaran tatap muka era new normal pada mata pelajaran informatika di SMPN 27 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif untuk mengungkapkan fenomena sesuai dengan keadaan yang sebenarnya dialami oleh subyek penelitian. Jenis penelitian yaitu penelitian deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi, analisis data menggunakan analisis reduksi, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan apersepsi pembelajaran tatap muka dan aktivitas pemantik yang dilakukan berbagai macam oleh pendidik dan juga dilakukan oleh peserta didik di SMPN 27 Makassar, pelaksanaan kegiatan inti ini dilakukan dengan baik oleh pendidik demi pemahaman siswa ke pembelajaran, pelaksanaan kegiatan penutup pembelajaran dilakukan dengan memberikan peserta didik kesempatan untuk membuat rangkuman sesuai dengan cara mereka sendiri. Adapun faktor pendukung yang dapat menunjang pembelajaran mata pelajaran informatika di dalam kelas adalah perangkat keras dan jaringan internet yang baik. Sedangkan faktor penghambat pembelajaran tatap muka era new normal pada mata pelajaran informatika di SMPN 27 Makassar ada pada alat yang dapat digunakan terbatas.
Metode Kepemimpinan Milenial dalam Aspek Politik Alma Aghisna; Franzeska Sandrina Regita Cahyani; Hafizhah Saraya Putri; Muhammed Faiz Nabhan; Sarah Kusuma Putri
Jambura Journal of Community Empowerment Volume 4 No. 2: Desember 2023
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjce.v4i2.2750

Abstract

Generasi milenial adalah generasi yang hidup di zaman yang sedang mengalami perubahan menuju kehidupan modern. Pada era saat ini, generasi milenial menjadi generasi yang paling berperan dalam berbagai aspek kehidupan, khususnya dalam aspek politik. Maka dari itu, dibutuhkan suatu model kepemimpinan yang cocok seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji mengenai model kepemimpinan milenial di masyarakat yang melihat pada aspek politik di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, yaitu studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan milenial dalam ranah politik menggunakan metode, gaya, dan media yang disesuaikan dengan target pasar politik di suatu lingkup masyarakat maupun negara. Hal ini berkaitan dengan bagaimana cara seorang pemimpin dalam menerapkan strategi-strategi untuk dapat mempengaruhi publik. Berbagai cara dan pendekatan yang dilakukan harus disesuaikan dengan kondisi publik. Hal tersebut juga tidak terlepas dari dari gaya serta media yang digunakan oleh pemimpin milenial serta dampaknya pada aspek politik.
Pengaruh Program Koperasi Amal Srikandi di Kampung Badran dalam Rangka Exit Program CSR PT. Sarihusada Andaru Sheera Kristianto; Dibina Dzikirullah; Franzeska Sandrina Regita Cahyani; Hafizhah Saraya Putri; Mutiara Izattun Nafishah
Jambura Journal of Community Empowerment Volume 4 No. 2: Desember 2023
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjce.v4i2.2751

Abstract

Kemiskinan menjadi salah satu permasalahan sosial di Indonesia yang kehadirannya menjadi perhatian banyak pihak. Berbagai upaya dalam menangani permasalahan kemiskinan telah diupayakan, salah satunya dengan program bantuan oleh swasta yang berupa tanggung jawab sosial perusahaan atau juga dikenal dengan CSR. Kehadiran program CSR juga menggandeng keberadaan masyarakat sekitar sebagai salah salah satu cara untuk mencapai target. Program CSR oleh PT. Sarihusada menggunakan tiga poin utama bisnis yang diselaraskan lima pilar program sehingga hasil kegiatan dapat tetap sesuai dengan tujuan perusahaan dan target CSR. Didukung oleh banyaknya persoalan sosial lain di samping masalah ekonomi, program CSR Koperasi Amal Srikandi menjadi upaya untuk meningkatkan kapasitas masyarakat sehingga dapat menjadi lebih berdaya dan mampu mengatasi masalah lanjutan secara mandiri. Untuk itu, segala bentuk aktivitas yang dilaksanakan sangat menekankan pada partisipasi aktif masyarakat setempat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan wawancara yang dilakukan dengan masyarakat terkait. Diketahui bahwa program CSR yang dilakukan oleh PT. Sarihusada di Kampung Badran mempertimbangkan keterlibatan masyarakat melalui program Koperasi Amal Srikandi. Melalui koperasi ini, jalannya program lain seperti posyandu dan PAUD sangat terdorong sehingga kedua program tersebut mampu dilaksanakan dengan baik.
Encoding dan Decoding Pesan Pada Iklan Produk Kecantikan yang Menentukan Standar Kecantikan Indonesia Tarish Auliasari Narulita; Riska Fitriyah; Ainuz Zubaid Syafi’ul Aziz
Jambura Journal of Community Empowerment Volume 4 No. 2: Desember 2023
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjce.v4i2.2753

Abstract

Dilihat dalam konteks iklan produk kecantikan, proses encoding dan decoding pesan kepada masyarakat memiliki peran besar dalam membentuk standar kecantikan di Indonesia. Tampilan Iklan kecantikan yang ada saat ini seringkali menggambarkan standar kecantikan yang semakin sempit, sehingga berpotensi menciptakan dampak psikologis dari standar ini, khususnya pada mereka yang memiliki masalah insecure terhadap dirinya sendiri dan menimbulkan tekanan sosial juga memicu perasaan tidak pantas dan selalu kurang pada individu yang mungkin tidak memenuhi kriteria tersebut. Encoding merujuk pada bagaimana pesan-pesan iklan diciptakan dan disampaikan oleh media produk, sementara decoding merujuk pada bagaimana pesan-pesan ini diterima dan diinterpretasikan oleh masyarakat. Standar kecantikan yang diterapkan dalam iklan dapat beragam dalam pemahaman setiap individu masyarakat. Oleh karena itu, untuk mencapai perubahan positif dalam pandangan kecantikan di Indonesia, perlu ditekankan bahwa pesan-pesan iklan produk kecantikan harus mendorong keragaman dan mempromosikan pesan positif serta inklusif. Hal ini akan membantu dalam membentuk persepsi yang lebih seimbang dan mendukung perkembangan rasa percaya diri serta penerimaan diri individu di masyarakat.
Potret Program Coorporate Social Responbility (CSR) Kampung Berseri Astra Dalam Proses Pemberdayaan Masyarakat Haviddin Lutfi; Sholih Sholih; Dadan Darmawan
Jambura Journal of Community Empowerment Volume 4 No. 2: Desember 2023
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjce.v4i2.2759

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) tahapan pemberdayaan masyarakat dalam program Coorporate Social Responsibility (CSR) Kampung Berseri Astra di Kampung Kayu Besar Cengkareng yang dilakukan oleh PT. Astra Internasional. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari 11 orang, yaitu 1 orang kepala KBA Kayu Besar Cengkareng, 4 orang koordinator utama 4 pilar KBA, dan 6 orang dari masyarakat Kayu Besa Cengkareng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tahapan pemberdayaan masyarakat dalam program CSR KBA Kayu Besar Cengkareng sudah berjalan dengan baik, walaupun masih ada yang dapat dimaksimalkan dalam tiap tahapannya. Tahapan pemberdayaan menggunakan teori menurut Isbandi Rukminto Adi, tahap persiapan, tahap studi, tahap perencanaan alternatif, tahap perumusan rencana aksi, tahap pelaksanaan program, tahap evaluasi, dan tahap terminasi.

Page 1 of 2 | Total Record : 19