cover
Contact Name
RIZKI ANANDA
Contact Email
edukasi2019@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
edukasi2019@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
ISSN : 26568063     EISSN : 26568071     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis kebijakan pendidikan, pengelolaan pendidikan, analisis kepemimpinan dan penelitian-penelitian lainnya di bidang praktis pendidikan.
Arjuna Subject : -
Articles 115 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382" : 115 Documents clear
Pemanfaatan Media Pembelajaran, Inovasi di Masa Pandemi Covid-19 Siti Kulsum Syifa Husnul Khotimah
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (517.994 KB) | DOI: 10.31004/edukatif.v3i4.857

Abstract

Pemanfaatan media pembelajaran merupakan perangkat strategis dalam pendidikan yang dibutuhkan masyarakat. Pendidikan akan terus berlangsung secara kontinyu untuk bersaing dalam percaturan global dan untuk mewujudkan standar kehidupan yang lebih mumpuni dalam berbagai situasi. Adanya wabah pandemi covid-19 tidak menjadi hambatan kegiatan pembelajaran untuk terus berjalan meskipun dengan melakukan inovasi agar tercapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Penelitian ini termasuk dalam studi kasus yang bertujuan untuk membuktikan secara nyata bahwa pendidikan tidak terhambat meskipun dilakukan dengan inovasi berbeda. Metodologi yang digunakan dalam penelitian yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasilnya bahwa kegiatan belajar mengajar tetap dapat berjalan dengan menggunakan aplikasi Whatsapp Group dan Youtube sebagai alat penunjang media pembelajaran online.
Metode Penyebaran Agama Islam Sunan Gunung Djati Dalam Perspektif Pendidikan Islam Modern Asep Supriatna; Rini Novianti Yusuf; Vina Febiani Musyadad; Alfian Syach; Yogha Zulvian Iskandar
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (596.461 KB) | DOI: 10.31004/edukatif.v3i4.478

Abstract

Pendidikan Islam menurut pemikiran Sunan Gunung Djati Terutama caranya berdakwah, yang dianggap berbeda dengan metode para wali yang lain dimana Dia berani memadukan dakwah dengan seni budaya yang mengakar di masyarakat. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini meliputi: Konsep pendidikan menurut Sunan Gunung Djati; Konsep pendidikan Islam modern; dan Relevansi terhadap Konsep Pendidikan Menurut Sunan Gunung Djati terhadap Pendidikan Modern. Penelitian ini bertujuan untuk : Mengetahui konsep pendidikan menurut Sunan Gunung Djati; Mengetahui Konsep Pendidikan Menurut  Pendidikan Islam; dan Mengetahui Relevansi terhadap Konsep Pendidikan Menurut Sunan Gunung Djati terhadap Pendidikan Modern. Metode Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian bibliografis. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah bahwa penyebaran Agama Islam yang dilakukan Sunan Gunung Djati terhadap perkembangan Islam di Jawa sangat besar sekali. Adanya kerajaan Islam di Demak dan Banten merupakan beberapa contohnya. Tak kalah pentingnya lagi kontribusi Syarif Hidayatullah pada perkembangan Islam di Jawa Barat dengan cara dakwah dengan damai, mulai dari Kuningan, Indramayu, Majalengka, Cianjur, Garut, Ciamis, Sumedang, bahkan Jayakarta (Betawi).
Perspektif Teori Holland dalam Pemilihan Karir Siswa Indah Etika Putri; A Muri Yusuf; Afdal Afdal
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v3i4.591

Abstract

Pemilihan karir merupakan salah satu proses pembuatan keputusan terpenting dalam kehidupan individu. Keputusan yang ia buat akan berdampak pada apa yang akan dilalui dalam hidupnya. Pemilihan karir juga merupakan aspek kehidupan sosial seseorang yang tidak dapat terelakkan karena hal tersebut merupakan salah satu proses pembuatan keputusan setelah individu melewati beberapa tahap perkembangan dalam hidupnya. Sangat penting untuk membangun hubungan atau pencocokan antara tipe kepribadian pribadi dan pilihan karir tertentu. Pilihan dan penyesuaian karir mencerminkan kepribadian seseorang melalui enam tipe kepribadian Holland. Metode penelitian yang digunakan peneliti dengan pendekatan kualitatif, dengan pengumpulan data dilakukan untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi serta untuk merancang solusi. adapun teknik pengumpulan data melalui studi literatur. studi literatur dilakukan untuk penguatan masalah yang diangkat dalam penulisan ini. serta studi literatur solusi dalam mereduksi permasalahan yang terjadi, adapun solusi yang ditawarkan yakni perencanaan program bimbingan karir dalam meningkatkan eksplorasi karir siswa. pengolahan data dilakukan melalui penyusunan hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan studi literatur. kemudian hasil penyusunan yang diperoleh diklasifikasikan berdasarkan pengelompokan tertentu yang telah dibuat dan ditentukan oleh peneliti
Meta Analisis Model Problem Based Learning (PbL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Irene Octavia Rossytasari; Eunice Widyanti Setyaningtyas
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (830.627 KB) | DOI: 10.31004/edukatif.v3i4.1135

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Problem-based Learning (PbL) ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar, dengan menganalisis 20 penelitian eksperimen yang sudah dipublikasi pada Google Scholar atau Google Cendekia. Penelitian ini menggunakan metode meta analisis. Tahapan meta analisis dalam penelitian ini antara lain; (a) menetapkan topik, (b) mencari dan mengumpulkan data, (c) melihat kesesuaian isi artikel dengan permasalahan. (d) menghitung signifikansi dengan menggunakan Uji T, (e) menghitung Effect Size, dan (f) menganalisis. Dari hasil analisis 20 artikel, berdasarkan Uji Paired Sample Test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) (0,000) < α (0,05) dan t hitung = -5,661 < t tabel = 2,093 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, dan menghasilkan Effect Size 0,65 dengan kategori besar. Hasil effect size sebesar 0,65 mempunyai makna bahwa adanya perlakuan antar variable, artinya adanya perlakuan yang signifikan, model pembelajaran Problem-based Learning dalam membangun keterampilan berpikir kritis siswa SD. Hal tersebut menunjukan bahwa Problem-based Learning efektif digunakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Pengembangan Sistem Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Hidrolisis Garam Zarnida Widia Nengsih; Mawardi Mawardi
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (61.547 KB) | DOI: 10.31004/edukatif.v3i4.546

Abstract

Akibat terjadinya pandemi covid-19, kegiatan belajar dilakukan secara daring atau online. Selain itu, kurikulum 2013 menuntut pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan sistem pembelajaran flipped classroom berbasis inkuiri terbimbing pada materi Hidrolisis Garam dan menguji kevalidan serta kepraktisan sistem pembelajaran yang dihasilkan. Jenis penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan tahapan model Plomp, yaitu: (1) preliminary research, (2) development or prototyping phase, dan (3) assessment phase (tidak dilakukan). Data hasil penelitian dari angket validasi dianalisis dengan menggunakan rumus Aiken’s V, sedangkan data angket praktikalitas dianalisis dengan cara persentase. Berdasarkan hasil penelitian, sistem pembelajaran yang dikembangkan telah valid baik dari segi materi maupun media serta sistem pembelajaran sangat praktis dalam penggunaannya. Oleh karena itu, sistem pembelajaran  ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pelaksanaan pembelajaran secara daring
Pengaruh Manajemen Strategi Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Dan Daya Saing Rizki Izefti Aulia
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (145.554 KB) | DOI: 10.31004/edukatif.v3i4.626

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk melihat pengaruh manajemen strategi Pendidikan dalam meningkatkan mutu dan daya saing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode mixed methods dengan menggunakan tipe exploratory. Populasi penelitian adalah seluruh masyarakat yang berada di lingkungan SD Adhyaksa I Jambi sebanyak 47 orang. Sampel penelitian mengunakan teknik Non-Probability Sampling (Non-Random Sample) berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian kuantitatif menggunakan survey dan kuesioner, dataset statistik, wawancara, dan observasi. Sedangkan didalam penelitian kualitatif kerap kali menggunakan teknik wawancara, observasi, studi dokumen, dan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian yaitu tidak terdapat hubungan yang signifikan antara peran kepala sekolah terhadap mutu sekolah, terdapat hubungan yang signifikan antara peran kepala sekolah terhadap daya saing sekolah, dan perencanaan yang telah di buat dan disusun oleh kepala sekolah memberikan pengaruh dan dampak terhadap daya saing sekolah tetapi tidak memberikan dampak maupun pengaruh terhadap mutu Sekolah Dasar Adhyaksa I Kota Jambi
Pengaruh Kepercayaan Diri dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar Siti Ambarwati; Suhartono Suhartono; Nurhasanah Nurhasanah
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (551.985 KB) | DOI: 10.31004/edukatif.v3i4.1047

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai siswa pada abad 21 untuk menghadapi tantangan di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas V sekolah dasar se-Kecamatan Ambal dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian regresi, pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, dan pengumpulan data dengan angket dan tes. Teknik analisis data dengan uji asumsi klasik dan uji regresi ganda dengan menggunakan SPSS 25. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Ada pengaruh kepercayaan diri terhadap kemampuan berpikir kritis sebesar 25%, dengan nilai Sig = 0,000. (2) Ada pengaruh motivasi belajar berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis sebesar 11,5% dengan nilai Sig = 0,000. (3) Ada pengaruh kepercayaan diri dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis sebesar 87%, sedangkan sisanya diengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar model penelitian ini. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang kuat antara kepercayaan diri, motivasi belajar, dan kemampuan berpikir kritis siswa
Kompetensi Guru: Pelaksanaan Pembelajaran Berkelanjutan Dan Kreativitas Berbasis Esd Di Sekolah Dasar Risman Fauzi; Ghullam Hamdu
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (6247.169 KB) | DOI: 10.31004/edukatif.v3i4.675

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat implementasi kompetensi guru berbasis Education for Sustainable Development.  Penelitian ini dilakukan mengggunakan pendekatan kombinasi, sehingga proses pegumpulan data dilakukan mengunakan instrument berupa angket dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru di SDN 1 Jayaraga, Garut, Jawa Barat.  Data angket yang diperoleh dianalis menggunakan winstep dengan pemodelan rasch, sedangkan data hasil wawancara dilakukan dengan mengorganisasikan temuan kemudian melakukan interpretasi dan memaknai data.  Teknik analisis kombinasi dilakukan dengan cara perbandingan berdampingan, artinya data angket diperkuat dengan data yang diperoleh dari hasil wawancara. Berdasarkan penelitian yang dilakukan,tingkat pelaksanaan pembelajaran berbasis Education for Sustainable Development menunjukan angka yang baik yaitu 88.8%. Temuan baru dalam penelitian ini adalah sebenarnya guru telah melaksanakannya, akan tetapi guru tidak menyadari bahwa pembelajaran tersebut adalah pembelajaran berbasis Education for Sustainable Development
Transformasi Keyakinan Calon Guru melalui School Experience Program Deshinta Puspa Ayu Dwi Argaswari
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (881.168 KB) | DOI: 10.31004/edukatif.v3i4.1170

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi transformasi keyakinan calon guru di sebuah fakultas pendidikan, universitas swasta di Jakarta melalui Program Pengalaman Lapangan (PPL) bertahap yang disebut dengan School Experience Program (SEP). Penelitian ini didasari oleh modifikasi PPL yang dilakukan dengan mengirimkan mahasiswa calon guru ke sekolah secara bertahap mulai dari semester pertama. Hal ini berbeda dengan pelaksanaan PPL di mayoritas fakultas keguruan di Indonesia yaitu dengan mengirimkan calon guru ke sekolah pada semester akhir dalam jangka waktu tertentu. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus agar dapat menjawab pertanyaan ekplorasi mendalam mengenai transformasi keyakinan calon guru dan program SEP. Instrumen yang akan digunakan adalah dokumentasi, pengamatan langsung, dan wawancara mendalam. Prosedur penelitian studi kasus dilakukan dengan 10 tahap yaitu 1) pemilihan tema, topik, dan kasus, 2) pembacaan literatur, 3) perumusan fokus dan masalah penelitian, 4) pengumpulan data, 5) penyempurnaan data, 6) pengolahan data, 7) analisis data, 8) dialog teoritik, 9) triangulasi temuan, dan 10) simpulan hasil penelitian dan pelaporan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa melalui SEP mahasiswa calon guru membentuk keyakinan mengenai teori, keyakinan akan peran individu dalam mengajar, keyakinan akan profesi guru, dan keyakinan akan unsur pendidikan
Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Jerman Secara Daring Selama Pandemi Covid-19 Di Sekolah Menengah Atas Usfathon Fathonah; Herri Akhmad Bukhori
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (418.527 KB) | DOI: 10.31004/edukatif.v3i4.493

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan siswa kesulitan selama pembelajaran bahasa Jerman secara daring serta cara mengatasi kesulitan tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan mendeskripsikan data yang diperoleh dari angket dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah 35 siswa kelas XI IPS 1 dan XI Bahasa SMAN 6 Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan siswa kesulitan adalah (1) koneksi internet yang tidak stabil, (2) keterbatasan kuota, (3) suasana rumah yang tidak kondusif, (4) siswa kesulitan memahami materi yang diajarkan secara daring, (5) media pembelajaran kurang variatif, dan (6) siswa kesulitan dalam membagi waktu belajar. Cara siswa mengatasi kesulitan tersebut adalah dengan memanfaatkan sumber-sumber belajar yang tersedia di internet, bertanya kepada guru dan teman, serta berusaha menemukan solusi secara mandiri seperti mencari tempat yang tenang untuk mengikuti pembelajaran secara daring dan meminta tethering kepada orang tua atau keluarga. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat berbagai faktor kesulitan yang dialami siswa selama pelaksanaan pembelajaran bahasa Jerman secara daring, baik dari faktor internal maupun faktor eksternal. Siswa telah berusaha mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut dan diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk meningkatkan efektivitas dari pembelajaran daring kedepannya. 

Page 1 of 12 | Total Record : 115


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 7, No 5 (2025): Oktober Vol 7, No 4 (2025): Agustus Vol 7, No 2 (2025): In Press Vol 7, No 1 (2025): February Vol 6, No 6 (2024): December Vol 6, No 5 (2024) Vol 6, No 4 (2024) Vol 6, No 3 (2024) Vol 6, No 2 (2024): In Press Vol 6, No 2 (2024) Vol 6, No 1 (2024) Vol 5, No 6 (2023): December Vol 5, No 6 (2023) Vol 5, No 5 (2023) Vol 5, No 5 (2023): October Vol 5, No 4 (2023): August Vol 5, No 4 (2023) Vol 5, No 3 (2023) Vol 5, No 3 (2023): June Vol 5, No 2 (2023) Vol 5, No 2 (2023): April Vol 5, No 1 (2023) Vol 5, No 1 (2023): February Vol 4, No 5 (2022): October Pages 6401-7346 Vol 4, No 4 (2022): August Pages 5501-6400 Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000 Vol 4, No 2 (2022): April Pages 1601- 3200 Vol 4, No 1 (2022): February Pages 1-1600 Vol 4, No 6 (2022): December 2022 Vol 4, No 6 (2022) Vol 4, No 5 (2022) Vol 4, No 4 (2022) Vol 4, No 3 (2022) Vol 4, No 2 (2022) Vol 4, No 1 (2022) Vol 3, No 6 (2021): December Pages 3500-5500 Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500 Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382 Vol 3, No 3 (2021): June Pages 631-1091 Vol 3, No 2 (2021): April Pages 250-630 Vol 3, No 1 (2021): February, Pages 1-260 Vol 3, No 6 (2021) Vol 3, No 5 (2021) Vol 3, No 4 (2021) Vol 3, No 3 (2021) Vol 3, No 2 (2021) Vol 3, No 1 (2021) Vol 2, No 3 (2020): December, Pages 215-250 Vol 2, No 2 (2020): August, Pages 113-214 Vol 2, No 1 (2020): April, Pages 1-112 Vol 2, No 2 (2020) Vol 2, No 1 (2020) Vol 1, No 3 (2019): December Pages 97- 137 Vol 1, No 2 (2019): August Pages 56-96 Vol 1, No 1 (2019): April, Pages 1-55 Vol 1, No 3 (2019) Vol 1, No 2 (2019) Vol 1, No 1 (2019) More Issue