cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. badung,
Bali
INDONESIA
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Published by Politeknik Negeri Bali
ISSN : 02169843     EISSN : 25805614     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan [e-ISSN 2580-5614 ] p-ISSN 0216-9843 | DOI 10.31940/jbk] issued by Politeknik Negeri Bali, published three times a year in March, July and November.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 16 No 3 (2020): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan" : 10 Documents clear
Elements of Social Media Marketing: A Holistic Framework in Online Culinary Lina Setiawati; Nono Wibisono
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 16 No 3 (2020): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31940/jbk.v16i3.2101

Abstract

Consumer's lifestyle has been greatly shifted due to the massive development of social media and brought unprecedented opportunities and challenges for marketing activities. There are few steps leading to consumer in deciding the product that they want to buy. This study helps to explain elements and consequences of social media marketing in Instagram context and its relationship with purchase intention. To this end, an empirical study applying partial least square (PLS) were conducted. Utilizing 254 of sample size, the results reveal that community building is crucial determinants of social media marketing in online culinary information search which later affects purchase intention. Further, this study clarifies creating brand identity in Instagram is a way to build a brand image. This research has a potential impact to provide renewed insights for researchers into determinants and consequences of individual purchase intention.
Survei Minat Studi Jurusan Akuntansi dan Kebutuhan Tenaga Kerja Akuntansi di Kalimantan Timur Dahyang Ika Leni Wijayani; Dian Saripujiana
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 16 No 3 (2020): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31940/jbk.v16i3.2056

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi seberapa besar minat studi siswa SMA/SMK/MA terhadap Program Studi Akuntansi dan juga melihat besarnya kebutuhan tenaga akuntan di lingkup Kalimantan Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA/SMK/MA dan perusahaan di Kota Balikpapan, Kota Samarinda, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kota Bontang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif melalui survei dengan pendekatan cross sectional. Data diolah dengan menggunakan metode tabulasi frekuensi sederhana dengan microsoft excel dan diagram lingkaran. Dari 373 sampel siswa, sebanyak 30% memiliki minat studi pada D4 Akuntansi Perpajakan, sedangkan dari 50 responden perusahaan, 94% responden memiliki departemen khusus untuk akuntansi dan atau keuangan, serta sebesar 90% membutuhkan lulusan akuntansi untuk ditempatkan pada Departemen Akuntansi/Keuangan.
Reaksi Pasar Terhadap Pengumuman Covid-19 di Indonesia Kadek Nita Sumiari; Wayan Tari Indra Putri
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 16 No 3 (2020): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31940/jbk.v16i3.2081

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan reaksi pasar pada emiten indeks LQ45 sebelum dan sesudah pengumuman Covid-19 di Indonesia pada tanggal 2 Maret 2020. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diambil dari www.idx.co.id. Rentang waktu yang digunakan dalam penelitian ini adalah t-2 , t-1 (27 dan 28 Februari 2020) t+1, dan t+2 (3 dan 4 Maret 2020). Uji normalitas dilakukan dengan Uji Kolmogorov-Smirnov dan uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bawah terdapat perbedaan reaksi pasar pada emiten indeks LQ45 sebelum dan sesudah pengumuman Covid-19. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peristiwa ini mengandung informasi bagi pasar modal.
Pengaruh Fdr Dan Bopo Terhadap Npf Pada Bank Syariah Anak Perusahaan BUMN Mairani Safitri; Totok Ismawanto; Hendra Sanjaya Kusno
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 16 No 3 (2020): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31940/jbk.v16i3.2192

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) terhadap Non-Performing Financing (NPF) secara simultan dan parsial pada Bank Syariah Anak Perusahaan BUMN periode 2015 – 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah bank syariah anak perusahaan BUMN periode 2015 – 2019, dimana sampel terdiri dari Bank Syariah Mandiri, BRI Syariah dan BNI Syariah. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Model analisis dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Linier Berganda dan teknik analisis yang digunakan adalah Uji Koefisien Determinasi (R2), Uji Statistik F dan Uji Statistik t dengan bantuan program IBM SPSS 24.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) secara simultan. Kemudian, FDR secara parsial berpengaruh negatif signifikan terhadap NPF dan BOPO secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap NPF.
Peran Gender dalam Niat Berwirausaha syahran Syahran; Rosalina Debiyani
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 16 No 3 (2020): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31940/jbk.v16i3.2196

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji variabel-variabel yang terdapat dalam Teori Perilaku Terencana yaitu sikap, norma subjektif, dengan menambahkan variabel pendidikan kewirausahaan dan variabel jenis kelamin sebagai pemoderasi. Sampel menggunakan metode purposive sampling sebanyak 290 siswa. Analisis statistik menggunakan SEM (Structural Equation Modeling) yang dioperasikan menggunakan Software PLS versi 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel sikap, dan pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif terhadap niat berwirausaha. Norma subyektif tidak Berpengaruh niat berwirausaha dan tidak ada pengaruh gender pada sikap terhadap niat berwirausaha jika gender dijadikan moderasi.
Pengaruh Promosi Dan Fitur Layanan Transaksi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pemilihan E-wallet Pramelani Pramelani; Safrezi Fitra
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 16 No 3 (2020): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31940/jbk.v16i3.2193

Abstract

Dengan semakin menjamurnya e-wallet, maka tidak sedikit yang berlomba-lomba mendapatkan konsumen dengan menawarkan berbagai layanan pada fitur serta promo yang ditawarkan. Para pembisnis berebut dalam menarik konsumen sehingga yang menjadi permasalahan apakah adanya pengaruh promosi dan fitur layanan terhadap keputusan konsumen dalam pemilihane-wallet. Melihat dari permasalahan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan fitur layanan transaksi terhadap keputusan konsumen dalam pemilihan e-wallet. Metode yang digunakan penelitian kuantitatif dimana pengambilan sampel menggunakan model convenience sampling. Responden adalah pengguna e-wallet yang berada di daerah Jakarta. Analisa yang didapat bahwa terdapat pengaruh positif masing-masing variabel promosi dan variabel fitur layanan transaksi terhadap keputusan konsumen dalam pemilihan e-wallet. Tidak hanya itu pula hasil dari penelitian ini ditemukan pengaruh positif secara serentak pada variabel variabel promosi dan variabel fitur layanan transaksi terhadap keputusan konsumen dalam pemilihan e-wallet.
Pengaruh Etnosentrisme Konsumen terhadap Minat Beli Serial Film Superhero Bumilangit Cinematic Universe Ilham Ramadhan; Arianis Chan; Pratami Wulan Tresna
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 16 No 3 (2020): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31940/jbk.v16i3.2086

Abstract

Kemudahan distribusi film superhero impor di pasar nasional membuat film superhero domestik menjadi terancam. Hal ini diperlihatkan dengan jumlah penonton yang relatif rendah pada film superhero domestik dibandingkan dengan film superhero impor, sehingga penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh etnosentrisme konsumen terhadap minat beli seri seri film superhero dalam negeri. Penelitian ini dilakukan terhadap 115 pengguna TIX ID di Kota Bandung dengan menggunakan metode purpossive sampling. Hipotesis diuji dengan menggunakan regresi linier sederhana melalui program statistical program for social science (SPSS). Hasil penelitian memperlihatkan bahwa konsumen di Indonesia memiliki etnosentrisme yang tinggi. Tingginya etnosentrisme konsumen tersebut dibangun oleh lima konstruksi, yaitu prosociality, cognition, insecurity, reflexiveness, dan habituation. Pada penelitian ini memperlihatkan bahwa konsumen memiliki minat beli yang tinggi terhadap Bumilangit Cinematic Universe. Hasil perhitungan juga menjelaskan bahwa etnosentrisme konsumen memiliki pengaruh positif signifikan terhadap minat beli serial film superhero domestik. Hal ini memberikan implikasi terhadap keputusan pembelian konsumen dalam menonton serial film domestik yang menyebabkan tingginya jumlah penonton yang diperoleh Bumilangit Cinematic Universe sehingga mampu bersaing dengan film superhero impor di pasar film nasional.
Peran Pendidikan Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Motivasi, Kompetensi Dan Menumbuhkan Minat Mahasiswa Asni Harianti; Maya Malinda; Nur Nur; Henky Lisan Suwarno; Yolla Margaretha; Devas Kambuno
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 16 No 3 (2020): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31940/jbk.v16i3.2194

Abstract

Pendidikan kewirausahaan digalakkan terkait isu pengangguran terbuka di Indonesia. Penerapan pendidikan kewirausahaan di perguruan tinggi dimaksudkan untuk mendidik individu memilih karir wirausaha. Penelitian ini bertujan untuk menggambarkan persepsi mahasiswa mengenai efektivitas metode pembelajaran pendidikan kewirausahaan. Penelitian deskriptif ini menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui survei kepada 155 peserta didik mata kuliah Perencanaan Bisnis pada Program Studi Manajemen Universitas Kristen Maranatha. Ditinjau dari persepsi mahasiswa, hasil penelitian ini secara rata-rata menggambarkan, bahwa metode pembelajaran kewirausahaan dinilai efektif memiliki peran dalam meningkatkan motivasi, kompetensi, dan menumbuhkan minat wirausaha. Metode pembelajaran kewirausahaan yang bersifat praktik dapat lebih ditingkatkan agar dapat melibatkan mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dan memberikan dampak positif pada minat wirausaha.
Behavior Determinants of Young Generation Entrepreneurship Based on Green Accounting Made Bagiada; Ni Nyoman Aryaningsih; I Made Sarjana; Made Dana Saputra
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 16 No 3 (2020): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31940/jbk.v16i3.2088

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor penentu perilaku entrepreneuship generasi muda berbasis green accounting. Rancangan penelitian adalah mixed methods (kombinasi kualitatif-kuantitatif). Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, interview dan Group Disscussion. Metode analisis data lapangan dilakukan dengan uji Non-parametrik K-S Test dan Regresi Linear Stepwise (bertahap). Dimensi perilaku dikaji dengan komitmen, pengambilan keputusan, dan sikap. Entrepreneur generasi muda dikaji dengan pengetahuan kognitif, jaringan social, intensitas transaksi. Generasi muda dikaji dari umur, pendidikan, pengalaman, pembelajaran berpikir kritis. Green accounting dikaji dari aktivitas, biaya dan manfaat. Green Accounting (akuntansi lingkungan) merupakan upaya untuk menggabungkan manfaat lingkungan dan biaya ke dalam pengambilan keputusan ekonomi atau hasil keuangan usaha. Hasil penelitian diproleh analisis kurve normal dengan tes K-S ρ-value >α 0,05. Hasil pengujian K-S Test diperoleh z hitung 1,63 < Z Tabel 1,96. Hasil Analisis regresi linear stepwise menunjukkan bahwa penentu perilaku entreprenurship generasi muda berkontribusi terhadap aktivitas sebesar 79,6%, kontribusi terhadap biaya sebesar 53,6%, dan berkontribusi terhadap manfaat yang dihasilkan sebesar 52,9%. Optimalitas fungsi dan peran wirausaha generasi muda diprediksi mampu memecahkan masalah ekonomi. Rekomendasi hasil penelitian bahwa perilaku entreprenurship mampu menghasilkan kesempatan kerja baru dan generating income potential, sehingga perlu kajian lebih dari pengujian lanjutan spirit inovasi dan entrepreneurship muda yang bermanfaat dan berkarya.
Analisis Perilaku Konsumen dan Keuangan Terhadap Minat Investasi Properti Kelas Menengah di Kota Batam Wisnu Yuwono; Angelin Denis Yeo
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 16 No 3 (2020): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31940/jbk.v16i3.2195

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel yang mempengaruhi investor dalam pembelian properti kelas menengah di Kota Batam, dikarenakan sektor properti di Kota Batam saat ini mengalami stagnasi seiring melambatnya pertumbuhan sektor industri di beberapa tahun terakhir. Variabel yang diduga kuat dalam mempengaruhi konsumen dalam pembelian properti diantaranya consumer behavior, consumer attitude, overconfidence dan financial. Penelitian ini perupakan penelitian survei dengan penyebaran kuesioner kepada 295 responden. Dengan pendekatan structural equation modelling (SEM) melalui software SmartPLS versi 3.2 didapatkan hasil bahwa menunjukkan bahwa consumer behavior, consumer attitude, overconfidence dan financia berpengaruh signifikan terhadap minat investor dalam pembelian property.

Page 1 of 1 | Total Record : 10