cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jelt.fbs.unp@gmail.com
Editorial Address
English Department of Faculty of Languages and Arts of Universitas Negeri Padang. Jalan Prof. Dr. Hamka Air Tawar, Padang Sumatera Barat, Indonesia, 25131
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Journal of English Language Teaching
ISSN : -     EISSN : 23023198     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal of English Language Teaching is a journal published by English Language Teaching Study Program of FBS Universitas Negeri Padang. This journal is published three times a year (March, June, and September). The main purpose of this journal is to advance and foster English Language Teaching or education, research, and professionalism in Indonesia. The journal provides research and paper to increase awareness, consideration and analysis of issues in Teaching English as Foreign Language, and also promotes the interchange of ideas, and comparative studies in this field.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2014): Serie B" : 10 Documents clear
THE ANALYSIS OF STUDENTS’ WRITING ABILITY IN A NARRATIVE TEXT AT SENIOR HIGH SCHOOL 3 BUKITTINGGI Fauziatul Fitriani; Saunir Saun; Muhammad Al-Hafizh
Journal of English Language Teaching Vol 3, No 1 (2014): Serie B
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.365 KB) | DOI: 10.24036/jelt.v3i1.4369

Abstract

ABSTRAK Kemampuan siswa kelas X SMA N 3 Bukittinggi dalam menulis tergolong masih rendah. Hal tersebut dilihat dari analisis nilai siswa dari tiga rater. Rendahnya nilai siswa dalam menulis disebabkan karena kurang nya pengetahuan siswa terhadap aspek –aspek yang perlu diperhatikan dalam menulis seperti compenent, organization, vocabulary, language use, mechanic. Dalam kesempatan ini penulis menganalisis nilai siswa melalui naratif teks. Penelitian ini berteujuan unutuk mengetahui sejauh mana siswa memahami setiap aspek penulisan sehingga siswa mendapatkan nilai yang jauh lebih memuaskan untuk penulisan selanjutnya, setelah mngetahui kamampuan siswa dan guru bisa melihat dibagian asapek mana yang perlu ditingkatkan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas  X IPS yang berjumlah 147 orang dan sample dari penelitian ini sebanyak 23 orang. Pengumpulan data diambil dari tes menulis teks naratif. Data dari penelitian ini berupa nilai writing test siswa dari kelompok sampel. Ditemukan hasil penelitian ini mengemukakan nilai yang didapatkan oleh siwa dalam aspek content sebanyak 68,79 dengan kualifikasi baik. Organization sebanyak 78,04 dengan kualifikasi baik, vocabulary sebanyak 76,73 dengan kualifikasi baik, language use sebanyak 62,08 dengan kualifikasi rata-rata sedangkan  mechanic 50,43 dengan kualifikasi rendah.   Kata Kunci:  Kemapuan menulis, narrative text.
TEACHING WRITING A NARRATIVE TEXT BY USING THE SPIN-A-STORY WRITING PROMPT TO JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS Mahendra Mahendra; Rusdi Noor Rosa
Journal of English Language Teaching Vol 3, No 1 (2014): Serie B
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.005 KB) | DOI: 10.24036/jelt.v3i1.4360

Abstract

Abstrak Siswa SMP masih menemui kesulitan dalam menulis narrative teks. Hal ini disebabkan karena mereka masih lemah dalam hal menulis dan menyalurkan ide-ide untuk dituangkan dalam teks naratif. The Spin-a-Story Writing Prompt adalah sebuah media yang terdiri dari Story Wheel dan Story Chart yang nantinya diisi siswa untuk menambahkan detil cerita dari keywords dalam Story Wheel. Seorang guru memandu siswa dalam menggunakan media The Spin-a-Story Writing Prompt yaitu dengan memutar story wheel untuk mendapatkan keywords ide cerita dan mengelaborasi detilnya di story chart. Guru memberikan kebebasan kepada siswa untuk memutar story wheel sampai siswa mendapatkan karakter, plot, dan latar yang mereka suka. Dengan menggunakan media ini siswa dapat bereksplorasi dengan ide-ide cerita dari story wheel dan dimudahkan menyusun struktur cerita naratif dengan story chart.   Kata kunci: narrative, The Spin-a-Story writing prompt, story wheel, story chart, keywords.
THE EFFECT OF APPLYING ANNOTATING STRATEGY ON COMPREHENSION OF GRADE XI STUDENTS AT SMAN 8 PADANG IN READING MONOLOGUE TEXTS Heniarti Sri Agusta; Zainuddin Amir; Delvi Wahyuni
Journal of English Language Teaching Vol 3, No 1 (2014): Serie B
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (412.672 KB) | DOI: 10.24036/jelt.v3i1.4364

Abstract

Abstrak Artikel ini membahas pengaruh Annotating Strategy terhadap pemahaman siswa kelas XI di SMAN 8 Padang dalam membaca teks monolog. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain yang disebut non-equivalent control group. Data penelitian berupa nilai Reading Comprehension Test dan dianalsis secara statistik dengan menggunakan t-test, Effect Size, dan ANOVA. Dari pengujian hipotesis dengan t-test (t0 = 14.95, df = 60, α = 0.05, dan tt = 2.00), dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan signifikan antara dua kelas sampel, dan strategi menganotasi yang digunakan kelas eksperimen membawa pengaruh yang lebih baik dibanding strategi yang digunakan kelas kontrol. Dari perhitungan Effect Size (ES = 3.60, r BESD = 0.87) diketahui bahwa strategi menganotasi berpengaruh besar pada pemahaman membaca. Dari perhitungan ANOVA (F0 = 2.45, df = 2/99, α = 0.02 dan Ft = 4.82) dapat disimpulkan bahwa strategi menganotasi baik digunakan dalam membaca ketiga jenis teks yang diajarkan, yakni Hortatory Exposition, Narrative dan Spoof. Kata Kunci: Strategi Menganotasi, Pemahaman, Teks Monolog
USING THE WWH (WHAT-WHY-HOW) STRATEGY IN TEACHING WRITING AN ANALYTICAL EXPOSITION TEXT TO SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS Rani Rumanda; Muhammad Al-Hafizh
Journal of English Language Teaching Vol 3, No 1 (2014): Serie B
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.415 KB) | DOI: 10.24036/jelt.v3i1.4368

Abstract

Abstrak Paper ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa kelas XI pada Sekolah Menengah Atas dalam menulis teks yang berbentuk analytical exposition dengan menggunakan strategi WWH (What-Why-How). Dalam mengimplementasikan strategi WWH, guru menggunakan sebuah tabel yang terdiri dari tiga kolom untuk mempermudah siswa dalam mengembangkan teks analytical exposition. Penggunaan strategi ini terbagi dalam beberapa tahap. Pertama siswa diminta untuk membuat sebuah tabel yang terdiri dari tiga kolom. Kolom pertama dinamakan What, kolom kedua dinamakan Why dan kolom terakhir dinamakan How. Selanjutnya, guru menjelaskan maksud dan memberikan contoh dari setiap kolom, agar siswa mengerti apa yang akan dikerjakan pada setiap kolom tersebut. Penerapan strategi WWH memiliki tiga keunggulan utama. Pertama, strategi WWH membantu siswa mengembangkan ide-ide siswa menjadi sebuah teks analytical exposition. Kedua, strategi WWH juga membantu siswa membuat teks analytical exposition tersusun dengan baik. Disamping itu, dengan menggunakan strategi WWH dapat membantu guru dalam mempermudah pengajaran menulis teks analytical exposition. Oleh karena itu, strategi WWH sangat sesuai diterapkan dalam pengajaran menulis teks analytical exposition di SMA. Kata Kunci: Strategi WWH (What-Why-How), teks analytical exposition, kemampuan menulis.
USING “GETTING TO KNOW” GAME IN TEACHING SPEAKING FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS Dian Ramayanti; An Fauzia Rozani Syafe'i
Journal of English Language Teaching Vol 3, No 1 (2014): Serie B
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (574.245 KB) | DOI: 10.24036/jelt.v3i1.4363

Abstract

Abstrak Banyak siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) yang kesulitan dalam berbicara Bahasa Inggris. Hal ini disebabkan karena Bahasa Inggris bukanlah bahasa ibu mereka, maka Bahasa Inggris dianggap asing dan sulit untuk dilafalkan. Oleh karena itu, dibutuhkan aktifitas-aktifitas yang dapat memotivasi siswa untuk berbicara Bahasa Inggris di dalam kelas. Dalam hal ini, penulis menyarankan penggunaan“Getting to Know” game untuk membantu siswa dalam belajar speaking agar dapat berbicara dalam Bahasa Inggris dengan baik. Melalui game ini, siswa diharapkan dapat berbicara Bahasa Inggris secara spontan dan natural dalam bentuk interaksi tanya jawab berdasarkan topik yang diberikan oleh guru. Siswa dapat berbicara sesuai kemampuan mereka dalam bertanya dan menjawab, tidak ada paksaan. Guru akan memperhatikan siswa selama bermain dan kemudian memberikan kritik dan memperbaiki kesalahan siswa setelah semua siswa tampil. Keuntungan dari permainan ini adalah meningkatkan kemampuan berbicara siswa, dan terutama untuk melatih siswa agar aktif dalam speaking English di dalam kelas. Kata kunci: speaking, “getting to know” game.
DEVELOPING SENIOR HIGH SCHOOL STUDENT’S READING COMPREHENSION BY USING PROPOSITION SUPPORT OUTLINE Tri Deka Susanti; Zainuddin Amir
Journal of English Language Teaching Vol 3, No 1 (2014): Serie B
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.407 KB) | DOI: 10.24036/jelt.v3i1.4367

Abstract

Abstrak Makalah ini bertujuaan untuk menjelaskan teknik yang dapat diaplikasikan dalam pengajaran pemahaman yaitu Poposition Support Outline. Teknik ini dapat membantu siswa menentukan point inti atau ide pokok dari sebuah teks dan fakta yang mendukung ide pokok tersebut. Dalam menggunakan Proposition support outline strategi guru membimbing siswa untuk menentukan ide pokok dari teks dan menemukan kalimat pendukung ide pokok tersebut. Dalam mengaplikasikan strategi Proposition Support Outline ada beberapa langkah yang harus dilakukan yaitu memberikan teks yang akan dipelajari, menemukan ide pokok dari setiap paragraf, setelah siswa menemukan ide pokok dari setiap paragraf, siswa harus menemukan ide pokok dari teks tersebut atau yang disebut sebagai proposition. Kemudian, siswa mencari pendukung propostion tersebut. Pendukung dari ide pokok tersebut dapat dikategorikan sebagai fakta, statistic, pendapat para ahli dan contoh. Guru memperlihatkan contoh dari kerangka Proposition Support Outline dan meminta siswa melengkapi kerangka  tersebut berdasarkan dari proposition dan pendukung dari proposition yang mereka temukan dari teks. Setelah siswa melengkapi kerangka tersebut, siswa melakukan diskusi dari proposition support outline tersebut. Pada tahap akhir siswa menampilkan tentang apa yang mereka pahami dari teks setelah membuat Proposition support outline.  Strategy ini cocok digunakan untuk mengembangkan kemampuan membaca pemahaman siswa karena siswa bisa menemukan ide pokok yang penulis berikan dan menemukan kalimat yang mendukung ide pokok penulis tersebut.
USING THE KICK ANDY TALK SHOW IN TEACHING WRITING A RECOUNT TEXT TO JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS Lucyana Rosma; Saunir Saun
Journal of English Language Teaching Vol 3, No 1 (2014): Serie B
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.397 KB) | DOI: 10.24036/jelt.v3i1.4362

Abstract

Abstrak Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan penggunaan “Kick Andy Talk Show” sebagai media dalam pembelajaran menulis teks recount kepada siswa Sekolah Menengah Pertama karena mereka banyak menemui kesulitan dalam membuat teks recount. Sebab kurangnya ide-ide dan informasi yang mereka miliki, diharapkan Kick Andy Talk Show ini dapat membantu. “Kick Andy Talk show” adalah siaran interaktif di Metro TV yang menyediakan narasumber yang memiliki bakat dan talenta. Dialog pada tayangan ini dapat membantu siswa dalam mendapatkan ide-ide dan informasi mengenai kehidupan seseorang yang dapat digunakan untuk membuat teks recount. Langkah-langkah pengajaran menggunakan media “Kick Andy Talk Show” ini adalah: kegiatan pre-teaching, whilst- teaching dan post-teaching. Sebelum mulai mengajar, guru mempersiapkan video “Kick Andy Talk Show” yang akan ditayangkan dalam kelas. Pada pre-teaching, guru mengaktifkan latar belakang pengetahuan siswa mengenai topik yang akan diajarkan. Pada whilst-teaching, guru memutar video “Kick Andy Talk Show” dan mendiskusikannya dengan siswa mengenai informasi yang dapat digunakan dalam pengembangan membuat teks recount. Pada post-teaching, guru mendiskusikan hasil pelajaran dengan siswa dan menyimpulkan hasil pelajaran.
TEACHING WRITING A DESCRIPTIVE TEXT BY USING DOUBLE ENTRY DIARY TO JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS Devita Sarma; Rusdi Noor Rosa
Journal of English Language Teaching Vol 3, No 1 (2014): Serie B
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (620.302 KB) | DOI: 10.24036/jelt.v3i1.4365

Abstract

Abstrak Siswa SMP masih menemui kesulitan dalam menulis Descriptive teks. Hal ini disebabkan karena mereka masih lemah dalam hal menulis dan mengorganisasikan ide-ide untuk dituangkan dalam teks naratif. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menjelaskan bagaimana cara menggunakan Double Entry Diary Strategy dalam mengajar descriptive text kepada siswa SMP. menggunakan Double Entry Diary strategy, dimana siswa diminta untuk melengkapi dua buah kolom tentang gambar yang diperhatikan. Kolom pertama berisikan benda-benda yang ada dalam kelas dan kolom kedua berisi pendapat siswa tentang benda tersebut. Melalui penerapan teknik Double Entry Diary ini, guru diharapkan untuk dapat mengoptimalkan pembelajaran bahasa Inggris dalam kemampuan menulis sehinggga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Selain itu, dengan kehadiran teknik ini, siswa juga diharapkan mampu mengoptimalkan kemampuan mereka dalam menuturkan dan mengorganisasikan ide sehingga siswa mampu menulis text Descriptive dengan benar. Key words: Descriptive text, Teaching writing, Double Entry Diary Strategy
THE USE OF THE TITANPAD WEB IN TEACHING WRITING A HORTATORY EXPOSITION TEXT AT SENIOR HIGH SCHOOL Khairat Risman; Leni Marlina
Journal of English Language Teaching Vol 3, No 1 (2014): Serie B
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1036.049 KB) | DOI: 10.24036/jelt.v3i1.4366

Abstract

Abstrak Makalah ini membahas tentang penggunaan TitanPad Website sebagai media dalam mengajar menulis sebuah  hortatory exposition text di kelas XI Sekolah Menengah Atas. Dalam menggunakan TitanPad, guru harus menyiapkan kelas khusus yang menyediakan komputer dengan akses internet dan projector. Dengan menggunakan TitanPad Website, siswa akan bekerja berkelompok dengan menggunakan komputer mereka masing-masing untuk menghasilkan sebuah hortatory exposition text melalui kegiatan collaborative writing. Kegiatan ini meliputi (1) brainstorming tentang topik yang diberikan; (2) planning idea yang akan dijadikan kerangka untuk menulis; (3) writing dimana siswa mulai menulis secara individu; (4) editing dimana siswa akan memberikan koreksi pada tulisan dari anggota kelompok dan (5) final product dimana tulisan siswa akan ditampilkan di depan kelas. Dengan menggunakan TitanPad Website, siswa akan dapat mengembangkan ide serta meningkatkan grammar mereka di dalam menulis sebuah hortatory exposition text. Guru juga dapat memantau pekerjaan pekerjaan siswa dengan TitanPad melalui komputernya. Oleh karena itu, TitanPad dapat menjadi sebuah media yang tepat dalam membantu guru memantau kegiatan siswa di dalam kelas dan membangkitkan minat siswa untuk bekerja bersama dalam menulis sebuah hortatory exposition text. Kata kunci: TitanPad website, collaborative writing, hortatory exposition text
THE USE OF THE TELL ME WHAT YOU SEE TECHNIQUE IN TEACHING WRITING DESCRIPTIVE TEXT FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS Yoanda Febti Ardyan; Saunir Saun
Journal of English Language Teaching Vol 3, No 1 (2014): Serie B
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.238 KB) | DOI: 10.24036/jelt.v3i1.4361

Abstract

Abstrak Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan penggunaan tekhnik Tell Me What You See dalam pembelajaran menulis teks deskriptif. Kemampuan siswa SMP dalam memahami teks deskriptif masih sangat kurang disebabkan karena penggunaan tekhnik yang kurang menarik oleh guru dalam pengajaran. Dalam materi teks  deskriptif ini siswa dituntut untuk dapat mendeskripsikan objek, tokoh, dan tempat yang ada di lingkungan sekitar melalui tulisan. Untuk menstimulus siswa dalam menulis dipilih teknik pengajaran Tell Me What You See yang merupakan pengembangan dari teknik belajar visual internal. Teknik Tell Me What You See yaitu konsep pembelajaran dengan mengoptimalkan penglihatan terhadap objek yang dilihatnya dan mengeksplorasi imajinasinya, kemudian dituangkan oleh siswa melalui kata-kata lewat keterampilan berbicara sebelum dituangkan ke dalam bentuk tulisan. Tekhnik ini sangat cocok digunakan dalam pembelajaran teks deskriptif yang menuntut siswa berbicara mendeskripsikan suatu objek lalu menuliskannya. Melalui pembelajaran keterampilan menulis dengan menggunakan teknik Tell Me What You See ini dapat dijadikan pilihan untuk guru dalam menciptakan pembelajaran Bahasa Inggris yang efektif, kreatif, dan menyenangkan.   Key words: writing, the Tell Me What You See technique, descriptive text  

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Vol 14, No 3 (2025) Vol 14, No 1 (2025) Vol 13, No 3 (2024) Vol 13, No 2 (2024) Vol 13, No 1 (2024) Vol 12, No 4 (2023) Vol 12, No 3 (2023) Vol 12, No 2 (2023) Vol 12, No 1 (2023) Vol 11, No 4 (2022) Vol 11, No 3 (2022) Vol 11, No 2 (2022) Vol 11, No 1 (2022) Vol 10, No 4 (2021) Vol 10, No 3 (2021) Vol 10, No 2 (2021) Vol 10, No 1 (2021) Vol 9, No 4 (2020) Vol 9, No 3 (2020) Vol 9, No 2 (2020) Vol 9, No 1 (2020) Vol 8, No 4 (2019) Vol 8, No 3 (2019) Vol 8, No 2 (2019) Vol 8, No 1 (2019) Vol 7, No 4 (2018) Vol 7, No 3 (2018) Vol 7, No 2 (2018) Vol 7, No 1 (2018) Vol 6, No 1 (2017): Serie A Vol 6, No 1 (2017): Serie E Vol 6, No 1 (2017): Serie B Vol 6, No 1 (2017): Serie D Vol 6, No 1 (2017): Serie C Vol 5, No 1 (2016): Serie A Vol 5, No 1 (2016): Serie B Vol 5, No 1 (2016): Serie E Vol 5, No 1 (2016): Serie C Vol 5, No 1 (2016): Serie F Vol 5, No 1 (2016): Serie D Vol 4, No 2 (2016): Serie A Vol 4, No 1 (2015): Serie A Vol 3, No 1 (2014): Serie D Vol 3, No 1 (2014): Serie B Vol 3, No 1 (2014): Serie A Vol 3, No 1 (2014): Serie C Vol 2, No 3 (2014): Serie A Vol 2, No 2 (2014): Serie A Vol 2, No 2 (2014): Serie C Vol 2, No 2 (2014): Serie B Vol 2, No 1 (2013): Serie F Vol 2, No 1 (2013): Serie D Vol 2, No 1 (2013): Serie A Vol 2, No 1 (2013): Serie C Vol 2, No 1 (2013): Serie E Vol 2, No 1 (2013): Serie B Vol 1, No 3 (2013): Serie A Vol 1, No 2 (2013): Serie C Vol 1, No 2 (2013): Serie D Vol 1, No 2 (2013): Serie E Vol 1, No 2 (2013): Serie A Vol 1, No 2 (2013): Serie F Vol 1, No 2 (2013): Serie H Vol 1, No 2 (2013): Serie G Vol 1, No 2 (2013): Serie I Vol 1, No 2 (2013): Serie B Vol 1, No 1 (2012): Serie D Vol 1, No 1 (2012): Serie C Vol 1, No 1 (2012): Serie A Vol 1, No 1 (2012): Serie B More Issue