Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran
JSGP (Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, ISSN 2654-6477) is an academic publication media managed by the Faculty of Teacher Training and Education and published by Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP). Publishing research results and theoretical studies in the field of education, JSGP is a reference source as well as a means of publication for teachers, lecturers, students, school supervisors, policymakers, and education observers.
Articles
14 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 2 No. 3 (2019): September - December"
:
14 Documents
clear
Critical Thinking of Female Students in Solving Mathematical Problems
Riny Arviana;
Sufyani Prabawanto
Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran Vol. 2 No. 3 (2019): September - December
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (164.543 KB)
|
DOI: 10.30605/jsgp.2.3.2019.1392
Higher order thinking skill is a topic which attracts more attention of researchers in education field. Critical thinking belongs to higher order thinking skills. This kind of thinking should be had by everyone. Critical thinking belongs to 21st century skills Solving real world-mathematical problem regularly is assumed as one of ways encouraging one to grow and to enhance his critical thinking. A person who has good critical thinking skill in solving mathematical problems is considered to also think critically well in living his daily life. This study aims to investigate the critical thinking skill of female students consisting of ability in giving argument, drawing conclusion, and evaluating conclusion. A case study was carried out to four female students who were recruited based on their volunteering. Their critical thinking skills were evaluated by using essay test and interview. Participants’ critical thinking in solving mathematical problems is classified into high, medium, or low level. FS-1 and FS-4 are classified as low-level critical thinker. FS-2 and FS-3 are classified as high-level critical thinker. It is recommended to conduct similar study with larger sample involving both male and female students to compare their critical thinking in solving mathematical problems.
Desain Kerangka Silabus Berbasis Tugas pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Umum Berdasarkan Analisis Kebutuhan dan Analisis Situasi Mahasiswa Teknik Sipil UKI Toraja
Nilma Taulabi;
Markus Deli Girik Allo;
Elim Trika Sudarsi
Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran Vol. 2 No. 3 (2019): September - December
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (238.651 KB)
|
DOI: 10.30605/jsgp.2.3.2019.1393
Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan Kebutuhan belajar bahasa inggris umum, dan mendesain kerangka Silabus Berbasis Tugas pada Mata kuliah Bahasa Inggris Umum Berdasarkan Analisis Kebutuhan dan Analisis Situasi Mahasiswa Tehnik Sipil UKI Toraja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan (Research and development/R&D). Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Tehnik Sipil UKI Toraja sebanyak 60 mahasiswa. Dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan instrumen Angket, dan Wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan tehnik Miles dan Huberman (2002: 16). Teknik analisis data ini meliputi tiga langkah pokok yaitu: 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Ketiga langkah ini dilakukan secara terus menerus sejak awal. Untuk menganalisis data angket dari informasi yang sudah dikumpulkan dari responden selanjutnya dianalisis. Teknik analisis yang kami terapkan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan persentase dan frekuensi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kebutuhan belajar Mahasiswa Tehnik Sipil UKI Toraja yakni: Kegiatan Pembelajaran yang dibutuhkan meliputi Kegiatan Pembelajaran dalam bentuk tatap muka, penugasan terstruktur, kegiatan mandiri tak terstruktur. Kebutuhan mahasiswa tentang metode pengajaran yakni belajar secara berkelompok, belajar secara berpasangan, dan belajar sendiri. Topik pelajaran yang disukai dalam belajar Bahasa Inggris Umum, mahasiswa menyukai materi tentang IPTEKS, materi Bahasa Inggris Umum yang kontekstual, dan materi kegiatan sehari-hari. Desain kerangka Silabus Berbasis Tugas pada Mata kuliah Bahasa Umum Inggris didasarkan pada Analisis Kebutuhan dan Analisis Situasi Mahasiswa Tehnik Sipil UKI Toraja yang merefleksikan Kegiatan Pembelajaran dalam bentuk tatap muka, penugasan terstruktur, kegiatan mandiri tak terstruktur.
Meningkatkan Hasil Belajar Materi Kerjasama PPKn Melalui Pengelolaan Arsip Digital Learning Berbasis Online Siswa Kelas VII2 SMPN 3 Tanete Rilau Kabupaten Barru
Nuraeni Nuraeni
Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran Vol. 2 No. 3 (2019): September - December
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (175.386 KB)
|
DOI: 10.30605/jsgp.2.3.2019.1394
Menurut hasil analisis angket dan hasil tes diagnotis sebelum dilakukan penelitian adalah rendah hasil belajar materi PPKn dan banyaknya peserta didik sulit mengakses materi PPKn, sehingga dilakukan penelitian dibidang ini. Pemecahan pengelolaan arsip digital learning berbasis online untuk meningkatkan hasil belajar materi kerjasama PPKn siswa kelas VII2 SMPN 3 Tanete Rilau kabupaten Barru. Pendekatan; penelitian tindakan kelas berdaur ulang dengan prosedur tiga siklus. Pelaksanaannya, dua kali pertemuan setiap siklus terdiri pemberian tindakan dan pemberian tes. Setiap siklus empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Hasil penelitian dan simpulan; (1) Hasil belajar meningkat aspek sikap (KI 1-2) skor persentase selisih 15,25% kategori cukup menjadi kategori baik, meningkat aspek pengetahuan (KI-3) skor rerata selisih 10,65 kategori cukup siklus tiga dari kategori kurang siklus dua, meningkat aspek keterampilan (KI-4) skor rerata selisih 4,15 kategori cukup siklus tiga dari kategori kurang siklus dua. (2) Kemampuan guru meningkat skor persentase selisih 8,13%, meningkat kategori baik siklus tiga dari kategori cukup siklus dua. (3) Kemampuan peserta didik meningkat skor persentase selisih 18,54%, dan meningkat kategori baik siklus tiga dari kategori cukup siklus dua. Hasil penelitian ini terjadi perubahan peningkatan secara positif.
Kemampuan Menulis Surat Resmi Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Palopo
Darmawati Darmawati
Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran Vol. 2 No. 3 (2019): September - December
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (207.921 KB)
|
DOI: 10.30605/jsgp.2.3.2019.5
Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan kemampuan menulis surat resmi dengan menggunakan pendekatan kontekstual siswa kelas VII SMP Negeri 8 Palopo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa VII SMP Negeri 8 Palopo tahun 2018/2019 yang berjumlah 314 orang dan sampel 31 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan menulis surat resmi dengan menggunakan pendekatan kontekstual dikatakan memadai, hal ini dinyatakan berdasarkan hasil terakhir (Posttest). Ketuntasan belajar siswa yang disesuaikan dengan KKM pada tes terakhir (Posttest) Kemampuan Menulis Surat Resmi dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Palopo yang mendapat nilai ≥ 76 berjumlah 25 siswa (78%) dan siswa yang mendapat nilai< 76 berjumlah 6 siswa (22%). Dari ketuntasan belajar siswa yang disesuaikan dengan KKM terakhir (posttest) sudah mampu dinyatakan apabila jumlah siswa mencapai 78% yang memeroleh nilai ≥ 76. Setelah dilaksanakan pembelajaran kemampuan menulis surat resmi maka munculah perubahan ke arah yang lebih positif antara lain siswa merasa lebih senang dan tertarik dalam mengikuti pembelajaran dan siswa sangat antusias dan bersungguh-sungguh dalam belajar.
Penerapan Model Inquiri pada Pembelajaran Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sabbang Kabupaten Luwu Utara
Abd. Rahim Ruspa
Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran Vol. 2 No. 3 (2019): September - December
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (253.568 KB)
|
DOI: 10.30605/jsgp.2.3.2019.7
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan Model Inquiri pada Pembelajaran Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sabbang Kabupaten Luwu Utara Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen. Pengambilan sampel dalam penelitian ini ditetapkan secara Purposive Sampling yaitu teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (posstest). Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistika deskriptif dan statistika inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas VIII 2 SMP Negeri 1 Sabbang sebelum diterapkan model Inquiri berada pada kategori rendah, sedangkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sabbang setelah diterapkan model Inquiri berada pada kategori tinggi. Jadi, setelah menerapkan model pembelajaran Inquiri dalam menulis karangan eksposisi siswa kelas VIII 2 SMP Negeri 1 Sabbang efektif digunakan. Hasil SPSS Ver 20 menyimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima artinya ada perbedaan rata-rata nilai sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran inquiri.
Penggunaan Media Interaktif Berbasis Geogebra dan Powerpoint Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pegal di Kelas VIII1 SMPN 3 Tanete Rilau
Azis Azis
Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran Vol. 2 No. 3 (2019): September - December
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (227.222 KB)
|
DOI: 10.30605/jsgp.2.3.2019.8
Pembelajaran pada abad ke-21 menuntut kesungguhan guru dalam mengelola pembelajaran. Perkembangan dan penggunaan teknologi sangat pesat, mempengaruhi setiap aspek kehidupan termasuk dunia pendidikan, maka guru harus mampu menggunakan media pembelajaran berbasis TIK. Pembelajaran dikatakan berhasil jika guru mampu melibatkan peserta didik secara aktif dalam pembelajaran. Suatu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan peserta didik yaitu dengan memanfaatkan TIK. Guru merancang dan membuat media interaktif berbasis geogebra dan powerpoint. Peserta didik melakukan simulasi materi pelajaran (media geogebra), mendiskusikan contoh soal dan soal latihan (media powerpoint). Selama proses pembelajaran peserta didik bekerjasama, saling membantu, dan saling memotivasi untuk menemukan, memahami dan memecahkan masalah. Penggunaan media interaktif berbasis geogebra dan powerpoint pada pembelajaran persamaan garis lurus memberikan hasil yang baik. Pada aspek proses pembelajaran, aktivitas peserta didik pada siklus III mengalami peningkatan dibandingkan siklus I dan II. Pada aspek hasil belajar terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar. Pada siklus I, rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 46,8 menjadi 53,3 pada siklus II dan pada siklus III menjadi 81,9. Jumlah peserta didik yang mencapai/melampaui nilai KKM pada siklus III lebih banyak dari siklus I dan II. Pada siklus I ketuntasan hanya 15,8%, meningkat menjadi 40% pada siklus II dan pada siklus III menjadi 85%.
Pengaruh Buku Paket Bahasa Indonesia terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Palopo
Marlia Muklim
Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran Vol. 2 No. 3 (2019): September - December
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (154.812 KB)
|
DOI: 10.30605/jsgp.2.3.2019.9
Penelitian ini bertujuan menjelaskan Pengaruh Buku Paket Bahasa Indonesia terhadap Prestasi Belajar Kelas VIII SMP Negeri 2 Palopo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex post facto, yaitu mendekripsikan atau mengambarkan pengaruh antara buku paket bahasa indonesia dengan prestasi belajar Kelas VIII SMP Negeri 2 Palopo. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa nilai rata-rata kuisioner siswa kelas VIII A yang setuju apa bila dikatakan buku paket sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa yaitu 84. Demikian dapat dikatakan terhadap pengaruh antara buku paket dengan prestasi belajar bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 2 Palopo adalah tinggi, karena nilai yang diperoleh sebesar 0,37.
Intensive English Program (IEP) Meningkatkan Penguasaan Vocabulary
Eva Sulistiana;
Wardatun Nadzifah;
Moh. Samsul Arifin
Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran Vol. 2 No. 3 (2019): September - December
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (167.423 KB)
|
DOI: 10.30605/jsgp.2.3.2019.46
Vocabulary merupakan salah satu komponen dalam penguasaan bahasa asing untuk mendukung mahasiswa dalam mempraktekan speaking dengan baik. Usaha untuk meningkatan vocabulary menjadi kendala bagi para mahasiswa yang belajar bahasa inggris sebagai bahasa asing. Peningkatan vocabulary bisa dilakukan menggunakan berbagai upaya. Salah satunya melalui program Intensive Bahasa Inggris. Program Intensive menfasilitasi para mahasiswa dengan jadwal yang intensive, materi dan praktik percakapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh intensive English Program dalam meningkatan vocabulary pada mahasiswa Stikes Hafshwaty. Metode penelitian menggunakan pre-experimental dan desain one group pre and post test design. Populasi yang digunakan adalah mahasiswa Tingkat 1 Stikes Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan sebanyak 106 mahasiswa. Teknik sampling menggunakan cluster sampling, diperoleh sampel 84 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan format penilaian dan wawancara serta dianalisis menggunakan paired t-test. Hasil penelitian menginformasikan bahwa nilai rata rata vocabulary sebelum treatment adalah 1.4881 dan sesudah treatment 2.2500 atau terjadi peningkatan sebesar 0.7619 kali. Berdasarkan uji statistik diperoleh p = 0,000 (< 0,05) sehingga ada pengaruh yang signifikan antara Intensive English Program terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris.
Teachers’ Strategies towards the Students’ Disruptive Behavior in Learning English
Reski Pilu;
Purnama Cahya;
Musfirah Musfirah
Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran Vol. 2 No. 3 (2019): September - December
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (110.207 KB)
|
DOI: 10.30605/jsgp.2.3.2019.47
This research aims at finding out the students’ disruptive behaviors in learning English and the teachers’ strategies toward students’ disruptive behavior in learning English. The sample of this research 4 teachers. This research applied descriptive qualitative method. The instrument of this research is interview.Teacher uses many strategies such as, doing personal approach, displacing the students to sit in front, giving warning to the students and admonishing degree for the students who make disruptive in the class at the learning process.
Teaching Translation through STAD (Students Team Achievement Division) Technique
Rahmawati Upa;
Muhammad Resqi Ridho
Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran Vol. 2 No. 3 (2019): September - December
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (131.942 KB)
|
DOI: 10.30605/jsgp.2.3.2019.48
This research aims at finding out whether or not the use of STAD technique in teaching translation is effective to improve students’ translation ability at English Education Program, Faculty of Teacher Training and Education. The population in this research was fifth semester students in academic year 2019. The researchers use pre-experimental method with pre-test and post-test design, and translation test as instrument of this research. Then the researchers analysed the data by using Statistical Product and Service Solution (SPSS) program. The researchers conclude that using Students Team Achievement Division (STAD) technique to teach translation in the fifth semester students of English Education Program is effective. It is proven by mean score of the students in the post-test (80.20 (good)) is higher than mean score of students in the pre-test (68.87 (fairly good)). The researchers also found that the p value (0.00) on t-test is lower than α (0.05). It indicates that the alternative hypothesis (H1) is accepted and the null hypothesis (H0) is rejected. It can be concluded that teaching by using STAD technique is effective in improving students’ ability in translation.