cover
Contact Name
Nesi Anti Andini
Contact Email
nesiaa@stkipnurulhuda.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jemari@stkipnurulhuda.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. ogan komering ulu timur,
Sumatera selatan
INDONESIA
JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah)
Published by STKIP Nurul Huda
ISSN : 26220768     EISSN : 26220776     DOI : -
Core Subject : Education,
JEMARI : (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) is Journal of language education and literature is a peer-reviewed journal. It is published by Elementary Teachers’ Education of STKIP Nurul Huda Sukaraja OKU Timur in both print and online version. It aims at reporting high-quality empirical and original research contribution for the benefit of teacher’s and resechers in the field of teaching basic education. Especially for the teacher they are expected be creative to find a suitble media, technique, strategy, approach and model in the process of teaching and learning at the basic educational level. JEMARI has e-ISSN 2622-0776 and p-ISSN 2622-0768. The scope include theory, practice, demontration, observasion. The fields of science studied such as science, sosial, and culture are in line with elementary education.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2020): January Edition" : 7 Documents clear
Permasalahan Proses Pembelajaran pada Anak Berkebutuhan Khusus Hiperaktif di Sekolah Luar Biasa Negeri Martapura Lisa Roniyati; Ratih Purnama Peritiwi
JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) Vol 2 No 1 (2020): January Edition
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/jemari.v2i1.547

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya mengetahui permasalahan proses pembelajaran anak hiperaktif dan bagaimana cara penanganan yang dilakukan oleh guru. Karena setiap anak pasti menggalami banyak permasalahan pembelajaran tidak hanya anak normal namun anak berkebutuhan khusus sangat rentang dalam permasalahan yang mereka hadapi pada proses pembelajaran. Salah satunya yaitu di SLB Negeri Martapura kabupaten OKU TIMUR. Telah diketahui beberapa cara yang dilakukan guru untuk mengatasi permasalahan proses pembelajaran pada anak hiperaktif, yaitu dengan menggunakan pendekatan, metode dan media yang menggunakan benda konkrit. Subjek penelitian ini adalah guru kelas, guru khusus, orang tua dan kepalas sekolah untuk mengetahui permasalahn proses pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus hiperaktif di SLB Negeri Martapura Kabupaten OKU TIMUR. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan permasalahan proses pembelajaran anak berkebutuhan khusus hiperaktif. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi berperan serta, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan cara memberikan beberapa pertanyaan dan merangkum analisis data yang diperoleh. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa permasalahan yang dialami anak hiperaktif adalah konsentrasi, ketenangan siswa dan emosional siswa yang sulit terkontrol. Maka diperlukan nya pendekatan yang lebih dilakukan oleh guru khusus dan guru kelas. Dari 4 siswa semua menjadi subjek penelitian.
Implementasi Media Gambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Sederhana Kelas III SDN 01 Tulus Ayu Amalia Nur Arifah; Sholeh Hasan; Sri Enggar Kencana Dewi
JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) Vol 2 No 1 (2020): January Edition
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/jemari.v2i1.574

Abstract

Pendidikan adalah suatu usaha yang dengan sengaja dipilih untuk mempengaruhi dan membantu anak yang bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan, jasmani dan akhlak sehingga secara perlahan bisa mengantarkan anak pada tujuan dan cita-citanya yang paling tinggi. Agar memperoleh kehidupan yang bahagia dan apa yang dilakukan dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, masyarakat, bangsa, negara dan agamanya. Penulis melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya menulis paragraf sederhana yang selama ini belum sesuai harapan masih terdapat peserta didik yang tidak menghiraukan pembelajaran khususnya kemampuan dalam menulis paragraf dengan menggunakan media gambar dari kondisi ini terlihat bahwa kemampuan peserta didik masih sangat kurang untuk itulah kemudian dicari penyebab dan berikut solusinya. Untuk itulah digunakan media gambar untuk pembelajaran bahasa Indonesia tentang menulis paragraf sederhana. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimental. Penelitian ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kemampuan menulis paragraf sederhana Bahasa Indonesia di kelas III SDN 01 T ulus Ayu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengambil latar belakang kelas III SDN 01 Tulus Ayu. Penelitian ini dilakukan dengan mengadakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan : proses pembelajaran di SDN 01 Tulus Ayu pada awalnya trasa menunjemukan mulai dapat diatasi dengan penggunaan media gambar karena dengan penggunaan media gambar pemahaman siswa terhadap pembuatan paragraf sederhana dalam pembelajaran Bahasa Indonesia mulai meningkat. Terbukti adanya ketertarikan dari media gambar perubahan kemampuan siswa dalam membuat paragraf sederhana di kelas III dapat meningkat dapat dilihat dari proses pembentukan kemampuan menulis paragraf sebelum menggunakan media gambar dan proses pembentukan menulis paragraf setelah menggunakan media gambar yaitu : nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 70, sedangkan sebelum menggunakan media gambar diperoleh sebesar 41,6 dan sesudah menggunakan sebesar 75%.
Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Kolaborasi Talking Stick Dan Tebak Kata Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Belitang Mulya SRI ENGGAR KENCANA DEWI
JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) Vol 2 No 1 (2020): January Edition
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/jemari.v2i1.591

Abstract

Berdasarkan observasi penelitian awal, proses pembelajaran seperti ini juga terjadi pada mata pelajaran IPA di Madarasah Ibtidaiyah Belitang Mulya. Siswa tidak begitu antusias mengikuti pembelajaran disebabkan guru tidak menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Tujuan penelitian ini mengetahui efektiftas penerapan model kolaborasi talking stick dan tebak kata terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPA kelas V di Madrasah Ibtidaiyah. penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen jenis pre-eksperimental design yang dilakukan hanya pada satu kelas saja tanpa adanya kelas pembanding atau disebut dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian data pretest hasil belajar siswa kelas V diperoleh rata-rata 41,5, dan hasil Posttest sesudah menerapkan model pembelajaran kolaboratif Talking Stick dan Tebak kata mempunyai nilai tertinggi adalah 90 dan nilai terendah yaitu 50, serta rata-ratanya adalah 70,4. penerapan model pembelajaran kolaboratif talking stick dan tebak kata, dan sesudah penerapan model pembelajaran kolaboratif talking stick dan tebak kata terlihat ada perubahan yang lebih baik dan efektif utuk digunakan.
Analisis Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa Semester II Prodi PGMI STKIP Nurul Huda OKU Timur Imam Rodin; Nesi Anti Andini
JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) Vol 2 No 1 (2020): January Edition
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/jemari.v2i1.598

Abstract

Berdasarkan teori motivasi menjadi faktor paling dominan yang mempengaruhi proses dan hasil pembelajaran. Penelitian ini mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar, diantaranya: (1) minat belajar, (2) dukungan orangtua, (3) sarana dan prasarana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan cara pelaksanaannya adalah survei. Fokus penelitian yaitu mahasiswa PGMI STKIP Nurul Huda Sukaraja. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara minat, dukungan orangtua dan sarana prasarana dengan motivasi belajar mahasiswa PGMI STKIP Nurul Huda Sukaraja. Hal ini juga mengindikasikan bahwa semakin tinggi minat, dukungan orang tua dan sarana prasarana maka motivasi belajar yang dimiliki juga semakin tinggi.
Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Panca Tunggal Tahun Ajaran 2019/2020 Makhmuri Makhmuri; Nesi Anti Andini
JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) Vol 2 No 1 (2020): January Edition
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/jemari.v2i1.541

Abstract

Motivasi adalah kekuatan baik dari dalam maupun dari luar yang mendorong seseorang untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Motivasi merupakan faktor pendorong suksesnya pembelajaran dengan baik, karena tanpa adanya motivasi belajar yang tinggi, proses pembelajaran akan terhambat sehingga siswa tidak akan serius dalam mengikuti pembelajaran dan hasil belajar siswa akan menurun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Populasi penelitian ini adalah siswa/siswi SD Negeri Panca Tunggal sebanyak 305 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Panca Tunggal sebanyak 55 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Variabel yang diteliti yaitu motivasi belajar (X) dengan hasil belajar (Y). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket (kuesioner) dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan uji normalitas, uji linieritas, dan uji hipotesis. Hasil Penelitian Persentase motivasi belajar siswa yang paling tinggi adalah adanya hasrat dan cita-cita masa depan dan adanya penghargaan dalam belajar sebesar 20%. Kategori Motivasi Belajar siswa kelas IV SD Negeri Panca Tunggal masuk dalam kategori sedang sebesar 52,7% sebanyak 29 siswa. Persentase hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Panca Tunggal rata-rata dengan nilai 70 sebesar 32,7% sebanyak 18 siswa. Kategori hasil belajar siswa masuk dalam kategori sedang sebesar 69,1% sebanyak 38 siswa. Uji hipotesis yang dilakukan dengan uji OneSampel T test, maka diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000.Karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05, maka Ho ditolak. Sedangkan nilai thitung motivasi belajar sebesar 38,932 dan thitung hasil belajar sebesar 36,168 lebih besar dari ttabel = 2,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil Uji Regresi Liniear Sederhana diperoleh bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Panca Tunggal Tahun Ajaran 2019/2020.
Gaya Belajar Siswa Berprestasi Akademik Peringkat 1, 2 Dan 3 Dalam Kegiatan Pembelajaran di SDN Tawang Rejo Tahun Ajaran 2019/2020 Dewi Novia Lestari; Ahmad Ulin Niam; Tri Ratna Dewi
JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) Vol 2 No 1 (2020): January Edition
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/jemari.v2i1.542

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya mengetahui gaya belajar siswa yang dimiliki oleh setiap siswa, terutama siswa yang berprestasi akademik. Sehingga keselarasan antara gaya mengajar guru dengan gaya belajar siswa dapat seimbang dan dapat meningkatkan prestasi akademik siswa. Salah satunya yaitu di SDN Tawang Rejo telah diketahui tentang gaya belajar VAK sehingga guru dapat menyesuaikan metode pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar tersebut. Subjek penelitian ini adalah siswa berprestasi akademik peringkat 1, 2 dan 3 di Sekolah Dasar Negeri Tawang Rejo Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik (vak) dan kecenderungannya pada peserta didik berprestasi akademik. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi berperan serta, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan cara memberikan makna dan merangkum data yang sudah diperoleh dan menarik kesimpulan dari analisis data yang telah diperoleh. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar siswa berprestasi akademik peringkat 1, 2 dan 3 Sekolah Dasar Negeri Tawang Rejo merupakan kombinasi gaya belajar vak. Komposisi dan kecenderungan gaya belajar peserta didik berprestasi akademik berbeda. Dari 12 siswa yang menjadi subjek penelitian, enam anak (kelas rendah) memiliki kecenderungan gaya belajar visual dan kinestetik serta enam anak (kelas tinggi) memiliki kecenderungan gaya belajar auditori dan kinestetik.
Peningkatan Kualitas Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Kelas Tinggi dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Crossword Puzzle Kiki Karlina; Luthika Tsalitsa Faqih; Nitia Andi Narini; Heri Hidayat; Heny Mulyani
JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) Vol 2 No 1 (2020): January Edition
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STKIP Nurul Huda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/jemari.v2i1.583

Abstract

Proses pembelajaran yang menggunakan model, strategi, dan media pembelajaran yang kurang inovatif dan menarik mengakibatkan minat belajar siswa menjadi rendah. Selain itu, siswa kurang berpartisipasi aktif dalam pembelajaran sehingga mengakibatkan pembelajaran kurang bermakna bagi siswa. Pembelajaran yang berlangsung masih berpusat pada guru. Penelitian ini berjudul Peningkatan Kualitas Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Kelas Tinggi dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe crossword puzzle. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada peningkatan kualitas hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di sekolah dasar kelas tinggi dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle. Tujuan penelitian ini untuk mendapakan gambaran objektif peningkatan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode kajian pustaka. Peneliti mengkaji dari beberapa penelitian yang bersumber dari artikel lain. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan dan siswa mudah memahami materi pembelajaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 7