cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Instructional Development Journal
ISSN : 26571536     EISSN : 26861267     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Instructional Development Journal (IDJ) (2657-1536) pertama kali pada tahun 2018 diterbitkan oleh Center for Instructional Development (CiD) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Instructional Development Journal (IDJ) terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Juli dan Januari, berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam disiplin ilmu kependidikan dan pembelajaran.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2021): IDJ" : 10 Documents clear
Efektivitas Pembelajaran Online Menggunakan Media Zoom Cloud Meeting Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 37 Pekanbaru Pada Masa Covid-19 Elsunarti Nurel; Nursalim Nursalim; Muhammad Saifuddin; Anggi Fitri; Yundri Akhyar
Instructional Development Journal Vol 4, No 1 (2021): IDJ
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idj.v4i1.10939

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of online learning using media zoom cloud meetings on student learning outcomes. With a quantitative method approach and pre-experimental research design. The pre-experimental form used was the one-group pretest-posttest design. The use of pretest and posttest is expected to be more accurate during the study because it can compare with the situation before being treated. To obtain correct and accurate data, questionnaires and test questions were used as data collection tools. The data were tested using a two-way ANOVA with the help of the SPSS-23 application. The results showed that online learning using zoom cloud meeting media was effective in student learning outcomes during the Covid-19 pandemic.
PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN PELAKSANAAN TATA TERTIB SEKOLAH TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE KECAMATAN BATANG GANSAL INDRAGIRI HULU Masfufatul Hikmah; Kadar Kadar; Risnawati Risnawati
Instructional Development Journal Vol 4, No 1 (2021): IDJ
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idj.v4i1.12381

Abstract

penerapan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama se Kecamatan Batang Gansal Indragiri Hulu. Tujuan yang 1. Untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap kedisiplinan belajar siswa. 2. Untuk mengetahui pengaruh penerapan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan belajar siswa. 3. Untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan penerapan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif analitik penelitian ini dilakukan di lapangan dengan jumlah populasi 1445 siswa. Sample penelitian sebanyak 313 siswa tekhnik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5%. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas untuk mengetahui hasil awal pada penelitian kemudian menggunakan uji prasyarat, untuk hasil akhir menggunakan uji Regresi linier berganda dengan menggunakan uji F. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa ada pengaruh lingkungan keluarga dan penerapan tata tertib terhadap kedisiplinan belajar siswa sebesar 67.182 > 0,05 sedangkan nilai signifikan 000 < 0,05 yang artinya nilai pengaruh keluarga dan peneratapn tata tertib sekolah lebih besar dari 0,05 dan nilai signifikan lebih rendah dari 0,05 maka ditarik kesimpulan Ha di terima dan H0 ditolak. Untuk mengetahui persentase dari perolehan hasil penelitian penulis menggunakan uji regresi berganda dengan melihat R Square sebesar 0,302 yang artinya sama dengan 30% terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga dan penerapan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan belajar siswa.
PERBANDINGAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL (Ayat-Ayat Cinta 1 & 2 Karya Habiburrahman El Shirazy dan Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Karya Hamka) Amatullah, Bilqis; Idris, Idris; Rusdi, Rusdi
Instructional Development Journal Vol 4, No 1 (2021): IDJ
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idj.v4i1.12205

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Ayat-Ayat Cinta seri1, seri 2, dan Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck. Jenis penelitian adalah  penelitian pustaka. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi. Pemaparan memberikan gambaran mengenai situasi yang di teliti dalam bentuk uraian naratif sebagai ciri khas dari penelitian kualitatif. Analisis diarahkan pada menemukan persamaan dan perbedaan dalam perencanaan, pelaksanaan, faktor-faktor pendukung dan hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Ayat-Ayat Cinta seri 1 dan 2 dan Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck sama-sama memiliki 14 nilai karakter diantaranya nilai religius, jujur, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai,  gemar  membaca, peduli sosial, dan tanggung jawab. Sedangkan perbedaannya Nilai peduli lingkungan tidak terdapat dalam novel Ayat-ayat cinta 1, namun pada novel Ayat-ayat Cinta 2 terdapat semua 18 nilai karakter. Nilai  toleransi, disiplin, kerja keras dan peduli lingkungan tidak ditemukan dalam novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, namun keempat nilai tersebut semuanya terdapat dalam novel Ayat-ayat Cinta 2. Karakter tokoh utama dalam  novel karya Habiburrahman yakni Fahri dan tokoh utama dalam novel karya Hamka yakni Zainuddin  sama-sama memiliki sifat penolong. Sedangkan perbedaannya,  tokoh Fahri dalam novel Ayat-ayat Cinta seri 1 dan 2  memiliki sifat mau berusaha, religius,  sopan, ramah, penolong, penyabar, cinta damai, bersyukur,  pengasih,  rajin, berani dan terbuka. Sedangkan  tokoh Zainuddin dalam novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, memiliki sifat lemah-lembut, penolong, pemalu, tertutup, mudah emosi, mengeluh, suka melamun, dan pendendam.
Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Remaja (Studi Analisis Kitab ‘Iẓah anNāsyi’īn Karya Syaikh Muṣṭafa al-Gulāyainī) Rafita Utari; Kadar Kadar; Andi Murniati
Instructional Development Journal Vol 4, No 1 (2021): IDJ
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idj.v4i1.11884

Abstract

The Character education is currently a major issue in the world of education. Apart from being part of the process of shaping the character of the nation, character education is also expected to be the main foundation in increasing the degree and dignity of the indonesian nation. The character education that is embedded in the soul is expected to be able to form a personality with noble character in accordance with the guidance of Al-Quran and As-Sunnah. Syaikh Muṣṭafa al-Gulāyainī dalam  kitab ‘Iẓah an-Nāsyi’īnstates that there are two character values in youth, namely good character that must be cultivatedand bad characters that must be avoided. The good characters that must be cultivated include, namely: patient, sincerity, hope, courage, religion, nationalism, simplicity, carrying out obligations, helping out, Keep doing and tawakal, self-confidence. The bad characters to avoid include: hypocrisy, despair, cunning, carelessness, delude by one’s own feeling, wasted dan hasad. The educational process requires educational methods that are able to cultivate good character values, some arestory method, the hiwar or conversation method, the parable method, the exemplary method, the habituation method, the lecture method, the advice method, the command and  prohibition method . Third, the factors that influence the character of youth in the kitab‘Iẓah an-Nāsyi’īnkarya Syaikh Muṣṭafa al-Gulāyainī. There are four factors that influence the character of youth, namely : yourself, parents, school and society
Pengaruh Reward and Punishment dan Motivasi Kerja terhadap Disiplin Kerja Guru di SD Negeri Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten Kampar Yanti Yanti; Zulkarnain Zulkarnain; Gimin Gimin
Instructional Development Journal Vol 4, No 1 (2021): IDJ
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idj.v4i1.12919

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Pengaruh Reward and Punishment dan Motivasi Kerja terhadap Disiplin Kerja Guru di SD Negeri Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten Kampar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan metode Survey dengan teknik korelasional (correlational resarch). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner/angket dengan 96 responden dari 114 guru di SD Negeri Perhentian raja kabupaten kampar yang dipilih secara acak sebagai sampel menggunakan rumus Slovin. Metode penelitian dilakukan yaitu responden memberikan tanggapan terhadap kuesioner dalam bentuk skala likert yang terdiri dari lima pilihan jawaban yaitu Sangat Sering, Sering, Kadang-Kadang, Pernah, dan Tidak Pernah. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan inferensial.Berdasarkan dari analisis data diketahui bahwa, terdapat Pengaruh Reward and Punishment dan Motivasi Kerja terhadap Motivasi Kerja Guru di SD Negeri Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten Kampar, baik sebagian maupun secara bersama-sama. Penelitian ini diharapkan berguna untuk perbaikan Disiplin Kerja Guru di SD Negeri Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten Kampar dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya.
Efektivitas Pemberian Hukuman dalam Pendidikan di Pondok Pesantren Kota Pekanbaru Wahyudin Wahyudin; Sri Murhayati; Yuliharti Yuliharti
Instructional Development Journal Vol 4, No 1 (2021): IDJ
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idj.v4i1.11843

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat Efektivitas Pemberian Hukuman dalam Pendidikan di Pondok Pesantren Kota Pekanbaru. Populasinya seluruh siswa MA kelas XII TP. 2019-2020 Pondok Pesantren di Kota Pekanbaru yang sudah beridir di atas 25 tahun. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik Proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, data yang terumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan pemberian hukuman bagi santri yang melanggar dalam mengikuti pendidikan di Pondok Pesantren Kota  Pekanbaru tergolong sangat efektif. Hal ini dilihat dari persentase pendahuluan menunjukkan rata-rata sebesar 86%, Aspek pelaksanaan menunjukkan rata-rata sebesar 85,25%. Aspek evaluasi menunjukkan rata-rata sebesar 76,25%. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kefektivan dalam pemberian hukuman dalam pendidikan di Pondok Pesantren Kota Pekanbaru. Faktor tersebut terdiri dari faktor pendukung dan penghambat.
PENGARUH MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DAN FASILITAS PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA GURU DI LINGKUNGAN YAYASAN PENDIDIKAN CENDANA PEKANBARU Ernawati Ernawati; Zulfan Saam; Zulkarnain Zulkarnain
Instructional Development Journal Vol 4, No 1 (2021): IDJ
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idj.v4i1.12920

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel bebas manajemen pembiayaan pendidikan (X1) dan fasilitas pembelajaran (X2) terhadap variabel terikat kinerja guru (Y), baik secara sendiri-sendiri (parsial), maupun bersama-sama (ganda). Pendekatan penelitian adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi. Responden penelitian adalah guru sekolah yang berada di lingkungan Yayasan Pendidikan Cendana Pekanbaru yang berjumlah 59 orang, seluruh anggota populasi dijadikan sebagai sampel.Hasil penelitian adalah (1) Terdapat pengaruh manajemen pembiayaan pendidikan terhadap kinerja guru secara sangat signifikan dengan kekuatan pengaruh 25,90%. (2)  Terdapat pengaruh fasilitas pembelajaran terhadap kinerja guru secara sangat signifikan dengan kekuatan pengaruh 38,00%. Hal ini mengindikasikan bahwa sangat pentingnya pengelolaan fasilitas pembelajaran secara profesional dalam penyelenggaraan pendidikan, khsususnya dalam menunjang kualitas kinerja guru. (3) Terdapat pengaruh manajemen pembiayaan pendidikan dan fasilitas pembelajaran secara bersama-sama terhadap kinerja guru secara sangat signifikan dengan kekuatan pengaruh 49%. Hasil ini mengindikasikan pentingnya kedua faktor ini dalam menunjang kinerja guru.
Penerapan Metode Pembelajaran Doll Speak untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 2 Kecamatan Sukajadi Pekanbaru. Rani Magdalena; Rian Vebrianto
Instructional Development Journal Vol 4, No 1 (2021): IDJ
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idj.v4i1.11817

Abstract

This research aimed at knowing the increase of student learning activity on Natural Science subject through the implementation of Doll Speak learning activity method at the fourth grade of Elementary School of Muhammadiyah 2 Sukajadi District, Pekanbaru.  It was instigated by the low of student learning activity in the learning such as: students did not pay attention to the material explained by teachers, they did not want to question and answer teacher questions, they played when the teacher was explaining. It was a Classroom Action Research.  The subjects of this research were the teachers and students, and the objects were the Doll Speak learning method and student learning activity.  Observation, interview, and documentation were the techniques of collecting the data.  Descriptive statistic was the technique of analyzing the data.  Based on the research findings and data analyses, the implementation of Doll Speak learning method could increase student learning activity.  It could be identified that the mean percentage was 41.67% before the action.  After implementing the learning method in the first cycle, it was 60.32%.  In the second cycle, it increased to 80.16%.  Thus,Doll Speak learning method could increasestudent learning activity on Natural Science subject at the fourth grade of Elementary School of Muhammadiyah 2 Sukajadi District, Pekanbaru.
Pendidikan Keteladanan Wanita Shalihah Dalam Kitab Mir’ah Al-Mar’ah Karya Abu Muhammad Zaini Annur Hidayatullah Ibn Alhaj Luqman Al-Hakim AlAlabi Sari Wati; Rusdi Rusdi; Andi Murniati
Instructional Development Journal Vol 4, No 1 (2021): IDJ
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idj.v4i1.12323

Abstract

bnm
Inovasi Pengembangan Media Pembelajaran Menurut al-Qur’an Sakolan Sakolan
Instructional Development Journal Vol 4, No 1 (2021): IDJ
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idj.v4i1.14149

Abstract

This paper aims to describe the use of media from an Islamic perspective. In the world of education, teachers are required to be able to use learning media, which follows the times, and in accordance with the conditions of students. Using a descriptive method, this paper tries to describe the suitability of the theory of learning media with the use of media in the Qur'an and Hadith. In the discussion, it was found that many verses of the Qur'an and the hadith of the prophet are in line with the theory about the use of media today, such as the use of audio, visual media, to multimedia technology-based learning media. It is hoped that after reading this article, the teacher will understand the importance of using media in the view of Islam. Because by using the right media, learning objectives can be achieved well too.

Page 1 of 1 | Total Record : 10