cover
Contact Name
Kartika Rizki Sudarwanti
Contact Email
kartikarizki@unwahas.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
abdimas@unwahas.ac.id
Editorial Address
JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Abdimas UNWAHAS : Jurnal Pengabdian Masyarakat UNWAHAS
ISSN : 25411608     EISSN : 25797123     DOI : http://dx.doi.org/10.31942/abd
Jurnal Pengabdian Masyarakat Unwahas diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Wahid Hasyim Semarang yang berisikan tentang hasil pengabdian masyarakat mengenai berbagai aspek ilmu yaitu Pendidikan, Ekonomi, Sosial, Budaya, Pertaniaan, Kesehatan, Sains dan Teknologi.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2023)" : 15 Documents clear
PELATIHAN PEMBUATAN TEH HERBAL DAUN KERSEN (Muntingia calabura L.) UNTUK MEMBANTU MENURUNKAN KADAR GULA DARAH PADA PENDERITA DIABETES DI KELURAHAN PLALANGAN KOTA SEMARANG Ririn Lispita Wulandari; Ayu Shabrina; Junvidya Heroweti
ABDIMAS UNWAHAS Vol 8, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Wahid Hasyim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31942/abd.v8i2.10103

Abstract

Sebagian besar ibu rumah tangga di Kelurahan Plalangan belum memiliki keterampilan untuk memanfaatkan dan mengolah daun kersen, padahal tanaman tersebut banyak tumbuh di wilayah kelurahan tersebut. Selama ini daun kersen juga belum dimanfaatkan oleh masyarakat. Tujuan kegiatan adalah untuk memberikan pengetahuan khasiat dan manfaat daun kersen dalam membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes, serta memberikan keterampilan membuat teh herbal daun kersen kepada para ibu rumah tangga di Kelurahan Plalangan. Bentuk kegiatan adalah penyuluhan dan pelatihan, menggunakan metode ceramah, demonstrasi, dan latihan. Para peserta mendengarkan terlebih dahulu materi yang disampaikan dan ditunjukan oleh pelatih, kemudian mereka berlatih membuat teh herbal daun kersen dengan didampingi oleh para pelatih. Para peserta mengerjakan seluruh proses mengelola daun kersen hingga pengemasan. Hasil kegiatan adalah peserta memiliki pengetahuan mengenai khasiat dan manfaat daun kersen sebagai bahan alami yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes, dan keterampilan untuk mengolah daun kersen menjadi teh herbal untuk menjadi produk yang bernilai guna dan ekonomi.Kata kunci : daun kersen; Kelurahan Plalangan; teh herbal
PELATIHAN KARYA TULIS ILMIAH PPKN GUNA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MENULIS GURU MGMP PPKN SMA KOTA SURABAYA Akhmad Qomaru Zaman; Irnawati Irnawati; I Wayan Arsana; Pandu Rudy Widyatama; Putresa Eka Irmandini
ABDIMAS UNWAHAS Vol 8, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Wahid Hasyim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31942/abd.v8i2.10016

Abstract

Guru adalah salah satu profesi di bidang pendidikan yang akan selalu ada sepanjang masa. Guru tidak hanya mengabdikan dirinya dalam mendidik saja, tetapi juga dituntut untuk mempunyai banyak kompetensi salah satunya yakni kompetensi menulis. Kompetensi menulis merupakan kompetensi yang dimiliki seseorang dengan cara mengungkapkan suatu gagasan yang dimiliki dalam bentuk tulisan. Namun dari kemampuan yang harus dimiliki ini, tidak semua guru bisa menulis karena masih kurangnya pemahaman yang dimiliki terkait penulisan ilmiah. Perlunya pembinaan secara terpadu melalui pelatihan karya tulis ilmiah guna meningkatkan pemahaman menulis terutama guru MGMP PPKn SMA Kota Surabaya. Kegiatan ini bertujuan memfasilitasi para guru agar bisa belajar menulis karya ilmiah dengan baik melalui pembinaan terstruktur oleh pengajar yang ahli dibidangnya. Metode pelaksanaan dari kegiatan pelatihan ini, antara lain persiapan, pelatihan, implementasi, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini adalah adanya respons positif dari para guru yang ditunjukkan dengan rasa antusias dalam mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir sekaligus upaya meningkatkan pemahaman adalah dengan pemberian tugas berupa menulis artikel ilmiah yang dipublikasikan bagi beberapa tulisan yang layak. Berdasar analisis SWOT yang telah dilakukan bahwa kegiatan ini berperan dalam menstimulasi para guru untuk berkarya, tetapi adanya langkah pembinaan secara perlahan dan terarah karena tidak semua guru sepenuhnya bisa menulis.Kata kunci: guru PPKn, karya tulis ilmiah, kota Surabaya, menulis, pelatihan.
PEMANFAATAN TEHNOLOGI MEDIA STORYBIRD PADA PENULISAN BAHASA INGGRIS DI YAYASAN AL- QOWI BANGKALAN Mohammad Arief Wahyudi; Siti Maria Ulfa
ABDIMAS UNWAHAS Vol 8, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Wahid Hasyim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31942/abd.v8i2.10152

Abstract

Yayasan Sosial Al-Qowi merupakan salah satu Yayasan yang belokasi di Jl. Raya Bancaran No. 28 B Bangkalan Madura. Yayasan ini terdiri dari beberapa level anak asuh mulai  sekolah dasar sampai tingkat menengah atas. Upaya peningkatan kualitas pendidikan tentu tidak terlepas dari berbagai faktor yang mendukung antara lain: sistem pendidikan, media pembelajaran, sarana dan prasarana, guru, metode serta peran aktif siswa dan orang tua. Pemanfaatan dan penggunaan internet maka Guru sebagai pengelola kelas harus bisa mengarahkan siswa dalam mengakses internet, karena dalam pengaksesan internet sangat berdampak positif dan juga negatif. Disini tim mempunyai program dalam pemanfaatan tekhnologi khususnya bidang keterampilan menulis Bahasa Inggris pada siswa kelas melalui pemanfaatan penggunaan Teknologi sebagai optimalisasi instructional media pembelajaran bahasa Inggris. Didalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat, tim pengusul memanfaatkan tehnologi internet dengan menggunakan media storybird dalam keterampilan menulis dalam Bahasa Inggris. Tujuan dari program tersebut dapat dideskripsikan (1) mampu menulis cerita pendek siswa dengan menggunakan media Storybird; (2) ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan siswa sebelum dan setelah menggunakan media Storybird     Diharapkan dengan media Storybird yang bisa diunduh dari internet, diharapkan kegiatan belajar mengajar bisa berjalan lebih efektif dan terutama menjangkau mereka. Metode  pelatihan  merupakan  upaya  mendidik  dan melatih  siswa- siswi agar mampu  menulis dalam dan mahami pelajaran Bahasa Inggris. Proses pendampingan dan evaluasi dilakukan selama program PKM berlangsung sampai dengan mitra mampu mengembangkan pembelajaran dengan baik. Hasil dari Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran writing Bahasa Inggris yaitu: Pertama, Membantu para peserta didik dalam meningkatkan motivasi belajar mereka, ke dua, Pembelajaran writing dianggap konvensional pembelajaran, dengan pelatihan ini para peserta dapat menggunakan teknologi modern terkait khususnya dalam pemakaian storybird sebagai medianya.Kata kunci: Tehnologi, Media, StoryBird
MENINGKATKAN KEMAMPUAN DIGITAL MASYARAKAT LOKAL MELALUI PENDAMPINGAN DAN PENGEMBANGAN TRANSFORMASI BISNIS DIGITAL Muhammad Nizar; Muhammad Fahmul Iltiham; Antin Rakhmawati
ABDIMAS UNWAHAS Vol 8, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Wahid Hasyim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31942/abd.v8i2.10021

Abstract

Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan digital masyarakat lokal yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Santri Indonesia Kabupaten Pasuruan melalui pendampingan dan pengembangan transformasi bisnis digital. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat dalam memanfaatkan teknologi digital guna mengembangkan usaha mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah Participatory Action Research. Dalam pelatihan ini, peserta akan diajarkan tentang konsep bisnis digital, strategi pemasaran online, penggunaan platform marketplace, serta kemampuan literasi digital. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, ditemukan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan digital peserta. Mereka mampu memahami konsep bisnis digital dengan lebih baik, memanfaatkan platform online untuk pemasaran produk, serta mengoptimalkan kehadiran mereka di ranah digital. Selain itu, terlihat pula peningkatan dalam kualitas dan efisiensi usaha mereka setelah menerapkan strategi bisnis digital yang diajarkan. Keterbaruan dari kegiatan ini terletak pada pendekatan yang menyatukan kemampuan bisnis dengan literasi digital. Pendekatan ini menghasilkan pengalaman belajar yang holistik, di mana peserta tidak hanya memahami aspek bisnis tetapi juga mampu menerapkan alat-alat digital dalam prakteknya. Nilai utama dari kegiatan ini terletak pada kombinasi antara pengembangan bisnis dan kemampuan digital. Dengan memberikan pelatihan yang menggabungkan konsep bisnis modern dan teknologi digital, kegiatan ini menghasilkan dampak yang lebih kuat dalam meningkatkan keterampilan dan hasil usaha masyarakat lokal.Kata Kunci: Kemampuan Digital, Masyarakat Lokal, Transformasi Bisnis Digital, Participatory Action Research.
PENGUATAN PEMAHAMAN DAN PRAKTIK GURU IPA DALAM INTEGRASI LOW-CARBON STEM DALAM PEMBELAJARAN N.Y Indriyanti; Budi Utami; Bayu Antrakusuma; I. A Fakhrudin; Annisa Nur Khasanah; Riezky Maya Probosari; Sri Widoretno; Daniswara Prasetya
ABDIMAS UNWAHAS Vol 8, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Wahid Hasyim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31942/abd.v8i2.10104

Abstract

Pemahaman Guru IPA dan Praktik Implementasi Pembelajaran IPA berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics)  guru masih kurang. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah mendampingi guru disekolah memproduksi perangkat pembelajaran berbasis Low-Carbon STEM untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA ramah lingkungan. Low-Carbon STEM adalah perangkat pembelajaran yang dikemas berdasarkan sintaks Engineering Design Process (Define, Learn, Plan, Try, Test, and Decide) yang menerapkan konsep ramah lingkungan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan mitra dirancang untuk mendorong kemampuan siswa dalam memproduksi sesuatu yang baru yang dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan pola pikir anak dalam pengintegrasian bidang STEM dan tentunya tetap menjaga kelestarian lingkungan. Hasil akhir dari kegiatan ini diharapkan guru dapat menerapkan Low Carbon STEM pada perangkat pembelajaran IPA di tingkat kelas yang lain dan ditularkan dalam ranah yang lebih luas seperti MGMP IPA. Metode yang dilaksanakan dimulai dengan kegiatan analisis kebutuhan mitra sekolah di Surakarta. Kegiatan dilanjutkan dengan workshop materi Low Carbon STEM kepada guru sekolah mitra yang dipandu oleh ketua pengabdian. Kegiatan dilanjutkan dengan pendampingan praktik pembuatan perangkat pembelajaran Low Carbon STEM yang dipandu oleh semua tim pengabdi dan ditularkan guru mitra ke MGMP IPA. Metode akhir yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Deskriptif kualitatif didapatkan dari angket dan wawancara setelah pendampingan penyusunan perangkat pembelajaran Low Carbon STEM. Hasil angket dan wawancara disajikan dalam data deskriptif kualitatif.Kata kunci: Perangkat Pembelajaran IPA, Low-Carbon STEM
PELATIHAN TRYOUT SOFTWARE AKUNTANSI ACCURATE SISWA/SISWI DAN GURU SMK STRADA DAAN MOGOT Paulina Sutrisno; Sugiarto Prajitno; Astrid Rudyanto; Regi Muzio Ponziani; Novia Wijaya
ABDIMAS UNWAHAS Vol 8, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Wahid Hasyim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31942/abd.v8i2.10017

Abstract

Tujuan diadakannya pengabdian masyarakat berupa pelatihan tryout accurate kepada para siswa/siswi dan guru akuntansi SMK Strada Daan Mogot Tangerang adalah untuk memberikan pembekalan menghadapi ujian sertifikasi pengoperasian software akuntansi accurate. Pelatihan tryout software akuntansi accurate ini dilakukan sebagai tindak lanjut kerjasama Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Trisakti School of Management (TSM) dengan SMK Strada Daan Mogot dalam menyikapi kebutuhan sertifikasi software akuntansi accurate yang nantinya dapat menjadi bekal untuk siswa/siswi SMK dalam mencari pekerjaan ataupun lanjut ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Materi pelatihan tryout software akuntansi accurate disesuaikan dengan kebutuhan SMK Strada Daan Mogot untuk mempersiapkan siswa/siswi maupun guru akuntansi dalam mengambil ujian sertifikasi accurate oleh PT Ultima Tekno Solusindo. Pelatihan tryout software akuntansi accurate dilakukan selama dua hari berturut-turut pada tanggal 16 – 17 Juni 2022 yang berlokasi di laboratorium komputer SMK Stara Daan Mogot yang diikuti oleh seluruh siswa/siswa dan guru akuntansi SMK Strada Daan Mogot kelas 11 yang berjumlah 20 peserta. Laboratorium komputer yang digunakan ada 6 kelas, yang masing-masing kelas terdiri dari kurang lebih 20 siswa/siswi dan guru akuntansi SMK Strada Daan Mogot. Pelatihan tryout software akuntansi accurate yang dilakukan secara luring dapat berjalan dengan baik dan lancar. Siswa/siswi dan guru akuntansi SMK Strada Daan Mogot dengan semangat mengikuti pelatihan tryout software akuntansi accurate yang diberikan oleh dosen-dosen akuntansi Trisakti School of Management yang telah mendapatkan sertifikasi CAP (Certified Accurate Professional) beserta beberapa mahasiswa akuntansi TSM. Siswa/siswi dan guru akuntansi SMK Strada Daan Mogot aktif mengikuti pelatihan dan bertanya apabila mereka mengalami kesulitan ketika mengikuti pelatihan tryout software akuntansi accurate.Kata kunci: P3M TSM, SMK Strada Daan Mogot, software akuntansi accurate, tryout 
PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF 2D KOMIK DALAM MENGHADAPI TUNTUTAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN ABAD 21 DI MTS AHMAD YANI JABUNG KABUPATEN MALANG Ardika Riski Pranoto Utomo; Zhazha Lutfi Azizah; Hidajati Hidajati; Sri Untari
ABDIMAS UNWAHAS Vol 8, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Wahid Hasyim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31942/abd.v8i2.10022

Abstract

Tujuan kegiatan ini memberikan pelatihan pembuatan media pembelajaran inovatif 2D komik untuk menghadapi tuntutan pembelajaran keterampilan abad 21. Jumlah peserta pelatihan ada 20 orang guru, mewakili setiap bidang mata pelajaran. Metode kegiatan PKM yaitu: (1) Sosialisasi pelatihan media pembelajaran inovatif 2D komik, (2) Persiapan perangkat teknologi, (3) Pelatihan media pembelajaran inovatif 2D komik, (4) Monitoring dan Evaluasi pelatihan. Hasil kegiatan pelatihan ini, para guru di MTs Ahmad Yani Jabung yang pada awalnya hanya menggunakan media pembelajaran buku dalam mengajar sudah mampu membuat media pembelajaran 2D komik sebagai media pembelajaran yang inovatif bagi peserta pelatihan. Media pembelajaran 2D komik ini nantinya diimplementasikan oleh guru pada kegiatan pembelajaran di semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024.Kata kunci: media, pembelajaran, komik
HERBARIUM SEBAGAI METODE PENDOKUMENTASIAN DAN PENGARSIPAN TUMBUHAN DI GILI MENO, KECAMATAN PEMENANG, KABUPATEN LOMBOK UTARA Afifah Farida Jufri; Hamdani Hamdani; Muhammad Imran; Sri Hayati
ABDIMAS UNWAHAS Vol 8, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Wahid Hasyim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31942/abd.v8i2.10106

Abstract

Salah satu keanekaragaman hayati yang dimiliki Gili Meno adalah berbagai jenis flora (tumbuhan) yang dimanfaatkan oleh masyarakat baik untuk pangan, sandang ataupun papan. Namun, keragaman tumbuhan yang ada di Gili Meno mulai berkurang akibat dampak pesatya pembangunan pulau.Berkurangnya keragaman tumbuhan tersebut dapat mengakibatkan hilangnya pengetahuan lokal terhadap tumbuhan dan manfaatnya yang akan mempengaruhi kepedulian terhadap kelestarian dan keberadaan tumbuhan di lingkungan sekitar.  Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian dan pengetahuan lokal tersebut adalah dengan mendokumentasikan dan mengarsipkan pengetahuan tentang tumbuhan yang ada di Gili Meno melalui herbarium. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Gili Meno, Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara pada Oktober 2017- Januari 2018. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini yaitu metode tindak partisipatif yang terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Data yang diperoleh berdasarkan survei awal menunjukkan bahwa tumbuhan di Gili Meno mulai berkurang karena ditebang sembarang dalam mendukung pembangunan pulau. Selain itu, pengetahuan lokal tentang manfaat tumbuhan tersebut juga semakin berkurang. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini melakukan sosialisasi pembuatan herbarium untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya tumbuhan. Herbarium menjadi salah satu metode pendokumentasian dan pengarsipan tumbuhan agar pengetahuan lokal tentang tumbuhan tetap terjaga dan Lestari. Dari kegiatan tersebut juga dapat disimpulkan bahwa  herbarium tidak hanya menambah pengetahuan dan meningkatkan kesadaran tentang tumbuhan tetapi juga dapat mengasah keterampilan dan kreativitas anak-anak.Kata kunci: Herbarium, dokumentasi, arsip, Gili Meno
PENERAPAN TERAPI KELOMPOK TERAPEUTIK KOMBINASI PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN INISIATIF DAN KREATIVITAS REMAJA Keksi Girindra Swasti; Wahyudi Mulyaningrat; Hasby Pri Choiruna; Reza Fajar Amalia
ABDIMAS UNWAHAS Vol 8, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Wahid Hasyim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31942/abd.v8i2.10018

Abstract

Kondisi pandemi Covid-19 memberikan dampak yang sangat luas pada berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Metode pembelajaran berubah dari sistem pembelajaran luring menjadi daring. Perubahan ini memberikan dampak yang cukup serius pada peserta didik, dimana siswa menjadi lebih pasif, kurang termotivasi untuk melakukan interaksi sosial, dan mengalami ketergantungan terhadap gadget. Kondisi tersebut berdampak terhadap perkembangan siswa yang merupakan generasi penerus bangsa. Pengabdian ini ditujukan pada kelompok remaja awal untuk menstimulasi perkembangan remaja, menumbuhkan inisiatif, kreativitas, serta menciptakan iklim interaksi yang positif. Metode yang diterapkan pada pengabdian ini adalah memberikan pendidikan kesehatan dilanjutkan dengan kegiatan Terapi Kelompok Terapeutik yang dikombinasi dengan Project Based Learning (TKT + PjBL). Pengabdian dilakukan selama dua bulan, diawali dengan identifikasi peserta bersama guru BK. Hasil koordinasi disepakati sasaran kegiatan adalah siswa kelas 8 sejumlah 48 yang mewakili kelas A sampai F. Pendidikan kesehatan berupa penyampaian materi tentang tumbuh kembang remaja, permasalahan remaja, dan tips menjadi remaja sukses. Sedangkan kegiatan TKT + PjBL dilakukan dalam 6 sesi: 1) brain storming, mengidentifikasi permasalahan remaja; 2) mendiskusikan solusi terhadap permasalahan dan merancang karya inovatif; 3) pelatihan pembuatan media edukasi; 4) membuat produk karya berupa media edukasi; 5) sosialisasi hasil karya inovatif; 6) presentasi. Seluruh kegiatan dilakukan secara offline dengan pendampingan fasilitator. Pada akhir kegiatan dihasilkan 6 karya inovatif berupa poster dan video edukasi. Kesimpulan dari pengabdian masyarakat ini adalah terapi kelompok terapeutik kombinasi project based learning efektif meningkatkan inisiatif, kreativitas, dan iklim interaksi yang positif pada remaja.Kata Kunci: Project based learning, remaja, terapi kelompok terapeutik
PENERAPAN BIOPORI DALAM MENGURANGI BEBAN DRAINASE Studi Kasus: Green Valley Residence, Cibeunying Kidul, Kota Bandung Vitta Pratiwi; M Donie Aulia; Tri Widianti Natalia; Yongki A T; Falderika Falderika; Y Djoko Setiyarto; Yatna Supriatna; M Riza
ABDIMAS UNWAHAS Vol 8, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Wahid Hasyim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31942/abd.v8i2.10023

Abstract

Permasalahan banjir menjadi masalah utama pada perkotaan di Indonesia. Demikian juga yang terjadi pada Kawasan Cicaheum Kota Bandung, dimana terjadi perubahan tata guna lahan menjadi kawasan pemukiman. Untuk itu, kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan pada Perumahan Green Valley Residence dengan membuat Lubang Resapan Biopori pada halaman rumah, taman, tempat parkir dan lahan lahan kosong dapat meningkatkan resapan di dalam tanah yang berarti mengutangi beban drainase pada lahan dan DAS Cipamokolan pada khususnya, sekaligus untuk mengurangi dan mengurai sampah organik yang terus meningkat pada rumah tangga. Pada kegiatan ini terdapat beberapa hambatan dan tantangan terutama pada tahap pelaksanaan yaitu: (a) karakteristik tanah yang dibor merupakan tanah urugan yang terdiri dari batuan yang cukup keras dan sisa material sehingga proses pengeboran cukup sulit dilakukan; (b) Kondisi cuaca yang kurang mendukung pada saat pelaksanaan pemasangan biopori; (c) pada beberapa titik, muka air tanah cukup tinggi sehingga perlu dilakukan penyesuaian kedalaman lubang biopori untuk menghindari pipa terkena air tanah; (d) diperlukan tenaga pelaksana pemasangan biopori yang lebih banyak untuk memperluas cakupan pelaksanaan dan meningkatkan partisipasi warga. Kegiatan ini berhasil dilakukan dengan kerjasama dan bantuan dari pihak warga, sehingga fungsi dari Lubang Resapan Biopori untuk pencegahan banjir dan penanganan sampah organik dapat dipahami melalui penyuluhan dan praktik bagi warga masyarakatKata Kunci: Lubang Resapan Biopori, Pencegahan Banjir, Pengolahan Sampah Organik

Page 1 of 2 | Total Record : 15