cover
Contact Name
Harzukil
Contact Email
harzukil@pnl.ac.id
Phone
+628873124433
Journal Mail Official
jurnalvokasi@pnl.ac.id
Editorial Address
P3M Politeknik Negeri Lhokseumawe Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Location
Kota lhokseumawe,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Vokasi
ISSN : 25489410     EISSN : 25484117     DOI : https://doi.org/10.30811
Jurnal Vokasi mempublikasikan artikel ilmiah dari hasil Penerapan IPTEKS dan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan scope pengabdian bidang teknik dan sosial.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2019): Oktober" : 8 Documents clear
PELATIHAN MANAJEMEN ADMINISTRASI KEUANGAN Millaty, Marosimy; Salehawati, Nurul; Avi, Muhammad Firdaus; Syarifudin, Ibnu; Supriyatna, Uden
Jurnal Vokasi Vol 3, No 2 (2019): Oktober
Publisher : Politeknik Negeri Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (342.164 KB) | DOI: 10.30811/vokasi.v3i2.1305

Abstract

Tujuan dari kegiatan pelatihan ini yaitu untuk melatih pengurus KWT Nira Lestari agar mulai melakukan pencatatan pembukuan secara rapi serta adanya perbaikan pada sistem pencatatan administrasi keuangan sesuai kaidah standar akuntansi keuangan. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah sosialisasi program, observasi, wawancara terkait kebutuhan prioritas, pemaparan materi dengan metode ceramah dan simulasi, alternative pembukuan di smartphone dengan bantuan aplikasi UKM, serta pendampingan. Hasil kegiatan pelatihan ini adalah:  (1) Kegiatan berjalan dengan lancar, tepat waktu, dan sesuai dengan yang diharapkan. (2) Memiliki kesadaran untuk memisahkan antara keuangan pribadi dengan keuangan usaha. (3) Memiliki kesadaran untuk mencatat setiap transaksi keuangan dalam hal sekecil apapun serta menyimpan rapi seluruh nota-nota transaksi keuangan. (4) Dapat melakukan pencatatan transaksi keuangan dengan rapi sesuai kaidah standar akuntansi keuangan. (5) Dapat mengoperasikan aplikasi UKM untuk mempermudah pencatatan serta pembuatan laporan keuangan.Kata Kunci: Transaksi keuangan, laporan akhir, aplikasi akuntansi UKM
BUDIDAYA SAYURAN YANG MURAH DAN SEDERHANA DENGAN METODE HIDROPONIK DI DESA JAMBO TIMU KECAMATAN BLANG MANGAT KOTA LHOKSEUMAWE PROVINSI ACEH Nurlaili, Nurlaili; Habibah, Ummi; Fakhriza, Fakhriza; Jannifar, A; Muslim, Muslim
Jurnal Vokasi Vol 3, No 2 (2019): Oktober
Publisher : Politeknik Negeri Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (454.582 KB) | DOI: 10.30811/vokasi.v3i2.1462

Abstract

Hidroponik dalam bahasa inggris hydroponic, berasal dari kata Yunani yaitu hydro yang berarti Air dan ponos yang artinya daya.Hidroponik juga dikenal sebagai soilless culture atau budidaya tanaman tanpa tanah. Jadi hidroponik berarti membudidayakan tanaman yang memanfaatkan air, tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam.Hampir semua jenis tanaman sayur dapat dibudidayakan, buah-buahan dan tanaman hias dengan sistem bercocok tanam hidroponik. Dalam pelatihan ini benih yang dipilih adalah sayuran sawi, selada dan kangkung, dengan masa panen untuk sayuran sawi 30 hari, untuk sayuran selada 40 hari dan kangkung 20 hari. Sistem ini juga menjadi sistem yang efektif, menguntungkan dan tidak membutuhkan banyak biaya dalam menjalankannya.Hingga saat ini hasil dari tanaman hidroponik masih sangat diminati karena tanaman hidroponik merupakan tanaman sehat dan kaya akan nutrisi. Target dalam pelatihan ini adalah kaum ibu dan remaja putri yang diberi kesempatan mendapatkan pelatihan pengembangan dan keterampilan diri melalui pelatihan praktek langsung menanam sayuran dengan metode hydroponik. Pelatihan ini telah dilaksanakan selama 1 (satu) hari dengan evaluasi secara berkala satu kali dalam seminggu selama 5 (lima) minggu, dengan jumlah peserta 20 orang wanita dan 1 orang pria. Proses pelaksanaan kegiatan telah melalui beberapa tahapan dimulai dari pengenalan alat dan bahan, cara pembibitan, pindah tanam, pemeliharaan dan pemanenan. Tahapan kegiatan telah dilakukan oleh Mitra dengan penuh semangat dan mereka berharap di waktu yang akan datang akan ada lagi kelanjutan dari kegiatan ini, sehingga pelatihan Hydroponik ini dapat dilanjutkan dalam wujud pemberdayaan ekonomi khususnya masyarakat desa jambo Timu, hal ini menjadi tujuan utama dilaksanakannya kegiatan pelatihan ini, sehingga pada gilirannya akan memberikan hasil dan manfaat yang besar bagi kaum ibu dan remaja puteri di desa tersebut.Kata kunci: Budidaya, Hidroponik, media tanam
PELATIHAN PEMBUATAN KULKAS POT TANPA LISTRIK DARI TANAH LIAT SEBAGAI PENYIMPANAN DINGIN SAYUR DAN BUAH Amin, Muhammad; Amir, Fazri; Umar, Hamdani; Thaib, Razali
Jurnal Vokasi Vol 3, No 2 (2019): Oktober
Publisher : Politeknik Negeri Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (596.871 KB) | DOI: 10.30811/vokasi.v3i2.1037

Abstract

Salah satu upaya mencari permasalahan para petani dan pedagang sayur dan buah adalah usia simpan sayur dan buah yang tidak bertahan lama. Selama ini para petani dan pedagang menyimpan sayur dan buah di dalam gudang atau diletakkan begitu saja sehingga cepat layu dan membusuk. Untuk mengatasi masalah tersebut solusinya adalah para petani dan pedagang buah dan sayur dapat menggunakan kulkas pot tanpa listrik dengan sistem pendinginan evaporative. Tujuan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah untuk memperkenalkan dan memberi pengetahuan tambahan kepada mitra cara membuat kulkas pot tanpa listrik dari tanah liat. Kegiatan PKM ini dilaksanakan di Desa Suka Mulia Kecamatan Rantau Kabupaten Aceh Tamiang dan Mitranya adalah para petani dan pedagang buah sayur berjumlah 15 orang yang dibagi atas 5 kelompok masing-masing terdiri dari 3 orang. Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM ini adalah cara penyuluhan partisipatif dan pelatihan. Hasil yang diperoleh adalah masyarakat mendapat pengetahuan baru bahwa ada alternatif lain sistem penyimpan sayur dan buah yang dapat mempertahankan dan memperlama usia simpan. Masyarakat sudah mampu membuat kulkas pot tanpa listrik secara mandiri dan dapat diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.
PELATIHAN PENGELOLAAN WEBSITE JURUSAN BAGI STAF PENGAJAR DAN STAF ADMINISTRASI Nasir, Muhammad; Salahuddin, Salahuddin; Rusli, Rusli; Fauziah, Anita
Jurnal Vokasi Vol 3, No 2 (2019): Oktober
Publisher : Politeknik Negeri Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (604.642 KB) | DOI: 10.30811/vokasi.v3i2.1398

Abstract

Sebuah website, atau dikenal juga dengan situs web, adalah sekumpulan halaman web yang ditampilkan dalam sebuah domain. Website disimpan di dalam server hosting yang dapat diakses lewat jaringan seperti jaringan Internet atau lewat jaringan area lokal lewat alamat Internet yang juga dikenal dengan nama Uniform Resource Locator (URL). Website yang dapat diakses tersebut secara kolektif disebut World Wide Web (WWW). Halaman web merupakan dokumen berisi teks yang ditulis (paling sederhana) dalam format Hyper Text Markup Language (HTML). Halaman web dapat memanggil elemen-elemen lain yang biasa ditampilkan dalam sebuah web, seperti elemen gambar, video, dan sebagainya. Website di lingkungan Jurusan Teknik Mesin (JTM) dibawah kendali dan pengawasan Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Politeknik Negeri Lhokseumawe. Admin yang ada di lingkungan Jurusan termasuk di lingkungan JTM hanya sebagai admin pengelola web, bukan pembuat web. Jadi aksesnya terbatas pada hal-hal yang bersifat umum, seperti membuat berita, membuat agenda dan membuat pengumuman. Untuk melaksanakan tugas tersebut, admin di unit-unit sudah dilengkapi dengan fasilitas atau form upload yang memadai dan mudah dioperasikan, sehingga cukup melengkapi informasi di kolom-kolom yang telah ditentukan, maka informasi yang dibuat akan langsung terupload ke website. Isi atau konten pada website diserahkan sepenuhnya kepada admin pengelola, maka tugas admin adalah melengkapi, menghias dan mempercantik tampilan web yang dikelola. Dengan mengikuti pelatihan ini dosen dan staf administrasi yang nantinya menjadi admin dapat mengelola website masing-masing sesuai dengan kebutuhannya
PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT BAGI KELOMPOK GURU TK/RA MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN ALAT PERAGA EDUKATIF BERBASIS NILAI-NILAI ISLAM DI KOTA LHOKSEUMAWE Syarkani, Syarkani; Siraj, Siraj; Milfayetty, Sri
Jurnal Vokasi Vol 3, No 2 (2019): Oktober
Publisher : Politeknik Negeri Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.459 KB) | DOI: 10.30811/vokasi.v3i2.1275

Abstract

Fasilitas sarana dan prasarana perlu tersedia secara lengkap di Taman Kanak-kanak (TK) dan Raudhatul Athfal (RA) agar penyelenggaraan pelayanan pendidikan dapat berjalan dengan baik sehingga pertumbuhan dan perkembangan kepribadian anak dapat tercapai secara baik dan benar. Permasalahan yang dihadapi mitra saat ini adalah masih minimnya sarana dan prasarana penunjang pembelajaran, seperti sarana bermain dan alat peraga/permainan edukatif; pengetahuan dan keterampilan guru dalam merancang dan membuat alat peraga/permainan edukatif  masih rendah; kemampuan guru dalam memahami bakat dan potensi anak masih terbatas; kompetensi guru yang mengajar di TK/RA masih rendah, karena rata-rata guru tersebut bukan lulusan PGTK/PG-PAUD; serta minimnya alat peraga/permainan edukatif berbasis nilai-nilai Islam. Untuk mengatasi permasalahan mitra tersebut, solusi yang ditawarkan adalah: (1) membantu guru dalam mengenali dan memahami berbagai bakat dan potensi yang dimiliki anak melalui model bermain creative art play, sehingga anak berkembang secara holistik dari segi akademik, sosial, emosional, dan spiritual melalui pelatihan dalam bentuk workshop dan pendampingan; (2) membantu guru dalam merancang dan membuat alat peraga/permainan edukatif (APE) berbasis nilai-nilai Islam yang akan digunakan dalam pembelajaran di kelas, sehingga dapat meningkatkan kemampuan profesionalisme guru.Kegiatan yang telah dilaksanakan adalah dengan memberikan pelatihan bagi guru TK/RA. Hasil yang diperoleh adalah meningkatnya pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan guru TK/RA sehingga mampu membuat alat peraga edukatif berbasis nilai-nilai Islam, serta terlaksananya kegiatan belajar mengajar yang menjunjung nilai-nilai agama dan nilai-nilai luhur budaya dalam membentuk anak didik yang bertaqwa kepada Allah swt.
PELATIHAN PENANGANAN DAN PENGOLAHAN IKAN DI KELURAHAN PASIA NAN TIGO KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG Yusra, Yusra; Efendi, Yempita; Mardiah, Ainul
Jurnal Vokasi Vol 3, No 2 (2019): Oktober
Publisher : Politeknik Negeri Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (511.349 KB) | DOI: 10.30811/vokasi.v3i2.1308

Abstract

Kelurahan Pasia Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Kota Padang merupakan salah daerah yang terletak di pesisir pantai. Sebagian besar penduduk di daerah  ini bekerja sebagai nelayan penangkap dan pengolah ikan. Daerah ini juga dijadikan  sentra pengolahan ikan Kota Padang yang disebut dengan Sentra Pengolahan Perikanan Pasia Nan Tigo (SP3N). Pengolahan ikan yang dominan dilakukan adalah pengolahan ikan teri kering (tawar dan asin). Mitra yang menjadi sasaran dari Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah nelayan pengolah ikan yang berada di unit pengolahan ikan SP3N. Kegiatan PKM ini dilakukan dengan metode andragogy, dengan cara sosialisasi, penyuluhan dan melakukan praktek. Kegiatan yang dilakukan adalah: 1) Penyuluhan tentang larangan penggunaan bahan tambahan pangan (BTP) berbahaya dalam proses pengolahan ikan teri kering, 2) Pelatihan pengolahan ikan yang sesuai dengan standar SNI, 3) Pelatihan tentang diversifikasi produk olahan ikan teri menjadi nugget ikan, kakinaga ikan dan abon ikan,  4) Pelatihan  pengemasan  produk  ikan  teri  kering serta 5) pelatihan manajemen keuangan dan pembukuan sederhana.
PEMETAAN PARTISIPATIF POTENSI WISATA, DI NAGARI SUNGAI PINANG, KABUPATEN PESISIR SELATAN, PROVINSI SUMATERA BARAT Suparno, Suparno; Munzir, Abdullah; Aryanti, Desy
Jurnal Vokasi Vol 3, No 2 (2019): Oktober
Publisher : Politeknik Negeri Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (732.462 KB) | DOI: 10.30811/vokasi.v3i2.1277

Abstract

Nagari Sungai Pinang merupakan salah satu nagari di kawasan pesisir Sumatera Barat mempunyai potensi wisata. Pemetaan partisipatif adalah pemetaan yang dilakukan bersama kelompok masyarakat mengenai tempat dimana mereka hidup  dan mereka memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai wilayahnya. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini di Nagari Sungai Pinang  adalah membuat peta potensi wisata yang  berbasis masyarakat. Sasaran mitra pada Pengabdian pada Masyarakat ini adalah Nagari Sungai Pinang, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat. Survey pemetaan partisipatif dilaksanakan bersama masyarakat Nagari Sungai Pinang di daratan pesisir dan laut. Hasil pemetaan partisipatif bersama masyarakat menghasilkan peta potensi wisata nagari yang sesuai dengan pengetahuan mereka, kondisi nyata terkini di lapangan, dan kewenangan masyarakat mengelola wisata wisata secara adat nagari. Peta sebaran potensi wisata Nagari Sungai meliputi wisata pantai, snorkling, menyelam (diving), selancar (surfing), perkemahan (camping), wisata jetsky, wisata mangrove, wisata air terjun, wisata pukat pantai dan wisata sunset.
MEMBERI PENGUATAN KEPADA GURU DALAM MENGATASI PERMASALAHAN PADA ANAK CERDAS BERBAKAT DI SD NEGERI PERCOBAAN MEDAN Milfayetty, Sri; Hajar, Ibnu
Jurnal Vokasi Vol 3, No 2 (2019): Oktober
Publisher : Politeknik Negeri Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (504.643 KB) | DOI: 10.30811/vokasi.v3i2.1461

Abstract

Pendidikan di sekolah bagi anak cerdas berbakat perlu dilakukan inklusi dan ramah anak. Tujuan kegiatan ini adalah memberi penguatan kepadaguru-gurumelaksanakan pembelajaran akademik secara terpadu pengembangan diri di SD Negeri Percobaan Sei Petani Medan. Pemilihan lokasi mitra didasarkan pada kebutuhan guru di kelas akselerasi untuk mengentaskan masalah perkembangan dan perilaku siswa secara terpadu dengan pembelajaran akademik. Terutama pengendalian perilaku agressifitas, emosional, sosial dan pengaturan diri.Penguatan kemampuan guru dilakukanmelalui pendekatan supervisi pendampingan. Metodenya adalah workshopdengan teknik creative art. Kemampuan guru yang diperkuat adalah memetakan masalah, membuat dan melaksanakan rancangan pembelajaran akademik terpadu pengentasan masalah, konseling dan play therapy. Hasil pendampingan menunjukkan bahwa guru yang mengajar di kelas akselerasi dapat memetakan masalah siswa, merencanakan dan melaksanakan pembelajaran akademik secara terpadu dengan teknik kreatif, melakukan konseling dan play therapy sederhana. Siswa yang mengalami masalah dalam pengendalian diri, agressivitas, masalah emosi dan masalah sosial menjadi berkurang. Berdasarkan hasil ini dikemukakan bahwa penguatan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran akademik terpadu pengembangan diri efektif dalam mengentaskan masalah perilaku siswa di SD Percobaan jalan Sei Petani Medan.Kata Kunci: Inklusi, Cerdas Berbakat, Creative Art

Page 1 of 1 | Total Record : 8