cover
Contact Name
Juniarto Rojo Prasetyo
Contact Email
-
Phone
+6281293805765
Journal Mail Official
jurnalmanajemenkewirausahaan@gmail.com
Editorial Address
Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Manajemen Kewirausahaan
ISSN : 18581408     EISSN : 26549247     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Manajemen Kewirausahaan (JMK) is a journal published twice a year (June and December) by LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta that focused on management studies. The aim of the journals is to disseminate the research in management studies that include marketing, finance, production, human resources, and strategic management. This journal did not give limitation on research methods, both quantitative and qualitative can be accepted and the data from primary, secondary, and literature review.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 20, No 2 (2023): JMK EDISI DESEMBER 2023" : 7 Documents clear
DETERMINAN CITA RASA, PERSEPSI HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN Mahmudah, Siti; Asari, Muhamad; Novie, Muhafidhah
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 20, No 2 (2023): JMK EDISI DESEMBER 2023
Publisher : Universitas IPWIJA (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jmk.v20i2.1162

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mencari jawaban atas masalah bagaimana cita rasa, persepsi harga, dan promosi berdampak pada kepuasan pelanggan yang membeli produk Teh Tong Tji di DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan data kwalitatif yang diukur berdasar pada rentang dari 1 sampai 5, dan digunakan software SPSS (Statistic Package for Social Sciences) untuk menganalisanya. Penelitian ini melibatkan 145 pelanggan teh Tong Tji yang disurvei. Hasilnya menunjukkan bahwa cita rasa, persepsi harga, dan promosi memengaruhi kepuasan pelanggan dengan produk teh Tong Tji di DKI Jakarta. Kata kunci: cita rasa, kepuasan pelanggan, persepsi harga, promosi  ABSTRACT This research is intended to find answers to the problem of how taste, price perception and promotion impact customer satisfaction who buy Tong Tji tea products in DKI Jakarta. This research uses qualitative data which is measured based on a range from 1 to 5, and uses SPSS (Statistical Package for Social Sciences) software to analyze it. This research involved 145 Tong Tji tea customers who were surveyed. The results of his research that the influence of taste, price perception, and promotion on customer satisfaction in Tong Tji Tea Products in DKI Jakarta the results of his research are significant. Keywords: customer satisfaction, price perception, promotion, taste
PENGARUH BRAND BEHAVIOR DAN ATTRACTIVNESS INFLUENCER TERHADAP MINAT BELI Farouk, Faizal; Pratamahanu, Aditya Nugraha; Wardani, Mursida Kusuma; Rasipan, Rasipan
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 20, No 2 (2023): JMK EDISI DESEMBER 2023
Publisher : Universitas IPWIJA (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jmk.v20i2.1151

Abstract

Penelitian memiliki tujuan untuk menjawab asumsi peneliti dengan menguji brand behavior dan attractivness influencer terhadap minat beli pada brand fashion ERIGO. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuisioner, survei, dan wawancara. Penelitian dilakukan dengan 55 responden. Metode Analisis menggunakan regresi linear ganda dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand behavior dan attractivness influencer memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan brand behavior yang baik dari sebuah brand dan influencer yang memiliki attractivness baik dapat meningkatkan minat beli dari pelanggan. Oleh karena itu, perusahaan perlu memperhatikan faktor-faktor ini dalam upaya meningkatkan minat beli pelanggan. Kata kunci: attractiveness influencer, brand behavior, minat beli  ABSTRACT The research aims to answer the researcher’s assumption by testing the brand behavior and attractiveness of the influencer on the purchase intention of the ERIGO fashion brand. The research method used is descriptive quantitative with data collection through questionnaires, surveys, and interviews. The research was conducted with 55 respondents. The analysis method uses multiple linear regression with SPSS application. The results showed that brand behavior and influencer attractiveness have a significant effect on purchase intention. Based on the results of the study, it can be concluded that good brand behavior from a brand and an influencer who has good attractiveness can increase the purchase intention of customers. Therefore, the company needs to pay attention to these factors to increase customer purchase intention. Keywords: attractiveness influencer, brand behavior, buying interest.                                                                                                            
ANALISIS MOTIVASI, KOMPENSASI, DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN BUDAYA ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PTSI JAKARTA Wibusana, Wibusana; Margono, Hery
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 20, No 2 (2023): JMK EDISI DESEMBER 2023
Publisher : Universitas IPWIJA (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jmk.v20i2.1157

Abstract

Penelitian ini dilakukan di PTSI Jakarta dengan populasi karyawan sebanyak 589 orang. Sampel sejumlah 239 responden dipilih menggunakan rumus Slovin. Metode pengumpulan data melibatkan penggunaan kuisioner, dan analisis data dilakukan dengan SEM-PLS dan Regresi Moderating. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap kinerja karyawan PTSI Jakarta. Di sisi lain, kompensasi memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan PTSI Jakarta. Pengembangan karir tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan PTSI Jakarta. Budaya organisasi tidak mampu memoderasi hubungan antara motivasi dan kinerja karyawan, tetapi memainkan peran moderating yang signifikan secara positif pada hubungan antara kompensasi dan kinerja karyawan PTSI Jakarta. Selain itu, budaya organisasi juga memoderasi secara negatif hubungan antara pengembangan karir dan kinerja karyawan PTSI Jakarta.Kata kunci: budaya organisasi, kompensasi, motivasi, pengembangan karir ABSTRACT This research was conducted at PTSI Jakarta with an employee population of 589 people. The sample of 239 respondents was selected using the Slovin formula. The data collection method involves the use of a questionnaire, and data analysis is carried out using SEM-PLS and Moderated Regression. The research results show that motivation has a significant negative effect on the performance of PTSI Jakarta employees. On the other hand, compensation has a significant positive effect on the performance of PTSI Jakarta employees. Career development does not have a significant effect on the performance of PTSI Jakarta employees. Organizational culture cannot moderate the relationship between employee motivation and performance, but has a significant positive moderating role in the relationship between compensation and employee performance at PTSI Jakarta. Furthermore, organizational culture has negatively moderated the relationship between career development and employee performance at PTSI Jakarta.Keywords: career development, compensation, motivation, organizational culture
BIAYA BAHAN BAKU, TENAGA KERJA LANGSUNG, OVERHEAD PABRIK, DAN PEMASARAN MEMPENGARUHI LABA BERSIH PERUSAHAAN FARMASI DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) Kusitawati, Kusitawati; Indiarti, Miralda; Andriyani, Meli
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 20, No 2 (2023): JMK EDISI DESEMBER 2023
Publisher : Universitas IPWIJA (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jmk.v20i2.1163

Abstract

Untuk menentukan bagaimana biaya bahan baku, tenaga kerja langsung, biaya pabrik, dan biaya pemasaran mempengaruhi laba bersih perusahaan farmasi di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2016 hingga 2022, Maka dilakukan Penelitian ini Dimana hasil dari penelitian ini menunjukkan  bahwa  Biaya Bahan Baku (BBB) berdampak pada laba bersih secara terpisah, Biaya Tenaga Kerja Langsung (BTKL) tidak mempengaruhi laba bersih secara individual, Biaya Overhead Pabrik (BOP) secara terpisah tidak berdampak pada laba bersih, dan Biaya Pemasaran (BP) secara terpisah tidak berdampak laba bersih. Untuk meningkatkan laba bersih, penelitiannya menyarankan perusahaan untuk meningkatkan faktor biaya bahan baku, membangun mitra, dan bekerja sama dengan supliyer bahan baku. Kata kunci: biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, biaya overhead, biaya pemasaran, laba bersih  ABSTRACT The study's objective is to ascertain the effects of manufacturing expenses, marketing expenses, direct labor costs, and raw material costs on the net profit of pharmaceutical businesses listed on the Indonesia Stock Exchange between 2016 and 2022. Net profit is partially impacted by raw material costs (BBB), labor costs (BTKL) do not individually effect net profit, factory overhead costs (BOP) do not individually affect net profit, and marketing costs (BP) do not individually affect net profit. According to his research, in order to boost net profit, organizations should work with raw material suppliers, develop partnerships, and raise raw material cost factors. Keywords: direct labor costs, factory overhead costs, marketing costs, net income, raw material costs.                                                      
PERAN KEUNGGULAN KOMPETITIF PADA STRATEGI BISNIS DAN ETIKA BISNIS TERHADAP KINERJA UMKM MAKANAN DAN MINUMAN Wicaksana, Indrajit; Primadhita, Yuridistya; Budiningsih, Susilowati; Maskuri, Muh. Ali
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 20, No 2 (2023): JMK EDISI DESEMBER 2023
Publisher : Universitas IPWIJA (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jmk.v20i2.1233

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menelaah faktor strategi dan etika bisnis terhadap kinerja usaha makanan dan minuman di Kabupaten Bogor. Keunggulan kompetitif digunakan untuk memediasi pengaruh strategi dan etika bisnis terhadap kinerja usaha. Penelitian ini dilakukan menggunakan PLS-SEM terhadap 100 responden. Hasil penelitian memperlihatkan etika bisnis berpengaruh positif secara langsung terhadap kinerja usaha sementara strategi bisnis berpengaruh tidak langsung terhadap kinerja usaha. Penelitian ini juga menunjukan bahwa keunggulan kompetitif memiliki peran penting terhadap kinerja usaha. Keunggulan bersaing menguatkan strategi dan etika bisnis yang berpengaruh positif dalam mendukung peningkatan kinerja usaha. Penelitian ini memberi implikasi bahwa keunggulan kompetitif penting dalam mendukung strategi dan etika bisnis guna peningkatan kinerja usaha. Kata kunci: etika bisnis, keunggulan kompetitif, kinerja, strategi, UMKM ABSTRACT This research is intended to examine strategic factors and business ethics on the performance of food and beverage businesses in Bogor Regency. Competitive advantage is used to mediate the influence of business strategy and ethics on business performance. This research was conducted using PLS-SEM on 100 respondents. The research results show that business ethics has a direct positive effect on business performance while business strategy has an indirect effect on business performance. This research also shows that competitive advantage has an important role in business performance. Competitive advantage strengthens business strategies and ethics which have a positive influence in supporting increased business performance. This research has the implication that competitive advantage is important in supporting business strategy and ethics to improve the business performance. Keywords: business ethics, competitive advantage, performance, MSMEs, strategy
KETEPATAN WAKTU PUBLIKASI LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN ENERGI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Suhartini, Suhartini; Aruddy, Aruddy; Safitri, Julia
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 20, No 2 (2023): JMK EDISI DESEMBER 2023
Publisher : Universitas IPWIJA (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jmk.v20i2.987

Abstract

Tujuan pertama dari study ini adalah menganalisis sejauhmana pengaruh profitabilitas, leverage, dan komisaris independen terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan. Tujuan kedua mengetahui kemampuan kelas auditor dalam memoderasi profitabilitas, leverage, dan komisaris independen atas ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan pada perusahaan energi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia di tahun 2017 hingga 2021. Data diolah menggunakan analisis regresi logit data panel dengan software EViews 12. Temuan penelitian memberikan bukti profitabilitas mempunyai pengaruh signifikan dan berhubungan positif dengan ketepatan waktu pelaporan keuangan. Leverage dan komisaris independen menunjukkan arah hubungan sesuai dengan hipotesis namun tidak cukup signifikan mempengaruhi ketepatan waktu. Kelas auditor tidak mampu menyeimbangkan variabel profitabilitas, leverage, dan komisaris independen dengan publikasi laporan keuangan.Kata kunci: ketepatan waktu pelaporan keuangan, kelas auditor, komisaris independen, leverage, profitabilitas ABSTRACT The first study's goal was to determine whether profitability, leverage, and independent commissioners have an impact to financial reporting timeliness. The second goal is to determine ability of auditor class to moderate profitability, leverage and independent commissioners on timeliness financial report in energy companies listed on BEI between 2017 and 2021. Data analysis method used panel data logit regression analysis and processed with EViews 12 software. According findings of the investigation, profitability significant influence and has a positive relationship with financial reporting timeliness.Leverage and independent commissioners show the relationship direction are in accordance with hypothesis but not significant enough to affect the timeliness.The auditor class is unable to balance the variables of profitability, leverage, and independent commissioners with financial reporting timeliness.Keywords: auditor class, financial reporting timeliness, independent commissioner, leverage, profitability
DAMPAK DIKLAT PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI KEPOLISIAN RESOR SERANG BANTEN JAWA BARATSIA DI KEPOLISIAN RESOR SERANG TANGERANG Handayani, Ris; Laela, Siti; Alwin, Alwin
Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 20, No 2 (2023): JMK EDISI DESEMBER 2023
Publisher : Universitas IPWIJA (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi IPWI Jakarta)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33370/jmk.v20i2.1154

Abstract

Penelitian  dilakukan ada dugaan permasalahan yang ada pada kinerja pegawai pada Institusi di Kepolisian Negara Republik Indonesia di Kepolisian Resor Serang Banten Jawa Barat, mengetahui adanya dampak diklat  terhadap kinerja pegawai, serta mengetahui adanya dampak pengembangan karir terhadap kinerja pegawai.   Penelitian ini mengambil  Populasi  pegawai Institusi Kepolisian Negara Republik Indonesia di Kepolisian Resor Serang Banten Jawa Bara. Sampel dalam penelitian ini yang digunakan simple random sampling. Penelitian ini mengabil  sampel sebanyak 100 pegawai di Institusi Kepolisian Negara Republik Indonesia di Kepolisian Resor Serang Banten Jawa Barat  sebagai responden dalam penelitian ini. Hasil penelitian secara bersama sama berdampak positif serta signifikan pendidikan pelatihan (diklat), pengembangan karir  terhadap Kinerja Pegawai pada Institusi Kepolisian Negara Republik Indonesia di Kepolisian Resor Serang Banten Jawa Barat. Kata kunci: diklat, kinerja, pelatihan pendidikan, pengembangan karir ABSTRACT The research was conducted to identify alleged problems with employee performance at institutions in The Republic of Indonesia National Police at The Serang Banten Police Station, West Java, to find out the impact of training on employee performance, and to find out the impact of career development on employee performance. This research took the population of employees of The Republic of Indonesia State Police Institution at The Serang Banten Police Station, West Java. The sample in this study used simple random sampling. This research took a sample of 100 employees at The National Police Institution of The Republic of Indonesia at The Serang Banten Police Station, West Java as respondents in this research. The results of the research together have a positive and significant impact on training education (training), career development on employee performance at The Republic of Indonesia State Police Institution at The Serang Banten Police Station, West Java. Keywords: career development, educational training, performance

Page 1 of 1 | Total Record : 7