cover
Contact Name
ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Contact Email
arbitrer.jurnal@gmail.com
Phone
+6285243260251
Journal Mail Official
arbitrer.jurnal@gmail.com
Editorial Address
Kampus FKIP Universitas Pattimura Poka-Ambon, 97233, Indonesia.
Location
Kota ambon,
Maluku
INDONESIA
ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Published by Universitas Pattimura
ISSN : -     EISSN : 26851873     DOI : https://doi.org/10.30598/arbitrervol1no1tahun2019
Arbitrer: Jurnal Pendidikan dan Bahasa Indonesia memuat artikel-artikel ilmiah dalam bidang Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, termasuk Bahasa dan Sastra Daerah, ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa asing. Artikel dapat berupa kajian dan aplikasi teori, hasil penelitian, dan kajian pustaka.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 3 (2024): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia" : 8 Documents clear
PENERAPAN MODEL SINEKTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENULIS FIKSI MINI Sari, Arini Vika
Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 3 (2024): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura (Indonesia Language and Literature Education Department, The Faculty of Teacher's Training and Educational Sciences, University of Pattimura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/arbitrervol6no3hlm1277-1288

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis fiksi mini dengan menggunakan model sinektik. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Budi Darma yang mengambil Mata Kuliah Bahasa Indonesia tahun ajaran 2023-2024 semester genap. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes. Analisis data dilakukan deskriptif persentase, rerata dan hasil berdasarkan tingkatan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penggunaan model sinektik mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis fiksi mini. Pada siklus 1, nilai rata-rata sebesar 63 dengan kategori cukup, sedangkan pada siklus 2 nilai rata-rata sebesar 81,76 dengan kategori baik.
NARASI APOKALIPTIK DALAM WACARA HUMOR PADA NOVEL RADEN MANDASIA SI PENCURI DAGING SAPI KARYA YUSI AVIANTO PAREANOM Prasasti, Bawon Wiji Dia; Anggraini, Purwati
Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 3 (2024): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura (Indonesia Language and Literature Education Department, The Faculty of Teacher's Training and Educational Sciences, University of Pattimura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/arbitrervol6no3hlm1249-1262

Abstract

Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif yang bertujuan mengidentifikasi narasi apokaliptik dalam wacana humor pada novel Raden Mandasia Si Pencuri Daging Sapi. Hasil penelitian ini menemukan beberapa bentuk narasi apokaliptik yang dikemas oleh pengarang dalam bentuk wacana humor meliputi: (1) bayangan eskatologis; (2) melibatkan dunia supranatural; (3) karakter pahlawan. Bayangan eskatologis diungkapkan pengarang dalam bentuk pencegahan eskatologis kematian yang dapat disebebakan oleh racun tanaman dan hewan. Melalui cara tersebut, pengarang juga memperlihatkan bagaima bentuk pencegahan eskatologis kematian yang seharusnya terkesan dramatis menjadi cerita humor yang menarik.
CAMPUR KODE DALAM PEMEROLEHAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI BAHASA KETIGA PADA MAHASISWA BIPA Kholiq, Abdul; Yulianto, Bambang; Suhartono, Suhartono; Ahmadi, Anas; Azizan, Yoga Rifqi; Rizal, Moh Ahsan Shohifur
Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 3 (2024): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura (Indonesia Language and Literature Education Department, The Faculty of Teacher's Training and Educational Sciences, University of Pattimura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/arbitrervol6no3hlm1237-1248

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis campur kode dalam pemerolehan bahasa Indonesia sebagai B3 pada pembelajar BIPA. Bentuk campur kode dapat dianalisis pada hubungan antara B1-B3 dan B2-B3. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Dalam penelitian, mahasiswa BIPA di Unesa digunakan sebagai subjek dalam penelitian ini. Teknik wawancara digunakan dalam penelitian ini. Wawancara dilakukan dengan menggunakan bahasa Indonesia. Penganalisisan data penelitian menggunakan transkripsi fonetik; identifikasi dan klasifikasi; kodifikasi; dan analisis data. Dari hasil penelitian, didapatkan bahwa bahwa dalam pemerolehan B3, campur kode dapat terjadi pada bentuk campur kode antara B1-B3 dan B2-B3. Hal ini terjadi karena tipologi bahasa yang berdekatan dan penerima B3 tidak menguasai padanan kata tertentu pada B2 dan B3 sehingga penerima B3 mencampur kode dari B1 ke B3. Campur kode pada bentuk B2 ke B3 terjadi pada pencampuran bahasa Inggris sebagai B22 dengan bahasa Indonesia sebagai B3. Hal ini karena dalam benak pemeroleh bahasa Inggris B3. Mereka menggunakan bahasa Inggris sebagai sebagai pensuplai kosakata dalam memahami kosakata pada BI. Selain itu, pencampuran kode bahasa Prancis sebagai B21 dalam bahasa Indonesia terjadi karena subjek penelitian tidak menguasai kata yang dampaknya adalah bahasa Prancis digunakan subjek penelitian dalam percakapan dengan menggunakan bahasa Indonesia.
ANALISIS MAKNA BAHASA VERBAL DAN NONVERBAL DALAM BUKU BAHASA INDONESIA KELAS XII SMA/SMK/MA: KAJIAN SEMIOTIKA Bur, Eka Yulianti; Akhiruddin, Akhiruddin; Soedarsono, Soedarsono
Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 3 (2024): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura (Indonesia Language and Literature Education Department, The Faculty of Teacher's Training and Educational Sciences, University of Pattimura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/arbitrervol6no3hlm1263-1276

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna bahasa verbal dan nonverbal dalam Buku Bahasa Indonesia Kelas XII SMA/SMK/MA dengan menggunakan kajian semiiotika Charles Sander Pierce. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pemaparan data secara deskripstif. Sumber data dalam penelitian ini, yaitu Buku Bahasa Indonesia Kelas XII SMA/SMK/MA dengan spesifikasi data adalah BAB I s.d. BAB III. Kajian dalam penelitian ini adalah penggunaan komponen semiotika dalam buku teks Bahasa Indonesia Kelas XII SMA/SMK/MA dengan fokus pada pembahasan topik H.B. Jassin, kewirausahaan, dan kecerdasan buatan (AI). Analisis berdasarkan teori semiotika Peirce menelusuri tiga komponen utama: representamen, objek, dan interpretan. Temuan menunjukkan bahwa representamen berupa infografik, teks naratif, dan diagram visual membantu siswa memahami konsep-konsep kompleks. H.B. Jassin dihadirkan sebagai simbol dedikasi dalam sastra melalui infografik dan narasi historis, sedangkan pada materi kewirausahaan, teks dan visualisasi diagram memperkenalkan prosedur bisnis secara sistematis. Pada topik AI, diagram dan ilustrasi robot, seperti Deep Blue menggambarkan dampak teknologi AI terhadap pekerjaan manusia. Analisis ini menyoroti ikon, indeks, dan simbol yang berperan dalam memperkuat pemahaman siswa terhadap materi, memperdalam makna melalui visualisasi, dan contoh nyata yang kontekstual. Pendekatan semiotika dalam materi pendidikan ini berpotensi meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memberikan siswa pemahaman yang lebih komprehensif terhadap topik yang kompleks
PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MEDIA NEARPOD DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN ISI TEKS DESKRIPSI Mawaddah, Firda; Utami, Sintowati Rini; Mutmainah, Mutmainah
Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 3 (2024): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura (Indonesia Language and Literature Education Department, The Faculty of Teacher's Training and Educational Sciences, University of Pattimura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/arbitrervol6no3hlm1305-1318

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengkaji penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning dengan media Nearpod dalam meningkatkan pemahaman terhadap isi dalam teks deskripsi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan sebanyak tiga siklus yang melibatkan 32 orang siswa kelas XI di SMAN 21 Jakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model contextual teaching and learning berbantuan media Nearpod dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap teks deskripsi dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini ditunjukkan oleh adanya peningkatan nilai pemahaman teks deskripsi siswa dari 60 pada siklus I, 76 pada siklus II, dan 86 pada siklus III.
ALIH WAHANA CERITA RAKYAT SYEKH MAULANA MANSYURUDIN CIKADUEUN MENJADI NASKAH DRAMA DAN PEMANFAATAN SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI SMA Sauri, Sopyan; Trisnawati, Trisnawati; Nurelisah, Nurelisah
Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 3 (2024): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura (Indonesia Language and Literature Education Department, The Faculty of Teacher's Training and Educational Sciences, University of Pattimura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/arbitrervol6no3hlm1289-1304

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses alih wahana cerita rakyat Syekh Maulana Manshurudin Cikadueun menjadi naskah drama dan pemanfaatannya sebagai bahan ajar di SMA. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis isi (Content Analiysis). Pada proses analisis cerita rakyat menjadi naskah drama dilakukan dengan berpedoman pada teori ekranisasi Eneste yang terdiri dari tiga aspek yaitu pengurangan/penciutan, penambahan dan perubahan bervariasi pada aspek alur, tokoh dan latar. Hasil analisis menunjukan terdapat 4 penghilangan alur, 5 penambahan alur, dan 2 perubahan bervariasi alur. Selanjutnya pada aspek tokoh terdapat 4 penghilangan/ penciutan tokoh, 4 penambahan tokoh dan tidak ditemukan terjadinya perubahan bervariasi tokoh. Kemudian, terdapat 5 penambahan latar, 1 perubahan bervariasi dan tidak terjadi penghilangan/ penciutan latar. Hasil analisis ini berupa naskah drama cerita rakyat Syekh Maulana Manshurudin Cikadueun dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembelajaran apresiasi sastra di SMA.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK MENGGUNAKAN MEDIA FILM SISWA KELAS XI IPA SMA KRISTEN RAMBATU KECAMATAN INAMOSOL KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT Wemay, Yossy; Pattiasina, Petrus Jacob; Parinussa, Jolanda Dessye
Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 3 (2024): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura (Indonesia Language and Literature Education Department, The Faculty of Teacher's Training and Educational Sciences, University of Pattimura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/arbitrervol6no3hlm1319-1334

Abstract

Penelitian ini berfokus pada permasalahan mendasar, yaitu kemampuan peserta didik dalam mengarang cerita pendek yang masih tergolong rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KKM < 70, pengetahuan yang tidak memadai tentang bagaimana siswa menghasilkan cerita pendek dan belum adanya media pembelajaran yang optimal yang dapat digunakan pendidik dalam proses pembelajaran menulis cerita pendek. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek menggunakan media film pada siswa kelas XI IPA SMA Kristen Rambatu. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket, dan penugasan. subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI IPA SMA Kristen Rambatu dengan jumlah 11 orang, dengan rincian 11 peserta didik perempuan. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis film dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek pada siswa kelas XI IPA SMA Kristen Rambatu dikatakan baik atau memenuhi KKM 70 dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan peserta didik dalam menulis cerita pendek pada siklus I dengan nilai rerata menjadi 57, pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yaitu nilai rerata 83 dengan kategori sangat baik.
KOMUNIKASI NON VERBAL DALAM PERTUNJUKAN TEATER INSTALASI WAJAH KARYA CALVIN PAPILAYA Pattipeiluhu, Lisse
Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 3 (2024): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura (Indonesia Language and Literature Education Department, The Faculty of Teacher's Training and Educational Sciences, University of Pattimura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/arbitrervol6no3hlm1335-1364

Abstract

Teater instalasi wajah merupakan pertunjukan seni yang dimainkan oleh beberapa orang dari komunitas Batu karang. Pertunjukan ini memerlukan usaha dalam bentuk kerjasama guna menyampaikan komunikasi non verba. Komunikasi non verba yang ditampilkan oleh aktor adalah memunculkan berbagai macam ekspresi dalam teater instalasi wajah sebagai media penyampaian pesan bagi para penonton. Maka munculah rumusan masalah yakni bagaimana komunikasi non verba dalam pertunjukan teater instalasi wajah karya Calvin Papilaya. Teori yang gunakan dalam penelitian ini adalah teori struktur kumulatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Maka hasil dari penelitian adalah komunikasi non verbal oleh para pemain teater sebagai bentuk penyampaian maksud (pesan) melalui bentuk wajah, gerak, tubuh, dan suara.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol 7 No 2 (2025): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7 No 1 (2025): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 3 (2024): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 2 (2024): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 1 (2024): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5 No 3 (2023): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5 No 2 (2023): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5 No 1 (2023): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4 No 3 (2022): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4 No 2 (2022): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4 No 1 (2022): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3 No 3 (2021): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3 No 2 (2021): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3 No 1 (2021): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2 No 3 (2020): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2 No 2 (2020): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2 No 1 (2020): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 3 (2019): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 2 (2019): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 1 (2019): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia More Issue