cover
Contact Name
Iin Maulina
Contact Email
jurnal.edukasi.paud@unmuhpnk.ac.id
Phone
+6282154724037
Journal Mail Official
jurnal.edukasi.paud@unmuhpnk.ac.id
Editorial Address
Jalan Ahmad Yani No.111 Pontianak - 78124 Kalimantan Barat
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : 23380535     EISSN : 25409913     DOI : 10.29406/jepaud
Core Subject : Education,
Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini merupakan terbitan berkala untuk memfasilitasi tulisan dan hasil karya dari mahasiswa, pendidik, akademisi (guru dan dosen) dan peneliti yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 1 (2023): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini" : 9 Documents clear
PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK MUJAHIDIN 2 PONTIANAK TIMUR Marlina Marlina; Yuniarti Yuniarti; Iin Maulina
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 11, No 1 (2023): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/jepaud.v11i1.4555

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peningkatan kemandirian belajar melalui metode pemberian tugas pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Mujahidin 2 Pontianak Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat kemandirian belajar anak melalui metode pemberian tugas dimulai dari perencanaan, pelaksanan, dan apakah terdapat peningkatan kemandirian belajar anak melalui metode pemberian tugas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Proses penelitian Tindakan kelas ini direncanakan berlangsung dalam dua siklus dan pada tiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Tiap siklus terdiri atas empat tahap kegiatan, yaitu perencanaan, Tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran menunjukkan bahwa kemampuan kemandirian belajar anak melalui metode pemberiaan tugas terdapat peningkatan dengan penilaian sangat baik (BSB) pada siklus II pertemuan 2 dalam kemandirian belajar anak dengan uraian sebagi berikut: Anak Tekun Menyelesaikan Tugas sebesar 86.7%, anak disiplin menyelesaikan tugas sebesar 93.3%, Anak dapat Bertanggung jawab atas Tugasnya sebesar 80%. Sedangkan pada siklus II pertemuan 3, Anak Tekun Menyelesaikan Tugas sebesar 93.3%, anak disiplin menyelesaikan tugas sebesar 93.3%, Anak dapat Bertanggung jawab atas Tugasnya sebesar 93.3%. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bhwa perkembangan kemandirian belajar anak dalam penggunaan metode pemberian tugas sudah berada dalam kategori terlaksana dengan sangat baik karena memperoleh nilai rata-rata 90,27.Kata Kunci: Kemandirian, Belajar, Pemberian Tugas
Efektivitas Pemberian Reward Terhadap Kemandirian Anak Kelompok B2 Usia 5-6 Tahun di Raudhatul Athfal Dharma Wanita Persatuan Kanwil Kemenag Prov Kalbar Nyemas Nur Hayati Jamilah; Sri Nugroho Jati; Herawati Herawati
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 11, No 1 (2023): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/jepaud.v11i1.3828

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian anak sebelum pemberian reward melalui token berkarakter terhadap kemandirian anak, kemandirian anak setelah pemberian reward melalui token berkarakter terhadap kemandirian anak dan efektivitas pemberian reward terhadap kemandirian anak melalui token berkarakter. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode eksperimen model pre-experimental designs dengan bentuk One-group pre-test post-test design. Subjek penelitian yang dijadikan sebagai sampel penelitian ini merupakan anak usia 5-6 Tahun di Kelompok B2 Raudhatul Athfal Dharma Wanita Persatuan Kanwil Kemenang Provinsi Kalbar yang berjumlah 4 orang anak yang berperilaku kemandirian rendah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa wawancara dan model checklist. Sedangkan jenis sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik purposive sampling. Adanya peningkatan keterampilan perilaku kemandirian anak sebelum dan setelah diberikan token yang ditunjukkan oleh hasil pre-test dan post-tes. Hal tersebut berdasarkan hasil dari perhitungan kuantitatif yang menggunakan rumus uji t paired sampel test antara pre-test dan post-test bahwa thitung adalah 22.045 sedangkan ttabel dengan signifikasi (2 tailed) df = N -1 = 4 – 1 = 3, sebesar 0,00. Nilai sig 0,00 < 0,05, maka thitung > ttabel (22.045 > -2,35) kemandirian anak setelah pemberian reward melalui token berkarakter dapat dikatakan efektivitas maka Ha diterima dan Ho ditolak, karena perilaku kemandirian anak mengalami peningkatan setelah diberikan treatment/perlakuan melalui pemberian reward berupa token berkarakter. Kata Kunci: Kemandirian Anak, Pemberian Reward, Token Berkarakter
PROSES SOSIALISASI DALAM TAMAN KANAK-KANAK BERBASIS ISLAM PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENGEMBANGKAN KEPRIBADIAN ANAK Deta Septiana; Agung Fauzi
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 11, No 1 (2023): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/jepaud.v11i1.4167

Abstract

Penelitian ini ialah penelitian yang mengkaji mengenai proses sosialiasasi pada sekolah Taman Kanak-Kanak berbasis Islam. Fokus utama dalam penelitian ini adalah bagaimana proses sosialisasi yang dilakukan oleh taman kanak-kanak yang berbasis Islam, sehingga hal itu mampu menjawab mengenai penanaman nilai yang tidak bisa diberikan oleh orang tua. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana proses sosialisasi yang dilakukan oleh taman kanak-kanak yang berbasis Islam, mengetahui bagaimana nilai sosial ikut bersanding dengan nilai keagamaan dan mampu menjadikan peserta didik menjadi seorang yang toleran dan berakhlak mulia sebagai pendidikan karakter yang dilakukan oleh sekolah kepada siswa. Teori yang digunakan ialah teori sosialisasi atau pembentukan kepribadian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan peneliti sebagai instrumen kunci. Data penelitian didapat dengan cara wawancara dan observasi. Hasil penelitian didapat bahwa proses sosialisasi dilakukan dengan cara pembiasaaan atau kegiatan rutin yang dilakukan secara terus menerus, cara menyandingkan dengan nilai keagamaan dan sosial adalah dengan tipe sosialisasi formal yang mengikuti aturan kurikulum dan penilaian yayasan Perguruan Muhammadiyah, serta pola sosialisasi imbalan sebagai pembentukan karakter peserta didik yang lebih matang dan hal itu membantu meningkatkan kecerdasan sosial emosional pada anak usia dini.
PENGARUH MODIFIKASI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI Widia Rosiana Putri; Iin Maulina; Sri Nugroho Jati; Yuniarti Yuniarti
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 11, No 1 (2023): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/jepaud.v11i1.4289

Abstract

Berdasarkan latar belakang pada penelitian ini, peneliti mengidentifikasi masalah sebagai berikut, kurangnya kemampuan motorik kasar pada anak yang disebabkan dalam pembelajaran guru kurang berinovasi dalam memberikan pembelajaran yang melibatkan motorik kasar pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional engklek terhadap kemampuan motorik kasar anak, sebelum dan sesudah diberikan treatment. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan One Group Pretest-Posttest. Pengambilan sampel  menggunakan teknik Sampling Purpose. Sampel penelitian yaitu siswa usia 5-6 tahun PAUD Darul Ilmi Desa Tebang Kacang. Pengumpulan data menggunakan metode ceklis. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh modifikasi permainan tradisional terhadap kemampuan motorik kasar anak setelah diberikan treatment.Kata Kunci: Permainan Tradisional Engklek, Kemampuan Motorik Kasar
Implementasi Whatsapp Group Pada Pembelajaran Dalam Jaringan Di Kelompok Bermain Anugrah Bunda Kubu Raya Yesty Veliyanti; Diana Diana; Sutrisno Sutrisno
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 11, No 1 (2023): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/jepaud.v11i1.4781

Abstract

Penggunaan aplikasi Whatsapp pada pembelajaran daring lebih mudah untuk diterapkan karena aplikasi Whatsapp sudah menjadi salah satu media komunikasi yang sudah banyak digunakan, mudah untuk dioperasikan dan tidak memerlukan jaringan dan paket internet yang lebih besar. Whatsapp Group memudahkan proses pembelajaran dengan lebih simpel dan tidak rumit ketika ingin membagikan video maupun foto antar guru, orangtua dan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Whatsapp Group pada Pembelajaran Dalam Jaringan di Kelompok Bermain Anugrah Bunda Kubu Raya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan menggunakan metode desktiptif. Subjek penelitian ini menggunakan guru kelas B Kelompok Bermain Anugrah Bunda Kubu Raya dan orangtua atau wali murid. Objek penelitiannya adalah penggunaan whatsapp group. Teknik pengumpulan yang digunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan data menggunakan pengumpulan data, data reduction, data display, dan conclusion drawing/vervication. Pengujian Keabsahan Datanya menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini yang dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi dengan guru kelas B dan orangtua wali murid KB Anugrah Bunda Kubu Raya menghasilkan data bahwa implementasi Whatsapp Group pada Pembelajaran Dalam Jaringan di Kelompok Bermain Anugrah Bunda Kubu Raya sudah dilaksanakan “Cukup Baik”. Guru dan orangtua menggunakan fitur foto dan video pada Whatsapp Group dengan kemudahan yang dapat digunakan semua kalangan untuk dapat digunakan pada pembelajaran daring.
PENATAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF LINGKUNGAN BELAJAR OUTDOOR ANAK USIA DINI Debi Cahya Damayanti; Elan Elan; Dini Khusnatul Amaliyah
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 11, No 1 (2023): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/jepaud.v11i1.4098

Abstract

Penataan Alat Permainan Edukatif di lingkungan belajar outdoor perlu guru perhatikan agar kenyamanan dan keamanan anak menjadi terpenuhi. Mendukung kenyamanan anak dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, maka sekolah harus menyediakan sarana kelas sebagai lingkungan fisik yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan anak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan mengenai Penataan Alat Permainan Edukatif lingkungan belajar outdoor anak usia dini. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan, teknik pengumpulan data dalam penelitian kepustakaan ini adalah dengan mencari sumber-sumber yang relevan dengan topik yang dibahas dari artikel. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini yaitu bahwa penataan ruang belajar di lingkungan outdoor tentu akan berbeda dengan penataan di lingkungan indoor. Banyak sekali yang harus diperhatikan dalam penataan lingkungan outdoor ini salah satunya yaitu, penataan Alat Permainan Edukatif. Oleh karena itu penataan ruang belajar perlu diterapkan, dipersiapkan, serta pemilihan bahan yang tidak berbahaya agar kegiatan pembelajaran dapat berlangsung secara optimal.
ANALISIS DAMPAK WORK FROM HOME (WFH) TERHADAP PEMBELAJARAN PADA ANAK USIA DINI MASA PANDEMI COVID-19 DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA KUBU RAYA Julisa Pratama; Herawati Herawati; Diana Diana; Sudarti Sudarti
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 11, No 1 (2023): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/jepaud.v11i1.3368

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis dan mengupas secara mendalam terkait Dampak dari Work From Home (WFH) Terhadap Pembelajaran Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Kubu Raya masa Pandemi COVID-19. Adapun permasalahan penelitian yaitu selama pandemi COVID-19 Sebagian anak tidak mengikuti proses pembelajaran secara aktif melalui pembelajaran online sebab sebagian orangtua tidak tau cara penggunaan handphone android juga ditemukan bahwa anak- anak mengalami kesulitan dalam memahami materi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif, dengan responden 15 orang. Hasil penelitian ini diperoleh Dampak dari Work From home (WFH) Terhadap proses pembelajaran Berdampak sangat merugikan pada anak menurut keterangan orangtua, kepala sekolah dan guru kelas B2, Proses pembelajaran sangat menguras anergi dan materi karena disamping guru merencanakan pembelajaran yang baru dan mengadakan home visit (mengunjungi) memantau atau mengendalikan pembelajaran dari rumah kerumah. Orangtua sangat merasa terbebani selama proses pembelajaran yang berlangsung secara online terutama bagi orangtua yang berkerja. Orangtua dituntut untuk mendampingi anak dalam belajar. Kesulitan yang ditemukan dilapangan tidak memiliki handphone android karena faktor ekonomi, pengadaan kuota internet karena pada awal pembelajaran online belum ada pembagian kuota dari sekolah, dan handphone android bukan untuk belajar tetapi lebih banyak digunakan untuk bermain game.Kata Kunci: Dampak WFH, Pembelajaran Anak Usia Dini, Masa Pandemi COVID-19.
PENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR MENGGUNAKAN METODE TANYA JAWAB Susan Maulani; Revita Yanuarsari; Setianingsih Eka Wardian
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 11, No 1 (2023): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/jepaud.v11i1.5293

Abstract

AbstrakPenelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara anak. Adapun tujuan dari penelitian ini secara umum untuk memperoleh gambaran tentang upaya meningkatkan keterampilan berbicara anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelompok B Kober Al Barokah Bandung sebanyak 20 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan menggambar menggunakan metode tanya jawab keterampilan berbicara anak dapat meningkat. Pada kondisi awal presentase ketuntasan anak mencapai 15%, pada siklus I presentase ketuntasan anak mencapai 35%, dan pada siklus II presentase ketuntasan anak mencapai 95%. Sesuai indikator kinerja yang telah ditetapkan yakni 70%, dapat diketahui bahwa kondisi awal, siklus I dan II belum mencapai target yang ditetapkan, maka dari itu peneliti melanjutkan pada siklus II. Pada siklus II indikator ketercapaian mencapai 95%. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui kegiatan menggambar menggunakan metode tanya jawab dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelompok B di Kober Al Barokah Bandung. Kata Kunci: Keterampilan Berbicara; Tanya Jawab; Menggambar; Anak Usia Dini AbstractThis research was motivated by the low level of children's speaking skills. The purpose of this study in general is to obtain an overview of efforts to improve children's speaking skills. This research is a classroom action research (CAR) with a descriptive qualitative approach which is carried out in two cycles, each cycle consisting of planning, implementation, observation, and reflection stages. The research subjects were 20 children of group B Kober Al Barokah Bandung. Data collection techniques using interviews, observation, and documentation. The results of the study show that through drawing activities using the question and answer method children's speaking skills can improve. In the initial conditions, the percentage of children's completeness reached 15%, in the first cycle, the percentage of children's completeness reached 35%, and in the second cycle, the percentage of children's completeness reached 95%. According to the performance indicator that has been set, namely 70%, it can be seen that the initial conditions, cycles I and II have not reached the target set, therefore the researcher continues in cycle II. In cycle II the indicator of achievement reached 95%. The conclusion of this study is that through drawing activities using the question and answer method can improve the speaking skills of group B children at Kober Al Barokah Bandung. Keywords: Speaking Skills; Questions and Answers; Drawing; Early Childhood
EXPLOITATION OF CHILDREN AGED 5-6 YEARS OLD IN SRI AGUNG VILLAGE, KARANG AGUNG ILIR DISTRICT, BANYUASIN REGENCY monica evi apriyanti; Febriyanti Febriyanti; Ali Murtopo
Jurnal Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 11, No 1 (2023): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/jepaud.v11i1.4144

Abstract

The large number of young children who work on plantations in the village causes the growth and development of children to not develop properly. This attracted the attention of researchers to discuss early age exploitation in Sri Agung Village, Karang Agung Ilir District. The purpose of this study was to determine the forms of child exploitation and the supporting and inhibiting factors of early childhood exploitation in Sri Agung Village, Karang Agung Ilir District. This type of research is qualitative with a case study approach. The informants in this study consisted of 10 people (parents/community) and 5 people (early children) as well as the village head. Data collection techniques in this study used the methods of observation, interviews, and documentation. The data analysis technique used is the data reduction stage, the data presentation stage, and the conclusion drawing/verification stage. Based on the results of this study, there are several parents who invite their children to work because it is to meet their daily needs. Factors that support the occurrence of exploitation are economic factors, environmental factors, educational factors. The lack of extensive knowledge by the parents resulted in the exploitation of early childhood such as physical exploitation as well as economic exploitation. With this research, parents become more aware of how to treat their children, protect and educate children so that they are not wrong in relationships and others. So that the growth and development of children can run optimally. Keywords: Child Exploitation, Early Childhood, Supporting Factors

Page 1 of 1 | Total Record : 9