cover
Contact Name
Hadi Rianto
Contact Email
hdrianto@yahoo.com
Phone
+6281256972279
Journal Mail Official
hdrianto@yahoo.com
Editorial Address
IKIP PGRI Pontianak, Lantai Dasar Gedung B Jl Ampera No. 88 Kota Baru Pontianak
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Published by IKIP PGRI Pontianak
ISSN : 23378891     EISSN : 25989510     DOI : http://dx.doi.org/10.31571/pkn.v3i2
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan berisikan tentang hasil penelitian pada bidang ke-PKN-an meliputi kajian tentang pendidikan, politik, HAM, startegi dan metode pembelajaran PKn
Articles 22 Documents
Search results for , issue "Volume 4 Nomor 1 Edisi Juni 2020" : 22 Documents clear
PELESTARIAN NILAI-NILAI BUDAYA PADA MASYARAKAT DAYAK DESA SENEBAN KECAMATAN SEJIRAM KABUPATEN KAPUAS HULU Sulha, Sulha
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Volume 4 Nomor 1 Edisi Juni 2020
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/pkn.v4i1.1719

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelestarian nilai-nilai budaya pada masyarakat dayak desa Seneban kecamatan Sejiram kabupaten Kapuas Hulu.. Metode yang digunakan penelitian ini menggunakan metode kualitatif,  sedangkan bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, subjek penelitian dalam penelitian ini adalah Kepala Desa Seneban, Masyarakat Seneban, Ketua Adat Seneban. Teknik pengumpulan data berupa teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung, teknik dan teknik studi dokumenter. Alat pengumpul data yang digunakan adalah panduan observasi, panduan wawancara, dan studi dokumentasi, Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan untuk memperoleh keterangan yang terperinci. Adapun yang menjadi kesimpulan dalam penelitiaan ini adalah bahwa nilai-nilai budaya merupakan nilai-nilai yang disepakati dan tertanam dalam suatu masyarakat, lingkungan organisasi, lingkungan masyarakat, yang mengukur pada suatu kebiasaan, kepercayaan (believe), simbol-simbol, dengan karakteristik tertentu yang dapat dibedakan satu dengan yang lainnya sebagai acuan prilaku dan tanggapan atas apa yang akan terjadi atau sedang terjadi.
PERANAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAA DALAM PEMBINAAN BUDI PEKERTI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SENGAH TEMILA KABUPATEN LANDAK Sukrisno, Sukrisno; Rianto, Hadi; Oktavia, Erna
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Volume 4 Nomor 1 Edisi Juni 2020
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/pkn.v4i1.1747

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi secara objektif mengenai pembinaan budi pekerti siswa SMP Negeri 1 Sengah Temila Kabupaten Landak melalui mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan bentuk deskriptif. Subjek penelitian siswa ini adalah kelas VIIA, VIIC dan VIIE, kelas VIIIB, VIIIC dan VIIID, kelas IXA, XIC dan IXF SMP Negeri 1 Sengah Temila Kabupaten Landak tahun pelajaran 2018/ 2019 yang berjumlah 9 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan teknik pengukuran. Adapun alat pengumpul data pada penelitian ini melalui wawancara. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Guru Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan sudah berperan aktif dalam pembinaan budi pekerti siswa di SMP Negeri 1 Sengah Temila Kabupaten Landak baik yang dilakukan melalui proses pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menanamkan nilai-nilai moral yang berhubungan dengan budi pekerti siswa, seperti kejujuran, kesopanan serta kedisiplinan maupun melalui pendekatan-pendekatan yang dilakukan dengan cara mencontohkan cara berbicara yang sopan dan cara berpakaian yang rapi; (2) Hasil pembinaan budi pekerti siswa SMP Negeri 1 Sengah Temila Kabupaten landak belum terimplementasi secara maksimal. Masih ada siswa yang yang kurang memahami pentingnya memiliki budi pekerti yang baik.
PEMBINAAN KESADARAN MORAL OLEH GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGATASI KENAKALAN REMAJA DI SMA KECAMATAN DELTA PAWAN KABUPATEN KETAPANG Hasanah, Sitti Uswatun
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Volume 4 Nomor 1 Edisi Juni 2020
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/pkn.v4i1.1717

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembinaan kesadaran moral siswa. Penelitian dilaksanakan pada 7 (tujuh) lokasi SMA di kecamatan Delta Pawan kabupaten Ketapang. dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung, komunikasi langsung dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis, yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil peneliitian yaitu Pelaksanaan guru PKn dalam membina kesadaran moral untuk mengatasi kenakalan remaja pada siswa sudah terlaksana dengan baik Peran guru PKn dalam membina kesadaran moral untuk mengatasi kenakalan remaja pada siswa pada saat proses pelajaran yaitu dengan menggunakan media tata tertib sekolah dengan memberikan motivasi dan dorongan kepada siswa supaya kesadaran melekat dalam diri siswa, dan memberikan contoh teladan yang baik, serta memberikan teguran jika melanggar tata tertib tersebut. Faktor-Faktor  yang mempengaruhi guru PKn dalam membina kesadaran moral untuk mengatasi kenakalan remaja pada siswa adalah faktor internal, dari siswa itu sendiri seperti cacat keturunan yang bersipat biologis-psikis, pembawaan yang negatif yang mengarah ke perbuatan nakal, ketidak seimbangan pemenuhan kebutuhan pokok dengan keinginan, dan lemahnya kontrol diri serta persepsi sosial. Faktor Eksternal seperti masalah yang datang dari lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, dan masalah yang datang dari lembaga pendidikan formal secara umum.
PERAN DOSEN PROGRAM STUDI PPKN DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA DEMOKRASI PANCASILA DALAM PEMILU SERENTAK TAHUN 2019 Novianty, Fety; Firmansyah, Syarif
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Volume 4 Nomor 1 Edisi Juni 2020
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/pkn.v4i1.1793

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran dosen program studi PPKn dalam mengembangkan budaya demokrasi pancasila dalam pemilu serentak tahun 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil wawancara, hasil observasi dan dokumen. Proses pengolahan data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa Peran dosen dalam mengembangkan budaya demokrasi pancasila pada mahasiswa Program Studi PPKn dikukan dengan; (1) memberikan pengetahuan dan pemahaman akan pentingnya demokrasi pancasila dengan cara penguatan nilai-nilai demokrasi pancasila dalam kegiatan pembelajaran di kelas dengan menciptakan suasana kelas yang demokratis; (2) mengembangkan sikap kebebasan mengemukakan pendapat; (4) mengembangkan sikap kebebasan untuk berpartisipasi; (5) mengembangkan sikap toleransi.
PENGARUH PEMAHAMAN KONSEP TANGGUNG JAWAB TERHADAP KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA MAHASISWA PPKN Susilawati, Wiwik Okta; Zwastikawati, Olga Frida
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Volume 4 Nomor 1 Edisi Juni 2020
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/pkn.v4i1.1582

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pemahaman konsep tanggung jawab terhadap karakter tanggung jawab. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 51 mahasiswa, yang berasal dari populasi atau mahasiswa aktif Program Studi PPKn FKIP UAD angkatan tahun 2012-2014 yang telah menempuh mata kuliah Etika. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen tes pilihan ganda (multiple choice test) untuk mengukur variabel pemahaman konsep tanggung jawab dan instrumen angket untuk mengukur variabel karakter tanggung jawab. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dan dilanjutkan dengan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak atau dinyatakan ?ada pengaruh pemahaman konsep tanggung jawab terhadap karakter tanggung jawab? yang dibuktikan dengan hasil analisis uji t untuk df= (n-k)= (51-2)= 49 yaitu sebesar 2,01 dan taraf signifikan= 5% sehingga diketahui nilai t-hitung (2,452) > t-tabel (2,01) dengan perhitungan regresi sederhana karakter tanggung jawab = 50,818 + 0,500 pemahaman konsep tanggung jawab dan berdasarkan perhitungan koefisien determinasi didapatkan hasil perhitungan sebesar 10,9%. Hal ini menyatakan bahwa sebesar 10,9% perubahan-perubahan karakter tanggung jawab dipengaruhi oleh pemahaman konsep tanggung jawab.
PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS DI SEKOLAH DASAR Hidayat, Heri; Mulyani, Heny; Arifin, Nadia Nurul; Rahmawati, Neng Setia
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Volume 4 Nomor 1 Edisi Juni 2020
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/pkn.v4i1.1479

Abstract

AbstrakArtikel ini merupakan artikel dengan metode kajian pustaka. Peneliti mengkaji dari beberapa penelitian yang bersumber dari artikel dan sumber rujukan lain. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menerapkan model pembelajaran pada mata pelajaran PKn di SD yang mampu membuat pembelajaran tidak monoton dan meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu, artikel ini bertujuan agar guru yang masih menggunakan metode lama bisa lebih kreatif untuk membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan sehingga siswa menjadi lebih bersemangat dalam belajar. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Dari kebanyakan penelitian menyatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya interaksi antara guru dan siswa. Jadi, pembelajaran ini bisa membuat guru dan siswa berperan aktif. Namun, dilihat dari penelitian yang lain, pembelajarannya telah dilakukan tetapi masih terdapat kekuarangan. Karena guru belum bisa memahami tentang pelaksanaan pembelajaran ini. Oleh karena itu, perlu adanya pembaharuan dalam proses pembelajaran agar pembelajaran ini bisa lebih bermakna.
PERAN MAJELIS ADAT BUDAYA MELAYU DALAM PENANAMAN NILAI- NILAI KEMANUSIAAN (HUMAN VALUES) DI KOTA PONTIANAK Hemafitria, Hemafitria; Yuliananingsih, Yuliananingsih
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Volume 4 Nomor 1 Edisi Juni 2020
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/pkn.v4i1.1723

Abstract

Kekuatan  budaya melalui pemberdayaan masyarakat merupakan sumber utama yang penting dalam pembentukan nilai-nilai kemanusiaan. Peran  lembaga Majelis Adat Budaya Melayu  ini sangat dominan dalam tatanan kehidupan masyarakat Melayu kota Pontianak.Tujuan umum penelitian ini adalah  memperoleh informasi secara obyektif tentang Peran Majelis Adat Budaya Melayu dalam penanaman nilai- nilai kemanusiaan (Human Values) di  kota   Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode diskriptif.  Berdasarkan hasil temuan  bahwa penanaman  nilai-nilai kemanusiaan terwujud dalam bentuk program kerja yang langsung dilaksanakan oleh MABM Kota dan bekerjasama dengan pemerintah Kota Pontianak. Pembentukan  nilai-nilai kemanusiaan meliputi nilai religius,  nilai santun,   nilai kebersamaan, nilai kebaikan dan nilai keterbukaan. Hambatan yang dihadapi dalam MABM pada dasarnya masih tingginya sifat ketidak pedulian yang terjadi di masyarakat dan pengurus MABM, kurangnya sumberdaya manusia dalam aspek keilmuan dengan  tidak berjalannya program dari MABM .upaya-upaya Majelis Budaya Melayu guna menciptakan kehidupan yang damai dan  harmonis adapun  upaya - upaya yang dilakukan meliputi Konsolidasi Organisasi, Memperkuat Jalur Komunikasi, Pelibatan Kaum Muda dalam berbagai kegiatan yang diprogramkan dan Festival Seni Budaya Melayu Kekuatan  budaya melalui pemberdayaan masyarakat merupakan sumber utama yang penting dalam pembentukan nilai-nilai kemanusiaan.
PARTISIPASI POLITIK MAHASISWA PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMILIHAN GUBERNUR KALIMANTAN BARAT Atmaja, Thomy Sastra; Sulistyarini, Sulistyarini; Dewantara, Jagad Aditya
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Volume 4 Nomor 1 Edisi Juni 2020
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/pkn.v4i1.1676

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat partisipasi politik, bentuk partisipasi politik, serta orientasi politik mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam Pilgub Kalbar tahun 2018. Penelitian menggunakan metode survey. Teknik dan instrumen pengumpul data berupa kuesioner atau angket. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan (1) Partisipasi politik mahasiswa PPKn dalam Pilgub Kalbar tahun 2018 tergolong sangat tinggi yakni sebesar 89,7 %. Partisipasi politik tersebut didasari oleh keinginan dan kesadaran mahasiswa sendiri dalam memilih yakni sebesar 79 %.  (2). Bentuk partisipasi politik mahasiswa PPKn dalam Pilgub Kalbar tahun 2018 sangat beragam yakni berpartisipasi sebagai pemilih, berpartisipasi sebagai anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), berpartisipasi sebagai anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS), berpartisipasi sebagai anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), berpartisipasi sebagai Pemantau dari Partai Politik, dan berpartisipasi sebagai tim sukses pasangan calon Guberbur. (3). Orientasi politik mahasiswa PPKn dalam Pilgub Kalbar tahun 2018 dipengaruhi oleh beberapa pertimbangan yakni mahasiswa memilih atas dasar kesamaan agama, kesamaan suku, kesamaan etnis dengan calon, kesamaan daerah (kabupaten/kota) dengan calon, dan pertimbangan calon memiliki integritas dan karakter yang baik, memiliki kinerja dan prestasi politik yang baik, memiliki latar belakang dan karir politik yang jelas
PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN PKN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 3 SINGKAWANG Moad, Moad
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Volume 4 Nomor 1 Edisi Juni 2020
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/pkn.v4i1.1795

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam pembelajaran PKn agar lebih bersemangat untuk terus meningkatkan minat belajar dengan menggunakan Media Audio Visual sehingga hasil belajar akan maksimal. Bentuk penelitian yang sesuai untuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, subjek penelitian terdiri dari siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Singkawang berjumlah 26 siswa. Kesimpulan umum bahwa penerapan media audio visual dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VIII A SMP Negeri 3 Singkawang. Penggunaan media audio visual dengan memanfaatkan Film dokumenter dalam pembelajaran dengan tahapan utama menyiapkan alat pembelajaran, siswa menyusun laporan hasil (review) menonton Film, kelompok mempresentasikan laporan film dokumenter dan memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk menanggapi sehingga terjadi tanya jawab, Guru dan siswa menyimpulkan hasil belajar pada materi tersebut dan siswa mengerjakan soal-soal evaluasi akhir pelajaran. Peningkatan minat belajar siswa setelah diterapkannya media audio visual di kelas VIII A SMP Negeri 3 Singkawang, pada siklus I banyaknya siswa yang memiliki minat belajar tinggi berjumlah 15 siswa (58%) dan pada siklus II meningkat sebanyak 21 siswa (81%) dengan penerapan media film dokumenter telah mengalami peningkatan.
HALAMAN COVER DAN EDITORIAL JPKN, GM
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Volume 4 Nomor 1 Edisi Juni 2020
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/pkn.v4i1.1796

Abstract

Halaman Cover dan Editorial

Page 1 of 3 | Total Record : 22