cover
Contact Name
T. Aria Auliandri
Contact Email
aria@feb.unair.ac.id
Phone
+6281332529696
Journal Mail Official
inobis.info@gmail.com
Editorial Address
Jl. Gajayana 539 Malang
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Inobis: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
ISSN : -     EISSN : 26140462     DOI : https://doi.org/10.31842/jurnalinobis
Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia (INOBIS), diterbitkan oleh Pengurus Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, secara berkala empat kali dalam setahun. Jurnal INOBIS bertujuan untuk menyebar luaskan hasil penelitian di bidang manajemen dan bisnis kepada para akademisi, praktisi, mahasiswa dan pihak yang berminat. Jurnal INOBIS menerima kiriman artikel yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Penulis harus menyatakan bahwa artikel yang dikirim ke Jurnal INOBIS tidak dikirim atau dipublikasikan ke jurnal lain. Penentuan artikel yang dimuat di Jurnal INOBIS melalui proses review oleh tim dewan redaksi Jurnal INOBIS dengan mempertimbangkan antara lain: terpenuhinya persyaratan baku publikasi jurnal, metode riset yang digunakan, signifikansi, dan kontribusi hasil penelitian terhadap keilmuan manajemen.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 4 (2018): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2018" : 11 Documents clear
Pengaruh Risiko Kredit Dan Efisiensi Operasional Terhadap Kinerja BPR Konvensional Misti Hariasih; Rizal Yulianto; Amrin Hidayat
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 1 No. 4 (2018): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2018
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.331 KB) | DOI: 10.31842/jurnal-inobis.v1i4.46

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh risiko kredit (NPL) dan Efisiensi operasional (BOPO) secara simultan terhadap kinerja keuangan bpr konvensional, untuk mengetahui pengaruh risiko kredit (NPL) secara parsial terhadap kinerja keuangan bpr konvensional, dan untuk mengetahui pengaruh efisiensi operasional (BOPO) secara parsial terhadap kinerja keuangan bpr konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis kuantitatif deskriptif dengan teknik analisis regresi linier berganda dan menggunakan program SPSS versi 16 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel risiko kredit (X1) berpengaruh secara signifikan negatif terhadap kinerja keuangan bpr konvensional (Y), sedangkan variabel efisiensi operasional (X2) secara parsial tidak berpengaruh terhadap kinerja keungan bpr konvensional (Y). Dan hasil uji secara simultan atau bersamabersama, variabel risiko kredit (X1) dan efisiensi operasional (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja keuangan bpr konvensional (Y), hal ini dibuktikan dengan hasil uji F dengan nilai sebesar sig 0,000 < 0.05. 
Peran Mediasi Pemasaran Hijau Pada Pengaruh Persepsi Nilai Terhadap Repurchase Intension Pada Garden Villa Seminyak Bali Gilang Dwi Arta; Ni Made Purnami
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 1 No. 4 (2018): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2018
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (711.366 KB) | DOI: 10.31842/jurnal-inobis.v1i4.47

Abstract

Penerapan pemasaran hijau suatu perusahaan berkaitan dengan tanggung jawab perusahaan mengenai kelestarian lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pemasaran hijau dalam memediasi pengaruh persepsi nilai terhadap repurchase intension. Penelitian ini dilakukan di Garden Villa Seminyak Bali dengan jumlah responden 140 orang. Responden penelitian adalah konsumen yang sudah pernah menginap di lebih dari satu malam di Garden Villa Seminyak Bali. Penelitian ini menggunakan teknik analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Persepsi nilai memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pemasaran hijau; 2) Persepsi nilai memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intension; 3) Pemasaran hijau memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli kembali; 4) Pemasaran hijau memediasi pengaruh persepsi nilai terhadap repurchase intension pada Garden Villa Seminyak Bali. 
The Impact of University's Programs Toward Alumni Perceived Development (A Case Study in International Program, Faculty of Economics, Islamic University of Indonesia) Anas Hidayat; Jaya Addin Linando; Sri Rejeki Ekasasi
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 1 No. 4 (2018): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2018
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.671 KB) | DOI: 10.31842/jurnal-inobis.v1i4.48

Abstract

Education plays an important role as the value-shaper students. International Program Faculty of Economics, Universitas Islam Indonesia or IPFE UII is one of the universities that have role in education. IPFE UII is intended to be the value-shaper for its students. One of the way that is done by IPFE UII to achieve that goal is by providing several character building programs. IPFE UII compresses the values and tried it into five points, they are: professional behaviour, creative thinking, literacy skill, global understanding and communication skill. This research was done to evaluate whether the programs of IPFE UII have an impact on the perceived development of its students or not. The results of this research shows that based on simple regression analysis, all five variables are significantly influence perceived development as the dependent variable. While the result shown in multiple regression analysis are: 1) professional behaviour has positive significant influence to alumni perceived development; 2) creative thinking has negative influence to alumni perceived development; 3) literacy skill has positive but not significant influence to alumni perceived development; 4) global understanding has positive but not significant influence to alumni perceived development; 5) communication skill has positive influence to alumni perceived development.
Peningkatan Daya Saing Perbankan Melalui Efisiensi Biaya Dengan Metoe Stochastic Frontier Approach Sholikha Oktavi Khalifaturofi’ah
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 1 No. 4 (2018): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2018
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (729.219 KB) | DOI: 10.31842/jurnal-inobis.v1i4.49

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang efisiensi biaya pada bank umum konvensional dan pengaruhnya terhadap total aset dan profitabilitas. Efisiensi merupakan sesuatu yang sangat penting bagi perbankan. Adanya inefisiensi merupakan sinyal utama bahwa terjadi masalah pada perbankan. Dengan menggunakan pendekatan stochastic frontier, didapatkan hasil bahwa ratarata tingkat efisiensi biaya pada bank umum konvensional adalah 93.21%. Data panel pada 17 bank umum konvensional menunjukkan bahwa efisiensi berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap profitabilitas dan berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap total aset. Total aset dan ROE dipengaruhi oleh CAR, LDR, dan NIM sedangkan ROA dipengaruhi oleh NIM. Penelitian ini mengimplikasikan bahwa perbankan harus menjaga kecukupan atas modal, besarnya pembiayaan, dan tingkat suku bunga kredit supaya dapat meningkatkan total aset dan profitabilitas. 
Analisis Pengaruh Modal Manusia, Modal Pelanggan, Modal Struktural terhadap Kinerja Usaha Ekonomi Kelurahan Simpan Pinjam di Pekanbaru Bambang Supeno
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 1 No. 4 (2018): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2018
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (727.365 KB) | DOI: 10.31842/jurnal-inobis.v1i4.50

Abstract

Lembaga Keuangan Mikro (LKM) telah lama berperan dalam mengembangkan ekonomi rakyat dan memberdayakan masyarakat miskin, sementara LKM adalah salah satu pendekatan untuk mengatasi kemiskinan, karena dapat menjadi institusi yang menyediakan berbagai layanan keuangan, untuk kegiatan produktif dan konsumtif bagi keluarga miskin. Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam (UED SP) sebagai salah satu LKM di Pekanbaru Provinsi Riau belum dapat menjawab kebutuhan masyarakat secara keseluruhan untuk bantuan modal usaha seperti yang diharapkan. Tujuan penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh modal manusia, modal pelanggan, modal struktural terhadap kinerja UED SP di Pekanbaru Provinsi Riau. Analisis regresi linier digunakan untuk menguji model hipotesis secara statistik, serta untuk menentukan sejauh mana usulan penggunaan Model tersebut konsisten dengan data sampel. Hasil penelitian menunjukkan variabel modal manusia, modal pelanggan dan modal struktural baik secara parsial maupun simultan berpengaruh positif terhadap kinerja UED SP di Pekanbaru Provinsi Riau. Secara praktis, penelitian ini adalah diharapkan dapat memberikan dua manfaat: pertama: untuk memberikan pemahaman dan kesadaran kepada pengurus LKM UED SP bahwa mereka memiliki budaya organisasi yang dapat mempengaruhi kemampuan manajemen, strategi bisnis dan kinerja LKM UED SP. Kedua: memberikan kontribusi pemikiran kepada Pemerintah Daerah di Provinsi Riau dalam menentukan kebijakan pengembangan LKM UED SP. 
Pemicu Kinerja Karyawan Perbankan Melalui Penguatan Knowledge Management Dan Budaya Kerja Gendut Sukarno; Kustini Kustini
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 1 No. 4 (2018): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2018
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.486 KB) | DOI: 10.31842/jurnal-inobis.v1i4.51

Abstract

Penerapan knowledge managemenet di berbagai perusahan sepertinya sudah menjadi suatu kebutuhan mendasar pada era globalisasi saat ini. Kemampuan organisasi untuk mengelola knowledge yang ada merupakan kekuatan yang diperlukan untuk dapat tetap bertahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji konsep knowledge managemenet dan budaya kerja terhadap kinerja karyawan perbankan. Diharapkan kajian ini dapat bermanfaat bagi pengambil kebijakan terkait dengan bidang human resource didunia perbankan. Pupulasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Bank BJ di Surabaya, adapaun sampel dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Bank BJ sebanyak 47 responden sebagai sampel. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS). Berdasarkan hasil pengujian menemukan hasil bahwa, knowledge management mampu memberikan kontribusi yang sangat berarti terhadap kinerja karyawan PT. Bank BJ, sedangkan budaya kerja belum mampu memberikan kontribusi yang sangat berarti terhadap kinerja karyawan PT. Bank BJ. 
Pengaruh Kualitas Layanan Online Terhadap Kepuasan, Komitmen, Dan Loyalitas Nasabah Internet Banking Di Kota Denpasar I Made Stevana Adi Santhika Sudirman; I Gusti Agung Ketut Gede Suasana
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 1 No. 4 (2018): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2018
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (628.638 KB) | DOI: 10.31842/jurnal-inobis.v1i4.52

Abstract

Pelayanan melalui internet merupakan salah satu isu, terkait dengan strategi ekspansi bisnis perbankan. Kualitas layanan secara online terbaik dapat menentukan loyalitas nasabah terhadap suatu bank. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk; menjelaskan pengaruh kualitas layanan online yang dibentuk oleh dimensi-dimensi e-service quality terhadap kepuasan nasabah; menjelaskan pengaruh kepuasan terhadap loyalitas nasabah pengguna internet banking, baik secara langsung maupun melalui mediasi komitmen nasabah. Subjek penelitian adalah nasabah bank umum di Kota Denpasar yang memanfaatkan fasilitas layanan internet banking. Anggota sampel terdiri dari para nasabah Bank Mandiri, BCA, Bank Permata, Bank CIMB Niaga, dan Bank Commonwealth di Kota Denpasar, dengan ukuran sampel sebesar 200 orang. Penentuan sampel menggunakan metode non probability sampling, yaitu purposive sampling. Data dianalisis dengan teknik analisis Structural Equation Modelling (SEM). Validitas data diuji menggunakan konfirmatori first order dan second order, sedangkan uji reliabilitas menggunakan construct reliability. Hasil analisis konfirmatori full model struktural terhadap tujuh dimensi eservice quality, menunjukkan bahwa kualitas informasi website, kualitas interaksi website, kualitas desain website, kehandalan, ketanggapan, jaminan dan empati, berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Hasil lain juga ditemukan bahwa kepuasan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah, baik secara langsung maupun melalui mediasi secara parsial komitmen nasabah. Pengembangan layanan internet banking perlu memperhatikan dengan seksama dimensi-dimensi e-service quality sebagai pembentuk kualitas layanan online. Perbaikan terhadap dimensi-dimensi e-service quality diharapkan dapat meningkatkan kinerja layanan internet banking sesuai dengan harapan nasabah demi tercapainya kepuasan, komitmen, serta loyalitas nasabah. 
Pengembangan Kompetensi UMKM Dengan Pembelajaran Organisasi Andi Hendrawan; Aneu Yulianeu; Hari Sucahyawati; Indriyani Indriyani
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 1 No. 4 (2018): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2018
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (483.226 KB) | DOI: 10.31842/jurnal-inobis.v1i4.53

Abstract

Pemberdayaan UMKM sangat strategis, karena potensinya yang besar dalam menggerakkan kegiatan ekonomi masyarakat, dan sekaligus menjadi tumpuan sumber pendapatan sebagian besar masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraannya. Kompetensi UMKM meruapakan hal yang penting karena akan meningkatkan produktivitas dan kinerja UMKM. Peningkatan konpetensi UMKM salah satunya adalah dengan pembelajaran organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh pembelajaran oragnisasi dalam meningkatkan kompetensi UMKM. Hasil mennjukan terdapat hubungan yang signifikan pengaruh pengaruh pembelajaran organisasi dalam meningkatkan komptensi UMKM. Hal mennjukan bahwa semakin baik pembelajaran oragnisasinya maka akan meningkatkan kompetensi UMKM. 
Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Dan Kualitas Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Purnama Dimediasi Oleh Kepercayaan Dyah Sawitri; Wisma Miftahur Rozi; Gendut Budi Wahyono; Eko Budi Siswandoyo
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 1 No. 4 (2018): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2018
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (419.064 KB) | DOI: 10.31842/jurnal-inobis.v1i4.54

Abstract

Latar belakang penelitian adalah Salah satu kegiatan yang menunjang pariwisata Kota Batu adalah penyediaan akomodasi berupa tempat-tempat penginapan yang memadai bagi wisatawan yang masuk Kota Batu. Puluhan Hotel berbintang dan ratusan hotel non bintang seperti homestay dan vila, siap menyediakan fasilitas akomodasi bagi pengunjung Kota Wisata Batu. Peningkatan jumlah hotel tersebut merupakan indikator yang menunjukkan semakin tingginya persaingan jasa perhotelan. Salah satu indikator keberhasilan hotel dalam memperoleh pelanggan adalah dengan memberikan jaminan kepuasan. kepuasan konsumen adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan kinerja (hasil) produk/jasa yang dipikirkan terhadap kinerja (hasil) yang diharapkan. Kepusan merupakan salah satu indicator keberhasilan dalam kinerjanya sehingga dapat menjamin terjadinya loyalitas pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan jasa terhadap kepuasan konsumen pada Hotel Purnama, (2) Untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh yang signifikan kualitas harga terhadap kepuasan konsumen pada Hotel Purnama, (3) Untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan jasa terhadap kepercayaan konsumen pada Hotel Purnama, (4) Untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh yang signifikan kualitas harga terhadap kepercayaan konsumen pada Hotel Purnama. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif, dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 87 pelanggan, analisis data menggunakan model struktur (Inner Model). Hasil penelitian menunjukkan variabel kualitas pelayanan, kualiats harga berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. 
Reaksi Pasar Modal Dan Pasar Uang Dunia Terhadap Pemilihan Presiden Amerika Serikat 2016 (Studi Pada 8 Pasar Saham Dunia dan 14 Kurs Mata Uang Teraktif ) Meina Wulansari Yusniar; Sufi Jikrillah
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 1 No. 4 (2018): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2018
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (656.236 KB) | DOI: 10.31842/jurnal-inobis.v1i4.55

Abstract

Peristiwa Pemilihan Presiden Amerika Serikat selalu mendapat perhatian dari dunia karena akan memberikan dampak terhadap perekonomian dunia. Penelitian merupakan penelitian event study yang bertujuan untuk mengetahui apakah Pasar Modal dan Pasar Uang dunia bereaksi terhadap peristiwa pemilihan Presiden Amerika Serikat pada tanggal 8 November 2016. Metode yang digunakan adalah uji beda dengan periode pengamatan 5 hari sebelum peristiwa dan 5 hari setelah peristiwa. Data yang digunakan adalah Harga Saham Gabungan dari 8 negara dan 14 nilai mata uang asing terhadap dollar. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan indeks harga saham gabungan sebelum dan sesudah peristiwa. Namun terdapat perbedaan yang signifikan kurs nilai mata uang sebelum dan sesudah peristiwa. 

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol. 8 No. 1 (2024): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 7 No. 4 (2024): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 7 No. 3 (2024): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 7 No. 2 (2024): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 7 No. 1 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 4 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 3 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 2 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 1 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2022 Vol. 5 No. 4 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2022 Vol. 5 No. 3 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2022 Vol. 5 No. 2 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2022 Vol. 5 No. 1 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2021 Vol. 4 No. 4 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2021 Vol. 4 No. 3 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2021 Vol. 4 No. 2 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2021 Vol. 4 No. 1 (2020): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2020 Vol. 3 No. 4 (2020): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2020 Vol. 3 No. 3 (2020): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2020 Vol. 3 No. 2 (2020): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2020 Vol. 3 No. 1 (2019): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2019 Vol. 2 No. 4 (2019): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2019 Vol. 2 No. 3 (2019): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2019 Vol. 2 No. 2 (2019): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2019 Vol. 2 No. 1 (2018): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2018 Vol. 1 No. 4 (2018): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2018 Vol. 1 No. 3 (2018): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2018 Vol. 1 No. 2 (2018): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2018 Vol. 1 No. 1 (2017): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2017 More Issue