cover
Contact Name
T. Aria Auliandri
Contact Email
aria@feb.unair.ac.id
Phone
+6281332529696
Journal Mail Official
inobis.info@gmail.com
Editorial Address
Jl. Gajayana 539 Malang
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Inobis: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
ISSN : -     EISSN : 26140462     DOI : https://doi.org/10.31842/jurnalinobis
Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia (INOBIS), diterbitkan oleh Pengurus Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, secara berkala empat kali dalam setahun. Jurnal INOBIS bertujuan untuk menyebar luaskan hasil penelitian di bidang manajemen dan bisnis kepada para akademisi, praktisi, mahasiswa dan pihak yang berminat. Jurnal INOBIS menerima kiriman artikel yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Penulis harus menyatakan bahwa artikel yang dikirim ke Jurnal INOBIS tidak dikirim atau dipublikasikan ke jurnal lain. Penentuan artikel yang dimuat di Jurnal INOBIS melalui proses review oleh tim dewan redaksi Jurnal INOBIS dengan mempertimbangkan antara lain: terpenuhinya persyaratan baku publikasi jurnal, metode riset yang digunakan, signifikansi, dan kontribusi hasil penelitian terhadap keilmuan manajemen.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2022" : 11 Documents clear
Peran Manajemen Bakat Dalam Meningkatkan Kepuasan Kerja dan Organizational Citizenship Behavior: Mediasi Person-Organisational Fit Nurul Khasanah; Fitri Wulandari
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 1 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2022
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (411.44 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v6i1.253

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh manajemen bakat terhadap kepuasan kerja dan ­organizational citizenship behavior dengan mediasi person-organizational fit. Menggunakan sampel sebanyak 110 karyawan berbakat di PT Iskandar Indah Printing Textile. Pengambilan sampel dalam menggunakan teknik simple random sampling dan data dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda dan pengujian mediasi dilakukan dengan uji sobel test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen bakat memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap person-organization fit, kepuasan kerja, dan organizational citizenship behavior. Person-organization fit mampu memediasi pengaruh manajemen bakat dan kepuasan kerja. Person-organization fit juga mampu memediasi pengaruh manajemen bakat dan organizational citizenship behavior dan juga pengaruh manajemen bakat terhadap kepuasan kerja. Temuan penelitian ini adalah pentingnya mendorong manajemen bakat karena memiliki peran penting dalam mencapai keselarasan antara karyawan dengan organisasi baik keselarasan nilai, tujuan, dan keselarasann kompetensi serta budaya kerja yang berdampak dalam meningkatkan perilaku kewarganegaraan organisasi dengan perilaku membantu rekan kerja dan perilaku extra role lainnya. Serta dampak dalam meningkatkan kepuasan kerja karyawan, dalam bentuk kepuasan terhadap atasan, pekerjaan dan lingkungan kerja.
Pengaruh Personalisasi Mobile Application Terhadap Disclosure Behaviors Melalui Mediasi Perceived Benefit, Perceived Risk Dan Mobile Site Trust Gabriella Aprilanni Mujitahid
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 1 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2022
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1012.315 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v6i1.254

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh personalization pada aplikasi layanan pelanggan pada sektor Telekomunikasi terhadap disclosure behavior baik secara langsung maupun melalui mediasi perceived benefit, perceived risk dan mobile site trust. Penelitian mengambil 60 sampel responden yang menggunakan aplikasi untuk bertransaksi atau mengetahui informasi penggunaan telekomunikasi mereka yang berdomisili di Jakarta dan Bogor. Analisis data menggunakan analisis regresi mediasi yang dikembangkan oleh Hayes melalui bantuan program SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa personalization berpengaruh positif dan signifikan terhadap disclosure behavior, perceived benefit dan mobile site trust, namun personalization berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perceived risk. Kemudian perceived benefit dan mobile site trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap disclosure behavior, namun perceived risk berpengaruh negatif dan signifikan terhadap disclosure behavior.
Technostress Dan Work Life Balance Pada Karyawan: Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi Muhammad Suhardiman; Susanti Saragih
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 1 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2022
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.475 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v6i1.255

Abstract

Perkembangan teknologi yang memberikan perubahan pada cara bekerja telah diprediksi mempengaruhi work-life balance karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh technostress pada work-life balance dengan kepuasan kerja sebagai variable mediasi. Penelitian ini melibatkan 156 karyawan yang bekerja di perusahaan perbankan di Kota Jayapura. Hal ini dilakukan karena perusahaan di sektor perbankan juga mengalami tekanan untuk terus melakukan digital transformation. Hasil pengujian menemukan arah yang berbeda dengan temuan di penelitian sebelumnya. Technostress ditemukan memiliki arah positif terhadap work-life balance. Selanjutnya, penelitian ini juga tidak menemukan peran mediasi kepuasan kerja pada hubungan technostress dan work-life balance. Hasil penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pemimpin organisasi dalam pengelolaan stres kerja karyawan secara khusus sebagai dampak dari intensitas penggunaan teknologi di dalam pekerjaan.
Analisis Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan Trzy Coffee Bogor Tasya Ayang; Maria Sugiat
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 1 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2022
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (386.132 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v6i1.256

Abstract

Perkembangan pada industri penyedia makanan dan minuman seperi restoran, café, dan coffee shop membuat konsumsi kopi Nasional di Indonesia meningkat dari tahun ketahunnya. Budaya minum kopi saat ini tidak hanya untuk sekedar menghilangkan rasa kantuk saja, namun telah berubah menjadi gaya hidup kaum milenial untuk menghabiskan waktu luang, mengerjakan tugas dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh peran moderasi yaitu customer trust dengan komponen customer relationship management (CRM) dan hubungannya dengan customer loyalty pada coffe shop Trzy Coffee. Sampel yang diuji pada penelitian ini sebanyak 465 sampel pelanggan Trzy Coffee yang berdomisili di Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal. Penelitian ini diolah menggunakan SmartPLS versi 3.2.9. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa semua komponen CRM (customer knowledge, customer orientation, customer advocacy, dan customer engagement) memiliki dampak positif dan signifikan terhadap customer loyalty kecuali pada peran moderasi customer trust tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty. Customer trust hanya memoderasi hubungan antara customer knowledge terhadap customer loyalty, dan customer engagement terhadap customer loyalty, sedangkan komponen CRM lainnya tidak dimoderasi oleh customer trust.
Management Analysis of Organizing and Public Contribution of “Pondok Tetirah Dzikir” Borstal Rehabilitation Abdul Choliq Hidayat; Aulia Aulia; Aftoni Sutanto; Agus Siswanto
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 1 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2022
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.042 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v6i1.257

Abstract

The purpose of this study is to reveal one's efforts to independently provide alternative solutions for the rehabilitation of neuro-insane lunatics or narcotics, or others by the method of Inabah Suryalaya, Tasikmalaya. The way of Thariqah Qadiriyah Wa Naqsyabandiyah is to perform prayers, fasting, Dhikr, reciting the Qur'an, and bathing taubah. Method of this research was qualitative approach, survey, interview and exploration. The result this research proved that this institution practiced the modern management philosophy: planning, organizing, actuating, and evaluating. This research explored the way of management sight to figure out organizing and contributing borstal rehabilitation, in order to encourage people to participate and contribute. The basic philosophy of patient rehabilitation is humanistic treatment, high empathy, brotherhood, not really insane, not exiled person, et cetera. But feel homy, freely to act, needness of each other, humanistic exploration, take and give to each other.
Pengaruh persepsi kemudahan, kegunaan dan kepuasan terhadap loyalitas melalui kepercayaan nasabah pengguna mobile banking BCA Rona Veonnita; Rojuaniah Rojuaniah
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 1 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2022
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.231 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v6i1.258

Abstract

Semakin berkembangnya zaman menuntut perusahaan untuk melakukan inovasi dalam menyediakan jasa layanan elektronik untuk memenuhi kebutuhan nasabah dan mempertahankan loyalitas nasabah terhadap perusahaan. Oleh karena itu perusahaan bca menciptakan layanan digital yang disebut mobile banking BCA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan, kegunaan dan kepuasan terhadap loyalitas melalui kepercayaan nasabah sebagai variabel yang memediasi. Penelitian ini dilakukan di wilayah Tangerang. Sampel yang digunakan 115 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kegunaan dan kepuasan memengaruhi kepercayaan, persepsi kegunaan dan kepuasan memengaruhi loyalitas, persepsi kemudahan tidak memengaruhi kepercayaan nasabah dan loyalitas, kepercayaan tidak memengaruhi loyalitas dan tidak memediasi persepsi kemudahan, kegunaan dan kepuasan terhadap loyalitas nasabah BCA. Dengan demikian penelitian ini menunjukan bahwa nasabah tidak mempertimbangkan persepsi kemudahan dan kepercayaan sebagai faktor utama nasabah dalam memberikan loyalitas terhadap penggunaan mobile banking BCA.
Faktor yang mempengaruhi keputusan penggunaan media streaming digital dimasa pandemi Faela Adiba; Aviliani Aviliani; Chicilia Nova Yatna
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 1 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2022
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.737 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v6i1.259

Abstract

Terjadinya pandemi covid-19 mengubah perilaku konsumen salah satunya cara konsumen mencari hiburan yang lebih memilih untuk menggunakan media hiburan streaming agar lebih aman dari sisi kesehatan. Adanya perubahan pola perilaku tersebut menjadi suatu hal yang menarik untuk diteliti agar dapat membuat bisnis serupa bertahan dan terus diminati masyarakat. Oleh karena itu dirumuskan tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh citra merek, pemasaran digital, dan harga terhadap keputusan penggunaan media streaming digital Netflix. Desain penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode asosiatif. Metode survei digunakan sebagai cara untuk mengumpulkan data dari responden. Data dikumpulkan dari 100 responden dengan kriteria mereka yang berlangganan atau pernah berlangganan media streaming Netflix. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa hanya citra merek yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan media streaming digital Netflix. Sementara itu pemasaran digital dan harga berpengaruh negatif terhadap keputusan penggunaan media streaming digital Netflix. Hal ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi media streaming untuk melakukan kegiatan promosi terutama dimasa pandemi covid-19.
Mengukur Kinerja dan Risiko Keuangan BUMN Sub-Klaster Minyak dan Gas Heni Kholifatul Ulum; Ambang Aries Yudanto
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 1 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2022
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.74 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v6i1.260

Abstract

Pembentukan holding BUMN merupakan salah satu upaya restrukturisasi dalam rangka meningkatkan kinerja perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja dan risiko keuangan BUMN sub-klaster migas sebelum dan sesudah holding diukur menggunakan rasio likuiditas, leverage, profitabilitas, dan Altman Z Score. Objek penelitian adalah PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk. Periode penelitian yaitu tahun 2015-2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Dengan menggunakan Paired Sample t Test dan Wilcoxon Signed Rank Test, penulis mendapatkan hasil bahwa setelah pembentukan holding BUMN migas, likuiditas perusahaan mengalami penurunan namun tidak signifikan, sedangkan leverage dan profitabilitas mengalami penurunan signifikan. Altman Z Score mengalami penurunan tidak signifikan setelah pembentukan holding.
Peran Green Advertising terhadap Citra Merek dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian Anni Rahimah; Rayhad Tanzil; Mukhibatul Hikmah
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 1 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2022
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (325.26 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v6i1.262

Abstract

Permasalahan sampah menjadikan masyarakat termasuk pelaku usaha semakin sadar pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan menawarkan berbagai program ramah lingkungan kepada pelanggannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh green advertising terhadap citra merek dan dampaknya terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah konsumen Kedai Bata Kopi yang berjumlah 116 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa green advertising memiliki pengaruh yang signifikan terhadap citra merek, sementara citra merek juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, dan green advertising berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa green advertising dinilai efektif dalam membangun citra merek serta mempengaruhi keputusan pembelian. Originalitas dari penelitian ini terletak pada studi kasusnya, yakni Kedai Kopi Bata yang berhasil mempengaruhi keputusan pembelian konsumennya melalui kampanye “Daur Baur”.
Sustainable Beauty: Pengaruh Eco-Label, Product Attributes, Perceived Consumer Effectiveness (PCE), dan Environmental Awareness terhadap Green Purchase Behavior Klareza Putri Djajadiwangsa; Yeshika Alversia
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 1 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2022
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.274 KB) | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v6i1.263

Abstract

Meningkatnya pencemaran lingkungan serta adanya urgensi untuk meningkatkan kepedulian lingkungan masyarakat Indonesia, menyebabkan perusahaan turut berkontribusi melalui penerapan green marketing. Sementara itu, sektor kosmetik di Indonesia saat ini sedang tumbuh signifikan. Green marketing juga turut diimplementasikan pada industri tersebut dengan munculnya berbagai merek kosmetik lokal yang mengusung konsep sustainable beauty. Gen Z menjadi salah satu faktor pendorong booming-nya industri kosmetik di Indonesia. Maka, pelaku bisnis sustainable beauty perlu mengetahui faktor-faktor yang dianggap berpengaruh terhadap green purchase behavior pada Gen Z. Penelitian ini mengidentifikasi beberapa faktor yang dianggap berpengaruh, melalui survei terhadap 335 responden yang dilakukan melalui kuesioner daring dan data dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor yang mempengaruhi green purchase behavior Gen Z terhadap produk green cosmetics merek lokal adalah eco-label, PCE, environmental attitude, dan ecological affection. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa meningkatkan ecological affection dapat dilakukan baik secara langsung melalui PCE ataupun melalui environmental attitude terlebih dahulu.

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 8 No. 1 (2024): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 7 No. 4 (2024): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 7 No. 3 (2024): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 7 No. 2 (2024): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 7 No. 1 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 4 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 3 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 2 (2023): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 6 No. 1 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2022 Vol. 5 No. 4 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2022 Vol. 5 No. 3 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2022 Vol. 5 No. 2 (2022): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2022 Vol. 5 No. 1 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2021 Vol. 4 No. 4 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2021 Vol. 4 No. 3 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2021 Vol. 4 No. 2 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2021 Vol. 4 No. 1 (2020): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2020 Vol. 3 No. 4 (2020): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2020 Vol. 3 No. 3 (2020): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2020 Vol. 3 No. 2 (2020): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2020 Vol. 3 No. 1 (2019): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2019 Vol. 2 No. 4 (2019): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2019 Vol. 2 No. 3 (2019): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2019 Vol. 2 No. 2 (2019): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2019 Vol. 2 No. 1 (2018): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2018 Vol. 1 No. 4 (2018): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2018 Vol. 1 No. 3 (2018): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Juni 2018 Vol. 1 No. 2 (2018): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Maret 2018 Vol. 1 No. 1 (2017): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2017 More Issue