cover
Contact Name
Eko Supraptono
Contact Email
eko@i-rpp.com
Phone
-
Journal Mail Official
eko@i-rpp.com
Editorial Address
Jl. Sampangan Baru IV B / 9 A, SEMARANG, Jawa Tengah
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
ISSN : 25410385     EISSN : 25410393     DOI : -
Core Subject : Education,
The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in the journal are projected to inspire circles of education in conducting innovation in the teaching and learning process.
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2022): Edisi Mei 2022" : 14 Documents clear
INOVASI PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI ASAM BASA MELALUIMODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 7, No 2 (2022): Edisi Mei 2022
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan pembelajaran kimia di SMA Negeri 2 Tegal khususnya kelas XI MIPA 5 sampai saat ini belum menampakkan suasana yang hidup. Tampak sekali motivasi belajar peserta didik masih rendah. Rendahnya motivasi belajar peserta didik dapat diketahui setelah dilakukan pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian untuk Meningkatkan kualitas proses pembelajaran materi asam basa melalui penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL). Prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan dua siklus yaitu siklus I sebagai langkah awal pengamatan dan pengumpulan data serta siklus II melakukan penerapan model pembelajaran Project Based Learning. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik penilaian tes tertulis dan non tes berupa penilaian unjuk kerja. Untuk alat pengumpulan data menggunakan butir soal dalam bentuk uraian singkat, lembar observasi dan angket persepsi peserta didik terhadap proses pembelajaran. Dari rata-rata nilai kompetensi nilai pra siklus ke siklus 1 terjadi peningkatan rata-rata sebesar 7,44 % sedangkan untuk peningkatan rata-rata nilai siklus 1 ke siklus 2 sebesar 19,94 %. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran kompetensi asam basa pada peserta didik.
PENERAPAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN TAKING SIMPLE PHONE
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 7, No 2 (2022): Edisi Mei 2022
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam kata pengantar Buku Guru Bahasa Inggris kelas XI SMA/SMK yang diterbitkan oleh Depdiknas (2014) dinyatakan bahwa Kurikulum 2013 dirancang untuk menyongsong model pembelajaran abad 21. Di dalamnya  terdapat pergeseran  pembelajaran dari siswa diberi tahu menjadi siswa mencari tahu dari berbagai sumber belajar melampaui batas pendidik dan satuan pendidikan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model role playing, seberapa besar peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar materi Taking Simple Phone Message dengan menggunakan model role playing bagi siswa kelas XI OTKP 2 SMK Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal semester gasal tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan 2 sumber data, yaitu sumber data primer dan sekunder.Berhubung tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara mengobservasi siswa, dokumentasi dan menilai hasil belajar siswa maka alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi, hasil-hasil dokumentasi dan hasil tes siswa. Analisis data dalam penelitian tindakan adalah refleksi tindakan yang telah dilaksanakan. Berdasarkan hasil pengamatan aktivitas siswa selama berlangsung proses pembelajaran pada siklus I dan siklus II dengan menggunakan model pembelajaran role playing, terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa ke arah positif. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat dan dapat dijadikan referensi dalam membuat artikel ilmiah.
PENGEMBANGAN e-MODUL MENGGAMBAR DASAR PERANGKAT LUNAK KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK GEOMATIKA
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 7, No 2 (2022): Edisi Mei 2022
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teknik Geomatika merupakan kompetensi keahlian yang melaksanakan serangkaian kegiatan belajar yang meliputi berbagai mata pelajaran keteknikan salah satuanya mata pelajaran Menggambar Dasar Perangkat Lunak karena menjadi dasar yang mendukung mata pelajaran produktif lainnya. Pendekatan kompetensi mempersyaratkan penggunaan e-modul dalam pelaksanaan pembelajarannya. Secara spesifik, penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan e-Modul pembelajaran Autocad; 2) Menganalisis kelayakan e-Modul pembelajaran Autocad; dan 3) Menganalisis kepraktisan e-Modul pembelajaran Autocad untuk meningkatkan kompetensi menggambar dasar perangkat lunak pada siswa SMK kompetensi keahlian Teknik Geomatika. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Analisis validasi kelayakan dan kepraktisan menggunakan metode intraclass correlation Coefficients berbantuan software SPSS v.25.  Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa, e-Modul yang dikembangkan sangat layak, sangat praktis dan sangat efektif untuk meningkatkan kompetensi praktik menggambar dasar perangkat lunak pada siswa SMK program keahlian teknik geomatika.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOMUNIKASI PERKANTORAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 7, No 2 (2022): Edisi Mei 2022
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran melalui model pembelajaran role playing untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa materi komunikasi perkantoran pada siswa kelas X AP 1 SMK Negeri 1 Dukuhturi. Penelitian ini menggunakan dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Presentase rata-rata hasil observasi kompeten siswa dalam kelompok pada siklus I diperoleh siswa yang kompeten sebanyak 22 siswa, sedangkan pada siklus II diperoleh 28 siswa yang kompeten, sehingga terjadi kenaikan 6 poin atau 27,2%. Peningkatan ini membuktikan keberhasilan penggunaan model role playing yang dapat mengubah perhatian, minat dan keaktifan siswa ke arah yang lebih positif dalam belajar yang dapat dijadikan sebuah inovasi untuk melaksanakan pembelajaran, serta penelitian ini memberikan manfaat bagi siswa untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dalam lingkungan kantor dengan menggunakan telepon dan bagi guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, serta manfaat bagi sekolah untuk meningkatkan image/citra sekolah sebagai salah satu sekolah yang berkualitas di wilayahnya.
PENINGKATAN PEMBELAJARAN PADA MATERI THIS IS MY WORD MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 7, No 2 (2022): Edisi Mei 2022
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran bahasa Inggris di SMP Negeri 9 Kabupaten Konawe pada materi This Is My Word sangatlah rendah. Hasil belajar siswa menunjukkan mayoritas siswa belum mencapai KKM yang diharapkan.  Dari hasil wawancara terhadap siswa menerangkan bahwa guru dalam melakukan pembelajaran monoton. Berdasarkan masalah tersebut, maka perlu diberi tindakan agar pembelajaran berjalan secara optimal yaitu melalui pendekatan kontekstual. Tujuan dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa   hasil belajar secara klasikal dari 83% dengan predikat baik menjadi 88% dengan predikat  baik, dan terjadi peningkatan kuantitatif sebesar 3%. Artinya terjadi peningkatan yang baik setelah diberi tindakan pendekatan kontekstual.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 7, No 2 (2022): Edisi Mei 2022
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil belajar Ekonomi di SMA Negeri 1 Gunung Meriah rendah, salah satu faktor yang menyebabkan kerendahan tersebut iyalah model pembelajaran yang kurang tepat.  Melihat hal tersebut, maka perlu dilakukan suatu penelitian ilmiah, Salah satunya dengan menerapkan  pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Gunung Meriah Tahun Pelajaran 2020/2021.  Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus.. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: SMA Negeri 1 Gunung Meriah, maka dapat diambil kesimpulan bahwa telah terjadi peningkatan terhadap hasil belajar siswa dengan diterapkannya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT)  baik dilihat dari aspek kognitif, afektif dan psikomotoriknya. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas telah terjadi peningkatan yaitu pada tes awal sebesar 70 dan siklus I meningkat menjadi 74 serta pada siklus II naik lagi menjadi 83.   Untuk ketuntasan belajar siswa (nilai ketuntasan 70) pada tes awal 54%, dan pada tes siklus I menjadi 75% setelah dilakukan refleksi II maka semua siswa sudah mencapai ketuntasan 100%.
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION BERBANTUAN MODUL PEMBELAJARAN PADA PELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 7, No 2 (2022): Edisi Mei 2022
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Siswa kelas XII AKL 2 SMK Negeri 1 Brebes masih kesulitan menyelesaikan kasus pembukuan perusahaan dagang dengan aplikasi Accurate. Berdasarkan fenomena tersebut maka diperlukan metode pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam mata pelajaran komputer akuntansi, metode pembelajaran yang digunakan adalah Explicit InstructionOleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji besarnya kontribusi metode pembelajaran Explicit Instruction berbantuan modul pembelajaran Accurate untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian dilakukan melalui pendekatan analisis dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, implementasi tindakan, observasi dan monitoring, serta analisis dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan dengan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah hasil belajar minimal 75 dan ketuntasan klasikal uji sertifikasi Accurate minimal 85% dari jumlah siswa. Hasil penelitian setelah proses analisis data pada siklus I, II dan Uji Sertifikasi Accurate dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan, setelah perlakuan siklus I dan II jumlah siswa yang kompeten atau memiliki nilai lebih besar atau sama dengan 75 dalam uji sertifikasi  mencapai 94,44%.
PENERAPAN METODA DISCOVERY PADA MATERI AJAR PERUBAHAN WUJUD BENDA
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 7, No 2 (2022): Edisi Mei 2022
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam pembelajaran adanya strategi belajar sangat berkaitan dengan model pembelajaran. Model Pembelajaran Discovery Learning mempunyai prinsip yang sama dengan inkuiri (inquiry) dan Problem Solving.  Hal ini berkaitan dengan proses belajar mengajar di kelas IV MIN 4 Kota Palangka Raya pada pelajaran IPA dengan menyampaikan materi pelajaran dengan cara ceramah. Sehingga siswa hanya diam mendengarkan  penjelasan dari guru. Dengan cara pembelajaraan tersebut siswa merasa bosan dan masih merasa kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peningkatan prestasi belajar IPA dengan metode pembelajaran discovery dan mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaraan yang menerapkan metode pembelajaraan discovery. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap awal siswa yang tuntas hanya 10 anak atau 40% dari 25 siswa. Setelah diterapkan metode discovery, hasilnya menunjukkan bahwa pada siklus I siswa yang mendapat nilai minimal 69,6 sebanyak 15 siswa atau 60%. Hasil tersebut belum sesuai dengan target yang diharapkan. Oleh karena itu perlu dilanjutkan pada siklus II, dan hasil evaluasi pada siklus II menunjukkan bahwa siswa yang mendapat nilai sekurang-kurangnya 65 sebanyak 25 siswa atau 100 %. Sehingga metode discovery dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan dapat berpengruh positif terhadap motivasi belajar siswa serta model pembelajaran ini dapat digunakan
UPAYA MENINGKATKAN PEMANFAATAN REFERENSI PERPUSTAKAAN MELALUI CLASSROOM READING PROGRAM DI SD NEGERI MANGUNHARJO
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 7, No 2 (2022): Edisi Mei 2022
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berkaitan dengan pemanfaatan referensi perpustakaan oleh siswa, kondisi objektif di SD Negeri Mangunharjo belum memiliki gedung perpustakaan, menyebabkan minimnya tingkat minat baca siswa. Seiring proses renovasi gedung perpustakaan, melalui supervisi akademik kepala sekolah mencanangkan Classroom Reading Program guna mengentaskan rendahnya minat baca siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemanfaatan perpustakaan sebagai tempat referensi pustaka oleh guru dan siswa SD Negeri Mangunharjo. Penelitian dilakukan dengan instrumen penilaian berupa observasi, angket, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus, yang pada setiap siklusnya terdiri atas, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian prasiklus classroom reading program rata-rata 64,88% dan 63,68% untuk guru dan siswa. Setelah siklus I rata-rata 75,60% dan 73,42% untuk guru dan siswa. Setelah siklus II rata-rata 80,95% dan 80,96% untuk guru dan siswa. Sehingga, penerapan Classroom Reading Program melalui supervisi akademik efektif dalam meningkatkan minat baca siswa di SD Negeri Mangunharjo. Manfaat teoritis penelitian ini adalah menambah teori dan mengembangkan ilmu, serta sebagai dasar untuk penelitian selanjutnya mengenai Classroom Reading Program. Sedangkan manfaat praktis penelitian ini bagi siswa adalah menambah motivasi dan bagi guru adalah membantu mengoptimalkan kinerja guru.
UPAYA PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA DESCRIPTIVE TEXT MELALUI MEDIA BUATAN MINI DICTIONARY
Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter Vol 7, No 2 (2022): Edisi Mei 2022
Publisher : Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran adalah proses interaksi antar peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Subyek penelitian adalah siswa siswi kelas 7B. Mereka merupakan siswa yang baru mengenal mata pelajaran bahasa Inggris. Sehingga mereka masih kesulitan dalam penguasaan kosa kata bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan dua siklus, setiap siklus dilakukan langkah-langkah sebagai berikut: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif komperatif yaitu membandingkan keaktifan dan hasil belajar kondisi awal, keaktifan dan hasil belajar setelah siklus 1, serta keaktifan dan hasil belajar setelah siklus 2. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi kenaikan penguasaan dan hasil belajar siswa setelah diberi tindakan melalui media buatan Mini Dictionary yaitu dari nilai ketuntasan pada kondisi awal hanya 20% meningkat menjadi 85%. Ini berarti mengalami kenaikan setelah diberi tindakan sebesar 65%. Sedangkan data kualitatif menunjukkan bahwa keaktifan siswa dari kondisi awal, siklus 1, dan siklus 2 juga terjadi kenaikan sebesar20% meningkat menjadi 60%. Ini berarti mengalami kenaikan sebesar 40%.

Page 1 of 2 | Total Record : 14