cover
Contact Name
Ni Made Yudhaningsih, SE.,MM
Contact Email
nimadeyudha@gmail.com
Phone
+6281936124602
Journal Mail Official
satyagraha@universitasmahendradatta.ac.id
Editorial Address
Jalan Ken Arok No. 10-12, Peguyagan, Denpasar-Bali
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Satyagraha
ISSN : 26206358     EISSN : 27235556     DOI : https://doi.org/10.47532/jis.v3i2
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Ilmiah Satyagraha specializes in Economics and is intended to communicate original research and current issues on the subject. This journal warmly welcomes contributions from scholars of related disciplines. Specifically, the journal will deal with topics, including but not limited to: macroeconomics, microeconomics, development economics, monetary economics, public economics, etc.
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2025)" : 20 Documents clear
PENGARUH MANAJEMEN SDM BERKELANJUTAN, BUDAYA ORGANISASI RAMAH LINGKUNGAN, DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL HIJAU TERHADAP KINERJA LINGKUNGAN PERUSAHAAN DI KOTA SURABAYA Mardikaningsih, Rahayu
Jurnal Ilmiah Satyagraha Vol 8, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Mahendradatta Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47532/jis.v8i1.1233

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh manajemen sumber daya manusia (SDM) berkelanjutan, budaya organisasi hijau, dan kepemimpinan transformasional hijau terhadap kinerja lingkungan perusahaan di Kota Surabaya. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan survei terhadap 100 manajer SDM perusahaan yang dipilih melalui purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda untuk mengevaluasi hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel independen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja lingkungan perusahaan. SDM berkelanjutan berkontribusi melalui manajemen yang mendukung keberlanjutan, sementara budaya organisasi hijau memperkuat komitmen kolektif terhadap tujuan keberlanjutan. Kepemimpinan transformasional hijau terbukti menjadi katalis penting yang mendorong inovasi dan perilaku pro-lingkungan di semua tingkatan organisasi. Temuan ini tidak hanya memperkuat teori keberlanjutan dalam literatur akademis, tetapi juga memberikan panduan praktis bagi perusahaan untuk meningkatkan kinerja lingkungan mereka. Penelitian ini menyoroti pentingnya strategi terintegrasi untuk menciptakan dampak keberlanjutan yang signifikan dalam konteks lokal Kota Surabaya.
METODE TAFFLER DAN ALTMAN Z-SCORE DALAM MENGUKUR FINANCIAL DISTRESS PADA PT TIRTA MAHAKAM RESOURCES, Tbk. Manurung, Sepbeariska; Siregar, Liper; Arshandy, Eliza; Hutagalung, Daud Immanuel
Jurnal Ilmiah Satyagraha Vol 8, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Mahendradatta Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47532/jis.v8i1.1239

Abstract

Abstract – This study aims to predict the level of bankruptcy of a company using the Taffler and Altman Z-Score methods at PT Tirta Mahakam Resources, Tbk. for the period 2015-2022 and to determine the comparison of the accuracy and error rate of each method used, namely the Taffler and Altman Z-Score methods. This study uses quantitative data by taking secondary data accessed from the official website of the Indonesia Stock Exchange (www.idx.co.id). The data analysis technique used is descriptive qualitative and comparative analysis. The results of this study indicate that there are different results in predicting the level of bankruptcy produced using the Taffler method in contrast to the Altman Z-Score method. This can be seen from the highest level of accuracy is using the Altman Z-Score method with a percentage of 0% while the error rate is using the Altman Z-Score with a percentage of 100%. Thus it can be concluded that the most suitable and accurate method in predicting Financial Distress is the Altman Z-Score method.
PENGARUH TOTAL ASSET TURNOVER (TATO), RETURN ON ASSET (ROA) DAN DEBT TO ASSET RATIO (DAR) TERHADAP PERTUMBUHAN LABA PADA PT. ADHI KARYA (PERSERO) TBK andriansyah, muhamad rizki; pratiwi, aliah
Jurnal Ilmiah Satyagraha Vol 8, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Mahendradatta Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47532/jis.v8i1.1115

Abstract

Abstrak – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu pengaruh Total Asset Turnover, Return On Asset dan Debt to Asset Ratio terhadap pertumbuhan laba Pada PT. Adhi Karya Persero Tbk. Instrumen penelitian ini yaitu menggunakan laporan keuangan di antara laporan neraca dan laba rugi pada PT. Adhi Karya Persero Tbk. Adapun data yang digunakan dalam instrumen penelitian ini yaitu data laba bersih, total penjualan, total hutang dan total aset dari tahun 2013-2022. Sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Kriterianya didasarkan pada ketersediaan data terupdate. Data dalam penelitian ini diolah menggunakan SPSS. Metode pengujian hipotesis menggunakan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa Total Asset Turnover (TATO) tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba, Return On Asset (ROA) tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba dan Debt to Asset Ratio (DAR)  tidak berpengaruh signifikan terhadap  pertumbuhan laba. Serta secara simultan Total Asset Turnover (TATO), Return On Asset (ROA) dan Debt to Asset Ratio (DAR) tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan laba pada PT. Adhi karya Tbk
PENGARUH BEBAN KERJA, LINGKUNGAN KERJA DAN KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN Adhika, I Nyoman Resa
Jurnal Ilmiah Satyagraha Vol 8, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Mahendradatta Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47532/jis.v8i1.1206

Abstract

Employees work because they want to achieve something, and people hope that their work activities will lead them to a more satisfying situation than before. Job satisfaction is a psychological dimension that reflects a person's feelings about his job, namely his satisfaction with the suitability of his skills, abilities, and expectations for the job he holds. This study aims to explain the effect of workload, work environment, and compensation on employee job satisfaction at Cake Tha. The research population is all employees of Cake Tha. The sample in this study were 51 respondents. The data analysis technique used in this research is multiple linear regression analysis, which is tested using SPSS version 25. The results of this study indicate that workload has a negative and significant effect on job satisfaction, while the work environment and compensation each have a positive and significant effect on employee job satisfaction at Cake Tha. 
PENGARUH INOVASI PRODUK DAN KINERJA PEMASARAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING UMKM DI PIA KUKUS MADE BALI Diantara, Putu Jeje Surat; Ardani, Wayan Ardani; Mulyani, Putu Ari; Tresna Dewi, Putu Yuli
Jurnal Ilmiah Satyagraha Vol 8, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Mahendradatta Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47532/jis.v8i1.1172

Abstract

Abstrak – Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh inovasi produk dan terhadap keunggulan bersaing pada UMKM Pia Kukus Made Bali; (2) Untuk mengetahui pengaruh kinerja pemasaran terhadap keunguulan bersaing pada UMKM Pia Kukus Made Bali; dan (3) Untuk mengetahui pengaruh inovasi produk dan kinerja pemasaran secara simultan terhadap keunguulan bersaing pada UMKM Pia Kukus Made Bali. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kuantitatif kausal. Subjek dalam penelitian ini, yakni konsumen Pia Kukus Made Bali dan Objek penelitian ini meliputi inovasi produk, kinerja pemasaran, dan keunggulan bersaing. Dalam penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden yang merupakan konsumen Pia Kukus Made Bali. Sumber datanya berupa data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner. Adapun analisis data yang digunakan berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji t, uj F, dan uji koefisien determinasi menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing UMKM; (2) Kinerja pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing UMKM; (3) Inovasi produk dan kinerja pemasaran secara bersama sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing UMKM.Kata Kunci: Inovasi Produk, Kinerja Pemasaran, dan Keunggulan Bersaing
PENGARUH INFLUENCER MARKETING DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MAYSHOPPING STORE CABANG TENTE JAILANI, ABDUL QADIR; Purnama, Ita; -, Julaiha -
Jurnal Ilmiah Satyagraha Vol 8, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Mahendradatta Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47532/jis.v8i1.1139

Abstract

 Abstrak –Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Influenser Marketing Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mayshopping Store Cabang Tente. Jenis penelitian ini adalah Asosiatif untuk mengetahui hubungan sebab akibat antara dua variable atau lebih, populasi yang dipake dalam penelitian ini di tente  dengan jumlahnya tidak diketahui (unknow population) dimana sampel yang digunakan yaitu sebesar 96 dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, kuesioner, studi pustaka dengan menggunakan teknik analisa data uji validitas, realiabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, determinasi dan korelasi uji t dan uji f. Hasil penellitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu 1.) pengaruh influncer marketing (X1) berpengaruh secara signifikan dengan nilai t-hitung sebesar 2.380 t-tabel sebesar 1.984 dengan nilai signifikansi 0,019 0,05 2.) pengaruh word of mouth (X2) berpengaruh secara signifikan dengan nilai t-hitung sebesar 3.915 t-tabel sebesar 1.984 dengan nilai signifikansi 0,000 0,05 3.) influencer marketing dan word of mouth berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian pada mayshopping cabang tente dengan f-hitung sebesar 20.100 f-tabel sebesar 3,94 dengan signifikansi sebesar 0,000 0,05 maka disimpulkan bahwa hipotesis ketiga yang menyatakan bahwa “  Influencer Marketing Dan Word Of Mouth berpengaruh secara simultanKata kunci: Influencer Marketing, Word Of Mouth 
ANALISIS FINANCIAL DISTRESS DENGAN MENGGUNAKAN METODE FULMER SCORE DAN ZMIJEWSKI SCORE PADA PT GOZCO PLANTATIONS, TBK Putri, Debi Eka; Ervina, Nelly; Silaen, Musa Fernando; Syahputri, Anggraini; Kesuma, Indrawati Mara
Jurnal Ilmiah Satyagraha Vol 8, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Mahendradatta Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47532/jis.v8i1.1237

Abstract

Abstract - This study aims to analyze the financial distress condition of PT. Gozco Plantations, Tbk using the Fulmer Score and Zmijewski Score methods and determine the more accurate method. The research data are secondary data obtained from the Indonesia Stock Exchange website (www.idx.co.id). The data analysis techniques used are descriptive qualitative and comparative analyses. The results show that: First, the Fulmer Score method indicates that the company was at risk of bankruptcy during the 2014-2023 period due to declining profits, negative operating cash flows and working capital, as well as decreased assets and equity. Second, the Zmijewski Score method indicates that the company was not at risk of bankruptcy due to reduced debts and its ability to generate profits. Third, the Fulmer Score method is more accurate in measuring bankruptcy risk, with 80% of results in the danger zone compared to 20% for the Zmijewski Score.
PENGARUH KERAGAMAN PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO LARISHI KOTA BIMA Sayid, Femy; Purnama, Ita
Jurnal Ilmiah Satyagraha Vol 8, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Mahendradatta Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47532/jis.v8i1.1132

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Keragaman Produk, dan Harga terhadap keputusan pembelian pada Tokoh Larishi di Kota Bima. Tokoh larishi yang beralamat di Jl. Soekarno Hatta, Monggonao, Kec. Mpunda, Kab. Bima, Nusa Tenggara Barat. 84117. Penelitian ini berjenis asosiatif dengan menggunakan sumber data primer. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner berskala likert dengan populasi penelitian mencakup seluruh konsumen dari Toko Larishi. Yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti, untuk menentukan jumlah sampel dalam populasi yang tidak diketahui maka digunakan rumus Uknown Population dan diperoleh sampel sebanyak 96 orang. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Adapun dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu observasi, kuesioner dan studi pustaka. Peneliti menggunakan alat analisis uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, koefisien korelasi berganda, uji determinasi, uji t dan uji f.Hasil penelitian menunjukan Terdapat pengaruh secara signifikan antara Keragaman Produk terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Larishi Kota Bima di Terima, Terdapat pengaruh secara signifikan antara Harga terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Larishi Kota Bima di Terima. Terdapat pengaruh secara simultan Keragaman Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Larishi Kota Bima di Terima.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA SD NEGERI KALIBANTENG KIDUL 03 KOTA SEMARANG Fadilla, Siti Amara; Agustina, Alfiana Eka; Rahmawati, Ardaeta Nadia; Kartika, Arum Dwi; Zahro, Faisa; Asyikhah, Dewi; Afifah, Nurul; Mudzkiyyah, Lainatul
Jurnal Ilmiah Satyagraha Vol 8, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Mahendradatta Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47532/jis.v8i1.1212

Abstract

Flashcard merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mengajar. Flashcard banyak digunakan oleh guru di sekolah untuk mengajar siswa bahasa Inggris. Bertujuan untuk melihat keefektivitas dari penggunaan media flashcard dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris di SD Negeri Kalibanteng Kidul 03, Kota Semarang. Dengan menggunakan metode kuantitatif eksperimental dengan desain non-random pre-test dan post-test kontrol group desain. Sampel penelitian terdiri dari 20 siswa kelas 3B yang dibagi menjadi 2 kelompok, dipilih menggunakan teknik kuota sampling. Metode pengumpulan data melalui jawaban siswa pada soal. Teknik analisis data menggunakan independent sample t-tes, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa p = 0.633 (p0.05), artinya hasil hipotesis dalam penelitian ini ditolak karena tidak ada pengaruh penggunaan media flashcard dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa inggris. Dari hasil Paired Sample t-tes untuk kelompok kontrol menunjukkan t = 4.90 dengan p 0.01, menandakan bahwa metode pembelajaran flashcard berhasil meningkatkan penguasaan kosakata siswa secara signifikan. Namun, kelompok eksperimen meskipun menunjukkan peningkatan, tidak mencapai tingkat signifikansi yang sama dengan t = 3.53 dan p 0.05, yang berarti peningkatan tersebut tidak cukup kuat untuk dianggap efektif secara statistik. Yakni menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan, mungkin karena ada beberapa faktor luar yang berdampak kepada proses pembelajaran.
Pengaruh Literasi Keuangan Dan Perilaku Keuangan Terhadap Keputusan Investasi Pada Galeri Invesatasi Universitas Ngurah Rai Geriadi, Made Ayu Desy; Septiani, Putu Surya
Jurnal Ilmiah Satyagraha Vol 8, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Mahendradatta Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47532/jis.v8i1.1202

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh literasi keuangan dan perilaku keuangan terhadap keputusan investasi saham. Penelitian ini dilakukan di Galeri Investasi Universitas Ngurah Rai. Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner yang diukur menggunakan skala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa yang terdaftar sebagai Investor di Galeri Investasi universitas Ngurah Rai dari tahun 2019 sampai 2023 yang berjumlah 703 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sehingga jumlah sampel sebanyak 56 orang. Pengolahan data menggunakan bantuan program SPSS versi 25 for Windows. Instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan realibilitas. Analisis data menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis determinasi, uji F-test dan uji t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) literasi keuangan dan perilaku keuangan berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap keputusan investasi, (2) literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan investasi dan (3) perilaku keuangan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan investasi. 

Page 1 of 2 | Total Record : 20