Articles
12 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 4 No. 1 (2020): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin"
:
12 Documents
clear
Menerapkan Pendidikan Karakter Melalui Pembiasan Toilet Traning Dengan Metode Drill Pada Anak Usia Dini Di PAUD KB Tiara Cibinong Bogor
Sopiah, Sopiah;
Irwansyah, Asep
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol. 4 No. 1 (2020): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37012/jipmht.v4i1.127
Kemandirian buang air kecil dan buang air besar, merupakan aspek dasar yang harus dikuasai anak sebelum menguasai kemampuan bina diri lainnya. Hal ini disebabkan karena kegiatan buang air kecil dan buang air besar adalah kegiatan yang selalu dilakukan manusia secara rutin setiap hari. Tujuan utama penelitian ini adalah Tujuannya untuk meningkatkan pendidikan karakter melalui kemampuan bina diri buang air kecil pada  siswa    dengan  memperbaiki  pembelajaran  bina  diri  melalui  metode latihan (drill). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilaksanakan di PAUD KB Tiara Cibinong Bogor. Setting yang digunakan dalam penelitian ini adalah di dalam kelas. Setting di dalam kelas dan toilet untuk mengetahui kemampuan bina diri buang air kecil dalam proses pembelajaran dan mengetahui seberapa besar peningkatan  kemampuan  bina diri  dengan  menggunakan  metode latihan (drill). Penelitian ini dilakukan di PAUD KB Tiara Cibinong Bogor , pada mata pelajaran keterampilan bina diri untuk meningkatkan kemampuan bina diri buang air kecil siswa  usia 3-4 tahun dengan sampel sensus (sampel jenuh) jumlah siswa 10. Berdasarkan presentase pencapaian yang diperoleh subjek menunjukkan bahwa penggunaan metode latihan (drill) pada pembelajaran bina diri dapat meningkatkan kemampuan buang air kecil anak autis. Oleh karena itu, metode latihan (drill) dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif metode yang digunakan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan buang air kecil anak sehingga karakter anak akan menjadi lebih teratur, disiplin dan rapih. Guru diharapkan lebih intensif dalam memberikan pembelajaran buang air kecil dengan menerapkan langkah-langkah ataupun tahapan buang air kecil dalam pembelajaran dan guru diharapkan lebih kreatif dalam mengembangkan metode latihan dengan pemberian reward yang bervariasi agar anak aktif dan tidak mudah bosan dalam belajar. Serta hendaknya guru selalu memberikan dorongan berupa pujian kepada siswa  agar  siswa  menjadi  lebih  memiliki  kepercaya  diri  dan bersemangat sehingga termotivasi untuk melakukan hal yang lebih baik Kata Kunci : Toilet Training, Metode Drill,Pendidikan Karakter
Pengaruh Media Film Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Pada Mata pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SD 02 Pagi Cipayung
Pertiwi, Santhi;
Kolen, Kitza Valletta
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol. 4 No. 1 (2020): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Latar belakang yakni keterbatasan media pembelajaran menulis narasi efektif menjadi kendala yang dihadapi guru. Guru tidak bisa menentukan media seperti apa yang disenangi siswa agar siswa mampu mencapai tujuan pembelajaran, sehingga siswa sulit menemukan ide untuk dituangkan ke dalam tulisan, siswa pun sulit memusatkan konsentrasinya karena kurangnya pengetahuan dan frekuensi berlatih dalam menulis narasi. Keunggulan-keunggulan media film yaitu cocok untuk mengajarkan keterampilan termasuk di dalamnya adalah keterampilan menulis narasi, mempertinggi minat siswa, membantu mengatasi ketidak aktifan siswa, merangsang diskusi kelas, serta membantu siswa untuk menemukan gagasan dalam mengawali kegiatan mengarang. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh Media Film terhadap Keterampilan Menulis Narasi. Penelitian dilaksanakan di SD 02 Pagi Cipayung, sampel siswa kelas V pada semester II tahun pelajaran 2017/2018. Sampel diambil dengan menggunakan Teknik Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes keterampilan menulis narasi, kemudian dihitung normalitas data menggunakan liliefors dan homogenitas kelas menggunakan barlet. Hasil pengujian normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas homogen. Selanjutnya dianalisa dengan uji t. Hasil penghitungan uji-t, diperoleh harga thitung sebesar 1,92. Harga ttabel pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 31 adalah 1,70. Oleh karena harga thitung lebih besar dari pada ttabel (1,92 > 1,70), maka hipotesis nol ditolak dan hipotesis kerja diterima. Dengan demikian, Media Film berpengaruh secara signifikan terhadap ketermapilan menulis narasi siswa kelas V sekolah dasar
Potensi Integrasi Kearifan Lokal Dayak Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar Kota Palangka Raya
Sakman, Sakman;
Natalina, Kristiani
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol. 4 No. 1 (2020): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37012/jipmht.v4i1.198
ABSTRAKFokus studi ini adalah untuk mengidentifikasi sifat pandangan dunia yang dianut oleh calon guru pendidikan dan mengeksplorasi hubungan, jika ada, antara pandangan dunia mereka dan konsepsi mereka tentang sifat sains. Selain itu, implikasi dari hubungan ini untuk pengajaran dan pembelajaran sains dibahas. Pesertanya adalah 30 calon guru IPA Dayak. Konsepsi mereka tentang ilmu pengetahuan alam dan pandangan dunia mereka yang spesifik tentang hubungan manusia dengan alam dinilai menggunakan kuesioner yang berhubungan dengan wawancara lanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 70% dari peserta, terlepas dari latar belakang budaya mereka, memiliki pandangan dunia yang berpusat pada alam, sementara 30% dari mereka memiliki pandangan dunia antroposentris. Dan hasil wawancara menegaskan bahwa partisipan memiliki pandangan sempit tentang hakikat sains, dimana mereka mendeskripsikan sains hanya berdasarkan fakta, berpusat pada observasi, tidak kreatif dan tentatif karena perubahan fakta. Studi ini menyarankan perlunya memasukkan perspektif sosiokultural dan sifat sains dalam kurikulum.
Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Dosen IAIN Kendari Sulawesi Tenggara
Ardin, Ardin;
Lidinillah, Farih;
Sukmana, Uza
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol. 4 No. 1 (2020): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37012/jipmht.v4i1.209
Perguruan tinggi sejatinya adalah pencetak insan intelektual cerdas. Seluruh penyelenggara Negara di Negeri dari level rendah sampai tinggi maupun tingkat daerah sampai pusat dilahirkan dari perguruan tinggi senusantara. Faktanya kualitas sumberdaya perguruan tinggi Indonesia masih jauh tertinggal dibawah level perguruan tinggi lain dunia maupun kawasan ASEAN sendiri. Sesuai  data yang dipublish oleh QS Word, Times High Education (THE), dan Academic of Ranking World Universities (ARWU). Penyebab rendahnya kualitas perguruan tinggi indonesia adalah kurangnya kerjasama terkait hasil riset perguruan tinggi dengan pihak perusahan atau industri. Dalam renstra Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) 2015-2019, pada tabel capaian kinerja Dikti disebutkan bahwa pada 2014, perguruan tinggi yang masuk top 500 dunia ditargetkan sejumlah 11 perguruan tinggi, realisasinya hanya dua perguruan tinggi. Kasus penonaktifan sebanyak 243 perguruan tinggi yang dilakukan Dikti selama 2015 ini menjadi bukti dan koreksi atas rendahnya kualitas pengelolaan perguruan tinggi Indonesia. Perguruan tinggi Islam Indonesia juga tidak kalah saing dengan perguruan tinggi Negeri lainnya. Saat ini seluruh perguruan tinggi Islam Negeri di Indonesia berjumlah 53 yang terdiri dari 11 UIN, 23 IAIN, dan 19 STAIN yang tersebar diseluruh wilayah nusantara. IAIN Kendari merupakan salah satu perguruan tinggi yang senantiasa berbenah dalam meningkatkan sumberdaya manusianya. Selama ini peningkatan mutu pendidikan di perguruan tinggi selalu dikaitkan dengan kinerja dosen yang kurang maksimal tanpa memikirkan sisi lain dari dosen yaitu kepuasan kerja dosen. Kesimpulan Terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja, pengaruh langsung positif lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja dan pengaruh langsung positif kepemimpinan transformasional terhadap lingkungan kerja
Indeks Kepuasan Masyarakat Desa Kadudampit Terhadap Kinerja Pemerintahan Desa Kadudampit
Nurmantoro, Muh. Aripin;
Kamali, Asep Saefullah
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol. 4 No. 1 (2020): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37012/jipmht.v4i1.337
Berdasarkan analisis yang dilakukan maka dapat disimpulkan kinerja pelayanan di Pemerintahan Desa Kadudampit Kecamatan Saketi Kabuapten Pandeglang dan Berdasarkan hasil perhitungan tersebut maka masing-masing bagian pada Pemerintahan Desa Kadudampit Kecamatan Saketi Kabuapten Pandeglang dapat di analisi dari 9 unsur yang dianalisi bahwa ada 3 Unsur yang dinilai kinerja unit pelayanan yang dianggap kurang baik oleh responden diantaranya, 1) Persyaratan Pelayanan nilai unsur pelayanannya baik tapi nilai intervalnya kurang, 2) waktu Pelayanan nilai unsur pelayanannya baik tapi nilai intervalnya rendah/kurang. 3) prilaku Pelaksana nilai unsur pelayanannya baik tapi nilai intervalnya rendah/kurang, 4) prosedur Pelayanan nilai unsur pelayanannya baik nilai intervalnya baik dan perlu dipertahankan dan ditingkatkan, 5) biaya /tarif nilai unsur pelayanannya baik nilai intervalnya baik dan perlu dipertahankan dan ditingkatkan, 6) produk sepesifikasi jenis layanan nilai unsur pelayanannya baik nilai intervalnya baik dan perlu dipertahankan dan ditingkatkan, 7) kompetensi Pelaksana nilai unsur pelayanannya baik nilai intervalnya baik dan perlu dipertahankan dan ditingkatkan, 8) maklumat Pelayanan nilai unsur pelayanannya baik nilai intervalnya baik dan perlu dipertahankan dan ditingkatkan, 9) penanganan dan pengaduan nilai unsur pelayanannya baik nilai intervalnya baik dan perlu dipertahankan dan ditingkatkan. Kata kunci : indeks kepuasan masyarakat, pemerintah desa kadudampit.
Intensitas Penggunaan Gawai Terhadap Kecerdasaan Emosional Mahasiswa
Supriyadi, Supriyadi
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol. 4 No. 1 (2020): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37012/jipmht.v4i1.457
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap intensitas penggunaan gawai (X) terhadap kecerdasan emosional mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Panca Sakti Bekasi (Y). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Teknik sampel menggunakan stage random sampling. Sampel penelitian berjumlah 43 mahasiswa. Pengambilan data menggunakan instrumen yang valid dan reliabel. Analisis data menggunakan regresi sederhana. Kesimpulan hasil penelitian mengungkapkan: (1) Persamaan Linear Regresi Y = 32,341 + 0,652 X (2) Intensitas penggunaan gawai mahasiswa berpengaruh positif terhadap kecerdasan emosional mahasiswa. (3) Uji signifikansi didapat persamaan garis regresi F hit lebih kecil dari 0,05 dengan demikian, regresi Y atau X adalah signifikan atau intensitas penggunaan gawai berpengaruh terhadap kecerdasan emosional mahasiswa. (4) Koefisien korelasi (rxy) = 0,652 dan Fhit (Fchange) = 32,341, dengan p-value lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, koefisien korelasi X dan Y adalah berarti atau signifikan. Koefisien determinasi 0,652, yang mengandung makna bahwa 65,2 % variasi variabel kecerdasan emosional mahasiswa.
Menerapkan Pendidikan Karakter Melalui Pembiasan Toilet Traning Dengan Metode Drill Pada Anak Usia Dini Di PAUD KB Tiara Cibinong Bogor
Sopiah, Sopiah;
Irwansyah, Asep
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol. 4 No. 1 (2020): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37012/jipmht.v4i1.127
Kemandirian buang air kecil dan buang air besar, merupakan aspek dasar yang harus dikuasai anak sebelum menguasai kemampuan bina diri lainnya. Hal ini disebabkan karena kegiatan buang air kecil dan buang air besar adalah kegiatan yang selalu dilakukan manusia secara rutin setiap hari. Tujuan utama penelitian ini adalah Tujuannya untuk meningkatkan pendidikan karakter melalui kemampuan bina diri buang air kecil pada  siswa    dengan  memperbaiki  pembelajaran  bina  diri  melalui  metode latihan (drill). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilaksanakan di PAUD KB Tiara Cibinong Bogor. Setting yang digunakan dalam penelitian ini adalah di dalam kelas. Setting di dalam kelas dan toilet untuk mengetahui kemampuan bina diri buang air kecil dalam proses pembelajaran dan mengetahui seberapa besar peningkatan  kemampuan  bina diri  dengan  menggunakan  metode latihan (drill). Penelitian ini dilakukan di PAUD KB Tiara Cibinong Bogor , pada mata pelajaran keterampilan bina diri untuk meningkatkan kemampuan bina diri buang air kecil siswa  usia 3-4 tahun dengan sampel sensus (sampel jenuh) jumlah siswa 10. Berdasarkan presentase pencapaian yang diperoleh subjek menunjukkan bahwa penggunaan metode latihan (drill) pada pembelajaran bina diri dapat meningkatkan kemampuan buang air kecil anak autis. Oleh karena itu, metode latihan (drill) dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif metode yang digunakan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan buang air kecil anak sehingga karakter anak akan menjadi lebih teratur, disiplin dan rapih. Guru diharapkan lebih intensif dalam memberikan pembelajaran buang air kecil dengan menerapkan langkah-langkah ataupun tahapan buang air kecil dalam pembelajaran dan guru diharapkan lebih kreatif dalam mengembangkan metode latihan dengan pemberian reward yang bervariasi agar anak aktif dan tidak mudah bosan dalam belajar. Serta hendaknya guru selalu memberikan dorongan berupa pujian kepada siswa  agar  siswa  menjadi  lebih  memiliki  kepercaya  diri  dan bersemangat sehingga termotivasi untuk melakukan hal yang lebih baik Kata Kunci : Toilet Training, Metode Drill,Pendidikan Karakter
Pengaruh Media Film Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Pada Mata pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SD 02 Pagi Cipayung
Pertiwi, Santhi;
Kolen, Kitza Valletta
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol. 4 No. 1 (2020): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Latar belakang yakni keterbatasan media pembelajaran menulis narasi efektif menjadi kendala yang dihadapi guru. Guru tidak bisa menentukan media seperti apa yang disenangi siswa agar siswa mampu mencapai tujuan pembelajaran, sehingga siswa sulit menemukan ide untuk dituangkan ke dalam tulisan, siswa pun sulit memusatkan konsentrasinya karena kurangnya pengetahuan dan frekuensi berlatih dalam menulis narasi. Keunggulan-keunggulan media film yaitu cocok untuk mengajarkan keterampilan termasuk di dalamnya adalah keterampilan menulis narasi, mempertinggi minat siswa, membantu mengatasi ketidak aktifan siswa, merangsang diskusi kelas, serta membantu siswa untuk menemukan gagasan dalam mengawali kegiatan mengarang. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh Media Film terhadap Keterampilan Menulis Narasi. Penelitian dilaksanakan di SD 02 Pagi Cipayung, sampel siswa kelas V pada semester II tahun pelajaran 2017/2018. Sampel diambil dengan menggunakan Teknik Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes keterampilan menulis narasi, kemudian dihitung normalitas data menggunakan liliefors dan homogenitas kelas menggunakan barlet. Hasil pengujian normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas homogen. Selanjutnya dianalisa dengan uji t. Hasil penghitungan uji-t, diperoleh harga thitung sebesar 1,92. Harga ttabel pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 31 adalah 1,70. Oleh karena harga thitung lebih besar dari pada ttabel (1,92 > 1,70), maka hipotesis nol ditolak dan hipotesis kerja diterima. Dengan demikian, Media Film berpengaruh secara signifikan terhadap ketermapilan menulis narasi siswa kelas V sekolah dasar
Potensi Integrasi Kearifan Lokal Dayak Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar Kota Palangka Raya
Sakman, Sakman;
Natalina, Kristiani
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol. 4 No. 1 (2020): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37012/jipmht.v4i1.198
ABSTRAKFokus studi ini adalah untuk mengidentifikasi sifat pandangan dunia yang dianut oleh calon guru pendidikan dan mengeksplorasi hubungan, jika ada, antara pandangan dunia mereka dan konsepsi mereka tentang sifat sains. Selain itu, implikasi dari hubungan ini untuk pengajaran dan pembelajaran sains dibahas. Pesertanya adalah 30 calon guru IPA Dayak. Konsepsi mereka tentang ilmu pengetahuan alam dan pandangan dunia mereka yang spesifik tentang hubungan manusia dengan alam dinilai menggunakan kuesioner yang berhubungan dengan wawancara lanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 70% dari peserta, terlepas dari latar belakang budaya mereka, memiliki pandangan dunia yang berpusat pada alam, sementara 30% dari mereka memiliki pandangan dunia antroposentris. Dan hasil wawancara menegaskan bahwa partisipan memiliki pandangan sempit tentang hakikat sains, dimana mereka mendeskripsikan sains hanya berdasarkan fakta, berpusat pada observasi, tidak kreatif dan tentatif karena perubahan fakta. Studi ini menyarankan perlunya memasukkan perspektif sosiokultural dan sifat sains dalam kurikulum.
Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Dosen IAIN Kendari Sulawesi Tenggara
Ardin, Ardin;
Lidinillah, Farih;
Sukmana, Uza
Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin Vol. 4 No. 1 (2020): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
Publisher : LPPM Universitas Mohammad Husni Thamrin
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37012/jipmht.v4i1.209
Perguruan tinggi sejatinya adalah pencetak insan intelektual cerdas. Seluruh penyelenggara Negara di Negeri dari level rendah sampai tinggi maupun tingkat daerah sampai pusat dilahirkan dari perguruan tinggi senusantara. Faktanya kualitas sumberdaya perguruan tinggi Indonesia masih jauh tertinggal dibawah level perguruan tinggi lain dunia maupun kawasan ASEAN sendiri. Sesuai  data yang dipublish oleh QS Word, Times High Education (THE), dan Academic of Ranking World Universities (ARWU). Penyebab rendahnya kualitas perguruan tinggi indonesia adalah kurangnya kerjasama terkait hasil riset perguruan tinggi dengan pihak perusahan atau industri. Dalam renstra Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) 2015-2019, pada tabel capaian kinerja Dikti disebutkan bahwa pada 2014, perguruan tinggi yang masuk top 500 dunia ditargetkan sejumlah 11 perguruan tinggi, realisasinya hanya dua perguruan tinggi. Kasus penonaktifan sebanyak 243 perguruan tinggi yang dilakukan Dikti selama 2015 ini menjadi bukti dan koreksi atas rendahnya kualitas pengelolaan perguruan tinggi Indonesia. Perguruan tinggi Islam Indonesia juga tidak kalah saing dengan perguruan tinggi Negeri lainnya. Saat ini seluruh perguruan tinggi Islam Negeri di Indonesia berjumlah 53 yang terdiri dari 11 UIN, 23 IAIN, dan 19 STAIN yang tersebar diseluruh wilayah nusantara. IAIN Kendari merupakan salah satu perguruan tinggi yang senantiasa berbenah dalam meningkatkan sumberdaya manusianya. Selama ini peningkatan mutu pendidikan di perguruan tinggi selalu dikaitkan dengan kinerja dosen yang kurang maksimal tanpa memikirkan sisi lain dari dosen yaitu kepuasan kerja dosen. Kesimpulan Terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja, pengaruh langsung positif lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja dan pengaruh langsung positif kepemimpinan transformasional terhadap lingkungan kerja