cover
Contact Name
Muhammad Jamil
Contact Email
unilib@uii.ac.id
Phone
+62274898444
Journal Mail Official
unilib@uii.ac.id
Editorial Address
Jln. Kaliurang Km 14,5 Yogyakarta, Indonesia, 57168 Phone: +62274-89844 Website: http://journal.uii.ac.id/unilib Email: unilib@uii.ac.id
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Unilib: Jurnal Perpustakaan
ISSN : 19799527     EISSN : 2715274X     DOI : http://dx.doi.org/10.20885/unilib
Core Subject : Science,
Unilib: Jurnal Perpustakaan adalah jurnal yang diterbitkan yang mencakup topik-topik yang menarik bagi semua orang yang meneliti dan bekerja di bidang ilmu perpustakaan, informasi dan manajemen pengetahuan. Editor jurnal menerima materi tentang segala aspek teori ilmu informasi, kebijakan, aplikasi atau praktik yang akan memajukan pemikiran di bidang tersebut. Cakupan topik secara rinci meliputi: • Aspek teoretis dan umum dari perpustakaan dan informasi; • Pelayanan teknis di perpustakaan; • Teknologi, penggunaan dan sosiologi informasi di perpustakaan; • Literasi informasi; • Koleksi perpustakaan; • Penerbitan dan masalah hukum; • Manajemen Perpustakaan; • Sumber informasi. Jurnal berusaha untuk menerbitkan artikel-artikel bidang tersebut dengan pemahaman yang lebih baik tentang prinsip-prinsip yang mendukung penciptaan, organisasi, penyimpanan, komunikasi, dan pemanfaatan informasi dan sumber pengetahuan yang efektif. Juga pemahaman bagaimana kebijakan dan praktik di bidang tersebut dapat dibangun di atas landasan teoritis yang kuat yang diharapkan memberikan dampak yang lebih besar pada pengembangan ilmu pengetahuan. Diterbitkan oleh Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia dua kali dalam setahun yaitu di bulan Februari dan Agustus. Setiap korespondensi, pertanyaan atau permintaan informasi dapat dikirim ke Kantor Editorial melalui email: unilib@uii.ac.id . Semua terbitan Unilib: Jurnal Perpustakaan tersedia untuk dijelajahi secara online.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 16 No. 2 2025" : 5 Documents clear
Proses dan Strategi Digitalisasi Naskah Kuno di Museum Sri Baduga Ilyasa, Diaz
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 16 No. 2 2025
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.Vol16.iss2.art3

Abstract

Studi penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses digitalisasi naskah kuno di Museum Sri Baduga dan menganalisis strategi keberlanjutan manajemen digitalisasi naskah kuno di Museum Sri Baduga. Metode penelitian yang dipakai adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan narasumber, penelusuran literatur, serta observasi secara langsung. Teknik purposive sampling digunakan dalam pemilihan narasumber dan teknik triangulasi data Miles & Hubberman dipakai dalam analisis data. Hasil penelitian ditemukan Museum Sri Baduga memiliki prosedur pengadaan koleksi naskah kuno diantaranya kajian analisis koleksi, penganggaran, pembentukan tim, registrasi, inventarisasi, identifikasi naskah, perawatan & konservasi naskah, digitalisasi naskah, dan translasi alih aksara serta terjemahan naskah. Sedangkan strategi manajemen digitalisasi naskah kuno yang dilakukan adalah kolaborasi, pembatasan akses, dan penerapan regulasi.
Peran Perpustakaan Perguruan Tinggi Sebagai Terapi Kesehatan Mental Mahasiswa Conzizca, Mika Julia; Saputra , Riyan
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 16 No. 2 2025
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.Vol16.iss2.art4

Abstract

Perpustakaan perguruan tinggi sebagai ruang pemulihan emosional mahasiswa didukung dengan koleksi yang relevan, layanan yang empatik, dan program literasi kesehatan mental yang berkelanjutan. Transformasi ini memerlukan dukungan kelembagaan dan pelatihan pustakawan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan psikososial mahasiswa. Hal ini dikarenakan besarnya tekanan akademik yang dialami mahasiswa dapat berdampak pada kesehatan mental, bahkan berujung pada tindakan fatal seperti bunuh diri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran perpustakaan perguruan tinggi sebagai terapi kesehatan mental mahasiswa melalui koleksi, layanan, dan peran pustakawan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi pustaka (library research). Data dianalisis melalui proses reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu perpustakaan perguruan tinggi memiliki peran strategis dalam mendukung kesehatan mental mahasiswa melalui penyediaan koleksi bacaan tematik tentang kesehatan mental; biblioterapi sebagai media pemulihan emosional; kolaborasi dengan profesional seperti psikolog, dosen, konselor; dan penguatan peran pustakawan sebagai mitra empatik dan fasilitator literasi emosional. 
Model Komunikasi Dalam Pengembangan Layanan Gendis Sewu (Gerakan Mendongeng Dan Menulis Seribu) Untuk Meningkatkan Literasi Anak Rindy, Rindy Innayah; Nurul Setyawati Handayani
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 16 No. 2 2025
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.Vol16.iss2.art1

Abstract

Kondisi membaca masyarakat Indonesia cukup memperhatikan berdasarkan hasil studi Program for International Student Assessment (PISA) pada tahun 2018 yang menyatakan bahwa Indonesia diurutan ke-72 dari 78 negara. Berdasarkan survei Badan Pusat Statistik tahun 2018 bahwa membaca belum menjadi budaya masyarakat Indonesia karena lebih suka mendapat informasi dan hiburan melalui media elektronik. Disimpulkan bahwa literasi belum mengakar kuat pada bangsa kita. Rendahnya indeks literasi menyebabkan rendahnya kualitas sumber daya manusia. Hal tersebut mendorong pemerintah Kota Surabaya bertanggung jawab menghidupkan kembali literasi salah satunya melalui layanan Gendis Sewu (Gerakan Mendongeng dan Menulis Seribu) di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya sejak tahun 2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan layanan Gendis Sewu . Penelitian dilakukan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya. Metode penelitian ini dengan deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan yang dilakukan pengelola dikatakan maksimal dibuktikan dengan meningkatnya jumlah peserta Gendis Sewu dari tahun 2019 hingga 2023 serta jumlah karya yang dihasilkan setiap peserta. Pengembangan layanan Gendis Sewu melalui pemberian Stimulus berupa motivasi dan dukungan oleh pengelola profesional yang menyesuaikan dengan usia Organismenya sehingga mendapat Response yang diharapkan. Tedapat hambatan dalam kegiatan Gendis Sewu secara teknis, fisik dan psikologi.
Representasi Perpustakaan dalam Film “Kukira Kau Rumah” Setiawan, Yohanes
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 16 No. 2 2025
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.Vol16.iss2.art5

Abstract

Film Kukira Kau Rumah menampilkan representasi perpustakaan yang sarat maknaideologis, sehingga menarik untuk diteliti dalam kaitannya dengan persepsi publikterhadap perpustakaan kontemporer. Penelitian ini menggunakan pendekatankualitatif dengan metode analisis tekstual, mengacu pada teori representasi Stuart Halldan analisis tekstual McKee. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan dalamfilm direpresentasikan sebagai “kuburan ide” dan “museum buku.” Metafora “kuburanide” menggambarkan krisis literasi serta seruan agar perpustakaan menjadi ruanghidup yang mampu menghidupkan, mempelajari, dan mengaktualisasikan ide-ideyang terkandung di dalam koleksi. Sebaliknya, istilah “museum buku” merefleksikankritik terhadap aturan pembatasan peminjaman yang berpotensi mengerdilkan fungsiperpustakaan menjadi sekadar etalase pengetahuan. Analisis lebih lanjut menunjukkanbahwa perpustakaan dalam film ini tidak hanya tampil sebagai latar, tetapi juga sebagaitanda ideologis yang menyingkap ambivalensi institusi literasi, sekaligus menjadi simbolresistensi generasi muda terhadap krisis literasi dan dominasi budaya digital. Penelitianini menegaskan urgensi revitalisasi peran perpustakaan sebagai ruang interaktif yangmendukung literasi kritis, pengembangan intelektual, dan pertumbuhan generasimilenial.
Analisis Kepribadian Tokoh Pustakawan dalam Film The Public: Upaya Eliminasi Stereotipe Profesi Pustakawan Antonia Apri Damayanti; Ganggi, Roro Isyawati Permata
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 16 No. 2 2025
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.Vol16.iss2.art2

Abstract

Stereotip atau pandangan masyarakat terhadap profesi pustakawan sebagian besar didominasi oleh stereotip yang tidak menguntungkan atau negatif. Gambaran pustakawan dalam film juga mempengaruhi masyarakat dalam menggeneralisasi sikap, perilaku, dan kepribadian pustakawan secara umum, sehingga membentuk stereotip. Jika stereotip negatif terhadap pustakawan terus berlanjut, hal ini akan mengganggu layanan perpustakaan. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah kualitatif, dengan analisis semiotik peta tanda Roland Barthes sebagai metode analisis data pada adegan dan dialog film, serta berdasarkan teori arketipe yang diperkenalkan oleh Carl Gustav Jung sebagai dasar untuk menganalisis kepribadian karakter pustakawan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakter pustakawan Mr. Goodson memiliki arketipe yang menonjol seperti persona, bayangan, pahlawan, anima, dan orang tua yang bijaksana. Arketipe Mr. Goodson sebagai pustakawan mengungkapkan kepribadiannya sebagai pustakawan yang ramah, tegas, peduli, empati, berani, dan bijaksana. Hal ini mengarah pada penggambaran kepribadian pustakawan dalam arah yang positif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggambaran atau representasi kepribadian karakter pustakawan Mr. Goodson dalam film The Public mengarah pada penilaian yang positif dan progresif. Penggambaran karakter Mr. Goodson dalam arah yang positif bertujuan untuk memberikan masyarakat pandangan baru tentang sikap, perilaku, dan kepribadian pustakawan. Hal tersebut diharapkan dapat mengubah pandangan masyarakat terhadap profesi pustakawan secara umum menjadi lebih positif.

Page 1 of 1 | Total Record : 5