cover
Contact Name
Julhidayat Muhsam
Contact Email
jpendidikandasarflobamorata@gmail.com
Phone
+6281356452916
Journal Mail Official
jpendidikandasarflobamorata@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Kupang Jalan K.H.Ahmad Dahlan, No.17- Kota Kupang-NTT
Location
Kota kupang,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN DASAR FLOBAMORATA
ISSN : 27219003     EISSN : 27218996     DOI : https://doi.org/10.5281/zenodo.4365537
Core Subject : Education,
Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may represent a variety of theoretical perspectives and different methodological approaches. They may refer to any age level, from infants to adults and to a diversity of learning and instructional settings, from laboratory experiments to field studies. The major criteria in the review and the selection process concerns the significance of the contribution to the area of learning and instruction. Instruction and learning Educational Management Curriculum development Special education Teacher education Educational technology Educational development
Articles 25 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 3 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata" : 25 Documents clear
ANALISIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II SEKOLAH DASAR Siti Rodliyah Eka Agustina; Falia Rizma Safitri; Salsabila Septiana Masdi; Renafa Ardella Efendi; Alvina Rahmayanti; Syifa’ul Amelia; Uswatun Chasanah
Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata Vol. 4 No. 3 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-Universitas Muhammadiyah Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51494/jpdf.v4i3.931

Abstract

Kurikulum 2013 menekankan pembelajaran yang menggunakan pendekatan saintifik. Tahapan kegiatan dalam pendekatan saintifik adalah mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan pendekatan saintifik pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik kelas 2 di SD Taquma Surabaya. Teknik pengumpulan data adalah observasi proses pembelajaran, wawancara kepada guru tematik kelas II, dan dokumentasi saat proses pembelajaran. Data pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dikumpulkan akan dikelompokkan dan dianalisis sesuai dengan fokus penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 32 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebanyak 60% telah dilaksanakan sesuai dengan pendekatan saintifik, sedangkan 40% belum terlaksana.
PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SIKLUS AIR DI KELAS V SDN KUASAET KOTA KUPANG Afi, Jois Suventi; Lehan, Andriyani A. Dua; Benu, Adam Bol Nifu
Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata Vol. 4 No. 3 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-Universitas Muhammadiyah Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51494/jpdf.v4i3.978

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model project based learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi siklus air di kelas V SDN Kuasaet Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental Design dengan bentuk design One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Kuasaet Kota Kupang tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 15 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji normalitas dari data pretest-posttest menunjukkan nilai signifikansi 0,834 dan 0,156 > 0,05 sehingga kedua data dinyatakan berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan nilai sig 0,536 > 0,05 sehingga data dapat dinyatakan homogen. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Paired Sample T-test menunjukkan bahwa nilai thitung 4,186 > t tabel1,761 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat penggaruh yang signifikan melalui penggunaan model project based learning terhadap hasil belajar peserta didik.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI TEKNIK KATA KUNCI BERBANTU MEDIA OBJEK LANGSUNG PADA MURID KELAS III SD UNISMUH MAKASSAR Husna; Bahri, Aliem; Paida, Andi
Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata Vol. 4 No. 3 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-Universitas Muhammadiyah Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51494/jpdf.v4i3.979

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah pembelajaran bahasa Indonesia khususnya pada materi menulis karangan deskripsi masih sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui teknik kata kunci berbantu media objek langsung pada murid kelas III SD Unismuh Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reaserch) yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Fokus penelitian ini adalah 1) Keterampilan menulis karangan deskripsi dan 2) Penggunaan teknik kata kunci berbantu media objek langsung di kelas III SD Unismuh Makassar. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah murid kelas III yang berjumlah 15 orang murid. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu terjadinya peningkatan aktivitas belajar murid dari siklus I ke siklus II, hasil belajar murid mengalami peningkatan yaitu perolehan rata-rata skor hasil belajar murid pada siklus I 63,7 meningkat pada siklus II menjadi 96. Ketuntasan belajar menulis karangan deskripsi murid juga mengalami peningkatan, dimana pada siklus I, dari 5 (33%) murid mencapai ketuntasan belajar, sedangkan pada siklus II sebanyak 15 (100%) murid mencapai ketuntasan belajar dan ketuntasan belajar klasikal tercapai. Hal ini berarti ketuntasan belajar pada siklus II tercapai secara klasikal karena jumlah murid yang tuntas lebih dari 80%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diatas, dapat disimpulkan keterampilan menulis karangan deskripsi kelas III SD Unismuh Makassar melalui penerapan teknik kata kunci berbantu media objek langsung mengalami peningkatan.
PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM PERSPEKTIF TEORI BELAJAR HUMANISTIK Rukmi, Dian Aprelia; Mutiah, Titik
Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata Vol. 4 No. 3 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-Universitas Muhammadiyah Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51494/jpdf.v4i3.985

Abstract

This research aims to find out the application of differentiated learning from the perspective of humanistic learning theory. The concept used in this research provides nearly the same concept between differentiated learning and humanistic learning theory because both of them provide an understanding of the importance of humanizing humans to suit their characteristic. This research was conducted on 5th grade students of SD Negeri Kiyaran 2 Cangkringan. The method of this research used descriptive qualitative with a case study approach. The researcher in this research hope to find natural patterns that occur in the application of differentiated learning in the perspective of humanistic learning theory that occurs in the classroom. The researcher of this research observed learning activities starting from planning, implementing, and evaluating during the implementation of differentiated learning. The researcher gathered the data by used diagnostic tests, observation, work method, and final tests. The subjects of this research were the 5th grade students of SD Negeri Kiyaran 2 Cangkringan in the 2022/2023 academic year with a total of 14 students, consisting of 8 boys and 6 girls. The results of this research showed that the used of differentiated learning in the perspective of learning theory has a positive influence on creativity and learning outcomes of students. This is indicated by the increase in the average value of the creativity on students from the initial condition of 67.86 to 80.21. Moreover, differentiated learning in the perspective of learning theory can improve student learning outcomes by showing the average test score which was initially 79.29 increased to 84,86.
PENERAPAN TEORI BEHAVIORISTIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN Yustina, Armi; Muti'ah, Titik
Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata Vol. 4 No. 3 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-Universitas Muhammadiyah Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51494/jpdf.v4i3.1002

Abstract

The world of education continues to change along with the development of technology and informatics. Changes have positive and negative impacts on the world of education. Currently school-age children enter the Z generation (2001-2010). Generation Z children are used to using technology and cannot be separated from smartphones and social media. The characteristic of Generation Z is that learning must be concise, practical and visual. The use of mobile phones for learning media can be one of the innovations in learning. The existence of a stimulus from learning media gives a positive response in the form of student learning motivation. This is in line with behavioristic theory which focuses on student behavior. The research objective is the application of behavioristic theory to students' learning motivation using learning media. The method used is a qualitative description using research instruments in the form of interviews, questionnaires. The subjects of this study were class VI students who would take their final school exams at Kiyaran 2 Public Elementary School. The results of this study were an increase in students' learning motivation by using learning media. From the initial conditions the average student motivation of 67 increased to 77 in cycle I and 85 in cycle II.
PENGGUNAAN DADU KATA TANYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DALAM MENGGALI INFORMASI DARI TEKS SEJARAH Yulianti, Hendri; Rochmiyati, Siti
Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata Vol. 4 No. 3 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-Universitas Muhammadiyah Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51494/jpdf.v4i3.1005

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan dadu kata tanya sebagai alat pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam menggali informasi dari teks sejarah. Peneliti ingin mendeskrispikan apakah penggunaan dadu kata tanya dapat memfasilitasi siswa dalam mengajukan pertanyaan yang relevan dan mendalam tentang teks sejarah, serta meningkatkan pemahaman mereka tentang konten sejarah yang dipelajari. Metode yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif dengan instrumen tes sebagai dokumen hasil belajar dan non tes berupa observasi. Hasil penelitian menunjukkan keaktifan siswa dalam pembelajaran dan disimpulkan bahwa penggunaan media dadu kata tanya dapat meningkatkan kesiapan membaca, sehingga mampu mendukung pengembangan keterampilan berbicara siswa dalam menggali informasi dari teks sejarah.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI PENGUMPULAN DAN PENYAJIAN DATA DI KELAS V SDN 235 PALEMBANG Miranti, Windira; Nopri; Ratna Kartika Waty , Evy
Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata Vol. 4 No. 3 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-Universitas Muhammadiyah Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51494/jpdf.v4i3.1024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunakan media video pembelajaran dalam rangka meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas V SD Negeri 235 Palembang pada materi pengumpulan dan penyajian data. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di kelas V C SD Negeri 235 Palembang yang berjumlah 24 peserta didik terdiri dari 16 peserta didik laki-laki dan 8 peserta didik perempuan. Data diperoleh melalui hasil tes peserta didik pada tahap pra siklus, siklus I, dan siklus II. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar pada materi pengumpulan dan penyajian data dengan menggunakan media video pembelajaran. Hal ini terbukti dari nilai hasil tes yang diperoleh peserta didik di kelas V C. Nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik pada pra siklus adalah 52,91 kemudian pada siklus I nilainya naik menjadi 64,58 dan pada siklus II rata-rata nilai peserta didik meningkat menjadi 83,33. Hasil tersebut dapat dilihat dari siklus ke siklus mengalami peningkatan hasil belajar dan telah mampu memacu para peserta didik untuk lebih aktif khususnya dalam pembelajaran pada materi pengumpulan dan penyajian data dengan menggunakan media video pembelajaran.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING KELAS V TEMA BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA SD NEGERI 235 PALEMBANG Amalia, Suci; Nopri; Ratna Kartika Waty, Evy
Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata Vol. 4 No. 3 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-Universitas Muhammadiyah Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51494/jpdf.v4i3.1025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa tema Benda-Benda Disekitar Kita melalui model pembelajaran Problem Based Learning kelas V.A SD Neigeirii 235 Palembang. Subjek penelitian terdiri dari 23 siswa, dengan 10 laki-laki dan 13 perempuan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahapan penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa di setiap siklusnya. Hal ini terbukti dari hasil nilai belajar siswa pada pra siklus mendapatkan nilai tuntas sebanyak 10 orang atau 43,47%, kemudian dilanjutkan penelitian pada siklus I siswa yang mendapatkan nilai tuntas sebanyak 14 orang atau 60,87%, dan siklus II siiswa yang mendapatkan nilai tuntas sebanyak 20 orang atau 86,95%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Probleim Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V.A Tema Benda-Benda Disekitar Kita SD Negeri 235 Paleimbang.
PENGEMBANGAN SOAL BERBASIS DIMENSI PENGETAHUAN METAKOGNITIF PADA SEMESTER GENAP KELAS V SEKOLAH DASAR Salsabila, Laulak; Amalia, Arsyi Rizqia; Uswatun, Din Azwar
Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata Vol. 4 No. 3 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-Universitas Muhammadiyah Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51494/jpdf.v4i3.1034

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan evaluasi pembelajaran peserta didik di kelas V kurang memunculkan soal yang berbasis pengetahuan metakognitif sehingga ketika evalusi belajar hanya memberi jawaban pada soal yang didapatkan dari ingatan hasil belajar di kelas saja dan tidak menjawab secara luas sesuai kemampuan pengetahuannya. Penelitian pengembangan ini diharapkan dapat menjadi alat bantu peserta didik untuk mengasah kemampuan berpikirnya melalui soal berbasis dimensi pengetahuan metakognitif. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik analisis dat menggunakan observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal metakognitif berdasarkan penilaian validasi ahli mendapat kriteria sangat baik dengan skor ahli materi 94%, ahli media 79% dan penilaian angket respon peserta didik dengan skor 81% dan respon guru dengan skor 65%. Hal ini menunjukkan bahwa soal berbasis dimensi pengetahuan metakognitif yang dikembangkan layak digunakan sebagai evaluasi atau penilaian hasil belajar peserta didik.
META ANALISIS KOMPARASI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PBL DAN JIGSAW DITINJAU DARI HASIL BELAJAR IPS SISWA SEKOLAH DASAR Dharma, I Made Aditya; Kertih, I Wayan; Lasmawan, I Wayan
Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata Vol. 4 No. 3 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-Universitas Muhammadiyah Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51494/jpdf.v4i3.1036

Abstract

Proses pembelajaran yang masih di dominasi oleh guru yang bersifat konvensional menyebabkan rendahnya hasil belajar tematik siswa SD karena siswa kurang memahami materi dan kurang termotivasi pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji komparasi efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar Pembelajaran IPS siswa SD dari penelitian eksperimen yang dipublikasikan menggunakan metode meta-analisis. Teknik pengumpulan data dengan mencari jurnal yang relevan dengan judul agar lebih mudah untuk mengumpulkan data yang diperlukan. Berdasarkan penelusuran diperoleh 16 jurnal yang sesuai dengan judul penelitian. Teknik analisis data menggunakan metode kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis terbukti bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar pembelajaran IPS siswa SD. Dilihat dari hasil analisis menggunakan uji ancova diperoleh hasil rata-rata nilai Posstest menggunakan model pembelajaran PBL sebesar 79,5450 dan peningkatan hasil belajar sebesar 23,59, sedangkan model pembelajaran Jigsaw mendapatkan hasil skor posttest sebesar 79,5588 dan peningkatan hasil belajar sebesar 28,835. Sedangkan pada uji efek size dilihat dari Partial Eta Squared menunjukkan hasil 0,423 dan nilai signifikasinya yaitu sebesar 0,042. Dari hasil uji efek size menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL dan Jigsaw berpengaruh sedang terhadap hasil belajar pembelajaran IPS siswa SD.

Page 1 of 3 | Total Record : 25